cover
Contact Name
nugroho prasetya adi
Contact Email
nugroho@unsiq.ac.id
Phone
+6285228632243
Journal Mail Official
nugroho@unsiq.ac.id
Editorial Address
Jln Raya Kalibeber Km 03 Mojotengah Wonosobo Jawa Tengah Indonesia
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
ISSN : 25484362     EISSN : 23562447     DOI : 10.32699
Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo ini merupakan publikasi ilmiah para dosen, pakar dan praktisi pendidikan yang berasal dari berbagai institusi. Artikel artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah masalah kependidikan yang berkembang dalam masyarakat, gagasan gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 22 No 1 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN" : 5 Documents clear
PENGARUH KONSEP DIRI DALAM KESIAPAN MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI Saefullah, Muhammad; Rosyida, Irfa Khaula; Lailiyah, Siti
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 1 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i1.2349

Abstract

Kesiapan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi adalah keadaan seseorang untuk mengetahui akan bakat, minat dan potensi dalam dirinya dengan mudah, sehingga ia mampu untuk menentukan program studi apa yang akan ia pilih di Perguruan Tinggi sehingga ia mampu memperoleh gelar sarjana sesuai bakat, minat dan kemampuannya demi tercapainya cita-citanya. Hal ini menunjukkan apabila siswa sangat penting mempunyai pemahaman tentang bakat, minat dan potensi dalam dirinya hal ini menjadi erat kaitannya dengan konsep diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kesiapan peserta didik dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri memiliki peran yang sangat besar dalam memilih program studi untuk peserta didik yang akan memasuki pendidikan di tingkat perguruan tinggi.
ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK SMP KELAS VIII BELAJAR IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SELOPAMPANG KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG Syukron, Muhammad; Jumini, Sri; Firdaus, Firdaus
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 1 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i1.2350

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19 di desa Selopampang Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung dan untuk mengetahui hasil belajar untuk mata pelajaran IPA anak selama pandemi covid-19 di desa Selopampang Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode studi pustaka. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan klarifikasi atau kesimpulan data. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah tidak ada pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak belajar terhadap hasil belajar anak SMP kelas VIII di Desa Selopampang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan data dengan menggunkan rumus Chi Kuadrat yang diperoleh hasil X hitung sebesar 7,276, yang kemudian setelah dikonsultasikan dengan X tabel dengan db=9 baik pada taraf signifikan 5% (16,919) maupun pada taraf signifikan 1% (21,666) ternyata nilai X hitung lebih kecil dari X tabelnya. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternative (Ha) ditolak dan Ho diterima namun dengan tingkat hubungan rendah.
CHARACTER BUILDING KASIH SAYANG PADA ANAK KAJIAN AYAT Q.S ADH-DHUHA AYAT 9-11 Khurniyati, Khurniyati; Hamzah, Muchotob
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 1 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i1.2351

Abstract

Anak harus selalu dibiasakan melakukan hal-hal yang sesuai dengan norma dalam masyarakat sekitarnya. Hal terpenting yang perlu dilakukan oleh pendidik adalah menunjukkan keteladanan yang konsisten antara sesuatu yang diajarkan dengan sesuatu yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter kasih sayang pada anak menurut Q.S adh dhuha ayat 9-11 dan bagaimana implementasi pendidikan karakter kasih sayang lada anak menuru Q.S adh dhuha ayat 9-11 dalam pembelajaran anak di Madrasah Ibtidaiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dokumenter (dokumentasi), pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai sumber yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter yang terkandung dalam Q.S adh dhuha ayat 9-11 adalah tidak diperbolehkan menghardik anak yatim dan tidak boleh berlaku sewenang-wenang terhadap peminta-minta. Orang tua sejak dini harus menanamkan sifat kasih sayang terhadap sesama manusia begitupun juga mengasihani terhadap anak yatim, dan jangan pernah sekalipun menghardik anak yatim tersebut. Dalam membentuk karakter seseorang semua pihak harus turut andil, karena lingkungan sekolah saja tidak cukup.
IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 WANADADI TAHUN AJARAN 2021/2022 Kusuma, Audina Dwi Novelita; Majid, Abdul
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 1 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i1.2352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Mengetahui implementasi model inquiry learning kelas VIII di SMP N 2 Wanadadi; 2. Mengetahui prestasi belajar kelas VIII di SMP N 2 Wanadadi; 3. Mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan model inquiry learning pada mata pelajaran PAI kelas VIII E di SMP N 2 Wanadadi; 4. Mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model inquiry learning dibanding dengan model konvensional pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 2 Wanadadi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group pretest postest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes (pretest dan posstest bentuk pilihan ganda). Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran PAI peserta didik yang menggunakan model inquiry learning pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 0,631. Terdapat pengaruh pengguaan model inquiry learning, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t thitung >ttabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,05 > 1,99 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 3,05 > 2,65.
DAMPAK PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP CARA BELAJAR SISWA MELALUI PERILAKU DISIPLIN DI MI MAARIF KLIWONAN WONOSOBO TAHUN 2020/2021 Inggaryani, Ririn; Khoiri, Ahmad
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 1 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i1.2353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) karakter religius pada siswa kelas 3 MI Maarif Kliwonan Wonosobo; 2) perilaku disiplin siswa kelas 3 MI Maarif Kliwonan Wonosobo; 3) pengaruh karakter religius terhadap perilaku disiplin siswa kelas 3 MI Maarif Kliwonan Wonosobo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validitas instrumen dilakukan menggunakan Expert Judgment dan Korelasi Product Moment. Reabilitas menggunakan Alpha Croncbach. Teknik analisis data yaitu: analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Karakter religius pada siswa kelas III MI Maarif Kliwonan Wonosobo dengan 34 siswa, nilai tertinggi sebesar 30 (6%), kategori nilai terendah sebesar 12 (15%) kategori nilai paling rendah di nilai 24-26 (0%). Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara karakter religius dan perilaku disiplin pada siswa kelas III MI maarif Kliwonan Wonosobo, dibuktikan dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,6565 > 0,339) dan nilai signifikansi sebesar 0, 000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Page 1 of 1 | Total Record : 5