GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari setiap kegiatan ilimiah tersebut, atas isu dan problematika seputar Ekonomi dan Ilmu Sosial. Artikel pada jurnal ini telah di review oleh Redaktur Ahli, Editor, dan mitra bestari (reviewers)
Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial"
:
20 Documents
clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KEDAI & CAFE FCB KONTAINER KUPANG)
Siokain, Sherly;
Fanggidae, Ronald P C;
Kurniawati, Merlyn;
Amtiran, Paulina Y
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11683
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai & Café Fried Chicken Brottus, Kontainer-Kota Kupang, (2) Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai & Café Fried Chicken Brottus, Kontainer-Kota Kupang, (3) Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai & Café Fried Chicken Brottus, Kontainer-Kota Kupang. Penelitian ini menggunaka deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji liniearitas dan uji multikolonieritas. Metode analisis data dengan regresi linear berganda. Pengujian data dilakkan dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen, (2) Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen, (3) Kualitas Produk dan Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kualitas Konsumen. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Pelayanan
STRATEGI PROMOSI PRODUK TENUN IKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK TENUN IKAT DESA NEKMESE FATUULAN KAB. TTS
Gosal, Indrawan;
Bunga, Markus;
Ndoen, Wehelmina M;
Fanggidae, Rolland E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11709
Penelitian ini bertujuan untuk membantu melakukan strategi promosi dalam Upaya peningkatan pendapatan masyarakat pada kelompok tenun ikat Tobani desa Nekmese, Fatuulan Kab. TTS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah para anggota kelompon tenun ikat Tobani. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT, dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Tenun Ikat Tobani telah melakukan pemasaran terhadap produk tenun ikatnya, namun pemasaran yang dilakukan masih secara konvensional. Kelompok Tenun Ikat tobani pun belum melakukan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan peningkatan pendapatan. Dampak dari strategi promosi produk tenun ikat ini adalah peningkatan jumlah penjualan,memperluas jangkauan, memperluan jaringan, dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Kata Kunci : Strategi Promosi, Peningkatan Pendapatan Masyarakat, Kelompok Tenun Ikat
ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS DAN AKSESIBILITAS PARIWISATA PADA OBJEK WISATA AIR PANAS MENGERUDA KECAMATAN SOA KABUPATEN NGADA
Edo, Hilaria;
Fanggidae, Rolland E;
Maak, Clarce S;
Amtiran, Paulina Y
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11711
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas dan aksesibilitas pada objek wisata serta pengembangan objek wisata Pemandian Air Panas Mengeruda. Pemandian Air Panas Mengeruda.Untuk menganalisis dan menentukan strategi pengembangan objek wisata dengan tepat, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada objek wisata Pemandian Air Panas Mengeruda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan analisis data yang dihasilkan dari analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa strategi yang tepat diterapkan adalah strategi agresif. Sehingga alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan objek wisata Pemandian Air Panas Mengeruda adalah memanfaatkan kekuatan dan peluang secara optimal. Oleh karena itu upaya pengembangan yang paling tepat adalah menyediakan satu paket perjalanan pada objek wisata pemandian air panas, museum arkeolog dan wisata rohani, melakukan pengembangan fasilitas pada objek wisata, memanfaatkan objek wisata yang strategis karena dekat dengan objek wisata lain, bandara dan dekat dengan ibukota kabupeten, memanfaatkan potensi wisata yang ada pada objek wisata serta memanfaatkan akses informasi dan jaringan internet untuk pengembangan objek wisata. Kata Kunci : Analisis Pengembangan, Fasilitas, Aksesibilitas, Analisis SWOT
PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG PASAR BARTER DI KECAMATAN WULANDONI KABUPATEN LEMBATA
Gunu Wutun, Maria Magdalena;
de Rozari, Petrus E;
Makatita, Reyner F;
Foenay, Christien C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11733
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap kesejahteraan masyarakat pasar barter di Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedagang pasar barter sebanyak 50 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pedagang pasar barter di Kecamatan Wulandoni. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, dengan bantuan SPSS IBM 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan keuangan dasar dan asuransi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kesejahteraan pedagang pasar barter di Kecamatan Wulandoni, Sedangkan Investasi, Tabungan dan Pinjaman secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan pedagang pasar barter di Kecamatan Wulandoni. Pengujian secara simultan menghasilkan bahwa literasi keuangan yang diproksi melalui pengetahuan keuangan dasar, asuransi, investasi, tabungan dan pinjaman memiliki pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat pasar barter di Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata. Kata Kunci : Literasi Keuangan, kesejahteraan, pedagang, barter, Wulandoni
STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ABUDENOK DI KABUPATEN MALAKA
Lopes, Febiana M;
Makatita, Reyner F;
Dhae, Yosefina K I D D;
Fanggidae, Ronald P C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11750
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi objek Wisata pantai abudenok dan menyusun strategi pengembangan yang tepat sebagai Daya Tarik Wisata. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sebanyak 7 orang dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya strategi yang dapat di terapkan yakni kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah dalam mengembangkan dan mempromosikan pantai abudenok kepada wisatawan melalui teknologi dan informasi yang ada. Strategi yaitu mengembangkan infrastruktur pendukung dan mengoptimalkan potensi yang menjadi daya tarik unggulan untuk menghadapi pesaing. mengadakan pelatihan bagi masyarakat untuk mengembangkan produk pariwisata seperti souvenir khas dari kabupaten malaka. Strategi lebih gencar dalam mempromosikan objek wisata desa untuk menarik wisatawan datang berkunjung. Hasil penelitian ini dapat ditindak lanjuti oleh peneliti lain. Manfaat penelitian ini adalah dapat menerapkan mata kuliah yang dipelajari dan menjadi saran baik bagi pengelola ataupun pemerintah untuk mengembangkan Objek Wisata pantai Abudenok. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Analisis kualitatif , Pantai Abudenok
PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA ILMAN CELL KUPANG)
Sutrisna, Muhammad Awalludin Surya;
Bunga, Markus;
Foenay, Christien C;
Fanggidae, Apriana H J
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11758
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung melalui studi kasus pada Ilman Cell Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan instrument penelitian. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus Lameshow. Penelitian ini dilakukan pada pengguna smartphone Samsung melalui studi kasus pada Ilman Cell Kota Kupang dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial gaya hidup memiliki hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Ilman Cell Kota Kupang, secara parsial brand image memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Ilman Cell Kota Kupang, dan secara simultan gaya hidup dan brand image memiliki hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Ilman Cell Kota Kupang. Kata Kunci : Gaya Hidup, Brand Image, Keputusan Pembelian
ANALISIS PROMOSI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA KOJA DOI KABUPATEN SIKKA
Glasa, Beato A C;
Fanggidae, Rolland E;
Dhae, Yosefina K I D D;
Amtiran, Paulina Y
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11773
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi objek wisata Desa Koja Doi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada promosi pariwisata Desa Koja Doi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa Observasi, Wawancara, kuesioner dan Dokumentasi. Penulis menggunakan metode analisis SWOT. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi pengembangan yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka dan Desa Koja Doi ialah Pembuatan unit kerja oleh Desa Koja Doi dalam kerjasama mempromosikan objek wisata yang ada di Desa Koja Doi, pembangunan akomodasi pada objek wisata unggulan yang inovatif, Manajemen pariwisata berbasis masyarakat dan kebudayaan lokal dan Peningkatan sumber daya manusia (SDM). Berdasrkan analisis data yang dihasilkan pada diagram SWOT dapat disimpulkan bahwa strategi yang harus diterapkan adalah strategi agresif. Sehingga alternatif strategi yang tepat diterapkan adalah memaksimalkan promosi dan menjaga kualitas objek wisata. Kata kunci : Promosi Pariwisata, Analisis SWOT, Desa Wisata Koja Doi
ANALISIS PENGARUH KREDIT BERMASALAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN KSP KOPDIT SAN DOMINGGO
Horo, Andreas Hermanus;
Foenay, Christien C;
Makatita, Reyner F;
Ndoen, Wehelmina M
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11775
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredit bermasalah terhadap kinerja keuangan koperasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh kepastian mengenai faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap kinerja keuangan koperasi. Objek penelitian ini adalah KSP Kopdit San Dominggo. Kredit bermasalah diukur dengan NPL dan kinerja keuangan diukur dengan ROA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian surfey dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini dari tahun 2019 sampai 2021 dengan alat analisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit bermasalah berpengaruh terhadap kinerja keuangan KSP Kopdit San Dominggo. Kata Kunci : Kredit Bermasalah, Kinerja Keuangan
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM INA GELEKAT LARANTUKA
Tukan, Paulina Barek;
Timuneno, Tarsisius;
Neno, Marianus S;
Nursiani, Ni Putu
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11783
Penelitian Ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Larantuka secara parsial. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk menegtahui hubungan dua variabel atau lebih dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin diperoleh 32 responden. Teknik analisi yang digunakan adalah analisis Deskriptif dan analisi inferensial yang menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T. Hasil uji T menunjukan bahwa variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan daerah air minum Ina Gelekat Larantuka. Kata Kunci : Pelatihan dan Kinerja
PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. HASJRAT ABADI KUPANG
Bere, Maria Reliana;
Timuneno, Tarsisius;
Maak, Clarce S
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 6 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35508/glory.v4i6.11791
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Kupang baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitin asosiatif. Yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin diperoleh 36 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Kupang dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Kupang. Hasil uji simultan menunjukan bahwa variabel komunikasi dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Kupang. Kata Kunci : Komunikasi, Motivasi Kerja Dan Kinerja