cover
Contact Name
Adrial Falahi
Contact Email
jurnaljimk88@gmail.com
Phone
+628126002337
Journal Mail Official
jurnaljimk88@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UMN Al Washliyah Jl. Garu II No 93 Medan (061) 786 7044 / (061) 786 2747
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMK)
ISSN : -     EISSN : 27744795     DOI : https://doi.org/10.32696/jimk
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMK) merupakan Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Jurnal ini khusus memuat kajian ilmiah yang berkaitan dengan manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan kewirausahaan.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )" : 14 Documents clear
Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Warung Giri Jogja di Platform GoFood Syafikri, Dzulkarnain; Aulia Rahmi, Vembri
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4458

Abstract

Industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia berkembang pesat seiring dengan adopsi teknologi digital dan perubahan pola konsumsi masyarakat. GoFood, sebagai salah satu layanan utama dalam ekosistem Gojek, memberikan peluang bagi UMKM kuliner untuk memperluas jangkauan pasar. Namun, persaingan bisnis yang ketat dan kurangnya pemanfaatan fitur promosi masih menjadi tantangan bagi banyak pelaku usaha, termasuk Warung Giri Jogja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing Warung Giri Jogja di GoFood menggunakan pendekatan SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama Warung Giri Jogja terletak pada harga kompetitif dan kualitas rasa yang konsisten, sementara kelemahannya adalah kurangnya pemahaman terhadap strategi pemasaran digital. Peluang yang tersedia meliputi pertumbuhan pasar layanan pesan-antar dan dukungan fitur promosi dari GoFood, sedangkan ancamannya adalah persaingan dengan warung makan yang lebih besar dan lebih dikenal. Untuk meningkatkan daya saing, Warung Giri Jogja perlu mengoptimalkan strategi pemasaran digital, memanfaatkan fitur promosi GoFood, serta meningkatkan brand awareness.
Pengaruh Serviescape, Harga, Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko National Elektronik Rantauprapat Yulia, Ade Ayu; Nasution, Siti Lam’ah; Hasibuan, Muhammad Irwansyah
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4558

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan dalam mengetahui dan menganalisa pengaruh servicescape, harga, word of mouth, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pada Toko National Elektronik Rantauprapat. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Konsumen pada Toko National Elektronik Rantauprapat merupakan populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu sebanyak 214 responden berdasarkan data jumlah pelanggan bulan Februari 2025. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan metode probability sampling. Jadi, jumlah sampel yang diperlukan adalah 139 responden. Penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner skala likert sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik seperti uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas data. Uji koefisien determinasi, uji parsial (t), dan simultan (F) digunakan untuk menguji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa secara parsial dan simultan servicescape, harga, word of mouth, dan citra merek memberi pengaruh pada kepuasan konsumen pada Toko National Elektronik Rantauprapat.
Pengaruh Kompensasi, Kompetensi, Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Mandiri Cabang Rantauprapat Ahmad Yani Dwi Pratama, Sherly; Irwansyah Hasibuan, Muhammad; Yolanda Ritonga, Anggie
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4559

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan dalam mengetahui dan menganalisa pengaruh kompensasi, kompetensi, pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Bank Mandiri Cabang Rantauprapat Ahmad Yani. Kajian kuantitatif semacam ini sedang dilakukan di PT Bank Mandiri Cabang Rantauprapat Ahmad Yani. Karyawan PT Bank Mandiri Cabang Rantauprapat Ahmad Yani merupakan populasi penelitian yaitu sebanyak 42 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dapat dijadikan sampel yaitu sebesar 42 orang karyawan PT Bank Mandiri Cabang Rantauprapat Ahmad Yani. Penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner skala likert sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik seperti uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas data. Uji koefisien determinasi, uji parsial (t), dan simultan (F) digunakan untuk menguji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kompensasi dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada kinerja karyawan. Kompetensi dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada kinerja karyawan. Pengembangan Karir dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada kinerja karyawan. Motivasi kerja dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada kinerja karyawan. Kompensasi, kompetensi, pengembangan karir dan motivasi kerja dengan simultan memberi pengaruh pada kinerja karyawan PT Bank Mandiri Cabang Rantauprapat Ahmad Yani.
Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, Stres Kerja Dan Keterlambatan Jam Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Suzuya Mall Rantauprapat Manurung, Shopia Maria; Hasibuhan, Muhammad Irwansyah; Lubis, Junita
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4560

Abstract

Menemukan dan mengevaluasi dampak kompensasi, lingkungan kerja, stres kerja dan keterlambatan jam kerja terhadap kinerja karyawan pada Suzuya Mall Rantauprapat adalah tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dilakukan di Suzuya Mall Rantauprapat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Suzuya Mall Rantauprapat yaitu sebanyak 64 karyawan. Sampel didalam penelitian ini diambil menggunakan Teknik sampel jenuh, yaitu apabila jumlah populasi kurang dari 100, setelah itu, seluruh populasi dijadikan sampel. Sebanyak 64 karyawan dijadikan sebagai ukuran sampel penelitian dalam hal ini. Penelitian ini menggunakan survei skala Likert, dokumentasi, dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Uji asumsi klasik, termasuk uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas data, digunakan dalam penelitian ini. Uji koefisien determinasi, parsial (t), dan simultan (F) digunakan untuk menilai analisis regresi linier berganda. Temuan secara parsial menunjukkan bahwa kompensasi secara signifikan dan positif memengaruhi kinerja karyawan, menurut temuan studi tersebut. Kinerja karyawan secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Stres di tempat kerja secara signifikan dan positif memengaruhi kinerja karyawan. Kinerja karyawan secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh keterlambatan. Di Suzuya Mall Rantauprapat, kompensasi, lingkungan kerja, stres, dan keterlambatan semuanya memengaruhi kinerja karyawan pada saat yang bersamaan
Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Harga Jual, Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan UMKM (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Di Kecamatan Medan Amplas) Hadid Fahlifi, Muhammad; Barimbing, Sasya Triamanda; Safira, Dina; Tiara, Shita
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dipengaruhi oleh modal usaha, lokasi usaha, harga jual, dan tenaga kerja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 36 UMKM di Kecamatan Medan Amplas. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen, yaitu modal usaha, lokasi usaha, harga jual, dan tenaga kerja, memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM. Lokasi usaha memberikan kontribusi paling besar sebesar 73,54%, diikuti oleh tenaga kerja sebesar 11,71%, modal usaha sebesar 7,90%, dan harga jual sebesar 0,15%. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pelaku UMKM, khususnya di Kecamatan Medan Amplas, dalam menentukan strategi peningkatan pendapatan berdasarkan variabel yang paling berpengaruh.
Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terhadap Pengendalian Kualitas Pada PT ABC Mardiah, Dinda; Fety Nurlia Muzayanah; Rediawan Miharja
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4607

Abstract

Selain melakukan pengendalian mutu, perusahaan juga harus tetap menjunjung standar mutu tertentu. Banyak kalangan terutama yang bergerak di bidang bisnis atau wirausaha kini menganggap Organization For Standardization atau ISO sebagai standar dunia yang dibutuhkan. Meskipun ISO 9001:2015 telah diterapkan secara menyeluruh, namun penerapan sistem manajemen mutu secara keseluruhan masih belum sempurna. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 akan memberikan pengaruh terhadap pengendalian mutu PT ABC. Penelitian ini menggunakan SPSS25 sebagai alat uji perhitungan analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan pendekatan survei, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Sebanyak 38 responden diberikan kuesioner. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi linier berganda, secara simultan variabel Konteks Organisasi (X1), Kepemimpinan (X2), Perencanaan (X3), Dukungan (X4), Operasi (X5), Evaluasi Kinerja (X6), dan Peningkatan (X7) memberikan pengaruh yang baik dan substansial terhadap pengendalian mutu PT ABC. Sementara itu, pengendalian kualitas PT ABC sebagian besar tidak terpengaruh oleh Konteks Organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, Dukungan, Operasi dan Peningkatan, tapi secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh Evaluasi Kinerja.
Pengaruh Peer To Peer Lending Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Semarang Alfina Arfianti, Vera; Sutapa; Anik, Sri; Mutoharoh
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4721

Abstract

The relationship between peer to peer lending and financial literacy has a primary function by influencing the financial performance of MSMEs in Semarang City. On the one hand, peer to peer lending provides financing options that are more easily accessible to MSMEs who often have difficulty in obtaining formal loans. However, without adequate financial literacy, MSME actors are at risk of mismanaging loans, such as choosing products with high interest rates or being unable to prepare a good payment plan. This can lead to financial problems such as bad debts or liquidity crises that hinder business growth. This study focuses on the analysis of the influence of peer to peer lending and financial literacy on the performance of MSMEs in Semarang City. The quantitative method with an explanatory research approach was chosen to describe the relationship between the variables studied precisely. The population in this study consisted of culinary MSMEs in Semarang City with a total of 3,291 with a sample of 100 MSMEs with the criteria of having been in business for more than 3 years with a minimum of 2 employees. The analysis shows that peer to peer lending and financial literacy have a significant impact on the financial performance of MSMEs in Semarang City and it is hoped that business actors can take part in financial training or education so that they can design capital management strategies, maximize the use of resources, and reduce financial risks more efficiently.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Pegasus Reka Industri Lubis, Desy Irana Dewi; Bahri, Syamsul
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada PT. Pegasus Reka Industri, Kabupaten Tuban. Kepemimpinan transformasional dianggap sebagai gaya kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan motivasi, kreativitas, dan kinerja pegawai melalui pengaruh ideal, motivasi inspirasi, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Dan kompensasi sebagai pendukung dianggap variabel yang sangat tepat dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan populasi jenuh, melibatkan seluruh pegawai sebagai responden yaitu 30 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23 untuk pengujian uji validitas dan uji realiabilitas. Setelah data dapat teruji kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan teknik regesi liner berganda dengan bantuan aplikasi pengolahan data SPSS 23. Dari penelitian didapatkan hasil kepemimpinan transformasional dan kompensasi memiliki pengaruh sebesar 99,1% terhadap kinerja pegawai di PT. Pegasus Reka Industri. Penelitian ini mendukung temuannya dengan signifikansi nilai 0,00 yang lebih rendah dari 0,05, serta uji t memperlihatkan bahwa nilai thitung 6,635 variabel kepemimpinan transformasional dan 19,882 variabel kompensasi lebih besar dari ttabel 2,048. Hasil ini dapat digunakan oleh pimpinan PT. Pegasus Reka Industri sebagai dasar untuk terus meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.
Analisis Total Quality Management (TQM) Pada Operasional Bank BJB (Studi Kantor Cabang Patrol) Lasifa, Triana; Miharja, Rediawan
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Total Quality Management (TQM) pada Bank bjb Kantor Cabang Patrol dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan kinerja manajemen. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank bjb telah menerapkan sepuluh unsur utama Total Quality Management (TQM), seperti fokus pada pelanggan, perbaikan berkelanjutan, pendidikan dan pelatihan, serta pemberdayaan karyawan. Implementasi Total Quality Management (TQM) berdampak positif terhadap peningkatan efisiensi, kepuasan nasabah, serta motivasi dan kinerja karyawan. Kesimpulannya, penerapan Total Quality Management (TQM) di Bank bjb Kantor Cabang Patrol berjalan efektif, meskipun dibutuhkan peningkatan inovasi berkelanjutan untuk mempertahankan kualitas layanan dan daya saing perusahaan.
Pendampingan Usaha Air Minum Masjid Sebagai Model Pemberdayaan Ekonomi Jamaah: Program Pelatihan Di Masjid Attaqwa Sukaraya Indah Syuhada, Wira; Hamdan 'Ainulyaqin, Muhammad
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK) Vol 6 No 1 (2025): Juni ( In Progress )
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jimk.v6i1.4818

Abstract

This article describes the implementation of a drinking water business mentoring program at the Attaqwa Sukaraya Indah Mosque, Karang Bahagia District, Bekasi Regency, West Java Province as a model for empowering the congregation's economy. This study describes the training process, development, and results achieved in an effort to improve the congregation's economic welfare through the mosque's drinking water business. Data shows a significant increase in network development and financial management from 2021 to 2024. This program is a model for sustainable mosque-based economic empowerment, with a total balance reaching IDR 20,136,887 during that period. This empowerment model can be an example for other mosques in developing productive economic programs based on local potential.

Page 1 of 2 | Total Record : 14