cover
Contact Name
Suwanto
Contact Email
info@nafatimahpustaka.org
Phone
+6281235775561
Journal Mail Official
info@nafatimahpustaka.org
Editorial Address
Pt Nafatimah Gresik Pustaka, DESA PALEBON RT 04 RW 02, Kab. Gresik, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
ISSN : 30250145     EISSN : 29863163     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan hasil kegiatan pemberdayaan masayarakat nusantara yang telah dilakukan oleh dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan sehingga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat nusantara. Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara dikelolah oleh PT NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA diterbitkan 4 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember Artikel yang dipublikasikan pada jurnal tersebut meliputi bidang ilmu antara lain : kesehatan, ekonomi dan bisnis, pendidikan, sains, teknik, sosial humaniora, dan pertanian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara" : 14 Documents clear
PENGABDIAN MASYARAKAT IMPLEMENTASI PHBS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SISWA DI SD MUGRES KAMPUS B Adrijanti Adrijanti; Siti Bariroh; Nono Triono
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.353 KB)

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan upaya dari pencegahan penularan dari suatu penyakit. Salah satu program mahasiswa KKN (kelompok 011 desa Pulopancikan) Universitas Gresik mengadakan Kegiatan penyuluhan di SD Muhammadiyah Kampus B Gresik tentang “perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cara mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, dan yang lainnya sebagai upaya menanamkan nilai-nilai karakter disekolah “.Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Metode penyuluhan yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi Tanya jawab dan praktek langsung dilapangan. Materi yang disampaikan mengenai bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan dilengkapi dengan praktek cuci tangan yang benar. Penyuluhan kegiatan ini diharapkan terwujud perilaku hidup bersih dan sehat dan Kesadaran bagi siswa dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terbentuk generasi penerus yang sehat, cerdas dan cinta tanah air serta memegang teguh norma-norma agama.
PENERAPAN INOVASI ABSEN SHOLAT DUHUR BERJAMAAH (PRAYER CARD) BERBASIS QR CODE DI SMA MAARIF LAWANG Yongki Prayoga; As’ad Syamsul Arifin; Nikmatul Iza; Khoirun Nisa Iza
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.849 KB)

Abstract

Absensi merupakan salah satu tugas tambahan yang diberikan kepada guru yang bertugas sebagai penegak kedisiplinan, kegiatan belajar mengajar dan sholat duhur  di SMA Maarif Lawang. Absensi merupakan indikasi dalam penegakan kedisiplinan dan kehadiran siswa yang dilakukan sebagai perwujudan visi dan misi di SMA Maarif Lawang, dan evaluasi siswa yang digunakan sebagai laporan pada penerimaan raport. Karena absensi dilakukan secara manual oleh guru piket dengan pengisian buku tata tertib apabila siswa terlambat dan penggunaan kartu nama sebagai syarat absen sholat duhur yang diletakkan di dalam wadah cat bekas berukuran 500 gr dan harus di tunggu oleh guru piket sampai sholat duhur berjamaah selesai, hal ini dapat dengan mudah siswa memanipulasi kehadiran pada saat sholat duhur berjamaah melalui jasa titip kartu sholat kepada temannya. Upaya dalam mengatasi hal tersebut agar guru piket tidak menunggu hingga sholat duhur selesai dan tidak ada manipulasi, maka dirancang suatu inovasi sistem kartu kehadiran sholat duhur berjamaah (prayer card) berbasis web menggunakan kode QR (Quick Response). Pada tahap analisis, perancangan inovasi tersebut memanfaatkan Microsoft excel sebagai sumber data siswa, google formulir sebagai data base, dan editor kode qr menggunakan website qrexplorer. Inovasi tersebut diharapkan dapat membantu mempercepat dan efisiensi proses absensi sholat duhur berjamaah, menghilangkan kebutuhan absensi manual oleh guru piket, memudahkan guru piket dalam memantau siswa pada saat sholat duhur. Sehingga dapat meminimalisir kecurangan yang dilakukan siswa dalam memanipulasi kehadiran sholat duhur berjamaah.
SOSIALISASI OPTIMALISASI PENGASUHAN PADA 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN ANAK di SPS WIRA MELATI 12 YOGYAKARTA Febru Puji Astuti; Reza Edwin Sulistyaningtyas
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.583 KB)

Abstract

Kampung Ketanggungan RT. 57/RW.12 Wirobrajan merupakan salah satu perkampungan dengan jumlah penduduk usia produktif yang cukup banyak dengan sebagian besar berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Sebagai salah satu layanan kesejahteraan masyarakat yang ada SPS menjadi salah satu garda depan bagi para orang tua dengan anak balita, orang tua dan remaja untuk dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru seputar kesehatan, pendidikan serta keterampilan yang cukup efektif. Peningkatan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, kesejahteraan dan pengetahuan menjadi salah satu fokus utama dalam upaya mensejahterakan masyarakat sekitar. Berangkat dari latar belakang ini maka SPS Wira Melati 12 dan Tim pengabdian berupaya untuk memberikan layanan sosialisasi yang ditujukan bagi para ibu-ibu sekitar yang memiliki balita yang dilaksanakan pada 27 Januari 2023 pukul 15.00 – Selesai bertempat di balai RW 12 Ketanggungan Wirobrajan, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat sekitar terkait pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan sosialisasi optimalisasi pengasuhan pada 1000 hari pertama kehidupan anak. Kegiatan dilaksanakan dengan tahpan 1) persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi dan pelaporan. Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa materi yang disampaikan tujuan sosialisasi tersampaikan dengan baik dan sangat sesuai dengan kebutuhan serta memberikan kebermanfaatan bagi para peserta yang hadir.
SOSIALISASI E-MODUL MATA KULIAH PRAKTEK MUSIK BERBASIS MEDIA INTERAKTIF KEPADA MAHASISWA BARU PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK Rahmat Kurniawan; Faidhul Inayah; Dwi Wahyuni Hamka; Sri Riski Wulandari; Siti Asmaulul Ismi
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1027.505 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi sangatlah pesat, agar perkuliahan lebih efektif dengan e-Modul Dasar Musik Tradisional Sulawesi Selatan pada Prodi Pendidikan Sendratasik UNM ini diadakan untuk membuat mahasiswa baru lebih aktif dalam belajar perkuliahan praktek. Sosialisasi E-modul ini bertujuan sebagai bentuk dari perkembangan teknologi supaya mahasiswa tidak hanya membaca buku teori saja, tetapi dengan referensi video pembelajaran praktek yang dibuat penguat materi dengan memanfaatkan fitur teknologi yang berbasis digital dan interaktif. Metode yang digunakan yaitu 1) Analisa Kebutuhan, 2) Menyusun skrip dan bahan Materi e-Modul, 3) Pembuatan video pembelajaran, 4) Evaluasi e-Modul dan penyelesaian media video, yaitu dengan jumlah peserta mahasiswa 36 orang. Hasil dari sosialisasi ini menunjukan mahasiswa menjadi lebih mudah mempelajari materi demosntrasi penggunaan e-Modul dengan berbagai tampilan seperti gambar dan video dengan tautan link video pembelajaran dan video referensi yang bisa di klik serta diarahkan ke video pembelajaran. Hasil dari PKM yaitu pembelajaran di kelas praktek musik lebih efektif dan interaktif dengan kebijakan pembelajaran blended learning, sehingga dengan sosialisasi ini mahasiswa Sendratasik wawasan nya menjadi meningkat dan lebih mudah memahami materi bahan ajar kompetensi praktek khususnya dalam praktik dasar musik tradisional Sul-Sel.
SEMINAR MODERASI BERAGAMA “MODERASI DENGAN TRADISI TOLERANSI DENGAN AKSI” Pasiningsih Pasiningsih; Muhimmatul Muna Fadlika; Ubaidillah Syifa; Risma Amalia; Nur Rizqi Cholid; Desi Fitriyani; Dania Syifanny; Putri Nor Handayani; Shinta Asna Rofikoh; Qurrotu Ainil Awalia; Muhammad Rizky Pratama; Khoirin Nurul Farichatin Nichlah; Anisa Fitriyani; Nadiaarrahmah Nadiaarrahmah; Lulu’ Chusnul Mu’arifah; Diah Dwi Ariani
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.966 KB)

Abstract

Keberagaman yang ada di Indonesia bagaikan pedang bermata dua. Keberagaman bisa memperkaya budaya yang ada di Indonesia. Namun, keberagaman bisa menjadi tantangan yang perlu diatasi. Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, merupakan desa di Provinsi Jawa Tengah yang warga masyaraknya beragam dalam beragama, Islam, Buddha, dan Kristen sehingga terkadang ada kesalahpahaman terkait ajaran agama pemeluk lain. Oleh karena itu, dosen IAIN Kudus dan 15 mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjung, Pakis Aji, Jepara melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan metode service learning yaitu memberikan seminar moderasi beragama dengan tema “Moderasi Dengan Tradisi Toleransi Dengan Aksi”. Pelaksanaan PkM yang dihadiri oleh 36 peserta dan 3 narasumber berjalan dengan lancar karena adanya peran serta masyarakat, tokoh agama, dan pemimpin desa. Namun, pemilihan lokasi dan hari dalam pelaksanaan PkM yang mempertimbangkan kondisi masyarakat perlu dipertimbangkan agar lebih banyak warga desa yang bisa berpartisipasi. Dari kegiatan seminar, dialog antar umat beragama direncanakan menjadi salah satu agenda program desa Tanjung, Pakis Aji, Jepara untuk mensosialisasikan dan mengembangkan wawasan moderasi beragama kepada masyarakat untuk terwujudnya keharmonisan dan kedamaian di desa Tanjung Pakis Aji, Jepara yang majemuk.
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOTERO DALAM MENSITASI KARYA ILMIAH Faidhul Inayah; Dwi Wahyuni Hamka; Rahmat Kurniawan; Siti Asmaulul Izmi
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.035 KB)

Abstract

Pelatihan karya tulis Zotero merupakan pelatihan yang didasari akan kebutuhan mahasiswa dalam mensitasi karya ilmiah. Sitasi karya ilmiah dibutuhkan untuk mengurangi angka plagiasi terhadap karya ilmiah orang lain terutama dalam penulisan tugas akhir skripsi. Pelatihan penggunaan aplikasi Zotero diadakan dengan tujuan peningkatan kemampuan mahasiswa khususnya dalam limgkup jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam menulis karya ilmiah khususnya skripsi sebagai tugas akhir dalam jenjang strata satu. Kegiatan ini berlandaskan akan kebutuhan penulis khususnya penulis pemula dalam mengelola referensi sehingga terhindar dari plagiarism baik secara senangaja maupun tidak sengaja. Metode pelatihan dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi hasil pelatidan dan tindak lanjut dari hasil evaluasi. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa terlihat peningkatan kemampuan mahasiswa terhap penggunaan aplikasi Zotero diantaranya kemampuan mendownload aplikasi, kemampuan memasukkan sember referensi baik secara online maupun offline dan kemampuan membuat daftar bibliografi menggunakan aplikasi. Pengabdi juga menambahkan pelatihan untuk mencari sumber referensi baik melalui google cendekia maupun jurnal yang terdapat pada Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. mahasiswa juga makin menyadari akan pentingnya pengunaan aplikasi dan pengelolaan referensi untuk mempermudah penulisan karya ilmiah. Dari hasil pengabdian diperoleh peningkatan pengetahuan peserta terhadap gaya sitasi yang beragam sebanyak 77,67%, pengetahuan peserta bahwa zotero memudahkan  dalam mengelola daftar pustaka sebanyak 66%, pengetahuan peserta bahwa Zotero membantu mendapatkan sumber kutipan referensi sebanyak 69,5 %, pengetahuan peserta bahwa zotero memudahkan pengelolaan referensi secara cepat dan otomatis sebanyak 50,84%, pengetahuan peserta terhadap cara mengoperasikan aplikasi zotero sebanyak 61,2%, pengetahuan peserta terhadap jenis-jenis perangkat manajemen referensi sebanyak 62,6%, pengetahuan peserta terhadap tujuan dan manfaat manajemen referensi sebanyak 49,15% dan peningkatan peserta terhadap manajemen referensi sebesar 52,5%. Maka dapat ditari kesimpulan terjadi peningkatan kemampuan peserta.
PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH PADA MAHASISWA PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Asri Nur Aina; Oky Nur Pratiwi Johansyah; Herlina Sakawati; Sulmiah Sulmiah; Dyan Paramitha Darmayanti; Sirajuddin Saleh
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.132 KB)

Abstract

Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa dihindari. Salah satu contoh penggunaan teknologi selain dalam proses pembelajaran yaitu penggunaan aplikasi atau software dalam penulisan karya ilmiah. Dalam penulisan karya ilmiah, teknologi pendukung yang dapat dimanfaatkan yaitu aplikasi Publish Or Perish dan Vos Viewer. Pesatnya perkembangan teknologi yang ada, belum mampu dikejar oleh mahasiswa yang ada di prodi Ilmu Administrasi Negara. Hal ini dapat dilihat dari hasil survey dengan menggunakan google form dan disebar ke mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir yang menunjukkan bahwa masih rendahnya pengetahuan mahasiswa terhadap penggunaan software untuk penulisan karya ilmiah. Adapun tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pengoperasian beberapa software yaitu Publish or Perish dan Vos Viewer yang dapat digunakan untuk memudahkan penulisan karya ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan online workshop dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh 135 orang peserta. Setelah dilakukan online workshop para peserta diminta untuk mengisi survey pada google form untuk mengetahui sejauh mana manfaat kegiatan ini dan hasilnya hampir dari keseluruhan peserta menganggap kegiatan ini bermanfaat untuk kedepannya serta dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu motivasi mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah. Karya ilmiah yang nantinya dihasilkan oleh mahasiswa pada akhirnya dapat mendukung untuk pencapaian visi prodi Ilmu Administrasi Negara.
PELATIHAN PEMBUATAN SERBUK JAHE SEBAGAI PELUANG USAHA PASCA PANDEMI COVID-19 Slamet Panuntun; Uswatun Marhamah; Anni Nurul Hidayati; Nur Rahmawati; Galih Fajar Fadillah; Ernawati
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.358 KB)

Abstract

Dampak covid-19 terhadap Indonesia cukup besar, khususnya dalam sektor perekonomian. Keterbatasan aktifitas berdagang, munculnya marketplace secara daring, keterbatasan pelaku usaha dalam penggunaan teknologi, dan inovasi pelaku usaha khususnya pelaku usaha rumah tangga (home industry). Dampak tersebut sangat dirasakan oleh kelompok ibu-ibu PKK Mandala Graha Jaten. Melihat situasi dan kondisi demikian penulis mencoba untuk melakukan kegiatan yang bersifat membantu masyarakat desa Jaten dengan mengadakan pelatihan. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu warga masyarakat untuk bisa lebih produktif dalam menghadapi wabah pandemi yang saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat dengan ide kreatif masyarakat. Kegiatan Pelatihan ini diperuntukkan bagi perkumpulan ibu-ibu PKK Mandala Graha Jaten yang berlokasi di Desa Jaten. Metode yang digunakan adalah PAR (Parsipartory Action Research) dengan tahapan perencanaan, kegiatan, pengamatan dan refleksi Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal keilmuan bagi ibu-ibu PKK Mandala Graha Jaten. Kegiatan pengabdian ini memberikan wawasan baru kepada ibu-ibu PKKyang sebelumnya menggunakan tanaman jahe hanya sebagai pelengkap rasa masakan menjadi tanaman yang dapat diseduh dan bernilai ekonomis. Selain itu, dampak lain dari pengabdian ini peserta pelatihan termotivasi   untuk berkarya dan berkumpul dalam rangka melaksanakan program kerja PKK menjadi lebih antusias. Selain menambah wawasan pengbadan ini juga memberikan dampak psikologis terkait motivasi dan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan PKK secara umum ataupun pelatihan pembuatan serbuk jahe secara khusus.
PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SDN BULU 01 KABUPATEN SUKOHARJO DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 Bayu Yoni Setyo Nugroho
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas mengenai proses pelaksaanaan kampus mengajar periode 4 di SDN 1 Bulu. Kegiatan berupa peningkatan literasi, numerasi dan teknologi. Masalah dalam pengabdian ini yakni berdasarkan nilai AKM Nasional yang dianggap belum tinggi. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan AKM siswa SDN 1 Bulu serta meningkatkan kemampuan mahasiswa berkaitan dengan kompetisi. Kegiatan ini terdiri dari 5 mahasiswa yang berasal dari dua universitas serta dosen pembimbing lapangan. Metode yang digunakan yakni persiapan, pelaksanaan dan penutupan dilakukan secara langsung di lokasi pengabdian. Analisis data berupa deskriptif observasional. Hasil dari kegiatan ini siswa mengalami peningkatan hasil AKM yang dilakukan secara nasional. Selain berdampak bagi siswa kegiatan kampus mengajar meningkatkan kemandirian dan ketranpilan mahasiswa guna menjadi bekal untuk setelah lulus kuliah. Kegiatan mahasiswa selain membantu proses pembelajaran juga membantu dalam hal administrasi dan kegiatan lainnya yang ada di sekolah. Kesimpulan dari pengabdian ini siswa SDN 1 Bulu mengalami peningkatan AKM serta mahasiswa mengalami peningkatan kompetensi.
PEMBELAJARAN NILAI -NILAI PERDAMAIAN UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN TOLERANSI PADA REMAJA DI SURAKARTA Ernawati Ernawati; Galih Fajar Fadilah; Gadis Deslinda; Ahmad Khoiri
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan data Survei dari Setara Instutite menjelaskan terdapat 61,1 persen dari 760 siswa yang terlibat termasuk kategori toleran; 35,7 persen masuk kategori intoleran pasif (puritan); 2,4 persen yang masuk kategori intoleran aktif; dan 0,3 persen atau sekitar 3-4 orang dikatakan bisa berpotensi menjadi teroris. Rendahnya pemahaman remaja terhadap nilai-nilai perdamaian memicu munculnya intoleran dan buurknay konsep diri dikalangan remaja.Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pembelajaran nilai-nilai perdamaian untuk meningkatkan konsep diri dan toleransi pada remaja di Surakarta. Kegiatan pengabdian masayrakat ini dilakukan di Surakarta pada tanggal 4 Maret 2023. Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan game secara berkelompok agar menarik bagi remaja dalam memberikan pembelajaran nilai perdamaian agar meningkatkan konsep diri dan toleransi pada remaja. Adapun pelaksanaan nya melalui tahapan sebagai berikut : 1) tahap persiapan, 2) tahapan pelaksanaan, 3) tahap penutup dan evaluasi. Peserta berjumlah 30 remaja berasal dari berbagai sekolah dan kampus di Surakarta dengan berbagai latar belakang agama, suku dan bahasa. Hasil pengabdian masyarakat ini dengan tema pembelajaran nilai perdamaian ini untuk meningkatkan konsep diri dan toleransi pada remaja sangat memberikan manfaat bagi seluruh peserta. Hal tersebut didapatkan dari wawancara dan observasi yang di lakukan selama pengabdian ini. Para peserta mengatakan bahwa mengikuti pembelajaran tentang nilai perdamaian ini selain menambah banyak teman dengan berbagai latar belakang juga dapat memberikan pemahaman sekaligus cara berdamai dengan diri sendiri dan orang lain.

Page 1 of 2 | Total Record : 14