cover
Contact Name
Lilik Setiawan
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6224-7601410
Journal Mail Official
lppm@stiedharmaputra-smg.ac.id
Editorial Address
Jl. Pamularsih Raya No.16, Telp. (024)7601410, (024)7600645, Fax. (024)77601329 Email: lppm@stiedharmaputra-smg.ac.id, Semarang 50148, http://stiedharmaputra-smg.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Dharma Ekonomi
ISSN : 08535205     EISSN : 29645808     DOI : 10.59725
Core Subject : Economy,
Ilmu bidang Ekonomi, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dalam bidang Ekonomi dari seluruh Indonesia,
Articles 87 Documents
Pengaruh Insentif, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Semarang Setiyo Utomo; Darsono Darsono
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 1 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.156 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i1.38

Abstract

Tujuan yang diinginkan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Insentif, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Semarang. Penelitian ini yang menjadi populasi seluruh pegawai Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Semarang yang berjumlah 118 orang. Dalam penelitian ini sampel diambil dari seluruh populasi sebanyak 118 responden yang dijadikan sampel, dengan tehnik Sensus. Hasil penelitiannya adalah Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, semakin besar insentif yang diterima maka semakin tinggi kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah (BBWS) Pemali Juana Semarang. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, semakin tinggi disiplin kerja maka semakin tinggi kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah (BBWS) Pemali Juana Semarang. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, semakin baik lingkungan kerja maka semakin baik kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah (BBWS) Pemali Juana Semarang.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang Hizkia Brahmana; Haryani Haryani
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 1 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.342 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i1.40

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai KPPBC TMP A Semarang. Populasi yang digunakan adalah 61 pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Semarang. Penentuan sampel ini menggunakan teknik sensus random sampeling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 61 pegawai. Alat analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t table yaitu 2,725 > 1,672, dengan nilai sig. sebesar 0,009 < 0,05 (signifikan). Lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan nilai t hitung sebesar 4.451 > 1,672, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan). Komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan nilai t hitung yaitu sebesar 2.316 > 1,672, dengan nilai sig. sebesar 0,004 < 0,05 (signifikan). Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,285X1 + 0,444X2 + 0,242X3 + e. Besarnya β1 = 0,285 (bertanda positif) dengan signifikansi 0,009 artinya semakin tinggi gaya kepemimpinan yang diberikan, maka akan mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja pegawai. Besarnya β2 = 0,444 (bertanda positif) dengan signifikansi 0,000 artinya semakin tinggi lingkungan kerja pegawai, maka akan semakin tinggi kinerja pegawai. Besarnya β3 = 0,242 (bertanda positif) dengan signifikansi 0,004 artinya semakin tinggi komunikasi, maka akan semakin tinggi kinerja pegawai.
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV Mulia Utama Semarang Jonet Setiaji; SB Handayani
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 1 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.953 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i1.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi Terhadap keputusan pembelian Pada CV Mulia Utama Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel sebanyak 97 responden merupakan konsumen Pada CV Mulia Utama Semarang. Berdasarkan hasill pengujian Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini terbukti karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,369 > 1,661 dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi 0,242 maka dapat artikan bahwa semakin tinggi kualitas produk maka, semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini terbukti karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,738 > 1,661 dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi 0,544 maka dapat artikan bahwa semakin sesuai harga yang diberikan maka, semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini terbukti karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,442 > 1,661 dengan nilai sig. sebesar 0,017 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi 0,193 maka dapat artikan bahwa semakin tinggi promosi yang diberikan maka, semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen.
Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan Deposit Ratio Dan Non Performing Loan Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Periode 2016-2020) Lilis Nofitasari; Dwi Rahayu
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 1 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.424 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i1.44

Abstract

Bank memiliki peranan penting bagi perekonomian nasional, bank merupakan jantung perekonomian Nasional, hal ini di karenakan uang yang mengalir ke bank kemudian diedarkan kembali oleh bank ke sistem perekonomian untuk menjalankan kegiatan perekonomian. Semakin berkembangnya suatu bank akan di iringi oleh tantangan yang harus di hadapi oleh bank sebagai Lembaga keuangan yang berdasarkan kepercayaan (agent of trust). Salah satu tantangan dalam menghadapi persaingan bank adalah laporan kinerja keuangannya. Mengingat masyarakat akan menilai dan cenderung untuk memilih bank dengan laporan kinerja keuangan yang lebih baik dengan alasan tingkat risiko yang akan di hadapi akan lebih kecil.
Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Non Performace Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019 Fidi Kurnianto; Sri Harjanto
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 1 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.408 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i1.45

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Non Performace Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah jumlah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017-2019 yang berjumlah 43 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 23 perusahaan dengan metode purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung Capital Adequacy Ratio (CAR) (X1) adalah sebesar 0,497 dan nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,621. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Hipotesis pertama dalam penelitian ini ditolak. Nilai t-hitung Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) (X2) adalah sebesar -4,745 dan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) (X2) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima. nilai t-hitung Non Performance Financing (NPF) (X3) adalah sebesar 1,237 dan nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,221. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Non Performance Financing (NPF) (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Hipotesis ketiga dalam penelitian ini ditolak.
Pengaruh Independensi, Pengalaman Auditor, Due Professional Care Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Auditor Di Kantor Akuntan Publik Semarang) Annisa Rachma Teana; Sodikin Manaf
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 1 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.716 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i1.47

Abstract

Kualitas audit menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh seorang auditor mengingat adanya krisis kepercayaan publik terkait beberapa kasus skandal keuangan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Terkait dengan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh independensi, pengalaman, due professional care dan akuntabilitas terhadap kualitas audit. Responden penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada KAP di Semarang. Jumlah sampel sebanyak 36 auditor yang diambil berdasarkan teknik Quota Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan multiple regression yang diselesaikan dengan program SPSS versi 17. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: independensi yang ditunjukkan dengan besarnya t hitung sebesar 2,429 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6896 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05, pengalaman yang ditunjukkan dengan besarnya t hitung sebesar 1,845 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6896 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05, due professional care yang ditunjukkan dengan besarnya t hitung sebesar 2,626 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6896 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,013 lebih kecil dari 0,05 dan akuntabilitas yang ditunjukkan dengan besarnya t hitung sebesar 1,918 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6896 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,034 lebih kecil dari 0,05 berpengaruh terhadap kualitas audit secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial.
Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Wimarion Semarang Aditya Rachmadi; Mochamad Taufiq
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 2 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.879 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i2.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Wimarion Semarang.” Metode pengumpulan data menggunakan kusioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Sampel sebanyak 54 responden merupakan Karyawan Pada Hotel Wimarion Semarang. Berdasarka hasil penelitian, dihasilkan bahwa variabel kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini ditunjukan nilai t hitung lebih besar dari t table yaitu 2,250 > 1,675, dengan nilai sig. Sebesar 0,029 > 0,05 serta koefisien regresi (β1) bertanda positif sebesar 0,218 dapat diartikan bahwa semakin tinggi kompetensi yang dimiliki maka akan semakin tinggi kinerja karyawan. Jadi hipotesis terbukti. Variabel kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini ditunjukan nilai t hitung lebih besar dari t table yaitu 2,264 > 1,675, dengan nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05 serta koefisien regresi (β2) bertanda positif sebesar 0,280 dapat diartikan bahwa semakin memuaskan kompensasi yang diberikan maka akan semakin tinggi kinerja karyawan. Jadi hipotesis terbukti. Sedangkan variabel lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini ditunjukan nilai t hitung lebih besar t tabel yaitu 4,437 > 1,675, dengan nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05 serta koefisien regresi (β3) bertanda positif sebesar 0,471 dapat diartikan bahwa semakin baik lingkungan kerja non fisik karyawan maka akan semakin tinggi kinerja karyawan. Jadi hipotesis terbukti.
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tas Pada UD. Cindy Semarang Agita Marsindi; Sutopo Sutopo
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 2 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.639 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i2.52

Abstract

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman mengakibatkan semakin ketatnya tingkat persaingan antar perusahaan. Persaingan yang ketat tidak hanya dilakukan oleh perusahaan dalam negeri saja, tetapi juga ditambah dengan banyaknya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia. Oliver (2017) menjelaskan bahwa dalam era persaingan yang semakin ketat, salah satu cara untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah dengan menghadirkan produk yang mempunyai kualitas tinggi serta mampu memenuhi keinginan konsumen, harga yang terjangkau, dan promosi yang menarik.
Pengaruh Kompetensi, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawann Pada PT. BPR Mandri Artha Abadi Di Semarang Desi Pramita Sari; Haryani Haryani
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 2 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.935 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i2.54

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. BPR Mandri Artha Abadi di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BPR Mandri Artha Abadi di Semarang dengan berjumlah 136 orang. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi dengan metode sensus. Penelitian ini menggunakan teknis analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis pengaruh variabel kompetensi terhadap kinerja karyawan ditunjukan nilait hitung =2,953 > t tabel =1,657 dan angka signifikansi sebesar 0,004 < = 0,05 sehingga signifikan. Dengan demikian hipotesis (H1) bahwa kompetensi berpengaruh berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan terbukti. Koefisien regresi variabel kompetensi atau β1 (beta) = 0,214 (positif) maka dapat diinterpretasikan bahwa semakin tinggi kompetensi, semakin tinggi kinerja karyawan. Pengujian hipotesis pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan ditunjukan nilait hitung = 2,389> t tabel =1,657dan angka signifikansi sebesar 0,018 < = 0,05 sehingga signifikan. Dengan demikian hipotesis (H2) bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawanterbukti. Koefisien regresi variabel kepuasan kerja atau β2 (beta) = 0,215 (positif), maka dapat diinterpretasikan bahwa semakin tinggi kepuasan kerja, semakin tinggi kinerja karyawan. Pengujian hipotesis pengaruh variabel komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan ditunjukan nilait hitung = 5,229>t tabel =1,657 dan angka signifikansi sebesar 0,000 <  = 0,05 sehingga signifikan. Dengan demikian hipotesis (H3) bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan terbukti. Koefisien regresi variabel komunikas atau β3 (beta) = 0,453 (positif), maka dapat diinterpretasikan bahwa semakin baik komitmen organisasi yang diberikan, semakin tinggi kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini, PT. BPR Mandri Artha Abadi di Semarang agar lebih memperhatikan kompetensi dari karyawannya, membuat kepuasan kerja yang baik dan meningkatkan komitmen organisasi agar dapat meningkatkan kinerja karyawan.
Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2021 Royan Bagus Hayyu; Sri Harjanto
Dharma Ekonomi Vol. 29 No. 2 (2022): DHARMA EKONOMI
Publisher : sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.313 KB) | DOI: 10.59725/de.v29i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap audit delay. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian tahun 2018 – 2021 yang berjumlah sebanyak 30 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan yang merupakan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2021. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 24.0 for windows. Hasil dari penelitian yang diperoleh secara parsial (uji-t) menunjukan bahwa nilai t-hitung profitabilitas (X1) adalah sebesar –3,423 dengan nilai signifikasi sebesar 0,001. Maka t-hitung > t-tabel (–3,423 > 2,008) dan nilai signifikasi < 0,05 (0,001 < 0,05). Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh negatif terhadap audit delay. Nilai t-hitung solvabilitas (X2) adalah sebesar –3,875 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Maka t-hitung > t-tabel (–3,875 > 2,008) dan nilai signifikasi < 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel solvabilitas berpengaruh negatif terhadap audit delay. Nilai t-hitung ukuran perusahaan (X3) adalah sebesar 1,372 dengan nilai signifikasi sebesar 0,176. Maka t-hitung < t-tabel (1,372 < 2,008) dan nilai signifikasi > 0,05 (0,176 > 0,05). Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay. Nilai F-hitung sebesar 8,755 dan F-tabel sebesar 2,786 atau F-hitung > F-tabel dengan nilai signifikasi yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan (uji-f) atau secara bersama – sama berpengaruh terhadap audit delay.