cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA" : 14 Documents clear
Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD Luvita Fariska Deriyan; Nurmairina
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1332

Abstract

Peneliti yang digunakan menggunakan pengembangan (Research and Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Wawancara, Data Dokumentasi, Angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pengembangan media Pembelajaran Sistem pencernaan tubuh dengan menggunakan Media Capcut Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD Penulis menggunakan Model Pengembangan 4D (Define,Design, Develov, dan Disseminate.) yang dimana hasil dalam penelitian tersebut adalah Media pembelajaran interaktif ini sebelumnya telahdiverifikasi oleh Validator media, Validator materi, dan Validtor pembelajaran, yang telah memenuhi tahapan pengembangan. Hasil yang diperoleh dari tes siswa memenuhi standar sangat baik sebesar 97%. Dari Akhir produk pengembangan ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan menggunakan Capcut ini antara lain: 1) Menyediakan berbagai menu praktis yang dapat membuat kuis lebih menarik dan memudahkanmahasiswa untuk berinteraksi langsung dan mendemonstrasikan materi penelitian, 2)isi yang dikembangkan oleh Lectora Inspire dapat diunggah dimana saja, 3) Perangkatlunak otak cerdas sederhana yang memiliki program tutorial interaktif yang dapatdipublikasikan secara offline atau online melalui templat, sehingga pengguna dapat lebih mudah menggunakan Web pribadi, CD, pengolah kata.
Efek Model Pembelajaran PjBL Dengan Media Eskavator Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin T.P 2021/2022. Dina Afdhilah; Lia Afriyanti Nasution
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1336

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efek Model Pembelajaran PJBL dengan media eskavator sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin T.P2021/2222. Jenis penelitian ini adalah rancangan eksperimen dua kelompok yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di dua kelas Pondok Pesantren Darul Mukhlisin. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan metode cluster random sampling yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PJBL dan kelas X-D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional Dalam penelitian ini digunakan dua metode, dan yang pertama hasil belajar diujikan dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Metode kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan sintaks model pembelajaran PJBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 15,67 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai pretest 11,62. Demikian pula observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran PJBL rata-rata 15,67 dalam kategori skor aktivitas sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig t < α, yaitu 0,000 < 0,05 taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 70. Ini berarti menerima Ha. Artinya model pembelajaran PJBL dengan menggunakan media Eskavator sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin tahun 2021/2022.
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Di SMAN 1 Badar T.P 2021/2022 Ratniati Ratniati; Rofiqoh Hasan Harahap
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1337

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi jarangnya penggunaan media dan guru masih menggunakan metode ceramah dan papan tulis membuat siswa mudah merasakan jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran fisika di SMAN 1 Badar. Tujuan yang ingin dicapai mengembangkan media pembelajaran fisika dengan permainan ular tangga menggunakan platform genially pada pokok bahasan momentum impuls, mengetahui kelayakan validitas berdasarkan penilaian para ahli, dan mengetahui kepraktisan media berdasarkan penilaian peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono dengan 10 tahapan namun peneliti menggunakan 5 tahapan. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, dan Revisi Desain. Tahap validasi produk divalidasi oleh 3 validator dan peserta didik yaitu validasi oleh dua ahli media, satu ahli materi (guru), dan peserta didik kelas X mia 3 di SMAN 1 Badar. Hasil validasi permainan ular tangga menggunakan platform genially oleh dua validator memperoleh skor 4,11 dengan kategori layak, dan hasil validasi ahli media guru fisika kelas x SMAN 1 Badar memproleh skor 4,23 dengan kategori sangat layak, dan diproleh skor rata-rata ketiga ahli 4,15 dengan kategori layak. Berdasarkan respon peserta didik memproleh nilai persentase sebesar 88,30 % dengan kategori sangat praktis.
Identifikasi Kemampuan Analisis Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berpusat Pada Guru (Teacher Center Learning) pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Teluk Dalam Kab. Simeulue Nurhayati Nengsi; Jafri Haryadi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Identifikasi Kemampuan Analisis Matematis Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berpusat Pada Guru (Teacher Center Learning) Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Teluk Dalam Kab. Simeulue dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif karena data yang dikumpulkan berbentuk deskriptif berupa tulisan yang dihasilkan dari nara sumber. Dengan menggunakan angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa hasil Berdasarkan table diatas ada responden yang menjawab Kurang setuju 3 siswa dengan present 18.8% responden yang menjawab setuju 7 siswa dengan nilai present 43.8% responden yang menjawab dengan kategori sangat setuju 6 yang dengan nilai present 37.5%, jawaban yang tertinggi yaitu setuju dengan present 43.8%.Berdasarkan tabel 4.13 diketahui bahwa terdapat 8 siswa yang nilai akhirnya berada pada rentang 74 ke atas, maka dapat interpretasikan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal berkategorikan baik. Berdasarkan Gambar 4.2 kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran Fisika dengan materi gerak parabola yang telah dilakukan dengan hasil uji kemampuan mengerjakan soal dengan nilai persentase 90% dikategorikan tinggi. Penyebab kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika yaitu siswa beranggapan bahwa pelajaran fisika sangat sulit di pahami dan banyak menggunakan rumus serta hitung-mengitung yang sangat menyulitkan siswa. Pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika juga kurang dan rasa inggin tahu masih dalam kategori cukup itulah yang membuat siswa kurang menyukai mata pelajaran fisika.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Simpang Kiri 2021/2022 Ahmad Rosyadi; Elia Putri; Sutri Novika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMK N 2 Simpang Kiri dalam pembelajaran pengukuran.jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen,populasi penelitian ini adalah kelas X TB1 dengan jumlah siswa 30 orang.pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling, Pembagian kelompok didasarkan atas teknik pembelajaran yang diberikan pada masing-masing sampel yakni model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional. Agar perbedaan dari teknik pembelajaran yang diberikan kepada sampel benar-benar berbeda secara nyata maka sampel untuk analisis dari tiap kelas ditetapkan 27% dari kelompok berbasis masalah dan 27% dari kelompok konvensional berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa. Sebagai kelas eksperimen yang di ajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode pengukuran instrument penelitian ini menggunakan tes berbentuk easy sebanyak 10 butir.dari hasil penelitian di peroleh Berdasarkan Levene’s Test for Equality of Variances diperoleh nilai F sebesar 0,278 dengan signifikan 0,602 yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian tersebut homegen. Sedangkan untuk uji hipotesis dapat dilihat pada kolom t-test for Equality of Means diperoleh nilai t sebesar 5,270 dengan signifikan 0,000. Suatu penelitian dikatakan memiliki hipotesis yang terbukti apabila nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05, dimana H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat dikatakan terbukti karena 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada metode pengukuran siswa yang diajar dan siswa yang tidak diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas X TB1 SMKN 2 Simpang Kiri
Analisis Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Energi dan Perubahannya Di Kelas III UPT SDN 060823 Medan Amplas Siti Nuriyani; Hasanah Hasanah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan model Inquiry pada tema 6 energi dan perubahannya di kelas III UPT SDN 060823 Medan Amplas. (2) mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik pada tema 6 energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry. (3) mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan model Inquiry di kelas III pada tema 6 energi dan perubahannya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan menggunakan instrumen observasi,wawancara dan dokumentadi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa yang ada dikelas III UPT SDN 060823. Hasil penemuan yang ditemukan oleh peneliti pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquirysudah cukup baik, terlihat dari kesesuaian guru dalam menerapkan model pembelajaran Inquiry berdasarkan respon dan aktivitas belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inquiry juga sudah cukup baik dengan nilai persentase 69% dari skala 100%. Namun terdapat beberapa hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Inquiry masih ada beberapa siswa yang kesulitan memahami materi dan penugasan serta kurang konsentrasi pada proses pembelajaran berlangsung.
Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 (Praja Muda Karana) Kelas III SD Nurhasanah Alfina Tri Ariani Nasution; Samsul Bahri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber belajar terhadap pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran tematik tema 8 (Praja Muda Kara) kelas III SD Nurhasanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Subjek dalam penelitian ini merupakan guru dan siswa kelas III SD Nurhasanah Kec. Medan Amplas. Hasil penemuan penulis menemukan bahwa pemanfaatan sumber belajar terhadap pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran tematik tema 8 (Praja Muda Karana) kelas III SD Nurhasanah Kec. Medan Amplas yaitu sudah terlaksana dengan baik. Guru memanfaatkan sumber belajar yang mampu membentuk karakter disiplin siswa dalam pembelajaran. Seperti pemanfaatan pesan formal yang diberikan oleh kepala sekolah, sikap guru yang sebagai contoh pembiasaan yang menjadi tauladan,buku yang berisi materi merujuk pada karakter disiplin dan pengerjaan LKS dengan tepat waktu, alat peraga, dan juga lingkungan sekolah. Dalam pemanfaatan sumber belajar terdapat beberapa faktor penghambat yaitu faktor internal yang meliputikesadaran diri siswa dan kemampuan siswa. Begitupun dengan faktor eksternal yang meliputi dukungan dari orang tua.
Pengaruh Pengunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Materi Volume Bangun Ruang Di SDN 060925 Medan Afni Mahfujah; Dara Fitrah Dwi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1344

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 060925 Medan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun instrumen yang digunakan peneliti yang bertujuan mengukur hasil belajar siswa berupa tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilaksanakan setelah selesai proses prembelajaran yang menggunakan aplikasi kahoot dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa: (1) hasil belajar yang diperoleh siswa kelas ekxperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dapat dilihat dari hasil rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen= 88,44 dan sedangkan rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol=76,22. (2) Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 060925 Medan. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat simpulkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 060925 Medan.
Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar Rista Mawati Br Tarigan; Samsul Bahri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 102004 Tiga Juhar siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam menginpretasi data dalam penelitian diperoleh dariangket dan wawancara. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemandirian belajar siswa berdasarkan semua indikator, terlihat bahwa pada kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar yang termasuk dalam kategori kemandirian belajar rendah sebesar 64%.Dan kemandirian belajar sedang sebesar 36%. Kemandirian belajar tinggi yaitu sebesar 24 %.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi setiap indikator kemandirian belajar, diantaranyakurangnya memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan dan kurangnya inisiatif diri.
Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022 Yurisca Aprilda Siregar; Sujarwo Sujarwo
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1356

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut Tahun Ajaran 2021/2022?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses dasar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 101783 Percut Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design. Populasi dalam penelitian adalah siswa SD Negeri 101783 PERCUT Kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu dipilih dua kelas dengan karakteristik yang sama berdasarkan informasi dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Keterampilan Dasar IPA yang berupa soal essay. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai yang diperoleh siswa secara pendekatan konvensional (kelompok kontrol). Nilai yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada nilai yang diajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik. Ini bisa dilihat dari hasil yang diperoleh siswa pada bab sebelumnya

Page 1 of 2 | Total Record : 14