cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA" : 9 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Bernuansa Budaya Jawa Pada Materi Geometri Ade Gusti Kartika; Sujarwo Sujarwo
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2172

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan penggunaan beberapa media pembelajaran matematika di sekolah dasar yang kurang optimal, hal itu disebabkan oleh tidak terlalu lengkap fasilitas yang ada disekolah dasar untuk mengoperasikan media pembelajaran tersebut dan alokasi waktu penggunaan media yang terlampau panjang tidak sesuai dengan proses pembelajaran. Dari beberapa media pembelajaran matematika yang telah digunakan, belum banyak yang menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran di sekolah dasar serta hanya sedikit media yang mengandung unsur budaya di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik digital bernuansa budaya jawa pada materi geometri untuk diterapkan pada pembelajaran matematika disekolah dasar serta mengetahui kelayakan dari media pembelajaran komik digital bernuansa budaya jawa pada materi geometri yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design) dan Pengembangan (Development). Penelitian ini menggunakan instrument penelitian yaitu lembar validasi berupa angket atau kuesioner. Subjek pada penelitian ini yaitu media pembelajaran komik digital, objek pada penelitian ini yaitu materi geometri bernuansa budaya jawa serta terdapat tiga telaah ahli atau validator yaitu ahli materi dan ahli media serta praktisi pembelajaran sekolah dasar. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran komik digital bernuansa budaya jawa pada materi geometri yang termasuk dalam kategori “sangat layak” sesuai dengan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta praktisi pembelajaran sekolah dasar. Ahli materi memperoleh skor persentase 90.5% dan ahli media memperoleh skor presntase 87,5% serta praktisi pembelajaran sekolah dasar memperoleh skor persentase 88,6%yang termasuk dalam rentang 80%-100% yang menujukkan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga validator ahli materi, ahli media serta praktisi pembelajaran sekolah dasar dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital bernuansa budaya jawa pada materi geometri yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sakolah dasar.
Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Berbasis Masalah Pada Temaekosistem Kelas V SD Fadhillah Putri; Nurjannah Nurjannah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD, (2) mengetahui kelayakan pada pengembangan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima Langkah antara lain: analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, praktisi Pendidikan yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Ekosistem Kelas V SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media pada sub tema 1 sebesar 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”, media sub tema 2 sebesar 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”, media sub tema 3 sebesar 91,6% dengan kategori “Sangat Layak. Ahli materi pada media sub tema 1 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 2 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 3 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak. Pada praktisi pendidikan pada media sub tema 1 sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 2 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 3 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva pada pembelajaran tematik tema ekosistem kelas V SD Negeri 101983 Bangun Rejo “sangat layak” digunakan kepada siswa saat proses pembelajaran.
Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills Siswa Di Kelas X SMA Generus Bangsa Kutalimbaru Tahun Pelajaran 2021/2022 Nur satriani Sembiring; Juliandi Siregar; Rizki Maulida
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v7i2.2240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inqury training terhadap kemampuan higher order thinking skilss siswa di kelas X SMA Generus Bangsa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi experimental design, yang dalam pelaksanaannya tidak menggunakan penugasan random (random assignment) melainkan dengan menggunakan kelompok yang sudah ada yaitu melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMA Generus Bangsa Kutalimbaru. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen (X) yaitu kelas X MIA 1 yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran Inquairy Training dan kelas X MIA 2 dijadikan sebagai kelas kontrol (Y) yang menerapkan pembelajaran konvensional Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yang digunakan adalah tes essay. Berdasarkan hasil observasi pada siswa di kelas X di SMA Generus Bangsa Kutalimbaru, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training terbukti efektif dan signifikan dalam meningkatkan Perkembangan Kemampuan Higher Order Thinking siswa di Sma Generus Bangsa Kutalimbaru. Peningkatan Perkembangan Kemampuan Higher Order Thinking ini terlihat dari nilai thitung 1.405 < ttabel 2.042. Sedangkan untuk nilai signifikansi (sig.) 0.017 < 0.05 Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikansi antara perkembangan Perkembangan Kemampuan Higher Order Thinking siswa sebelum perlakuan (pre test) dengan perkembangan Perkembangan Kemampuan Higher Order Thinking siswa sesudah perlakuan (post test). Hal tersebut dapat dilihat pula dari siswa dalam mengerjakan soal.
Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV Sd Negeri 105351 Bakaran Batu Syafrida Purwanti Siagian S Siagian; Sukmawarti
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2326

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di SD Negeri 105351 Bakaran Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang tepat dan melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan metode experimen pada mata pelajaran ipa dengan tema selalu berhemat energi dan manfaat energi di SD Negeri 105351 Bakaran batu tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas IV A , dengan menggunakan metode eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 105351 Bakaran Batu. Alat pengumpulan data adalah berupa tes hasil belajar dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data di peroleh bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPA tema selalu berhemat energi dan manfaat energi, dari hasil belajar pada mata pelajaran IPA tema selalu berhemat energi dan manfaat energi di kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu tahun ajaran 2022/2023 dengan metode pembelajaran ceramah adalah 42,4. Dan hasil belajar pada mata pelajaran ipa materi berhemat energi dan manfaatnya di kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu Tahun ajaran 2022/2023 dengan metode experiment 79,2.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan metode eksperimen dari pada menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD Negeri 105351 Bakaran Batu Tahun ajaran 2022/2023.
Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Pecahan Di Kelas IV SD Negeri 101788 Marindal Dea dame yustika Manullang; Safrida Napitupulu
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2330

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi pecahan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas IV. Ada 30 siswa dalam sampel. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan model Nonequivalent Control Group Design dengan desain Quasi Eksperimen. Penyelesaian penelitian ini akan diuji. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen menurut hasil adalah 43,60, sedangkan kelas kontrol 36,93. Terdapat perbedaan nilai rata-rata antara nilai posttest kelas eksperimen sebesar 69,93 dengan nilai posttest kelas kontrol sebesar 45,13 karena kedua sampel kelas diberikan sistem yang berbeda. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji T. thitung = 6.16 > ttabel = 2.04 dengan dk = 28 dan taraf signifikan = 0,05 merupakan hasil perhitungan. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Oleh karena itu, Pendekatan Matematika Realistik sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101788 Marindal.
Analisis Kemampuan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Model PBL Di SMP Negeri 1 Sei Bamban Rizky Andika; Hidayat Hidayat
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2366

Abstract

Kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa SMP kelas IX pada pembelajaran matematika dengan model Problem Based Leraning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa pada SMP Negeri 1 Sei Bamban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes komunikasi dan kolaborasi dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi yakni: (1) Interview awal kemampuan pemahaman soal, (2) Kemampuan penyelesaian soal. Kategori kemampuan tes komunikasi dibagi menjadi tiga bagian, yakni (1) Rendah, (2) Sedang, (3) Tinggi. Hasil penelitian menunjukan pekerjaan siswa dalam kemampuan komunikasi dan kolaborasi terdiri dari 6 siswa kemampuan tinggi, 23 siswa kemampuan sedang dan 3 siswa kemampuan rendah. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan kemampuan siswa kelas IX-6 secara umum dikatakan baik, dikarenakan sebagian besar siswa telah memenuhi beberapa indikator yang telah ditentukan. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan model PBL sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa.
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Konkret Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kiki Amalia; Nurjannah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang di Kelas IV UPT SPF SD Negeri 107417 Sei Merah.Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan soal tes kemampuan yang diberikan kepada siswa, lembar observasi dan dokumentasi.teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV dan siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri 107417 Sei Merah. Hasil penemuan yang didapat penulis adalah dengan penggunan media pembelajaran konkret dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang hal ini ditunjukkan dengan adanya keaktifan, ketertarikan, perasaan senang dan semangat, percaya diri serta keberanian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Adanya kendala ketika pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu memerlukan banyak waktu dalam proses pelaksanaannya, terdapat siswa yang kesulitan dalam menentukan dan menggambar sifat-sifat bangun ruang pada kubus dan balok. Namun semua kendala tersebut dapat diatasi dengan cara membuat diskusi kelompok sehingga siswa dapat berkerjasama dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Analisis Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Kelas IV Di SD Negeri 0909 Huristak Yuni Hartaty Harahap; Umar Darwis
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2368

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA PADA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA KELAS IV DI SD NEGERI 0909 HURISTAK YUNI HARTATY NPM. 191434201 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Untuk mengetahui apa penyebab utama yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Untuk mengetahui kesulitan yang di hadapi oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran-gambaran tentang peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas IV. Penelitian ini dimulai dari masalah (problem) dan landasan teori. Dalam penelitian deskritif kualitatif dikenal dari beberapa teknik atau mode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini terdisi dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif. Kata kunci: analisis, peran guru, motivasi belajar membaca, siswa yang mengalami kesulitan membaca.
Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan T.P. 2009/2010 Pasaribu, Sukmayadi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i1.2571

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share pada pokok bahasan bangun segi empat dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan T.P. 2009/2010. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share di SMP Swasta Pembangun Medan Tahun Pembelajaran 2009/2010. Yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalh kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan. Indikator dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika yang dialami siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan. Kekurangan yang sering terjadi adalah kurangnya siswa berpartisipasi dalam pembelajaran matematika. Misalnya, dalam hal bertanya, menjawab, menjelaskan yang dipahami siswa, berinteraksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Dari analisis data yang diperoleh dalam penelitian yang dilakukan peneliti selama tiga siklus, untuk mendapatkan hasil analisis data, peneliti menyebarkan angket partisipasi dan melakukan observasi pada siswa. Pada siklus I partisipasi siswa dapat digolongkan cukup yaitu 66,7% atau 20 orang dan hasil realibilitas angket partisipasi siswa diuji tidak valid. Pada siklus II partisipasi siswa dapat digolongkan baik yaitu 79,8% atau 24 orang. Akan tetapi hasil realibilitas angket partisipasi siswa tidak valid. Dan pada siklus III partisipasi siswa digolongkan baik yaitu 86,2% atau sekitar 26 orang dan hasil reabilitas angket partisipasi siswa valid. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Think Pair Share siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dilakukan selama tiga siklus mengalami peningkatan yang optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 9