cover
Contact Name
Arief Yanto
Contact Email
arief.yanto@unimus.ac.id
Phone
+6285852926840
Journal Mail Official
jurnal.pengmasppni@gmail.com
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso No. 47-49 Genuk, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Perawat
ISSN : -     EISSN : 28298713     DOI : https://doi.org/10.32584/jpp
Core Subject : Health,
Jurnal Pengabdian Perawat (eISSN: 28298713) is a national journal that publishes the work of nurses service to the community. This journal publishes two editions in 1 year (May and November). Jurnal Pengabdian Perawat was created to facilitate nurses who want to disseminate the performance of community service that has been carried out. This journal is published by Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022" : 6 Documents clear
Pemberdayaan Posbindu Pasar Karangayu dalam Upaya Peningkatan Kualitas Hidup bagi Pedagang dengan Hipertensi Kronis Felicia Risca Ryandini; Ni Made Ayu Wulansari; Asti Nuraeni
Jurnal Pengabdian Perawat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32584/jpp.v1i2.1627

Abstract

Banyaknya kasus gangguan kardiovakular yang sering ditemui khususnya penyakit hipertensi masih menjadi lingkaran hitam di masyarakat. Banyaknya tanda dan gejala yang muncul pada penderita hipertensi tentunya akan membawa dampak bagi aktivitas sehari-harinya yang akan berdampak pada kualitas hidup penderitanya. Selain perawat, kader masyarakat merupakan bagian penting yang berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan di masyarakat. Adanya kegiatan Pemberdayaan Posbindu Pasar Karangayu Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Bagi Pedagang Yang Mengalami Hipertensi Kronis, menunjukkan bahwa adanya motivasi dan kemauan besar dari wilayah binaan Kelurahan Karangayu untuk mensukseskan kegiatan peningkatan kualitas hidup manusia. Untuk itu diperlukan solusi pemecahan masalah ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran para pedagang yang dilakukan oleh tim Kesehatan. Pengusul bersama mitra bekerja sama menyusun metode pendekatan dalam menyelesaikan prioritas masalah yang telah disepakati. Dalam kegiatan ini salah satu indokator yang dapat dikur adalah pengetahuan tentang hipertensi dan penatalaksanaan hipertensi di masyarakat. Hasil kegiatan didapatkan adalah sebagai berikut terbentuknya Kader Kesehatan Pasar Karangayu, terbentuknya Posbindu Pasar Karangayu, meningkatnya pengetahuan pedagang Pasar Karangayu khususnya pengetahuan penyakit hipertensi. Hasil evaluasi kepuasan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan memberikan manfaat bagi pengguna dengan hasil survey didapatkan hasil sebagian besar responden yaitu pedagang pasar yang mengikui kegiatan dan kader yang terlibat.setuju bahwa kegiatan ini bermanfaat.
Edukasi Pencegahan Bullying pada Murid Sekolah Dasar Alifia Jumeisya Setiawan; Adeya Ilma Permana; Maria Lindi Artikasari; Jumratun Ula; Ghina Atika Fadiyah; Elsa Kharisma; Niken Delvin Tinasari; amanda putri; Priskila Indrianti; Nur Wahyuni Wulansari; ika wida ningsih; indah puspita pratiwiagni; Mukhamad Musta'in
Jurnal Pengabdian Perawat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32584/jpp.v1i2.1836

Abstract

Sekolah adalah sebuah tempat untuk murid menimba ilmu, membentuk sebuah karakter dan berkembangnya generasi penerus bangsa. Sekolah seharusnya menjadi tempat aman, nyaman, serta menyenangkan dan jauh dari tindakan bullying. Bullying atau perundungan merupakan serangan oleh pelaku perundungan kepada korban perundungan, dimana dilakukan terus menerus dan kapan saja tanpa ada sebuah perlawanan dari korban perundungan. Perundungan berdampak tidak hanya pada korban dan pelaku saja tetapi juga orang yang melihatnya. Tindakan perundungan dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu perundungan fisik, perundungan verbal dan perundungan mental atau psikologis. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2022 di SD Negeri Sidomulyo 03 yang disosialisasikan ke kelas IV,V dan VI dengan total 92 murid. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini terjadi peningkatan pengetahuan murid SD Negeri Sidomulyo 03 tentang pencegahan perundungan melalui pengabdian masyarakat untuk mengedukasi perilaku perundungan . Upaya peningkatan pencegahan perilaku perundungan dapat dilaksanakan dengan meningkatkan pengetahuan terhadap dampak perundungan melalui pelaksanaan edukasi. Edukasi ini dapat diterima oleh murid untuk mencegah perilaku perundungan pada lingkungan sekolah.
Biblioterapi untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah Eka Adimayanti; Dewi Siyamti; Hapsari Windayanti
Jurnal Pengabdian Perawat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32584/jpp.v1i2.1867

Abstract

Abstract Bibliotherapy is psychotherapy support through reading material to help someone who is experiencing personal problems or for other therapeutic purposes. Reading books are one of the media that teachers can use to stimulate children's social skills. Community Service Activities with the title "Bibliotherapy To Improve Social Development in Preschool Children". The purpose of this activity is to improve social development in preschool children. The method used is bibliotherapy through play therapy. The implementation of service is carried out for each class according to a predetermined schedule. Before we give the material to the students, we do apperception to each class teacher. After doing apperception with our class teacher, we continued the intervention. The first intervention is to examine the child's social skills with a questionnaire through the child's parents. Furthermore, bibliotherapy was carried out with different themes in each class. The final stage is to evaluate by assessing the child's social ability using a questionnaire on the child's social ability through parents. The results of monitoring social abilities in preschool children increased after playing therapy with the bibliotherapy method was carried out.
Terapi Distraksi dan Okupasi untuk Menangani Kecanduan Gadget pada Anak Usia Pra Sekolah Natalia Devi Oktarina; Liyanovitasari Liyanovitasari
Jurnal Pengabdian Perawat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32584/jpp.v1i2.1872

Abstract

Penggunaan gadget dapat berdampak negatif yang cukup besar bagi anak. Kemudahan mengakses berbagai media informasi dan teknologi yang ada dalam gadget, menyebabkan anak menjadi malas beraktivitas. Anak akan lebih memilih duduk diam di depan gadget dan menikmati apa yang ada di dalam gadget tersebut. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan maupun perkembangan anak, terutama perkembangan secara fisik maupun psikologis. Tim pengabdian masyarakat dari Universitas Ngudi Waluyo menawarkan program DOT (distraction & occupational therapy) untuk mengatasi anak dengan kecanduan gadget dengan memberikan terapi mengalihkan perhatian anak ke alat permainan lain yang lebih edukatif dan melakukan terapi okupasi atau terapi perilaku untuk mengubah perilaku penggunaan gadget pada anak.
Peningkatan Konsentrasi Belajar pada Siswa melalui Pemanfaatan Metode Belajar Sensorimotor dengan Kombinasi Senam Latih Otak Wulansari Wulansari; Mukhamad Musta’in; Fiktina Vifri Ismiriyam
Jurnal Pengabdian Perawat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32584/jpp.v1i2.1892

Abstract

Metode  pembelajaran permainan sensorimotor dan senam latih otak merupakan salah satu metode  yang  dibeberapa penelitian menunjukkan hasil dapat mempengaruhi terhadap peningkatan konsentrasi belajar. Langkah awal dan akhir dari kegiatan  pelatihan dan pelaksanaannya  adalah melakukan penilaian tingkat konsentrasi   dengan menggunakan  tes  keseimbangan Sullivan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini diawali dengan menjalin komunikasi dengan mitra sehingga memahami kebutuhan mitra. Siswa kelas enam sekolah dasar merupakan siswa yang memiliki beban belajar dan kegiatan yang lebih  banyak jika kita bandingkan dengan  kelas dibawahnya. Hal ini dikarenakan siswa kelas 6 atau siswa  tingkat  akhir memiliki beban menghadapi Ujian Akhir yang menjadi syarat kelulusan. Pembelajaran yang terus menerus dengan menggunakan metode ceramah lebih dari 60 menit menimbulkan rasa bosan atau jenuh serta lelah yang pada akhirnya dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Tingkat konsentrasi yang berkurang atau menurun akan berakibat pada penurunan pemahaman  dari apa yang diberikan oleh guru didalam kelas, hal ini juga akan berdampak pada penurunan tingkat prestasi siswa. Harapan dari kegiatan pemberihan pelatihan metode pembelajaran sensorimotor dan senam latih otak adalah agar guru  dapat memberikan metode pembelajara lain selama pembelajaran atau di sela sela pembelajaran metode ceramah siswa bisa diajak menggerakkan tubuh melalui senam latih otak untuk membuat kembali siswa berkonsentrasi. Guru dapat melihat tingkat konsentrasi tiap siswa dengan melakukan test keseimbangan Sullivan. Metode pembelajaran sensori motor dengan senam otak dapat dilakukan dimanapun tempat pembelajan serta dapat dilakukan secara mandiri maupun kelompok.
Peningkatan Peran Kader dalam Pemantauan Kesehatan Ibu Menopause di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang Hernandia Distinarista; Apriliani Yulianti Wuriningsih
Jurnal Pengabdian Perawat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32584/jpp.v1i2.1898

Abstract

Gejala menopause berdampak pada kualitas hidup yang terkait dengan kesehatan fisik, psikologis, vasomotor, dan kualitas hidup seksual perempuan. Menopause yang dikenal sebagai masa berakhirnya menstruasi sering menjadi momok dalam kehidupan perempuan. Jenis pelayanan kesehatan dan pemantauan petugas kesehatan pada perempuan menopause masih jarang dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan ibu mengalami kecemasan berat dan koping tidak efektif. Untuk dapat membantu ibu menopause dan keluarga dapat menjaga kesehatan fisik dan psikologis perlu diselenggarakan kegiatan yang mendukung pada upaya peningkatan peran kader terkait dengan manajemen menopause. Dalam rangka mendukung pelayanan dan peningkatan pengetahuan ibu kader dan masyarakat maka diadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam Upaya Peningkatan Peran Kader Pada Ibu Menopause Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6