cover
Contact Name
Suryana Yusuf
Contact Email
magistermanajemen@ikopin.ac.id
Phone
+6285864888385
Journal Mail Official
magistermanajemen@ikopin.ac.id
Editorial Address
Indonesia Cooperative University d.a. Kampus Ikopin Jln. Bandung-Sumedang KM 20.5, Jatinangor, Sumedang, West Java, Indonesia
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
ISSN : 26554941     EISSN : 26865874     DOI : 10.32670
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management - e-ISSN: 2686-5874 (online), p-ISSN: 2655-4941 (print) is an open access and peer-reviewed journal published by Department of Management, Indonesian Cooperative Institute, Indonesia. This Journal published twice a year (July and December). The scope of journal is: 1) Cooperative Management 2) Human Resources Management 3) Financial Management 4) Banking Management 5) Marketing Management 6) Sharia Management 7) Public Economic Management 8) Entrepreneurship. Every manuscript submitted to Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management is anonymously reviewed by two referees/reviewers (i.e. blind review process). The manuscript will be made anonym for the reviewers, and so are the reviewers for the author/s. The final decision is made by the editorial board based on the review results.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management" : 9 Documents clear
Analysis of the Implementation of Good Corporate Governance in Bank Soundness (Empirical Study at PT. BPR Intan Jabar) Rahmat Rahmat
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempresentasikan Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan pengaruhnya terhadap kinerja yang diukur dengan suara bank di Bank Perkreditan Masyarakat. Subjek penelitian adalah PT. BPR Intan Jabar Kabupaten Garut. Alasan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan Good Corporate Governance dan pengaruhnya terhadap kesehatan Bank yang dilaksanakan di BPR. Objek penelitian tersebut terkait dengan penerapan prinsip-prinsip GCG yang meliputi Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independensi dan Keadilan. Sedangkan indikator penilaian kesehatan bank meliputi Permodalan, kesehatan bank meliputi Permodalan, Aset Poduktif, Manajemen, Penghasilan, dan Likuiditas. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif menggunakan data sekunder selama 5 (lima) tahun terakhir dari 2015 hingga 2019. dan Maret 2020 Berdasarkan hasil diskusi di PT. BPR Intan Jabar menunjukkan bahwa penerapan GCG sangat baik dan suara bank dianggap sehat. Hasil tes statistik menunjukkan bahwa implementasi GCG yang baik mempengaruhi kesehatan bank.
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Pipih Sopiyan
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian pada Eiger Adventure Store Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode analisis desktiptif dan verifikatif. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Eiger Adventure Store Majalengka dengan sampel yang digunakan 100 konsumen dengan teknik incidental sampling. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran Likert. Analisis data dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji parsial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan konsumen terhadap tiga variabel berada dalam kategori tinggi dengan tingkat pencapaian mengenai persepsi kualitas mencapai 70.26%, diferensiasi produk mencapai 79.80% dan keputusan pembelian sebesar 74.74%. Persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat kontribusi 57%. Sementara diferensiasi produk 14.97%. Persepsi kualitas mempunyai kontrbusi lebih dominan terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan diferensiasi produk.
CASHLESS DAN CARDLESS SEBAGAI PERILAKU TRANSAKSI DI ERA DIGITAL: SUATU TINJAUAN TEORETIS DAN EMPIRIS Lina Marlina; Ahmad Mundzir; Herda Pratama
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.424

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk memahami cashless dan cardless transaction sebagai perilaku bisnis baru industri 4.0 yang didukung dengan cashless society 5.0. Hingga saat ini kompetensi digital, demografi, dan inftrastruktur di Indonesia dalam menerapkan cashless dan cardless ekonomi belum optimal. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan metode studi literatur. Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan perilaku transaksi cashles dan cardless di Indonesia dan kesiapan Indonesia menjadi cashless dan cardless country. Hasil analisis menyatakan bahwa perilaku cashless dan cardless transaction sudah berjalan, merupakan perilaku bisnis yang dapat memberi nilai tambah ekonomi dan menjadi alternatif solusi permasalahan perekonomian di Indonesia. Kesiapan Indonesia menjadi cashless dan cardless country masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk megoptimalkan literasi finansial dan digital kompetensi masyarakat.
Green Human Resources Management Mendukung Kinerja Lingkungan Industri Perhotelan Safroni Isrososiawan; Agus Rahayu; Lili Adi Wibowo; Santo Dewatmoko
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.425

Abstract

Perkembangan Industri perhotelan semakin pesat seiring dengan peningkatan dalam industri pariwisata; Namun, di sisi lain, industri perhotelan menjadi salah satu sektor yang sebagian besar menambah beban terhadap lingkungan. Akibat banyaknya masalah lingkungan yang dihadapi oleh industri perhotelan, maka ada peningkatan kapasitas untuk memenuhi ekspektasi terhadap masalah lingkungan dan menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan salah satunya penerapan praktik Green Human Resource Management untuk mencapai keunggulan serta persaingan industri. Saat ini Green Human Resource Management telah menjadi strategi bisnis utama bagi organisasi yang substansial di mana Pengembangan Sumber Daya Manusia memiliki peran aktif dalam lingkungan kerja. Green Human Resource Management adalah program yang membantu menciptakan tenaga kerja hijau yang dapat memahami dan menghargai budaya hijau dalam suatu organisasi yang membutuhkan keterampilan teknis dan manajemen tingkat tinggi pada karyawan. Berlandaskan teori pandangan berbasis sumber daya, praktik Green Human Resource Management terdiri dari beberapa faktor diantaranya (green recruitment and selection, green training and development, green performance assessment, and green compensation) yang dapat mendorong kinerja lingkungan di industri perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implemetasi Green Human Resource Management mendukung kinerja lingkungan industri perhotelan serta melihat dimensi praktik Green Human Resource Management dalam mendukung kinerja lingkungan yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur (dokumen) yang dihimpun dari data yang dipilih sesuai dengan kriteria.
RELATIONSHIP MARKETING DALAM PENGEMBANGAN BISNIS Gijanto Purbo Suseno Purbo Suseno; Emi Habiburohmah Habiburohmah
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.426

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Industri Mie MJF, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konstituen kunci relationship marketing IM MJF yang terdiri dari pelanggan, pegawai, pemasok dan koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan relationship marketing antara perusahaan dengan masing-masing konstituen masuk dalam kategori baik. Namun demikian, hasil pengujian menunjukkan adanya hubungan yang sangat lemah antara relationship marketing dengan perkembangan bisnis (0,245), atau hanya berkontribusi 6% terhadap perkembangan bisnis. Hal ini dimungkinkan terjadi karena perusahaan kurang mensosialisasikan adanya fasilitas yang dapat memberi motivasi dan pengarahan pada pelanggan industrinya. Perusahaan diharapkan lebih aktif dalam sosialisasi fasilitas dan insentif, lebih membuka kesempatan pada pelanggan untuk memberikan kritik dan sarannya.
Penerapan Metode Berpikir Desain Dalam Membangun Inovasi Perusahaan Startup Di Kota Tasikmalaya Ismail Yusuf; A. Budiman A. Budiman
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.427

Abstract

Persaingan para pelaku usaha rintisan kian berat, untuk itu dibutuhkan sebuah metode agar perusahaan rintisan dapat menemukan produk yang dibutuhkan dan perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Metode berpikir desain berfokus pada pemecahan masalah pelanggan, metode ini juga dapat membantu pelaku usaha rintisan selangkah demi selangkah untuk menemukan produk yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pelaku usaha rintisan dalam membangun inovasi perusahaan agar tepat guna bagi masyarakat. Selain itu juga agar peneliti mengetahui bagaimana kendala dan manfaat penerapan inovasi bagi pelaku usaha rintisan di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui proses wawancara dengan menggunakan kuesioner tertutup kepada para pelaku usaha rintisan baru di Kota Tasikmalaya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa banyak usaha rintisan belum mengenal metode berpikir desain. Mereka juga belum memiliki pemahaman mengenai pentingnya inovasi pada perkembangan usaha rintisan.
PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (PBV) (Studi pada PT. Tri Banyan Tirta, Tbk) Akbar Akbar; Siti Maryam; Karyadi Karyadi
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.428

Abstract

Price to Book Value (PBV) merupakan hubungan antara harga pasar saham dan nilai buku per lembar saham digunakan sebagai pendekatan alternatif untuk menentukan nilai suatu saham, karena secara teoritis, nilai pasar suatu saham haruslah mencerminkan nilai bukunya. Maksud penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum mengenai tentang earning per share dan price to book value pada PT. Tri Banyan Tirta, Tbk. Sedangkan tujuan untuk mengetahui perkembangan earning per share, perkembangan price to book value dan seberapa besar pengaruh earning per share terhadap price to book value. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan asosiatif. metode analisis yang digunakan terdiri dari earning per share menggunakan rumus eat dibagi jumlah saham yang beredar, price to book value menggunakan rumus harga saham perlembar dibagi book value, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi sederhana kemudian data diolah menggunakan program aplikasi SPSS versi 21. Data yang diambil berupa data sekunder yang diperoleh melalui Laporan Keuangan periode 2016-2019 dalam triwulan, dan beberapa kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan EPS berkisar antara 0,29% sampai 17,06%. Perkembangan PBV berkisar 1,46 kali sampai 2,42 kali, dan perkembangan EPS terhadap PBV pada PT. Tri Banyan Tirta, Tbk mengalami fluktuasi (naik-turun). Nilai korelasi sederhana sebesar 0,245 yang berarti EPS terhadap PBV mempunyai hubungan yang rendah. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,06 hal ini berarti PBV dipengaruhi EPS sebesar 6% dan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dan regresi sederhana memperoleh persamaan Y = 1,882 +0,011X, dapat diartikan setiap peningkatan 1% EPS maka PBV akan naik sebesar 1,1%, dan apabila earning per share = 0 maka nilai price to book value sebesar 1,882.
Pengaruh Stress Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention Pada Koperasi X di Jawa Barat Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (PLS) Agrivinie Rainy Firohmatillah; Adri Arisena; Jaka Sudewa
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.429

Abstract

Penyerapan tenaga kerja di sektor koperasi di Jawa Barat masih tergolong rendah yaitu sebesar 10.434 orang atau sebesar 0,05 persen. Berdasarkan fakta tersebut, penyerapan tenaga kerja di sektor koperasi masih dapat ditingkatkan sejalan dengan program Kementerian Koperasi dan UMKM dalam menjalankan Reformasi Total Koperasi melalui tiga langkah strategis, yakni Reorientasi, Rehabilitasi dan Pengembangan. Oleh karena itu diharapkan penyerapan tenaga kerja di sektor koperasi Jawa Barat semakin besar. Untuk mengetahui dan melihat hal tersebut maka dilakukan penelitian ini. Analisis yang digunakan untuk melihat potensi tersebut menggunakan analisis deskriptif, sedangkan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh stress kerja, kepuasan kerja terhadap turnover intention. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kedua variabel memberikan pengaruh yang signifikan terhadap turnover intention.
URGENSI KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BMT Inne Risnaningsih; Nurjamil Nurjamil; Dadi Nurpadi; Siti Nurhayati; Dewi Mulyani
Jurnal Co Management Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Publisher : IKOPIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32670/comanagement.v3i2.430

Abstract

Pada dasarnya pembiayaan Mudharabah dirancang sebagai suatu sistem bagi hasil dan prinsip operasional Lembaga Keuangan Syari’ah, namun pada praktiknya penyaluran pembiayaan Mudharabah masih rendah. Hal ini terjadi pada BMT yang menyalurkan pembiayaan Mudharabah hanya 2% sehingga pembiayaan Mudharabah menjadi pembiayaan yang paling rendah penyalurannya dibandingkan dengan pembiayaan yang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan faktor-faktor rendahnya penyaluran pembiayaan Mudharabah pada BMT. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat dua faktor yang memengaruhi rendahnya penyaluran pembiayaan Mudharabah pada BMT yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari ke dua faktor tersebut peneliti menyimpulkan bahwa satu faktor utama yang memengaruhi rendahnya penyaluran pembiayaan Mudharabah ialah faktor internal yaitu karena kualitas sumber daya manusia sebagai pelaku pembiayaan Mudharabah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9