cover
Contact Name
Hastri Rosiyanti
Contact Email
hastri.rosiyanti@umj.ac.id
Phone
+6282126309863
Journal Mail Official
annas.jurnalpengmas@umj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27986225     DOI : 10.24853/an-nas
Core Subject : Education, Social,
The Focus and Scope of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results for applicate that have been achieved in the area of community services. The journal is published 2 (two) times in 1 year. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat of the sciences of community services areas as follows: community education such as training, counseling, learning, and matters related to community education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 6 Documents clear
PELATIHAN MEDIA BANTU PODCAST BAGI GURU SEKOLAH KHUSUS DI KEC. KARANG TANJUNG, KAB. PANDEGLANG, BANTEN Devi, Wika Soviana; Mutiarani, Mutiarani; Khaerunnisa, Khaerunnisa; Savitri, Tiara
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT berupa podcast yang ramah disabilitas adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru profesional dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pelatihan Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT berupa podcast yang ramah disabilitas dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman guru-guru SD di Kec. Karang Tanjung, Kab. Pandeglang, Banten tentang pembelajaran berbasis IT, dan (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan media IT sehingga akses pembelajaran bagi siswa disabilitas lebih terbuka dan beragam. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menyampaikan prinsip-prinsip media pembelajaran berbasis IT, prosedur pengembangan media pembelajaran, implementasi media pembelajaran, dan prosedur praktik pemanfaatan hasil pengembangan, sedangkan metode demonstrasi untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mempraktekkan mulai dari pengembangan media pembelajaran sampai pada tahap implementasi di kelas. Luaran yang dicapai dalam program pengabdian ini adalah guru-guru dapat mahir menintegrasikan IT dalam memilih media bantu dalam pembelajaran serta hasil dari pelatihan berupa tulisan yang dibuat dalam jurnal bereputasi dan buku saku yang dapat digunakan oleh guru-guru sekolah khusus dalam memanfaatkan media bantu berbasis IT di kelas.
PENERAPAN HADIST TENTANG NIAT KEPADA SANTRI TPQ ROUDHLOTUL FURQON Syahratu Novemi Fitri; Qurrotul Ain; Fadila, Olivia Nur; Putri Zhahriyatul Khusniyah
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bergeraknya hati menuju yang dianggapnya sebagai tujuan yang baik, Untuk memperoleh manfaat atau mencegah hal buruk terjadi. Belajar sangat dipengaruhi oleh keinginan, Tujuan dari pengabdian ini adalah penting untuk menerapkan niat dalam melakukan suatu kegiatan yang diawali dengan niat, Karena zaman sekarang kurangnya memiliki ilmu tentang niat, oleh karena itu kami mengkaji dan membahas hadist tentang niat, melihat pengaruhnya dalam mencari ilmu, Niat merupakan ajaran islam yang mendasar, Maka santri wajib menerapkan niatnya dalam mencari ilmu agar ilmu yang didapatnya menjadi berkah, Metode pengumpulan data didasarkan pada metode deskriptif, Yang mana permasalahan yang muncul atau yang sedang berlangsung diuraikan untuk menggambarkan apa yang terjadi selama penelitian. Kuatnya nilai hadist dalam hal ini menandakan niat harus dipenuhi dalam setiap ibadah atau melakukan sesuatu yang baik, Termasuk mencari ilmu. Sehubungan dengan motivasi belajar santri yang tinggi dengan hasil belajar ditentukan oleh niat baiknya. Santri yang niatnya sangat tinggi dalam segala sesuatu terutama ibadah dan mencari ilmu, Maka santri mempunyai potensi untuk lebih sukses. Dengan niat yang ikhlas, Pembelajaran akan menjadi lebih baik bila didasari oleh semangat ibadah dan diikuti keridhaan Allah SWT. Niat Baik dan Niat Buruk dalam Belajar Menurut Syaikh al-Zarnuj dalam Ta'lim al-Muta'allim Thariqat at-Ta'Allum, hendaknya seorang pelajar berusaha mencari keridhaan Allah SWT, berharap kebahagiaan di akhirat. , hilangkan kebodohan dari diri kalian dan orang-orang bodoh, hidupkan kembali agama dan lestarikan Islam, karena sesungguhnya hanya ilmu yang mampu menjaga ketangguhan Islam.
PENERAPAN NILAI-NILAI Al ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR Trisnawati, Dessy; Umami, Izza; diniyah, Istiqomatu; At Tafani, Rahmah; Malik Fajar, Dien Nurmarina; Misriandi
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilatarbelakangi dengan adanya observasi peneliti terhadap beberapa sekolah dasar yang ada didaerah Tegal Kunir, Mau.. Hasil Observasi dan wawancara peneliti adalah kurangnya minat literasi dilingkungan siswa sekolah dasar serta menurunnya nilai-nilai karakter siswa. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan sinergi orang tua dan guru dalam menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui literasi untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar. Program Pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk: 1)Pelatihan literasi digital untuk orang tua. 2)Diskusi literasi bersama guru. 3)pelaksanaan kegiatan literasi bersama siswa, 4) Pembuatan Pojok Baca Sekolah untuk siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan partisipasi orang tua, guru, dan masyarakat dalam membangun nilai-nilai AIK dalam gerakan literasi. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan mulai bulan November 2024 hingga Januari 2025 selama 3 kali pertemuan. Hasil program ini juga mendorong kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pembentukan karakter. Pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kesadaran orang tua dengan adanya kontribusi orang tua dalam pelaksanaan wakaf buku untuk siswa, kesadaran guru akan literasi sebagai sarana pembentukan karakter dan memicu perubahan positif pada siswa, seperti meningkatnya minat membaca siswa, sikap saling menghargai, dan kepatuhan pada norma agama serta sosial, sekaligus menjadi model adaptif bagi pendidikan lain.
PENGGUNAAN GAMIFIKASI UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Claritas, Ingit Mreta; Ambarwati, Ari
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengoptimalkan literasi dan numerasi siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Gamifikasi mengintegrasikan metode pembelajaran yang inovatif dan dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa akan dilibatkan pemahaman tentang bacaan narasi yang ditampilkan beserta soal numerik yang relevan. Dampaknya, siswa tidak hanya diajarkan untuk meningkatkan kognitif saja, tetapi juga diajarkan tentang keterampilan sosial dan komunikasi untuk menyelesaikan masalah sesama teman sejawat. Namun keberhasilan penerapan gamifikasi, juga bergantung pada dukungan guru dan fasilitas yang memadai. Dengan pendekatan yang lebih terstruktur, maka guru dapat memberikan pengalaman yang bermakna serta mampu mendukung penguasaan kompetensi literasi dan numerasi secara holistik. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif, serta mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital. Melalui penerapan gamifikasi, diharapkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya mampu mengoptimalkan keterampilan literasi dan numerasi siswa, tetapi juga dapat membentuk pola pikir yang kritis, kreatif dan kolaboratif. 
EDUKASI BAHAYA TAWURAN PADA ANAK-ANAK KAMPUNG RAWA JAKARTA PUSAT Nugroho, Candra Arya Hadi; Iswanto, Bunga Mutiara; Algifari, Noval; Purnomo, Alifia; Kahar, Harsha Maliki Farrelino; Az-zahra, Sadira; Musa, Musa
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tawuran antar anak-anak sering kali menjadi permasalahan yang meresahkan di Kampung Rawa. Selain merugikan dari segi fisik dan psikologis, tawuran juga dapat menghambat perkembangan sosial dan pendidikan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak dan masyarakat sekitar tentang bahaya tawuran melalui pendekatan partisipatif berdasarkan komunitas. Program edukasi dilakukan dengan metode interaktif, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan permainan edukatif. Hasil program ini menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap dampak negatif tawuran, termasuk potensi luka fisik, trauma mental, dan konsekuensi hukum. Selain itu, program ini berhasil membuat anak-anak untuk mengenali pentingnya penyeselaian masalah secara damai, meningkatkan empati, dan membangun keterampilan komunikasi yang positif. Pendekatan yang melibatkan tokoh masyarakat, guru, dan orang tua juga menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mencegah tawuran. Edukasi ini tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga berupaya membangun kesadaran kolektif untuk menciptakan budaya damai di Kampung Rawa. Diharapkan, program ini dapat menjadi model yang dapat diterapkan di daerah lain dengan permasalahan serupa, sehingga generasi muda dapat tumbuh dalam lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan mereka secara optimal.
PENYULUHAN POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA DI DESA JOMIN BARAT DAN JOMIN TIMUR Basir, Frins Akbari; Megawati, Irma; Gussevi, Sofia
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola asuh anak dalam keluarga merupakan hal yang sangat penting dalam keluarga, karena anak merupan harta dan investasi bagi orang tua yang perlu dirawat dan di asuh dengan baik karena akan dimintai pertanggung jawaban nya di akhirat, pada jaman sekarang masih banyak orang tua yang masih susah menemukan pola asuh yang ideal dan efektif bagi anak – anak mereka agar bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah,dan juga mengingatkan peran anak bagi orang tuanya, Penyuluhan ini dilaksanak di 2 desa yaitu desa Jomin Barat dan Jomin Timur, dan banyak dihadiri oleh ibu – ibu, Metode penyuluhan dengan cara pemaparan materi dan dilanjut sesi tanya jawab dengan masalah yang di alami oleh peserta penyuluhan dan mencari pola asuh yang dirasa efektif dan efisien dalam mendidik dan mengasuh anak sehingga bisa menjadi anak yang sholeh

Page 1 of 1 | Total Record : 6