cover
Contact Name
Teguh Lesmana
Contact Email
teguhcrbn131@gmail.com
Phone
+6283824046348
Journal Mail Official
edulead.bbc@gmail.com
Editorial Address
https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/timeditor
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Edulead
ISSN : 26849208     EISSN : 28296311     DOI : 10.47453
Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan kepemimpinan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management" : 10 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi KBM Kelas di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024 Kasanudin Johari
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1621

Abstract

Dalam melaksanakan proses pembelajaran disekolah seorang guru hendaknya pandai memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pada umumnya guru jarang mengunakan model pembelajaran dalam setiap proses pembelajaran karena kurangnya pemahaman guru tentang model-model pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Sebenarnya ada banyak model pembelajaran yang bisa dipakai oleh setiap guru dalam proses pembelajaran yang model pembelajara ini juga mudah diterapkan yaitu disesuaikan dengan bahan ajar dan materi yang akan disampaikan oleh guru tersebut. Dengan mengunakan model-model pembelajaran yang sesuai ini siswa dapat termotivasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasinya khususnya pada ujian blok. Dengan penelitian ini rumusan masalahnya apakah motivasi guru untuk menerapan model-model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru pada SMA Negeri 1 Sumber Kabuapet Cirebon.
Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tentang Teks Interaksi Transaksional Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII-A SMPN 2 Lemahabang Tahun Pelajaran 2022/2023 Teti Kusmiyati
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1626

Abstract

Berbagai dampak negative dalam menggunakan metode kerja kelompok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, system pengajaran cooperative learning bisa di definisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggungjawab individual, interaksi personal, keahlian bekerjasama, dan proses kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah sisw akelas VIII-A SMPN 2 Lemahabang. Data yang diperoleh berupaha siltes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX.C SMP Negeri 1 Beber Tahun Pelajaran 2023/2024 Nani Srinaningsih
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Bebermelalui penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam pelajaran IPS ; (2) Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Bebermelalui penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Beber dengan jumlah 36 siswa hanya 32 orang yang hadir.Materi Pembelajaran tentang Perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia & benua lainnya. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angket dan tes prestasi belajar siswa digunakan analisis statistik deskriptif.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pelajaran 2023/2024 Wawan Irwanto
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1627

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model learning cycle terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024”. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jalan Pangeran Sutajaya No. 142 Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 328 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang ada maka peneliti memilih satu kelas yaitu Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Penelitian ini menggunakan uji thitung . Hasil dari analisis data diperoleh beberapa temuan tingkat hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa pada siklus I (pre-test) = 67,97 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II (post-test) = 80,15. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Learning Cycle terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari kegiatan siklus I dan siklus II diperoleh adalah 40 % menjadi 87,75 %, sehingga penelitian diaktakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Kemampuan Menulis Teks Khusus dalam Bentuk Label Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Bagi Siswa Kelas IX.C di SMP Negeri 3 Palimanan Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024 Abidin Abidin
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1618

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Palimanan seharusnya siswa SMP kelas IX.C telah mampu menulis Teks Khusus dalam benruk Label dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kemampuan siswa kelas IX.C SMP Negeri 3 Palimanan menulis Teks Khusus dalam benruk Label dengan menggunakan model Pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan, dapat dilihat dari kenaikan ketuntasan belajar klasikal siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu pada prasiklus hanya 56 % pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 68 % sedangkan pada silklus II menjadi 89 % dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran sangat positif dan baik sekali, dapat dilihat dari keseriusan siswa mengikuti pelajaran dan kelancaran siswa menulis Teks Khusus dalam benruk Label seperti yang ditugaskan guru, tidak ada lagi murid yang bengong karena tidak tahua pa yang harus kerjakan.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Student Teamachievement Division(STAD) Pada Siswakelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024 Siti Azyzah
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1623

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada siswa kelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 sampai 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes kognitif, tes unjuk kerja, pencatatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, soal, lembar instrumen unjuk kerja, dan catatan lapangan. Aspek yang diteliti meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Tindakan yang diberikan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan dan peningkatan pembelajaran dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) berupa evaluasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII.C di SMP Negeri 2 Sedong pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2022/2023 Aryo Widodo
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1619

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pencapaian aspek kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII Semester II SMP NEGERI 2 SEDONG Pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2022/2023. Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan pada materi logika matematika Dari data tersebut dapat diketahui bahwa sampel berada pada titik awal yang sama. Setelah kelompok eksperimen diberikan pembelajaran portofolio dan kelompok kontrol diberi pembelajaran konvensional, maka kedua kelompok diberikan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok trigonometri. Diperoleh rata-rata dari penelitian siklus I hasil belaja rmencapai 74,22 dan pada siklus II hasil belajar mencapai 79,75 sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Mengacu pada hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran yaitu, untuk menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio diperlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan peserta didik dalam memahami konsep.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PABP Materi Iman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 1 Pabedilan Tahun Pelajaran 2022/2023 Sobari Sobari
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1653

Abstract

Peningkatan motivasi belajar PABK setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya notivasi belajar PABK siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada Prasiklus diperoleh rata-rata kelas 19,06 (kategori motivasi rendah), Siklus 1 menjadi 25,42 (kategori motivasi cukup) dan Siklus II diperoleh rata-rata kelas 28,08 (kategori motivasi tinggi). Dan berdasarkan hasil belajar siswa pada Prasiklus nilai rata-rata 60,24 setelah pelaksanaan siklus I rata-rata nilai menjadi 67,32 dan pada siklus II rata rata nilai menjadi 82,65. Sedangkan peningkatan presentase ketuntasan belajar klasikal meningkat dari pra Siklus, Siklus I dan Siklus II berturut-turut : 44,44 %, 72,22 %, dan 86,11 %. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan Hasil belajar dan motivasi belajar PABK siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Pabedilan Tahun Pel;ajaran 2022/2023.
Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dengan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Greged Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024 Didi Sunardi
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1620

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII-C SMP NEGERI 1 GREGED Kabupaten Cirebon yang menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok diharapkan kepercayaan diri yang dialami oleh siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian diperoleh, kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok bahwa anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi 81%, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang 64%, sedang anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah 53%. Setelah mendapat layanan bimbingan kelompok kepercayaan diri siswa meningkat, anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi prosentase kepercayaan diri bertambah 83% masuk dalam kategori prosentase tinggi, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 74% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi, dan anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 69% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi. Disimpulkan bahwa kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun saran peneliti untuk siswa dan guru pembimbing diharapkan agar mampu meningkatkan kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui layanan bimbingan kelompok.
Model Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran Matematika pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel dapat Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Tahun Pelajaran 2023/2024 Sukardi Sukardi
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1625

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Pendekatan pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas VIII.A SMPN 1 Beber, Materi Persamaan Linier Dua Variabel dalam memahami konsep bangun tersebut.serta adannya kuis dan hadiah menarik yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah menjadi yang terbaik. Penerapan model pendekatan ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah (problem solving) yang dapat Persamaan ALinier Dua Variabel di kelas VIII.A SMPN 1 Beber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Penelitian Tindak Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan tindakaan, (3) Tahap observasi, dan (4) Tahap Refleksi. Peningkatan belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari test awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 34,22 % dan setelah adanya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) mencapai nilai ketuntasan 52,63% untuk test siklus I dan 84,2 1 % untuk test siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil belajar Persamaan ALinier Dua Variabel pada siswa kelas VIII.A SMPN 1 Beber Cirebon akan bisa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving).

Page 1 of 1 | Total Record : 10