Jurnal Citra Pendidikan Anak
Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Jurnal Citra Pendidikan Anak mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 3. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 4. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 5. Isu isu Terkini dalam Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak"
:
10 Documents
clear
PENGEMBANGAN MEDIA FISHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK FISIK MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN
Wona, Melania Santika;
Meka, Marsianus;
Fono, Yasinta Maria
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.2799
Penelitian ini bertujuan 1) untuk menghasilkan media fishing untuk meningkatkan aspek fisik motorik kasar pada anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti 2) untuk mengetahui kelayakan media fishing untuk meningkatkan pemahaman aspek fisik motorik kasar pada anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti. Pengembangan media pembelajaran fishing menggunakan model ADDIE. Dalam tahapan penelitian terdiri dari: 1) Tahapan Analisi 2) Tahapan Desain 3) tahapan perencanaan 4) tahap implementasi 5) tahap Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi , wawancara, dokumentasi, angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media fishing yang telah diuji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukan hasil sangat valid dan layak untuk di gunakan dengan rinciaan: 1) Ahli Materi 96,6% sangat valid, 2) Ahli Media 83,8% valid, 3) Ahli Desain 85,3% Valid, 4) uji coba kelompok kecil 88,3% 5) uji coba perorangan 100% sangat valid artinya media ini layak digunakan pada anak usia dini
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG PAUD: STUDI PERSEPSI GURU DI KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA
Bupu, Maria Erfina;
Ngura, Elisabeth Tantiana;
Laksana, Dek Ngurah Laba
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.3174
Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten dirancang lebih optimal untuk memberikan peserta didik waktu yang cukup dalam mendalami konsep dan memperkuat kemampuan mereka. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada guru untuk memilih dan menentukan berbagai perangkat pembelajaran, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan bakat peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi guru PAUD terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, dengan responden yang dipilih berdasarkan kriteria relevan dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru PAUD terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, belum mencapai hasil yang maksimal. Kendala utama terletak pada pemahaman guru yang belum sepenuhnya mendalam terhadap konsep dan penerapan kurikulum ini.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DASAR ANAK USIA DINI DI PAUD BOASIKO
Biba, Lidwina;
Ngura, Elisabeth Tantiana;
Laksana, Dek Ngurah Laba
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.3231
Penelitian menjelaskan tentang pengembangan meningkatkan kemampuan motorik, kognitif, emosional dan meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini dengan menggunakan metode penelitian, diantaranya penelitian yang dilakukan (mengembangkan model pembelajaran permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan kognitif anak. Permainan menggunakan kelas kontrol pada kelompok B TK Kelompok Guru Boasiko. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan permainanmemberikan pengaruh yang merangsang kemampuan motorik kasar anak dan pembelajaran lebih menyenangkan dan partisipatif anak. Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi di TKK yang berada di kelompok guru Boasiko, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo di peroleh hasil bahwa proses belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi pada dasar Anak Usia Dini sudah diterapkan di sekolah masing-masing. Guru harus menyiapkan modul ajar dan media dari bahan alam untuk belajar sambil bermain, seperti: Kartu Huruf, Kartu angka, biji batu, Congklang, Belajar menggunakan bahasa tubuh.
MEMPERSIAPKAN GENERASI Z YANG BERKARAKTER DAN BIJAKSANA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI MELALUI PENDIDIKAN
Solichah, Chamidatus
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.3729
Masa kemajuan sudah memasuki masa zaman Z yang tidak terlepas dari zaman inovasi. Generasi Z adalah generasi muda yang lahir pada tahun 1998-2009 yang saat ini masih bersekolah. Agar generasi Z tidak dirugikan oleh pemanfaatan inovasi maka diperlukan pendidikan karakter. Strategi eksplorasi dalam artikel ini adalah studi menulis. Analisis berkonsentrasi pada sumber perpustakaan yang berbeda, misalnya buku harian, buku dan artikel logis untuk membedah dan mengatur data yang berkaitan dengan pemanfaatan inovasi dalam pelatihan dan sekolah karakter untuk generasi Z. Untuk mencapai tujuan pelatihan karakter, tugas sekolah sebagai lembaga pendidikan dan pembentukan sekolah karakter diperlukan. pendidik sebagai direktur sekolah untuk menetapkan model dalam pemanfaatan inovasi.
PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA SD
Inayati, Arifah
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.3808
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 4 SD Negeri Wates 01. Metode drill dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data diambil melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode drill pada kegiatan membaca berjalan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Terbukti dengan antusias peserta didik dalam menyetorkan bacaannya secara berulang-ulang setiap hari sehingga peserta didik mengalami peningkatan dan perubahan yang signifikan dalam membaca. Penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif upaya untuk membantu proses pengembangan kemampuan anak menggunakan metode drill khususnya membaca atau kemampuan lainnya.
PENINGKATAN KEMAMPUAAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA PADA ANAK USIA DINI
Pango, Kristalana;
Janul, Felomena Sari
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.4366
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media balok angka di TK Ade Irma Mataloko, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan untuk mengevaluasi kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah penggunaan media balok angka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun setelah penggunaan media balok angka. Sebelum menggunakan media balok angka, skor rata-rata kemampuan mengenal angka tergolong sangat rendah. Namun, setelah intervensi dengan media balok angka, skor rata-rata menunjukkan hasil yang sangat bagus. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa media balok angka efektif dalam membantu anak mengenal angka secara lebih baik. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan alternatif alat pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam mengenal angka.
PENDAMPINGAN UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA DALAM MENDAMPINGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Meka, Marsianus;
Wela, Herkuliana Natalia;
Dhiu, Viktoria
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.4403
Pengabdian merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. Pengabdian yang dilakukan dalam kegiatan ini berjudul “Pendampingan Untuk Mengatasi Problematika Dalam Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu bapak dan ibu guru untuk mengatasi problematika dalam membimbing anak berkebutuhan khusus. Metode yang di gunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendampingan sebagai implementsi mata kuliah Pendidikan dan Permasalahan Anak Berkebutuhan Khusus. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan wawancara dengan tujuan untuk mengimplementasi mata kuliah ABK. Hasil dari kegiatan ini ada tiga tahap yang dilakukan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan taahp penilaian/evaluasi. Masalah dalam kegiatan pendampingan problematika ini adalah guru dapat merancang RPP, guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang digunakan, anak berkebutuhan kuhusus sulit di atur dan sarana prasarana perlu diperhatikan guna meningkatkan kemudahan bagi guru dalam menghadapi anak ABK.
PERMAINAN TRADISIONAL SAGU ALU UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK
Natal, Yanuarius Richardus;
Nafsia, Andi;
Ngonu, Maria Restintuta
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.4489
Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus perkembangan fisik motorik pada anak usia 4-6 tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti. Jenis penelitian yang di ambil adalah penelitian kualitatif. Metode yang di gunakan dalam mengumpulkan berbagai informasi atau data yang terkait yaitu melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. kegiatan pendampingan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan fisik motorik pada anak melalui permainan sagu alu. Jumlah anak di PAUD Terpadu Citra Bakti adalah 40 anak. Data yang sudah terkumpul dalam pendampingan ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pendampingan yang telah dilakukan bervariasi. Ada anak yang sudah bisa menggunakan alat permainan sagu alu, dan ada juga anak yang belum bisa menggunakan alat permainan sagu alu. Hal tersebut menjujukan bahwa proses perkembangan fisik motorik setiap anak itu berbeda-beda.
EFEKTIVITAS PROGRAM PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR
Mascambuan, Titis Dea
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.4624
Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pramuka di SDN Tanjungrejo 5, yang berperan penting dalam pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan sosial siswa. Metode kualitatif digunakan untuk menggali proses kegiatan, interaksi antara pembina dan siswa, kendala yang dihadapi, serta harapan kedepannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka meningkatkan disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab siswa, meski masih terkendala minimnya pembina dan fasilitas. Penelitian ini merekomendasikan penambahan pembina dan peningkatan fasilitas agar kegiatan lebih efektif, menarik, dan mampu membentuk generasi muda yang berkarakter dan kompeten
ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA KARTU EMOSI UNTUK ASPEK KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Meno, Otavani;
Sada, Elisa Yunita;
Qondias, Dimas
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jcpa.v3i3.4664
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media kartu emosi dalam rangka meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TKK Tibakisa. Kemampuan sosial-emosional merupakan aspek penting dalam perkembangan anak, yang berdampak pada interaksi sosial, regulasi emosi, dan kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data terkait kebutuhan media pembelajaran yang sesuai. Hasil analisis menunjukkan bahwa media kartu emosi sangat dibutuhkan sebagai alat bantu yang efektif untuk mendukung pengembangan kemampuan sosial-emosional anak. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media yang tepat dapat memfasilitasi pembelajaran sosial-emosional secara lebih terstruktur, menarik, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Dengan demikian, pengembangan media kartu emosi menjadi langkah strategis dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak di lingkungan pendidikan formal.