cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Algebra
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ADVANCE ORGANIZER Turrizqiya, Aulia; Syafitri Lubis, Riri
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.228

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan video pembelajaran berdasarkan model pengembangan ADDIE, melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran Advance Organizer berbantuan pendekatan open ended pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X IPA 1SMA Darussalam yang berjumlah sebanyak 25 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat tingkat keefektifan dari media yang dikembangkan.Pembuatan video ini dilakukandengan5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran sebesar 2,7 dengan kategori baik/cukup valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 3,53 dengan kategori kurang baik/ kurang praktis dan angket respon guru matematika sebesar 4,64 dengan kategori baik/ cukup praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan hasil perhitungan validitas instrumen soal test menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar diperoleh rata-rata sebesar 0,869 dengan kategori sangat tinggi. Nilai thitung 8,434 dan nilai ttabel 0,396, sehingga instrumen soal test signifikansi dengan taraf kesalahan α = 0,05 atau 5%. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 80% dengan kategori baik, maka media pembelajaran ini dikatakan efektif. Kata Kunci: Pengembangan; Media Pembelajaran; Advance Organizer; Open Ended; ADDIE.   ABSTRACT This research aims to look at the process of making learning videos based on the ADDIE development model, looking at the level of validity, practicality and effectiveness of the Advance Organizer learning media assisted by an open ended approach to the material on equations and quadratic functions. The subjects in this research were students in class X Science 1 Darussalam High School, totaling 25 students. The instrument in this research uses a questionnaire to see the validity and practicality of the media and a test of student learning outcomes to see the level of effectiveness of the media being developed. The making of this video was carried out in 5 stages, namely analysis, design, development, implementation (implementation) and evaluation (evaluation). The results of this research show that the level of validity of the learning media is 2.7 in the good/fairly valid category. The level of practicality of learning media based on the student response questionnaire was 3.53 in the not good/less practical category and the mathematics teacher response questionnaire was 4.64 in the good/quite practical category. Meanwhile, the level of effectiveness of the learning media based on the results of calculating the validity of the test question instrument using the product moment correlation formula with rough numbers obtained an average of 0.869 in the very high category. The tcount value is 8.434 and the ttable value is 0.396, so the significance test question instrument has an error level of α = 0.05 or 5%. The average percentage of students' classical completeness is 80% in the good category, so this learning media is said to be effective. Keywords: Development; Instructional Media; Advance Organizer; Open Ended; ADDIE.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICAITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA Febria Sari, Lara; Neliwati
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penenlitin ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh  pendekatan  pembelajaran matematika Mode-Elicaiting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelititian Quasi Eksperimental Design atau desaian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Pada kelas eksperimen diberikan pendekatan pembelajaran MEAs sedangkan kelas control diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian penelitian menggunakan tes bentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dianalisis menggunakan Independent t-test (Uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Model-Elicaiting Activities (MEAs)  terhadap kemampuan pemahaman konsep  matematika dengan nilai????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 4,4320 > 2,000. Kata kunci : Pendekatan Model-Elicaiting Activities (MEAs); Konsep matematis   ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Mode-Elicaiting Activities (MEAs) mathematics learning approach on students' ability to understand mathematical concepts. This research is a Quasi Experimental Design research or a quasi-experimental design with a research design that is Pretest-Posttest Control Group Design. The sample in this study consisted of VIII-A as the experimental class and class VIII-B as the control class which were selected using the Simple Random Sampling technique. The experimental class was given the MEAs learning approach while the control class was given conventional learning. The research instrument used a descriptive form test to measure students' ability to understand mathematical concepts. Data from the test results of the ability to understand mathematical concepts were analyzed using the Independent t-test (t-test). The results of data analysis show that there is a significant effect of the Model- Elicaiting Activities (MEAs) learning approach on the ability to understand mathematical concepts with a value of ???????????????????????? > ???????????????????????? or 4,4320 > 2,000. Keywords: Model-Elicaiting Activities (MEAs) Approach; Mathematical Concepts
PENGARAUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA Sahraini Siregar, Fadilatus; Neliwati; Syafitri Lubis, Riri
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Think Talk Write Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas IX MTs Yayasan Cerdas Murni Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas IX MTs Cerdas Murni tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 95 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas IX 1 dan IX 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang ditentukan dengan cara sampling jenuh. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran teams games tournament dan think talk write terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Cerdas Murni dengan Fhitung = 7,813 > Ftabel pada taraf (a=0,05) = 4,043; 2) Tidak terdapat perngaruh model pembelajaran teams games tournament dan think talk write terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Cerdas Murni, dengan ????ℎ???????????????????? = 2,157 < ????????????????????????pada taraf (a = 0,05) = 4,043 ; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament dan think talk write terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Cerdas Murni, dengan????ℎ???????????????????? = 1,061 > ???????????????????????? pada taraf (a = 0,05) = 10,004. Kata Kunci : Keaktifan; Hasil Belajar; Model Pembelajaran.   ABSTRACT This research aims to determine the influence of the Teams Games Tournament and Think Talk Write learning models on student activity and mathematics learning outcomes in quadratic equation material for Class IX MTs Smart Murni Foundation for the 2020/2021 academic year. This research is quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all class IX of MTs Smart Murni for the 2020/2021 academic year, totaling 95 students. The samples used by researchers were classes IX 1 and IX 2, each with 30 students to be used as experimental classes I and II which were determined using saturated sampling. The results of these findings show: 1) There is an influence of learning using the teams games tournament and think talk write learning models on students' active mathematics learning in quadratic equations material for class IX MTs Smart Murni with Fcount = 7.813 > Ftable at level (a=0.05) = 4,043; 2) There is no influence of the team games tournament and think talk write learning models on students' mathematics learning outcomes in quadratic equations material for class IX MTs Smart Murni, with ????ℎ???????????????????? = 2.157 < ????????????????????????at the level (a = 0.05) = 4.043; 3) There is an influence of the teams games tournament and think talk write learning model on student activity and learning outcomes in quadratic equation material for class IX MTs Smart Murni, with ????ℎ???????????????????? = 1.061 > ???????????????????????? at the level (a = 0.05) = 10.004. Keywords: Activeness; Learning outcomes; Learning model.
PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Fatihah, Alfito; Nasution, Afifah Nabila; Al Ghifari, Muhammad
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.723

Abstract

ABSTRAK Banyak peserta didik diera sekarang menggunakan gadget untuk mengakses sosial media Sosial media ini mempunyai dua sisi yaitu dampak negatif dan positif. Karena kedua hal tersebut, dapat menimbulkan permasalahan tentang pengaruh gadget pada minat belajar peserta didik. berdasarkan penelitian sebelumnya, kami ingin mengetahui bagaimana gadget mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap minat belajar peserta didik di SMA Swasta Cerdas Murni. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif retrospektif pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dan poupulasi yang digunakan adalah peserta didik dari SMA Swasta Cerdas Murni kelas XII IPA I dan IPA II dengan menggunakan metode sampling kuisioner untuk menentukan sampel sebanyak 45 peserta didik dari 321 populasi. Hasil penelitian ini diperoleh thitung senilai 1.662354029 sementara ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan n=45 maka diperoleh tabel senilai 1.987289865 uji T signifikan > dari 0,05 yaitu 0.412015901 dan 0.824031802 > 0,05. Dapat diperoleh kesimpulan bahwa H_0 diterima dan H_a ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh antara variable independen dan dependen atau bisa dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variable x dan y. Kata Kunci : Pengaruh Gadget, Minat Belajar   ABSTRACT Many students in today's era use gadgets to access social media. Social media has two sides, namely negative and positive impacts. Because of these two things, it can cause problems about the influence of gadgets on students' learning interest. based on previous research, we want to know how gadgets affect students' learning interest. This study aims to determine the effect of gadgets on students' interest in learning at Smart Pure Private High School. The type of research used is a retrospective descriptive quantitative approach. The sampling technique and population used were students from Smart Pure Private High School class XII IPA I and IPA II using a questionnaire sampling method to determine a sample of 45 students from 321 populations. significant t test > 0.05, namely 0.412015901 and 0.824031802 > 0.05. It can be concluded that it is accepted and rejected, which means that there is no influence between the independent and dependent variables or it can be said that there is no influence between the x and y variables.H_0 H_a Keywords: Gadgets Effect, Interest to Learn
DAMPAK BULLYING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA-SISWI DI MTs LABORATURIUM UINSU Asmal, Sazatul; Husna Ramadhani, Syifa; Rahayu Ningsih, Sri
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.759

Abstract

ABSTRAK Bullying adalah salah satu tindakan kasus yang sering terjadi dikalanagan para pelajar. Bullying bukan merupakan hal yang asing lagi ditengah-tengah dunia pelajar. Sayangnya kasus ini jarang sekali ditangani dengan benar. Kasus bullying ini sangat berdampak pagi proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bullying terhadap proses pembelajaranb siswa di kelas IX MTS LAB UINSU. Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan desain penelitian studi kasus, yaitu metode untuk menyelidiki atau mempelajari suatu kejadian mengenai perseoranag dengan berbagai teknik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dampak bullying pada proses pembelajaran siswa yang mana bamnyak dampak yang terjadi akibat bullying ini. Kata Kunci: Bullying, Proses Pembelajaran, Siswa, Dampak   ABSTRACT Bullying is one of the cases that often occurs among students. Bullying is not a new thing in the world of students. Unfortunately, this case is rarely handled properly. This case of bullying greatly impacted the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of bullying on the learning process of students in class IX MTS LAB UINSU. The method that can be used in this research is a qualitative method that uses a case study research design, namely a method for investigating or studying an incident concerning an individual with various research techniques. The results of the study show the impact of bullying on the student learning process where there are many impacts that occur as a result of this bullying. Keywords: Bullying, Learning Process, Students, Impact
PELAKSANAAN METODE PARTNER PADA PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ GEMAR AKHWAT MEDAN Tawarni
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.1004

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan rasa keingintahuan mengenai bagaimana efektivitas metode partner pada program Qur’an di Rumah Tahfidz Gemar Akhwat Medan, terutama dalam menjaga konsistensi belajar, meningkatkan kualitas hafalan, dan mengatasi kendala yang dihadapi oleh para santri, terutama mereka yang memiliki aktivitas kuliah atau pekerjaan yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apa konsep metode partner pada program tahfidz Qur’an, 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan metode partner pada program tahfidz Qur’an, 3) mengetahui apa saja kendala yang dihadapi serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode partner. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode partner dilaksanakan setelah halaqoh. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemilihan pasangan muroja’ah dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah juz yang hafalnnya mendekati, karakkter santri, dan kesibukan santri. Santri kemudian diminta menyetorkan hafalan lama dan baru ke partner mereka 1 juz setiap hari senin-jum’at sedangkan hari sabtu dimana pasangan partner diminta menyetor hafalan ke partner 3 juz peorang. Kata kunci: Pelaksanaan; Metode Partner; Tahfidz Qur’an   ABSTRACT This research was motivated by curiosity regarding the effectiveness of the partner method in the Qur'an program at Rumah Tahfidz Gemar Akhwat Medan, especially in maintaining learning consistency, improving the quality of memorization, and overcoming obstacles faced by students, especially those who have lecture activities or solid job. This research aims to: 1) find out what the concept of the partner method is in the tahfidz Qur'an program, 2) find out how the partner method is implemented in the tahfidz Qur'an program, 3) find out what obstacles are faced as well as supporting and inhibiting factors in implementing the partner method . This research is qualitative research. This type of research is a qualitative descriptive research. The data collection techniques through observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the partner method is carried out after the halaqoh. This research also shows that the selection of muroja'ah partners is carried out by considering the number of juz that are close to memorized, the character of the students, and the activities of the students. Students are then asked to deposit old and new memorization to their partners, 1 juz every Monday-Friday, while on Saturdays, partners are asked to deposit memorization to their partner, 3 juz per person. Keywords: Implementation; Partner Method; Tahfidz Qur'an
KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM DALAM MEMBANGUN KESADARAN DAN BUDAYA HUKUM DI LINGKUNGAN SEKOLAH Naku, Robertus Kristianto; Pohan , Syafruddin
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.1011

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan suatu pelayanan publik sangat bergantung pada mekanisme komunikasi yang efektif. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sumatera Utara berupaya melayani kebutuhan masyarakat mengenai pengetahuan hukum dengan melakukan penyuluhan keliling. Salah satu institusi yang mereka ikuti adalah sekolah. Di sekolah, siswa diajarkan tentang ilmu hukum, penerapannya, dan cara menginternalisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya dilakukan dengan membangun Sekolah Dasar Sadar Hukum dan Budaya Hukum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuannya adalah untuk menganalisis komunikasi publik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sumatera Utara dalam membangun kesadaran dan budaya hukum di lingkungan sekolah Kota Medan. Kata Kunci : komunikasi; pelayanan publik; Kemenkumham.   ABSTRACT The success of a public service depends greatly on effective communication mechanisms. The Ministry of Law and Human Rights of North Sumatra Province seeks to serve the community's needs regarding legal knowledge by conducting mobile outreach. One of the institutions they attend is school. At school, students are taught about legal knowledge, its application, and how to internalize it in everyday life. Everything is done by building a Legal Awareness and Legal Culture Elementary School. This study uses a qualitative method. The aim is to analyze the public communication of the Ministry of Law and Human Rights of North Sumatra Province in building legal awareness and culture in the Medan City school environment. Keywords: communication; public service; Ministry of Law and Human Rights.
HUBUNGAN KETERLAMBATAN MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR della aryadi, sri puspita; Nur Huda, Muhammad; Tri Afifah, Dessy
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.1024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa dan mahasiswi yang sering terlambat, maka diperlukannya upaya untuk mengetahui hubungan mahasiswa yang sering terlambat terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode studi kasus. Dalam penelitian studi kasus ini teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi, baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Subjek penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan populasi mahasiswa perguruan tinggi negeri yang sering terlambat dan jumlah sampel hanya sebanyak 10 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara mahasiswa yang sering terlambat dengan hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini antara keterlambatan mahasiswa terhadap hasil belajar disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang erat. Kata Kunci : Hubungan, Keterlambatan, Hasil belajar   ABSTRACT This research is motivated by the large number of students who are often late, so efforts are needed to find out the relationship between students who are often late and learning outcomes. This type of research is quantitative research that uses the case study method. In this case study research, the data collection techniques used were interview and observation techniques. The data analysis used is triangulation, both source triangulation and technical triangulation. The research subjects that will be used in this research are a population of state university students who are often late and the sample size is only 10 people. The aim of this research is to find out whether there is a significant relationship between students who are often late and learning outcomes. The results of this research between student delays and learning outcomes concluded that these two variables have a CLEAR relationship. Keywords: Relationship, Delay, Learning Outcomes
KECEMASAN PERPISAHAN (SEPARATION ANXIETY) Islamiyah, Salimatul; Fadilah, Risydah; Nur Huda, Muhammad; Ramadhan Damanik, Rizky
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kecemasan perpisahan adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan ketakutan berlebihan terhadap perpisahan dari orang-orang yang dicintai atau tempat-tempat yang akrab. Gangguan ini dapat mempengaruhi fungsi sosial, akademik, dan kesehatan individu yang mengalaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan perpisahan pada remaja di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi terhadap seorang remaja yang berusia 18 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan perpisahan pada remaja adalah stres, perubahan lingkungan, ketidakamanan, dan sikap orang tua yang terlalu protektif. Kecemasan perpisahan pada remaja juga berdampak negatif pada kinerja sekolah, kesehatan fisik dan mental, serta hubungan sosial. Penelitian ini merekomendasikan perlunya intervensi psikologis yang sesuai untuk mengatasi kecemasan perpisahan pada remaja, serta edukasi bagi orang tua dan guru tentang cara mendukung remaja yang mengalami gangguan ini. Kata kunci: kecemasan perpisahan, remaja, Indonesia   ABSTRACT Separation anxiety is an anxiety disorder characterized by excessive fear of separation from loved ones or familiar places. This disorder can affect the social, academic and health functions of the individual who experiences it. This research aims to determine the factors that influence separation anxiety in teenagers in Indonesia. The research method used was interviews and observations of a 18 year old teenager. The research results show that factors related to separation anxiety in adolescents are stress, environmental changes, insecurity, and overprotective parental attitudes. Separation anxiety in teenagers also has a negative impact on school performance, physical and mental health, and social relationships. This research recommends the need for appropriate psychological interventions to overcome separation anxiety in adolescents, as well as education for parents and teachers about how to support adolescents who experience this disorder. Keywords: separation anxiety, teenagers, Indonesia
AKTUALISASI PERAN PEGADAIAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH Dewan Pratama, Putra
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 3 No 4 (2023): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v3i4.1029

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran pegadaian dalam menunjang usaha kecil di Kabupaten Simeulue; (2) Untuk mengetahui potensi dalam pengembangan bisnis masyarakat bisa berpeluang untuk menunjang usahanya di pegadaian syariah Sinabang; (3) Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap akad bisnis syariah, terutama dalam pembiayaan modal usaha arrrum. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan dilapangan atau dilokasi penelitian, untuk menyelidik gejala objektif yang terjadi ditempat tersebut dimana dalam penelitian ini akan dideskriptifkan keadaan yang menjadi fokus dalam penelitian berdasarkan Aktualisasi Peran Pegadaian Dalam Pengembangan Usaha Menurut Perspektif Bisnis Syariah Studi Kasus PT Pegadaian Syariah Sinabang. Hasil dalam penelitian ini adalah Masyarakat sangat diuntungkan dengan adanya pegadaian syariah karena pemilik usaha kecil sangat membutuhkan modal untuk menjalankan usahanya. Inilah sebabnya Pegadaian Syariah Unit Sinabang menawarkan pembiayaan ekuitas jangka panjang dan jangka pendek, sehingga masyarakat tidak terdesak untuk mendapatkan modal dari Pegadaian Syariah karena pembayarannya mudah dan tidak mempersulit nasabah yang ingin mengembangkan usahanya. Kata Kunci : Aktualisasi; Pengembangan; Usaha; ABSTRACT The objectives of this research are: (1) To determine the role of pawnshops in supporting small businesses in Simeulue Regency; (2) To find out the potential for business development, people can have the opportunity to support their business at the Sinabang sharia pawnshop; (3) To provide the public with an understanding of sharia business contracts, especially in financing new business capital. In conducting this research the author used a qualitative research approach. Research carried out in the field or at the research location, to investigate the objective symptoms that occur in that place where in this research will describe the conditions that are the focus of the research based on the Actualization of the Role of Pegadaian in Business Development According to the Sharia Business Perspective, Case Study of PT Pegadaian Syariah Sinabang. The results of this research are that the community really benefits from the existence of sharia pawnshops because small business owners really need capital to run their businesses. This is the creation of the Pegadaian Syariah Sinabang Unit offering long-term and short-term equity financing, so that people are not pressured to get capital from Pegadaian Syariah because the payments are easy and do not rebuild customers who want to develop their business. Keywords: Actualization; Development; Business;

Page 1 of 1 | Total Record : 10