cover
Contact Name
Ismail Fikri Natadiwijaya
Contact Email
tpack.ipa@uny.ac.id
Phone
+6285717351210
Journal Mail Official
tpack.ipa@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Technological Pedagogical Content Knowledge
ISSN : -     EISSN : 30327164     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science subjects.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 4 KOTA MAGELANG Roseanawati, Dessy; Widodo, Eko; Setianingsih, Wita
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan monopoli sebagai alat evaluasi, mengetahui respon peserta didik terhadap permainan monopoli sebagai alat evaluasi, mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan permainan monopoli sebagai alat evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil lembar validasi kelayakan permainan monopoli menggunakan skala linkert lima, analisis data respon peserta didik terhadap permainan monopoli menggunakan skala linkert empat, analisis hasil belajar peserta didik pada permainan monopoli sebagai alat evaluasi menggunakan nilai PAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk permainan monopoli sebagai alat evaluasi dalam kategori sangat baik, respon perserta didik dalam permainan monopoli sebagai alat evaluasi dalam kategori sangat baik, hasil belajar peserta didik menggunakan permainan monopoli sebagai alat evalusi masih dibawah 76 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).Kata Kunci: permainan monopoli, alat evaluasi, hasil belajar
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN BUKU SAKU MOBILE-LEARNING QR-CODE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 PLAYEN Nova Wahid Nugroho; Dadan Rosana
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku saku (pocket book) IPA mobile learning QR code berbasis Problem Based Learning pada materi Makhluk Hidup dan Lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII SMP N 2 Playen. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan jenis desain yang digunakan yaitu time series design. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran buku saku mobile learning Quick Respone code berbasis problem based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Lembar keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar penilaian aspek afektif, kognitif dan psikomotor pada pembelajaran, (3) Soal pretest dan posttest tingkat soal berpikir kritis. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan buku saku (pocket book) IPA mobile learning QR code berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Makhluk Hidup dan Lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.Kata Kunci: Buku saku, Problem Base Learning, Quick Respone-Code
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MEDIA SOSIAL EDMODO TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SISWA KELAS VII SMPN 1 MLATI Verra Dwi Pratiwi; Sabar Nurohman
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) perbedaan kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VII antara siswa dengan pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo dan siswa dengan pembelajaran IPA menggunakan media proyektor LCD, dan (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo terhadap literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VII SMP N 1 Mlati pada materi pokok pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Mlati tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang terambil yakni VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa dan VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran IPA 5M dengan media sosial edmodo, sedangkan pembelajaran kelas kontrol adalah pembelajaran IPA 5M dengan media proyektor LCD. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal pretest dan posttest bermuatan literasi sains aspek kompetensi serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji beda variansi dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VII SMPN 1 Mlati dengan pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo dibandingkan pembelajaran IPA menggunakan media proyektor LCD ditunjukkan dengan hasil analisis uji independent sample t test terhadap nilai posttest siswa yang menghasilkan nilai signifikasi 0,000 {sig. (2-tailed) ½ α} dengan tingkat kepercayaan 95%. Pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo berpengaruh positif terhadap literasi sains aspek kompetensi kelas VII SMPN 1 Mlati dengan kriteria berpengaruh besar ditilik dari perhitungan Cohen ‘d (effect size) yang menghasilkan nilai pengaruh sebesar 1,52.Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Media Sosial Edmodo, Literasi Sains Aspek Kompetensi
PENGARUH PENGGUNAAN SSP IPA BERBASIS SURROGATE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA ERUPSI GUNUNG BERAPI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VII SMP N 2 CANGKRINGAN Tyas, Rizki Arumning; Widodo, Eko
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap penguasaan konsep IPA dan kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana erupsi gunung berapi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest – posttest nonequivalent control group design. Sampel berjumlah 61 orang berasal dari SMP N 2 Cangkringan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Silabus, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (3) Lembar Kegiatan Peserta Didik. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar Observasi Kesiapsiagaan, (2) Angket Kesiapsiagaan, dan (3) Soal pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap penguasaan konsep IPA siswa, tetapi, tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana erupsi gunung berapi.Kata Kunci: subject specific pedagogy, surrogate experiential learning, kesiapsiagaan, penguasaan konsep.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIPA ORGANA AUDIO STYROFOAM PADA MATERI “GETARAN DAN GELOMBANG” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII Rosyid, Syarifudin; Wilujeng, Insih; Nurohman, Sabar
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan media pembelajaran pipa organa audio styrofoam yang layak ditinjau dari aspek fisik dan kegunaan (2) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media yang telah dikembangkan (3) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada siswa selama menggunakan media yang telah dikembangkan.Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan Research and Development (RD) model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini dirancang sampai pada tahap Disseminate terbatas. Penelitian ini melibatkan 2 Dosen Ahli sebagai validator dan 1 Guru IPA , serta 32 siswa kelas VIII E SMP N 1 Seyegan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi LKS, soal pretest-postest, lembar observasi keaktifan siswa, dan lembar validasi media dan materi. Teknik analisa data yang menggunakan anilisa deskriptif hasil validasi, persen capaian peningkatan aktivitas belajar siswa dan gain score.Media Pembelajaran Pipa Organa Audio Styrofoam pada materi “getaran dan gelombang” hasil pengembangan mempunyai kualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai A berdasarkan hasil Validasi. Media Pembelajaran Pipa Organa Audio Styrofoam dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan capaian sebesar 87,18%. Media Pembelajaran Pipa Organa Audio Styrofoam juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dibuktikan dengan perolehan gain score sebesar 0,730 dengan kategori tinggiKata Kunci : media tiga dimensi, getaran dan gelombang, pemahaman konsep, aktivitas belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MODEL TIGA DIMENSI (3D) UNTUK SISWA DIFABEL NETRA PADA MATERI PERBEDAAN SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN Rachman, Novita Amalinda; Paidi, Paidi; Widowati, Asri
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk; 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA model tiga dimensi (3D) untuk siswa difabel netra pada materi perbedaan sel hewan dan tumbuhan menurut para ahli dan guru IPA, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA model tiga dimensi (3D) menurut peer reviewer dan 3) mengetahui kelayakan mengenai media pembelajaran IPA model tiga dimensi untuk materi sel hewan dan tumbuhan berdasarkan respon siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) yang memodifikasi prosedur pengembangan model 4D Thiagarajan dengan menghilangkan langkah Disseminate (penyebaran). Produk penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran model 3D dengan materi sel hewan dan sel tumbuhan untuk siswa difabel netra. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPA, 5 peer reviewer menyatakan bahwa produk ini cukup layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan persentase keidealan produk secara berturut-turut 58,3 % (Cukup Baik); 71, 25% (Baik); 86,71% (Sangat Baik), 90% (Sangat Baik); 89,09% (Sangat baik) sedangkan berdasarkan tanggapan 8 siswa difabel netra di MTs/LB A Yaketunis Yogyakarta, produk ini memiliki kualitas yang Sangat Baik dengan persentase keidealan 89,09%.Kata kunci: media tiga dimensi, sel hewan dan sel tumbuhan, difabel netra

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025) Vol 9, No 1 (2025): Jurnal TPACK IPA (January,2025) Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024) Vol 8, No 1 (2024): Jurnal TPACK IPA (January, 2024) Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018) Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018) Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018) Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018) Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (August, 2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018) Vol 6, No 8 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2017) Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (September, 2017) Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2017) Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2017) Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2017) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2017) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2017) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (January, 2017) Vol 5, No 9 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (December, 2016) Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2016) Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016) Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (November, 2016) Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016) Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2016) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2016) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016) More Issue