cover
Contact Name
Ismail Fikri Natadiwijaya
Contact Email
tpack.ipa@uny.ac.id
Phone
+6285717351210
Journal Mail Official
tpack.ipa@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Technological Pedagogical Content Knowledge
ISSN : -     EISSN : 30327164     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science subjects.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)" : 7 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN LKPD IPA BERBASIS SIKLUS BELAJAR LAWSON TERHADAP SIKAP INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK Maharani, Asri; Prasetyo, Zuhdan Kun
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis siklus belajar Lawson terhadap sikap ingin tahu dan hasil belajar kognitif peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Sewon tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian diperoleh metode cluster random sampling. Kelas VIII F merupakan kelas eksperimen, melaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis siklus belajar Lawson sedangkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol menggunakan LKS Sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap ingin tahu peserta didik yaitu angket dan lembar observasi untuk mengamati sikap ingin tahu. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent t-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif awal peserta didik, paired t-test untuk mengetahui pengaruh LKPD terhadap kemampuan kognitif sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan uji manova untuk mengetahui pengaruh LKPD terhadap sikap ingin tahu dan hasil belajar kognitif peserta didik serta uji effect size untuk mengetahui besarnya pengaruh.Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan LKPD IPA berbasis siklus belajar Lawson terhadap sikap ingin tahu dan hasil belajar kognitif peserta didik.Kata kunci: Kognitif, LKPD, Siklus Belajar Lawson, Sikap Ingin Tahu
PENGARUH INQUIRY TRAINING MODEL PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK Mantayani, Aprilia; Susilowati, Susilowati
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inquiry training model terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMP N 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Srandakan tahun 2017/2018, yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran inquiry training model dan VII D sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran scientific apporach (5M). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) soal pretest dan posttest, (2) lembar observasi keterampilan proses sains, dan (3) lembar keterlaksanaan pembelajaran inquiry training model dan scientific approach. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test, dan perhitungan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan inquiry training model terhadap keterampilan proses peserta didik kelas VII SMP N 1 Srandakan dengan besar signifikansi sebesar 0,000 dan besar pengaruh effect size sebesar 1,67 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa inquiry training model pada pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik.Kata kunci: Inquiry training model, keterampilan proses sains
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PEDAGOGY FOR SUSTAINABILITY TERHADAP ENVIRONMENTAL LITERACY DOMAIN KNOWLEDGE DAN DISPOSITIONS PESERTA DIDIK SMP Utami, Novita Dwi; Susilowati, Susilowati
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model problrm based learning berorientasi pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain knoweledge peserta didik SMP; (2) pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning berorientasi pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain dispositions peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Muntilan tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelompok kelas dipilih secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model problem based learning berorientasipedagogy for sustainability dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Data environmental literacy domain knowledge diperoleh dari soal pretest dan posttest, sedangkan data environmental literacy domain dispositions diperoleh dari angket dan lembar observasi. Uji prasyarat hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sampel T-Test. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai sig 2-tailed pada bagian Independent Sampel T-Test dan besarnya pengaruh dihitung dengan Cohen’s Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning berorientasi pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap environmental literacy domain knowledge dengan nilai d = 1,1 termasuk dalam kategori tinggi; dan (2) pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning berorientasi pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap environmental literacy domain dispositions dengan nilai d = 1,6 termasuk dalam kategori tinggi.Kata kunci: model problem based learning, pedagogy for sustainability, environmental literacy
PENGARUH MODUL BERBASIS AUTHENTIC INQUIRY LEARNING BERMUATAN NATURE OF SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP Aisyah Nurul Janah; Eko Widodo
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science,terhadap literasi sains peserta didik SMP. Penelitian merupakan penelitian quasy experiment dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Data diperoleh dari pretest-posttest dan lembar observasi literasi sains aspek konteks. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science berpengaruh terhadap literasi sains aspek konteks peserta didik dengan hasil uji-indepen dengan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,002. Besarnya perbedaan pengaruh literasi sains ditunjukkan dengan nilai effect size sebesar 1,44 yang masuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis lembar observasi literasi sains peserta didik pada aspek menjelaskan fenomena ilmiah masuk kategori cukup, aspek mengevaluasi penyelidikan ilmiah kategori cukup, aspek merancang penyelidikan ilmiah dengan kategori kurang, dan untuk aspek menginterpretasikan data dan bukti ilmiah kategori cukup.Kata kunci: modul, authentic inquiry learning, nature of science, science literacy
PENGARUH PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ISSUES TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Endri Sutiyatmini; Allesius Maryanto
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh pembelajaran STEM berbasis issues terhadap sikap rasa ingin tahu peserta didik SMP pada mata pelajaran IPA, (2) adanya pengaruh pembelajaran STEM berbasis issues terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada mata pelajaran IPA, dan (3) adanya pengaruh pembelajaran STEM berbasis issues terhadap sikap rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada mata pelajaran IPA Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain “Posttest Only Nonequivalent Control Group Design”. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemilihan secara acak (cluster randomsampling) sehingga diperoleh peserta didik kelas VIII G SMP 2 pleret sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran STEM berbasis issues dan peserta didik kelas VIII D SMP 2 Pleret sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan guru yaitu pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran STEM Berbasis Issues terhadap sikap rasa ingin tahu peserta didik dengan effect size pada kategori moderate effect; (2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran STEM Berbasis Issues terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan effect size pada kategori kategori strong effect, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran STEM Berbasis Issues terhadap sikap rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kritis peserta didikKata kunci : STEM berbasis issues, sikap rasa ingin tahu, keterampilan berpikir kritis
PENGARUH PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS SISWA Nur Salim, Thifli Habibi; Prasetyo, Zuhdan Kun
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan socio-scientific issues (SSI) berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experimental dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Depok yang terdiri dari empat kelas (VII A, VII B, VII C, dan VII D) tahun pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni (1) soal pretest dan posttest literasi sains siswa (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis secara parametrik dianalisis melalui independent sample T-test. Besar pengaruh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji Cohen’s d effect size. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada independent sample T-test diperoleh sebesar 0,000 {sig. (2-tailed) ½ α}. Besar pengaruh diukur dengan perhitungan Cohen’s d effect size sebesar 1,19 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan SSI berbasis STEM berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains siswa SMP.Kata kunci: socio-scientific issue, STEM, Literasi Sains
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM-PBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF Cahyaningsih, Febriana; Roektiningroem, Ekosari
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan non equivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji MANOVA serta effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan effect size kategori sedang, pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan effect size kategori sedang dan pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik.Kata kunci: hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis, STEM-PBL.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025) Vol 9, No 1 (2025): Jurnal TPACK IPA (January,2025) Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024) Vol 8, No 1 (2024): Jurnal TPACK IPA (January, 2024) Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018) Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018) Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018) Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018) Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (August, 2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018) Vol 6, No 8 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2017) Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (September, 2017) Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2017) Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2017) Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2017) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2017) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2017) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (January, 2017) Vol 5, No 9 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (December, 2016) Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2016) Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016) Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (November, 2016) Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016) Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2016) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2016) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016) More Issue