cover
Contact Name
Ismail Fikri Natadiwijaya
Contact Email
tpack.ipa@uny.ac.id
Phone
+6285717351210
Journal Mail Official
tpack.ipa@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Technological Pedagogical Content Knowledge
ISSN : -     EISSN : 30327164     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science subjects.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)" : 7 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOOPERATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TURI MATERI TATA SURYA Muhammad Zainuddin; Insih Wilujeng
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi pada materi tata surya dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap keterampilan kooperatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi pada materi tata surya mengetahui hubungan korelasi antara hasil belajar kognitif dan keterampilan kooperatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi pada materi tata surya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain pre-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian berupa seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi 2017/2018. Waktu penelitian bulan April s/d Mei 2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran model cooperative learning tipe scramble dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest-posttest hasil belajar kognitif, lembar observasi keterampilan kooperatif, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data dalam penelitian ini berupa data nilai pretest-posttest hasil belajar kognitif, data keterampilan kooperatif dan data keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji independent sample T test dan uji korelasi Rank Spearman Besar pengaruh dala penelitian ini dianalisis dengan uji Cohen’s effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA model cooperative learning tipe scramble memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan effect size sedang, pembelajaran IPA model cooperative learning tipe scramble memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan kooperatif peserta didik dengan effect size sedang. Hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara hasil belajar kognitif dan keterampilan kooperatif sebesar 0,300 dengan hubungan rendah tapi pasti.Kata kunci : hasil belajar kognitif, keterampilan kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe scramble
PENGARUH STRATEGI SERVICE LEARNING BERMODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILLS DAN SIKAP INGIN TAHU SISWA Palupi Asti Utami; Ekosari Roektiningroem
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya: (1) pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap problem solving skills siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon dan (2) pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap sikap ingin tahu siswa SMP kelas VII SMP Negeri 3 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Sewon. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) soal pretest posttest, (2) lembar observasi sikap ingin tahu siswa (3) lembar observasi problem solving skills. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t test dilanjutkan dengan perhitungan effect size Cohen dan effect size Jahjouh. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap problem solving skills siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon dengan kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap sikap ingin tahu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon dengan kriteria berefek besar.Kata kunci: problem based learning, problem solving skills, service learning, sikap ingin tahu
PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERCORAK SOSIAL MEDIA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA Yulianto, Yoga Hadi; Nurohman, Sabar
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem pembelajaran online dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 4 Yogyakarta pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ialah siswa kelas VII SMP N 4 Yogyakarta sebanyak 135 orang. Sampel kelas ditentukan dengan teknik cluster random sampling dengan hasil kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen dilakukan dengan penerapan pembelajaran online menggunakan media pembelajaran Edmodo, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan media LCD serta Papan tulis di ruang kelas. Instrumen yang digunakan adalah (1) angket motivasi belajar siswa, (2) lembar observasi motivasi, dan (3) soal kognitif. Teknik analisis data untuk uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas; uji N-Gain score untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah pemberian perlakuan; uji hipotesis menggunakan independent sample t test dan paired t test, serta perhitungan pengaruh perlakuan menggunakan Cohen’s d effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penerapan sistem pembelajaran online dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi. (2) ada pengaruh signifikan penerapan sistem pembelajaran online dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa dengan kategori tinggi.Kata kunci: Edmodo, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Sistem Pembelajaran Online
KEEFEKTIFAN LKPD IPA BERBASIS POTENSI KEBUMEN DALAM PENCAPAIAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PEMAHAMAN KONSEP Utami, Suci; Wilujeng, Insih
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan LKPD IPA berbasis potensil lokal Kebumen dalam pencapaian (1) sikap peduli lingkungan dan (2) pemahaman konsep IPA siswa SMP. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan LKPD IPA berbasis potensi lokal Kebumen dalam pembelajaran IPA. Kelas VII D sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan menggunakan LKPD IPA tanpa berbasiskan potensi lokal Kebumen dalam pembelajaran IPA. Teknik analisis data yaitu uji independent sample t-test dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD IPA berbasis potensi lokal Kebumen tidak efektif dalam pencapaian sikap peduli lingkungan siswa SMP dan (2) LKPD IPA berbasis potensi lokal Kebumen cukup efektif dalam pencapaian pemahaman konsep siswa SMP.Kata Kunci : LKPD IPA berbasis potensi lokal Kebumen, sikap peduli lingkungan, pemahaman konsep
PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DIPADU DENGAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP Laely, Aisyatun Nur; Nurohman, Sabar; Hastuti, Purwanti Widhy
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan proses sains pada kelas dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dipadu dengan eksperimen dengan kelas dengan model pembelajaran ceramah dipadu eksperimen (2) mengetahui perbedaan kemampuan kognitif pada kelas dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dipadu dengan eksperimen dengan kelas dengan model pembelajaran ceramah dipadu eksperimen.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelititan adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jatibarang pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA dan VIIC. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelompok yang diberikan perlakuan dengan model cooperative learning tipe STAD dipadu dengan eksperimen adalah kelas VII A dan kelompok sampel yang diberikan perlakuan model pembelajaran ceramah dipadu eksperimen adalah kelas VII C. Instrumen pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja peserta didik. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes tertulis. Uji validitas soal menggunakan ITEMAN. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent sample t-test, dengan bantuan SPSS 16.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kelas yang diberi perlakuan cooperative learning tipe STAD dipadu dengan eksperimen dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah dipadu eksperimen ditinjau dari keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent t-test dengan nilai Sig 0,0000,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima jadi terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eskperimen setelah diberi perlakuan.Kata Kunci : Cooperative Learning, STAD, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses SainsAbstrack
ANALISIS KESESUAIAN BUKU SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP KURIKULUM 2013 KELAS VII DITINJAU DARI STANDAR PROSES DAN PENILAIAN AUTENTIK Palupi, Annisa Fatma; Rosana, Dadan
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku siswa IPA SMP kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2016 dengan (1) standar proses dan (2) penilaian autentik, mengetahui persentase kemunculan masing-masing aspek (3) standar proses dan (4) penilaian autentik pada buku siswa IPA SMP kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Penelitian dilakukan menggunakan teknik content analysis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-April 2018. Subjek penelitian ini adalah buku IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII penerbit Erlangga (Buku 1) dan buku IPA Terpadu SMP Kelas VII penerbit Yudhistira (Buku 2). Instrumen penelitian berbentuk lembar observasi dilengkapi dengan kisi-kisi kesesuaian buku siswa ditinjau dari standar proses dan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku 1 dan buku 2 sesuai dengan aspek standar proses, persentase kemunculan indikator buku 1 sebesar 88,89% (sangat baik) dan buku 2 sebesar 100,00% (sangat baik); (2) buku 1 dan buku 2 sesuai dengan penilaian autentik, persentase kemunculan indikator buku 1 sebesar 58,82% (cukup baik) dan buku 2 sebesar 70, 59% (baik); (3) Persentase kemunculan masing-masing aspek standar proses dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 1, yaitu kegiatan mengasosiasi 39,6%; mengamati 30,4%; mengumpulkan data 26,4%; mengkomunikasikan 3,6%; dan menanya 0,00%. Urutan persentase kemunculan masing-masing aspek standar proses dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 2, yaitu kegiatan mengasosiasi 28,2%; mengamati 27,1%; mengumpulkan data 26,8; mengkomunikasikan 15,9%; dan menanya 2,0%; (4) Persentase kemunculan masing-masing aspek penilaian autentik dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 1, yaitu penilaian kompetensi sikap sebesar 40,5%; penilaian kompetensi keterampilan 39,3%; dan penilaian kompetensi pengetahuan sebesar 20,2%. Urutan persentase kemunculan masing-masing aspek penilaian autentik dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 2, yaitu penilaian kompetensi pengetahuan sebesar 60,5%; penilaian kompetensi keterampilan 38,2%; dan penilaian kompetensi sikap sebesar 1,3%.Kata kunci: analisis buku, kurikulum 2013, standar proses, penilaian autentik
PENGARUH PENGGUNAAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA Zara, Wa Ode; Maryanto, Allesius
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi; (2) apakah terdapat pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap pemahaman konsep dengan tema kesiapsiagaan bencana gempa bumi peserta didik; dan (3) pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini, kelas eksperimen menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran interaktif dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran 5M kurikulum 2013. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi peserta didik SMP N 4 Wates semester genap tahun pelajaran 2017/2018, sampel sebanyak 50 peserta didik yang berasal dari 25 peserta didik kelas VII C dan 25 peserta didik kelas VII D. Intrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan soal posttest, lembar obserrvasi keterlaksanaan pembelajaran, angket kesiapsiagaan bencana gempa bumi, dan lembar observasi tes simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Independent Sample T-Test, Effect Size dan Multivariat Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap peningkatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi peserta didik dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 0,025 dan nilai effect size untuk angket kesiapsiagaan bencana gempa bumi sebesar 1,002, serta uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,025 dan nilai effect size untuk tes simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi sebesar 3,83; (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,012 0,025 dan nilai effect size sebesar 0,96; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap peningkatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan pemahaman konsep peserta didik dengan uji MANOVA diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,05.Kata kunci: kesiapsiagaan bencana, pemahaman konsep, SSP IPA, model pembelajaran interaktif

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025) Vol 9, No 1 (2025): Jurnal TPACK IPA (January,2025) Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024) Vol 8, No 1 (2024): Jurnal TPACK IPA (January, 2024) Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018) Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018) Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018) Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018) Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (August, 2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018) Vol 6, No 8 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2017) Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (September, 2017) Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2017) Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2017) Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2017) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2017) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2017) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (January, 2017) Vol 5, No 9 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (December, 2016) Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2016) Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016) Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (November, 2016) Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016) Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2016) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2016) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016) More Issue