cover
Contact Name
Juliana Fisaini
Contact Email
j.fisaini@usk.ac.id
Phone
+6281377412304
Journal Mail Official
jimts@usk.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala Jalan Tgk. Syech Abdurrauf No. 7 Darussalam, Banda Aceh 23111
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Journal of The Civil Engineering Student
ISSN : -     EISSN : 26850605     DOI : https://doi.org/10.24815/journalces.v5i4.25270
Core Subject : Engineering,
Journal of The Civil Engineering Student (JOCES) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala. Jurnal ini memuat artikel dari hasil tugas akhir mahasiswa/i di Jurusan Teknik Sipil untuk dipublikasikan, baik dari Universitas Syiah Kuala maupun institusi lainnya. Journal of The Civil Engineering Student (JOCES) mempublikasikan makalah ilmiah mahasiswa dan dosen pada Bidang Ilmu Teknik Sipil yang meliputi: Rekayasa Struktur, Hidroteknik, Rekayasa Transportasi dan Material Jalan Raya, Geoteknik, dan Manajemen Rekayasa Konstruksi serta Kebencanaan.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025" : 15 Documents clear
PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK JENIS POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET) TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) SERTA PENGGUNAAN FILLER ABU TEMPURUNG KELAPA DENGAN CARA KERING Alfiansyah, Reza; Isya, Muhammad; Suryani, Fitrika Mita
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.3829

Abstract

Perkerasan beton aspal yang baik sangat dipengaruhi oleh sifat fisis material yang digunakan yaitu berupa agregat, aspal serta bahan pengisi (filler). Banyak usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas campuran, salah satunya dengan menggunakan limbah plastik pada campuran beraspal. Salah satu cara untuk memanfaatkannya dengan menggunakan sebagai bahan tambahan pada campuran beraspal. Pada penelitian ini bahan polimer yang digunakan dari jenis plastik Polyethylene Terephthalate (PET) serta penggunaan abu arang tempurung kelapa sebagai filler pada campuran AC-WC. Abu batu, semen dan fly ash susah didapatkan dan harganya relatif mahal. Abu arang tempurung kelapa memiliki unsur-unsur pada aspal yaitu Carbon non Polar sebesar 91% diharapkan dapat menjadi salah satu alternatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi plastik PET dengan cara kering serta penggunaan filler kombinasi abu arang tempurung kelapa dan semen portland terhadap karakteristik Marshall campuran AC-WC. Tahapan awal penelitian ini adalah mencari kadar aspal optimum (KAO). Setelah KAO didapat kemudian dilakukan pembuatan benda uji tanpa substitusi plastik dan dengan substitusi variasi persentase limbah plastik PET 1%, 3%, 5% terhadap berat aspal yang disubstitusikan ke dalam agregat. Hasil penelitian menunjukkan substitusi plastik PET pada campuran aspal, nilai stabilitas campuran meningkat dibandingkan dengan tanpa substitusi plastik. Nilai stabilitas tanpa substitusi plastik sebesar 1270,24 kg sedangkan nilai stabilitas dari persentase substitusi terbaik jenis PET 1% pada kadar aspal 4,70% yaitu sebesar 1786,13 kg. Untuk nilai durabilitas campuran AC-WC dengan dan tanpa substitusi plastik PET tidak memenuhi persyaratan yaitu 90%.
Analisis Kinerja Campuran Laston Lapis Aus (AC-WC) Dengan Penggunaan Polypropylene (PP) dan Abu Tempurung Kelapa Nasution, Wenny Rahmadhani; Isya, Muhammad; Suryani, Fitrika Mita
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4114

Abstract

Perkerasan jalan yang umum digunakan di Indonesia adalah lapis aspal beton. Mutu campuran beraspal pada perkerasan dapat ditingkatkan, salah satu caranya dengan menambahkan bahan tambah. Pada penelitian ini bahan tambah yang digunakan adalah plastik Polypropylene (PP) yang berfungsi untuk meningkatkan daya ikat aspal beton. Selain itu, bahan pengisi (filler) juga mempengaruhi campuran beraspal. Pada penelitian ini filler yang digunakan adalah filler abu tempurung kelapa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh subsitusi plastik Polypropylene (PP) serta penggunaan filler gabungan abu tempurung kelapa dan Portland cement terhadap karakteristik Marshall yaitu stabilitas dan durabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase subsitusi Polypropylene (PP) yang efektif sebesar 2% pada kadar aspal 4,70% dengan nilai stabilitas yang didapat sebesar 1665,55 kg. Hasil penelitian menunjukkan nilai stabilitas dengan subsitusi PP cenderung mengalami peningkatan seiring bertambahnya kadar plastik di dalam aspal.
Penggunaan Filler Abu Serabut Kelapa dan Kombinasi Limbah Plastik Pada Aspal Pen. 60/70 Terhadap Stabilitas dan Durabilitas Campuran Beton Aspal Tahtayusmar, Nadia Rayhana; Saleh, Sofyan M.; Suryani, Fitrika Mita
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4125

Abstract

Salah satu alternatif membangun konstruksi jalan yang lebih ekonomis adalah dengan melakukan pemodifikasian pada campuran beton aspal dengan mengganti filler menggunakan abu serabut kelapa. Selain itu, penggunaan limbah kombinasi plastik akan dicampurkan pada campuran agregatnya (cara kering) dimana jenis plastik yang digunakan adalah kombinasi dari jenis Polyethylene Terephthate (PET), Polypropylene (PP) dan Polystyrene (PS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil karakteristik campuran beton aspal menggunakan filler abu serabut kelapa pada laston lapis aus (AC-WC) kombinasi plastik pada aspal penetrasi 60/70 dengan cara kering. Penelitian ini diawali dengan mencari kadar aspal optimum (KAO). Kemudian dilakukan pembuatan benda uji dengan kombinasi limbah plastik sebesar 2,7%; 4,7% dan 6,7% terhadap berat aspal pada KAO dan KAO. Hasil pengujian stabilitas tertinggi memenuhi spesifikasi yaitu 1000 kg sebesar 2025,30 kg, namun pada nilai durabilitasnya adalah sebesar 33,27% sangat jauh dari nilai spesifikasi yaitu 90%.
Studi Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Bus Trans Koetaradja Trayek Keudah Darussalam Kota Banda Aceh Fanesha N, Munna; Saleh, Sofyan M.; Sugiarto, Sugiarto
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4136

Abstract

Keudah - Darussalam is one of the routes of public transportation served within city of Banda Aceh with the main destination of travel is Darussalam as an education center. This study aims to analyze the Trans Koetaradja bus' level of service as a public transportation on corridor I of Keudah-Darussalam so that whether it can be classified in good condition, medium, or unfavorable. The data were collected through dynamic surveys and static surveys. The indicator used in this analysis refers to the standard indicator of service issued by the Directorate General of Land Transportation. The result revealed total assessment of each parameter for Keudah - Darussalam corridor is equal to 23.00. This is classified in good criteria based on the standard used which is 18.00 to 24.00.
Tinjauan Kinerja Jalan Satu Arah Untuk Kondisi Normal dan Kondisi Event Tertertu Setiawan, Herry; Angggraini, Renni; Caisarina, Irin
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4155

Abstract

Taman Sari merupakan salah satu ruang terbuka di Kota Banda Aceh yang sering dijadikan sebagai lokasi pameran, festival budaya, maupun pagelaran seni. Kegiatan yang diselenggarakan di Taman Sari menarik antusias masyarakat untuk berkunjung sehingga peningkatan aktivitas menimbulkan hambatan samping terhadap kinerja jalan di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Jalan Tgk. Abdullah Ujung Rimba. Jalan ini merupakan jalan kolektor sekunder dengan tipe jalan dua lajur satu arah (2/1) dan memiliki panjang 503 m. Data dicatat dengan interval 15 menit di lapangan dimulai pukul 15.00 sampai pukul 22.00 WIB. Metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997. Hasil dari pengolahan data diperoleh volume tertinggi pada hari Sabtu tanggal 13 Mei 2017 sebesar 1590 smp/jam, hambatan samping sebesar 910,2 kej/jam, kecepatan arus bebas 43 km/jam, kapasitas jalan sebesar 1218 smp/jam, rasio volume kapasitas 1,31, dan kecepatan aktual sebesar 8 km/jam.
Pengaruh Kerapatan Alur (Rill Density) Pada Lahan Yang Ditanami Cabai Terhadap Estimasi Erosi Khairurrizal, Muhammad Aulia; Rizalihadi, Maimun; Fauzi, Amir
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4019

Abstract

Erosi adalah suatu proses dimana tanah dihancurkan (detached) dan kemudian dipindahkan ke tempat lain oleh kekuatan air, angin, dan gravitasi. Erosi alur terjadi ketika ada aliran air bahkan pada lahan yang memiliki kemiringan sangat kecil. Pada aliran air ini akan timbul gaya laju aliran air sehingga mengikis tanah-tanah yang berada di lapisan bawahnya. Aliran air bersama tanah yang terkikis ini menimbulkan alur-alur yang dangkal pada tanah. Penanaman searah garis kemiringan lahan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya erosi alur pada suatu lereng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kerapatan alur (rill density) dengan variasi kemiringan lahan, intensitas hujan dan sebaran tanaman, sehingga diperoleh gambaran sejauh mana pengaruh alur terhadap erosi. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Hidroteknik, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala menggunakan plot uji dengan dimensi (250 x 100 x 20) cm. Intensitas hujan buatan dibuat dengan menggunakan alat rainfall simulator. Erosi lahan diukur pada setiap perlakuan kemiringan lahan 00, 3o dan 6o, intensitas hujan (468,03; 598,25 dan 701,09) mm/jam, kerapatan alur (0; 1 dan 2) m/m2 dan pada variasi sebaran tanaman 50 % tanaman (acak dan setengah) tanaman cabai (Capsicum annumL.). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran alur dapat meningkatkan erosi lahan.
Dampak Lalu Lintas Pada Kawasan Pembangunan Lintas Bawah (Underpass) Simpang Surabaya, Banda Aceh Utami, Cut Sabrina; Sugiarto, Sugiarto; Saleh, Sofyan M.
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.3914

Abstract

Most urban areas are suffering from unmaintained externalities such as excessive travel time, unnecessary fuel consumption and even serious economic loss due extraordinary growth in automobile traffic (i.e. motorcycle and car), and as consequence of automobile ownership and usage have continued rapid growth into recent days including in Banda Aceh, a capital of Aceh Province. An increasing of automobile usage led to induce traffic congestion in the city centers including in Surabaya Intersection. To counter the negative effects of the congestion, the Government of Aceh decided to build an Underpass road segment. However, during the construction, traffic congestion and loading randomly distributed in surrounding corridors nearby construction site. Therefore, this research aim to analyzed the impact of Underpass. The study was conducted at Jalan Teuku Daud Beureueh, Jalan Teuku Nyak Arief and Jalan T Hasan Dek. The findings from the analysised reveal that the traffic loading has been increased accounting up to 31%, 31% and 55% for Jalan Tgk. Daud Beureueh, Jalan T. Nyak Arief and Jalan T. Hasan Dek, respectively. Furthermore, the result of level of service (LOS) analysed shows that dropped in LOS from B to C during construction period for Jalan Tgk. Daud Beureueh, Jalan Teuku Nyak Arief and Jalan Teuku Hasan Dek.
Karakteristik Pemilihan Jarak Penyebab Bangkitan Perjalanan Mahasiswa Pengguna Sepeda Motor (Studi Kasus Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala) Nanda, Gebrina Rizki; Angggraini, Renni; Sugiarto, Sugiarto
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4057

Abstract

The need for movement of activities in Banda Aceh City can lead to a revival of movement. Motorcycles are the most widely used modes of society, especially students to fulfill their activities. The rise of high movement will interfere with the existing transportation infrastructure system. Therefore, it is necessary to analyze the characteristics of the rise of motorcycle users which is reviewed based on one of the movement characters that is the distance of travel. The purpose is to see the factors that influence the rise both based on home based and non home based and also to know the magnitude of the probability that occurs due to distance. This research is focused on Civil Engineering students of Unsyiah who have an active force status. The samples taken amounted to 220 out of 488 population. The method used is Discrete Choice Model with approach model Multinomial Logit, so there are 3 alternative choice that is distance 3 km, 3-6 km and 6 km. The model parameters were estimated with SPSS 2.1 software which resulted in the utility equation and then the influential variables and probabilities will be obtained.
Kajian Risiko Eksternal Pada Perusahaan Kontraktor Kecil dan Menengah di Kota Banda Aceh Hidayatullah, Syarif; Mubarak, Mubarak; Husin, Saiful; Nurisra, Nurisra
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.4011

Abstract

Perusahaan penyedia jasa konstruksi semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Perusahaan-perusahaan tersebut tidak luput dari risiko yang dihadapi. Variabel risiko pada penelitian ini adalah hasil variabel risiko eksternal dari penelitian sebelumnya yang nilai frequency index 0,5. Kota Banda Aceh pernah mengalami tiga masa, diantaranya masa konflik militer, rehabilitasi dan rekonstruksi, dan pasca rehabilitasi dan rekonstruksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variabel risiko yang dominan terjadi dalam proyek konstruksi di Kota Banda Aceh serta melihat pengaruh variabel dan periode terhadap peluang terjadinya risiko. Hasil perhitungan frequency index adalah variabel terjadinya huruhara/kerusuhan dari aspek sosial politik dan peperangan dari aspek bencana (force majeur) pada periode konflik termasuk kriteria sangat tinggi, sedangkan variabel keadaan cuaca tidak menentu dari aspek bencana (force majeur) termasuk kriteria tinggi pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi dan pasca rehabilitasi dan rekonstruksi. Hasil uji Anova menyatakan adanya pengaruh variabel dan tiga periode yang ditinjau terhadap peluang kemungkinan terjadinya risiko.
Kajian Besaran Erosi dengan Pengaruh Panjang Alur Terhadap Estimasi Erosi dengan Metode USLE Santoso, Arief Adkha; Rizalihadi, Maimun; Fauzi, Amir
Journal of The Civil Engineering Student Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/journalces.v7i1.3095

Abstract

Erosion may cause loss of topsoil (top soil) and nutrient elements which are very important for growing plants on agricultural land. So far, the estimation of soil erosion can be done using USLE method. This method is limited only for the estimation of the soil erosion in the form of sheet erosion. In fact, not all soil is in the form of complete sheets, but it also in the form of rill. This study aims to look at the effect rill density with varian slope and rainfall intensity against soil erosion with no vegetation, so that the extent of the rill effect to erosion can be pictured. Erosion measurements performed on the variation of slope 00, 30dan 60, variation rain pressure (10, 30 and 50) Kpa and variation of density plot (0, 1, 2 and 3) m / m2. The results indicate that soil erosion is increasing about 1.05-2.13 times higher than erotion on a field without rill.

Page 1 of 2 | Total Record : 15