cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak" : 7 Documents clear
Analisis kecerdasan interpersonal anak usia dini di tk istiqlal bandar lampung Rani Nibras Idham; Ulwan Syafrudin; Rizky Drupadi
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.59786

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Istiqlal Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian berjumlah 31 anak. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan oleh peneliti menggunakan 3 dimensi kecerdasan interpersonal anak dan 20 item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sensitivitas sosial anak kelompok A kategori Sangat Baik (40%) dan anak kelompok B kategori Cukup Baik (40%). Wawasan sosial anak kelompok A kategori Kurang (40%) dan anak kelompok B kategori Sangat Baik (40%). Komunikasi sosial anak kelompok A kategori Cukup Baik (40%) dan anak kelompok B kategori Baik (60%). Tindak lanjut perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak yang masih berada pada kategori Cukup Baik dan Kurang.Guru perlu mengupayakan berbagai kegiatan untuk lebih menstimulasi agar perkembangan kecerdasan interpersonal anak semakin optimal. Untuk mewujudkan harapan tersebut, guru perlu bersinergi dengan orang tua agar pembiasaan juga dilakukan selama anak berada di rumah.
Pengaruh permainan tradisional dayakan dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini Rosi Tunas Karomah; Raden Rachmy Diana
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.59847

Abstract

Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini perlu mendapat stimulasi yang tepat agar dapat berkembang secara optimal. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu melalui permainan tradisional sebagai sarana pengenalan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa berpengaruh permainan tradisional dayakan dapat mengembangkan sosial emosional anak. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan design one group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 15 anak di TK Seloboro 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi instrumen data pretest dan posttest dengan memberikan sebuah treatment permainan dayakan. Analisis data menggunakan analisis Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan permainan tradisional dayakan sangat cocok dan mampu mengembangkan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. Artikel ini berimplikasi untuk mendorong para pengajar menerapkan serta memanfaatkan permainan tradisional lainnya dalam mengembangkan berbagai perkembangan dalam diri anak.
Menggali nilai-nilai permainan tradisional (Cublak-cublak suweng, Kucing-kucingan, Boi-boi an dan Lurah-lurahan) Di Taman Kanak-kanak Al-I’dad An-Nuur Sleman Yogyakarta Nur Cholimah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.62124

Abstract

Permainan tradisional tidak banyak dikenali oleh anak-anak zaman sekarang, terutama bagi anak yang tinggal di perkotaan. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian di TK daerah Sleman yaitu TK Al-I’dad An-Nuur yang salah satu program pendidikannya adalah mengenalkan permainan tradisional seminggu sekali. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional yang dilakukan di pagi hari setiap minggu sekali pada jam 8 sampai 9 di TK Al-I’dad An-Nuur yaitu Cublak-cublak suweng, Kucing-kucingan, Boi-boi an, dan Lurah-lurahan. Permainan tersebut telah dimodifikasi sesuai dengan perkembangan anak. Nilai-nilai yang ada dalam permainan adalah kejujuran, ketangkasan, pantang menyerah, sportivitas, ketelitian, tanggung jawab, serta kerja sama.
Pengarusutamaan moderasi beragama di lembaga pendidikan anak usia dini: Studi pada raudhatul athfal uin sunan kalijaga yogyakarta Muh Nur Islam Nurdin; Muqowim Muqowim
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.56291

Abstract

Pengarusutaman Moderasi beragama merupakan suatu hal yang urgen ditengah masyarakat Indonesia yang plural. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan pengenalan dan penerapan Nilai moderasi beragama di Raudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga. Peneliti memilih RA UIN Sunan Kalijaga dikarenakan lembaga ini menjadikan agama sebagai basis utama. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tenaga pendidik RA UIN Sunan Kalijaga telah memahami tentang moderasi beragama dengan toleransi sebagai indikator utama. Bentuk pengenalan dan penanaman nilai moderasi beragama diantaranya nilai toleransi dalam bentuk tema pembelajaran “Aku ciptan Allah”, nilai kebangsaan dalam bentuk kegiatan upacara sekolah dan perayaan hari besar nasional, nilai anti kekerasan dalam bentuk melibatkan anak dalam pembuatan aturan ketertiban kelas dan nilai kebudayaan lokal dalam bentuk ekstrakurikuler tari dan hari Jum’at berbahasa jawa. Pengenalan dan penanaman dilakukan dengan menggunakan metode bercerita serta metode keteladanan dan pembiasaan, yang didukung dengan media gambar dan media boneka tangan.
Permainan literasi untuk anak-anak Martha Christianti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.61137

Abstract

Salah satu permasalahan literasi di Indonesia adalah minimalnya variasi kegiatan, dan media yang dapat mendukung perkembangan literasi. Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana menciptakan strategi literasi untuk mendukung anak dalam mengembangkan literasi sambil bermain dalam penelitian tindakan untuk anak-anak di TK. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pertumbuhan literasi setiap anak yang mengikuti kegiatan bermain dengan literasi yang dilakukan setiap hari di kelas yang mengeksplorasi kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Metode penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama enam bulan di kelas B. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis konteks dengan metode triangulasi memadukan temuan dari hasil wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan literasi yang diciptakan secara kolaboratif antara peneliti dari universitas dengan guru dapat menumbuhkan literasi anak-anak. Permainan literasi tersebut dilakukan secara berkelompok dan berpasangan. Anak belajar sambil bermain melalui teman sebaya, memupuk motivasi literasi anak, dan merangsang kreativitas guru untuk mengembangkan pembelajaran yang mendukung literasi anak agar bertumbuh secara spesifik pada masing-masing anak secara berbeda.
Pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini Winnuly Winnuly; Puji Yanti Fauziah; Rizki Sevi Triana; Tri Susanti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.57660

Abstract

Literasi baca tulis sebagai literasi dasar yang dibutuhkan anak agar mampu beradaptasi dalam pembelajaran perlu dikuasai oleh anak. Namun, Pengenalan literasi baca masih sebatas dengan menggunakan LKA dan majalah yang kurang menarik. Buku bacaan masih kurang diminati anak, sehingga minat baca anak rendah. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini. Pop-up storybook interaktif merupakan sebuah buku bacaan dengan cerita ilustratif yang dikemas dalam bentuk tiga dimensi serta dapat di mainkan dengan memindahkan bentuk-bentuk gambar yang ada di dalamnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan berdasarkan kerangka ADDIE yang disesuaikan dengan kebutuhan melalui tiga tahap yaitu analysis, design dan development. Pop-up storybook interaktif  melewati uji kelayakan 2 tim ahli yaitu validasi materi dan validasi media, serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh 4 pendidik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up storybook interaktif dapat memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran bercerita dan bermain untuk menumbuhkan budaya literasi anak.
Needs assessment pengembangan media maze game on PC untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak Susanti Etnawati; Muthmainah Muthmainah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i1.56917

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menggali fokus permasalahan dan analisis kebutuhan untuk mengembangkan media maze game on PC untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak. Penelitian ini merupakan bagian dari metode Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE yang difokuskan pada tahap analisis kebutuhan. Subjek penelitian adalah 36 pendidik PAUD yang ada di Kemantren Wirobrajan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada tahap analisis kebutuhan ini adalah menggunakan angket google form terkait dengan pengembangan media. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil needs assessment menghasilkan fokus permasalahan dan skala kebutuhan dari pengembangan media game maze on PC. Hasil needs assessment selanjutnya digunakan untuk membuat media game maze on PC yang kemudian diimplementasikan dengan diuji cobakan kemudian dilakuksan uji efektivitas produk pengembangan, dilakuka uji kepraktisan  produk pengembangan, dan sampai pada evaluasi dari validator, guru dan anak atas hasil uji coba yang dilakukan pada skala besar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7