cover
Contact Name
Bening Melati Ningrum
Contact Email
beningmn@gmail.com
Phone
+6281374835175
Journal Mail Official
ejournal@mandalabhakti.ac.id
Editorial Address
Jalan Singosari Utara III, Nusukan, Banjarsari, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Mabha Jurnal
ISSN : 27468941     EISSN : 27765598     DOI : -
Mabha Journal aims to publish articles in the field of economics, tourism, and hotelier, including but not limited to research results, scientific studies and field cases. It has a purpose to provide a media for academics, researchers, experts and observers to communicate in the framework of scientific development in the field of economics, tourism, and hotelier.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM E-COMMERCE SEBAGAI PENDUKUNG BANGKITNYA DUNIA PERHOTELAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 GUNA MENDUKUNG PENINGKATAN PENJUALAN KAMAR DI THE RICH JOGJA HOTEL Pridaningrum, Frizky; Anandita, Arnes; Ari Indriastuti, Wahyu
Mabha Jurnal Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v4i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai efektivitas penerapan sistem e-commerce pada saat pandemi Covid-19 di The Rich Jogja Hotel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan melakukan pengamatan secara langsung mengenai efektivitas penerapan sistem e-commerce pada masa pandemi Covid-19 guna mendukung peningkatan penjualan kamar di The Rich Jogja Hotel. Dari hasil pembahasan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan sistem e-commerce pada saat Covid-19 mampu untuk membantu peningkatan penjualan kamar di The Rich Jogja Hotel selama masa pandemi Covid-19, yang menyatakan 70% occupancy hotel berasal dari e-commerce.  
Efektivitas Program Magang di Industri Pariwisata Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa dan Alumni Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta Maulidah Khabib, Erfina; Sulistijo, Surjo
Mabha Jurnal Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v4i1.55

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai efektivitas program magang di industri pariwisata berdasarkan tingkat kepuasan mahasiswa selama mengikuti program magang di industri perhotelan dan pariwisata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa dan alumni yang telah dipilih secara purposive sampling.  Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa tentang program magang di industri perhotelan di luar negeri yang menegaskan bahwa berbagai pemangku kepentingan terlibat dalam menciptakan lingkungan kerja magang yang menyenangkan. Yang paling krusial dan esensial adalah kesadaran bahwa mereka harus mematuhi aturan. Bekerja di industri pariwisata sangat dipengaruhi oleh budaya, beberapa mungkin mengalami kejutan budaya dan harus menjalani proses adaptasi baik secara fisik maupun mental. Dalam situasi ini, pemagang mendapat banyak manfaat dari kenyamanan fisik bekerja di hotel bintang lima dan layanan perhotelan lainnya ketika mereka memiliki kesempatan untuk melayani dan berhubungan dengan rekan kerja dan tamu dari budaya dan latar belakang yang berbeda. Tempat dan orang-orang dalam bisnis perhotelan selalu menawarkan getaran positif untuk saling mendukung. Dalam hal ini, kohesi rekan kerja dan dukungan supervisor mempengaruhi peran mereka untuk membuat pengalaman kerja yang menyenangkan bagi peserta magang. Kepuasan mahasiswa dan sebagian besar didapatkan karena mereka memiliki kesempatan untuk memaksimalkan pembelajaran mereka, mengeksplorasi keterampilan baru, dan memanfaatkan pengalaman mereka di industri perhotelan dan pariwisata.
Strategi Promosi Food and Beverage Department dalam Upaya Menarik Tamu Guna Meningkatkan Pendapatan di Hotel Horaios Malioboro Dhian Anggraini, Fera; Zidha Rahmayanti, Siti
Mabha Jurnal Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v4i1.56

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu penyebab dikenalnya suatu negara di mata dunia, begitu juga dengan Indonesia. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang dijadikan berbagai macam destinasi wisata, sehingga membuat Indonesia dikenal di mata dunia. Terdapat beberapa faktor pendukung tercapainya kesuksesan industri pariwisata, diantaranya adalah adanya dukungan dari segi transportasi, akomodasi, jasa boga dan restoran. Selain itu, ketiga faktor tersebut juga harus didukung oleh strategi promosi yang baik untuk mengembangkan industri pariwisata khususnya perhotelan. Hotel dan pariwisata merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hotel memiliki peranan penting untuk menunjang keberhasilan operasional kegiatan pariwisata, karena dengan adanya hotel wisatawan dapat beristirahat dengan nyaman selama melakukan perjalanan wisatanya. Ketatnya persaingan hotel dewasa ini mengharuskan pihak manajemen hotel untuk menerapkan strategi promosi yang tepat agar dapat menaikkan tamu sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Food and Beverage Department dalam upayanya untuk menarik tamu guna meningkatkan pendapatan di Hotel Horaios Malioboro.  Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ketatnya persaingan dunia perhotelan di Yogyakarta menjadi perhatian khusus bagi manajemen Hotel Horaios Malioboro untuk menerapkan strategi promosi melalui Food and Beverage Department. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Hotel Horaios Malioboro melaui Food and Beverage Department telah berhasil menaikkan jumlah tamu. Kenaikan jumlah tamu yang terjadi secara otomatis dapat menaikkan pendapatan hotel. Hal tersebut membuktikan bahwa strategi promosi yang tepat dapat mempengarui kenaikan jumlah tamu dan pendapatan hotel.
Kualitas Pelayanan PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta terhadap Kepuasan Pelanggan Rahmawati, Ema; Dhian Anggraini, Fera; Noviastuti, Nina
Mabha Jurnal Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v4i1.57

Abstract

Biro perjalanan wisata merupakan salah satu jasa wisata yang menyediakan jasa layanan wisata mulai dari penjemputan, pelayanan selama berwisata sampai akhir perjalanan wisata. Dalam memberikan pelayanan yang prima, biro perjalanan wisata dituntut untuk memberikan standar kualitas pelayanan yang dapat menunjang kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling dan purposive sampling yang tergolong dalam non probability. Besarnya sampel yang dianggap mewakili dalam penelitian dapat dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 30 orang dengan ketentuan 20 orang responden dipilih secara purposive. Hasil penelitian dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yang meliputi (1) kehandalan (reliability), (2) daya tanggap (responsiveness), (3) kepastian (assurance), (4) empati (empathy), dan (5) bukti fisik/nyata (tangible) menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta sesuai dengan harapan pelanggan atau dapat dikatakan memperoleh tanggapan baik yaitu sangat puas dan puas. Dapat disimpulkan bahwa rata – rata penilaian kualitas pelayanan sumber daya manusia (karyawan) sudah sangat baik atau rata-rata sudah baik dimana hampir semua pelanggan menyatakan kepuasannya dilayani oleh PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta.
Peranan Banquet Section dalam Mendukung Operasional Food and Beverage Department di Hotel Adhiwangsa Solo Trimo Legowo, Juni; Angga Seta, Ajid
Mabha Jurnal Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v4i1.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai peranan banquet section dalam mendukung operasional food and beverage di Adhiwangsa Hotel & Convention Solo. Dalam penelitian ini peneliti membahas tiga pokok permasalahan yaitu tentang peranan banquet section dalam mendukung operasional food and beverage, upaya banquet section dalam mendukung  operasional food and beverage dan masalah yang dihadapi banquet section dalam  mendukung operasional food and beverage di Adhiwangsa Hotel & Convention Solo serta upaya penyelesaiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara terhadap staf food and beverage diantaranya Food and Beverage Manager dan Food and Beverage Supervisor di Adhiwangsa Hotel & Convention Solo, serta melakukan pengamatan secara langsung mengenai peranan banquet section dalam mendukung operasional food and beverage di Adhiwangsa Hotel & Convention Solo. Berdasarkan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa banquet operation sangat berperan penting dalam mendukung kualitas pelayanan food and beverage di Adhiwangsa Hotel & Convention Solo.
Analisis Korelasi Eta dalam Menentukan Hubungan antara Tempat Wisata dan Jumlah Wisatawan Mancanegara di Kota Surakarta Pratama, Endra
Mabha Jurnal Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v4i1.59

Abstract

Surakarta merupakan kota tradisional Jawa yang telah lama membentuk tata ruang kotanya secara unik dan spesifik. Kota Surakarta dengan keraton sebagai salah satu titik awal tumbuhnya kebudayaan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan bahkan wisatawan mancanegara. Wisatawan mancanegara menjadi objek yang diteliti pada penelitian ini apakah mereka tertarik dengan tempat wisata yang ada di Kota Surakarta. Data penelitian ini bersumber dari BPS dengan variabel tempat wisata dan jumlah wisatawan mancanegara. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan korelasi Eta. Hasil menunjukan bahwa korelasi cukup lemah antara tempat wisata dan jumlah wisatawan mancanegara yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,114.  Hal ini dapat diartikan wisatawan mancanegara kurang tertarik dengan adanya tempat wisata di Kota Surakarta. Oleh karena itu, pemerintah Kota Surakarta harus memiliki inovasi lebih agar tempat wisata di Kota Surakarta lebih menarik perhatian wisatawan mancanegara dan dapat dikenal di kancah internasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 6