cover
Contact Name
Marwanto
Contact Email
mpksalatiga@gmail.com
Phone
+6283838120517
Journal Mail Official
mpksalatiga@gmail.com
Editorial Address
Marwanto 083838120517 Email:mpksalatiga@gmail.com
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (ijmus)
ISSN : -     EISSN : 27460002     DOI : https://doi.org/10.62289/ijmus.v1i2
Core Subject : Religion, Education,
Journal of Indonesian Muhammadiyah Studies (ijmus) is published by the Human Resources Cadre Education Council (MPKSDI) Muhammadiyah Regional Management of Salatiga City, Central Java, Indonesia. The IJMUS Journal was born to provide the widest possible opportunity for researchers and scientific writers to publish the results of their research. This journal takes the scope of Islam and Muhammadiyah which includes History, Thought, Law, Islamic Civilization, Islamic Education, and Psychology and Spirituality Education in Muhammadiyah Studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
Pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap akhlak remaja Khasanah, Ianatul
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i1.2

Abstract

Pendidikan agama dalam keluarga bagi remaja harus mampu menciptakan remaja-remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta mampu mewujudkan eksistensinya sebagai khalifah Allah SWT di muka bumi, yang berdasarkan ajaran al Quran dan al Sunnah. orang tua harus mempunyai pemahaman agama dan pendidikan agama atau harus mengaplikasikan dan menjalankan pemahaman agama itu sebagai tauladan bagi remaja atau khususnya putra-putrinya. Penelitian ini fokus bagaimana pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap akhlak remaja. Remaja Muhammadiyah di Dusun Wates, Desa Kranggan, Kec. Tersono, Kab. Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Dusun Wates, Desa Kranggan, Kec. Tersono, Kab. Batang. Subjek yang diteliti adalah Remaja Muhammadiyah berjumlah 55 orang atau 50 % dari populasi, separuhnya dari jumlah populasi 110 orang. Teknik sampling penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling. Sementara metode pengumpulan data menggunakanmetode angket, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian yaitu ada pengaruh signifikan pendidikan agama dalam keluarga terhadap akhlak remaja Muhammadiyah di Dusun Wates, Desa Kranggan, Kec. Tersono, Kab. Batang.
Budaya Anti Korupsi dalam Pendidikan ISMUBA ditinjau dari Aspek Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis Ni'mah, Mursyidatun
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i1.3

Abstract

Pada kurikulum Ismuba materi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah, pendidikan anti korupsi sebenarnya telah terintegrasi dengan baik dalam pendidikan Al Islam, walaupun secara secara eksplisit tidak disebutkan bahwa hal tersebut berkaitan dengan pelajaran anti korupsi. Melihat kenyataan tersebut, penting sekiranya untuk melakukan kajian filsafati. Hasil penelitian menemukan, 1) Kandungan nilai-nilai budaya anti korupsi dalam pendidikan Ismuba dapat dilihat dari nilai-nilai, seperti : kejujuran, disiplin, kerja keras, bertanggung jawab, peduli dengan orang lain, dan lain sebagainya, yang terkandung dalam materi pendidikan Al Islam, 2) Cara menemukan nilai-nilai budaya anti korupsi yang terkandung dalam pendidikan Ismuba dapat dirunut pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist, pendidikan Aqidah Akhlak, pendidikan Ibadah, dan pendidikan Tarikh yang diajarkan pada materi pendidikan Al Islam, 3) Implementasi nilai-nilai budaya anti korupsi yang terkandung dalam pendidikan Ismuba secara implisit telah diterapkan dengan baik, dibuktikan dijadikannya nila-nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, bertanggung jawab, peduli dengan orang lain, dan lain sebagainya sebagai salah satu Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada setiap jenjang pendidikan pada materi pendidikan Al Islam.
Toleransi nilai-nilai agama di smk widya praja ungaran tahun ajaran 2020/2021 Dualala, Rio
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i2.5

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk toleransi nilai-nilai agama di SMK Widya Praja Ungaran serta faktor pendorong dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara Kepala Sekolah, Guru Agama , Siswa di SMK Widya Praja Ungaran. Sumber sekunder dapat berupa foto bentuk toleransi di SMK Widya Praja Ungaran. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk Toleransi Nilai-Nilai Agama di SMK Widya Praja Ungaran terdapat dua kegiatan meliputi kegiatan apel pagi dan kegiatan perayaan hari besar. Guru mengingatkan siswa untuk selalu berdoa dan beribadah sesuai dengan keyakinanya masingmasing. Sedangkan untuk kegiatan perayaan hari besar guru selalu memberikan ucapan selamat hari raya kepada siswa yang berbeda agama
Strategi perjuangan literasi berkeadaban; ikatan pelajar muhammadiyah jawa tengah Huda, Muhammad Nurul; Melani, Marina
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i2.6

Abstract

Literasi Berkeadaban adalah upaya mentradisikan ilmu pada suatu tatanan masyarakat (khususnya masyarakat pelajar) yang berorientasi mencerdasan kehidupan secara lahir dan batin. Secara lahir diartikan dengan adanya kultur keilmuan yang tinggi dan merata, adanya wawasan, kompetensi, kapasitas, serta diimbangi dengan kesadaran partisipasi diberbagai bidang kehidupan. Secara batin diartikan dengan memiliki tauhid yang kuat dan dalam interaksi sosial mengedepankan akhlak yang mulia berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Dalam konteks IPM, Literasi Berkeadaban merupakan formulasi pemikiran-pemikiran untuk membangun masyarakat ilmu dengan didasari oleh pondasi keadaban mulia, sebagaimana hakikat ilmu menjadikan manusia beretika dan bermoral serta memiliki spirit untuk membangun sebuah tatanan sosial masyarakat yang lebih maju dan rukun
Efektifitas penerapan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid 19 sd muhammadiyah plus tahun ajaran 2020-2021 Maunah, Riyani; S, Ria Amallia
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 2 No. 1 (2021): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v2i1.7

Abstract

COVID-19 merupakan wabah penyakit yang berasal dari Tiongkok yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. COVID-19 menyebar di Indonesia pada awal Maret 2020. Penyebaran virus ini menyebabkan kerugian untuk banyak negara terutama dalam bidang ekonomi dan pendidikan. COVID-19 juga mengubah model pembelajaran secara drastis. setelah ditetapkannya seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan mode daring. Pembelajaran dilakukan secara PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh). Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan program Pembelajaran Jarak Jauh bagi para Siswa SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Penulisan ini menggunakan penulisan kualitatif dengan rancangan kualitatif deskriptif (studi kasus). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner secara online menggunakan google form. Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Plus dengan 7 program yang sudah dijabarkan efektif untuk dilakukan. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil quisioner yang diberikan kepada responden dari 7 pertanyaan yang diajukan hampir semua rata-rata responden mendukung dan menyetujui. Hal tersebut dapat dilihat dari kuisioner yang telah diisi oleh responden sebanyak 198 orang. Didapatkan hasil bahwa sekitar 80% menyetujui dan hanya 20% responden tidak menyetujui program pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa program PJJ SD Muhammadiyah Plus sudah tepat untuk diterapkan sebagai program-program selama masa pandemi covid 19 ini.
Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di smkn 3 salatiga salatiga tahun pelajaran 2019/2020 Permatasari, Eliza Ayu
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI yang berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati objek, wawancara untuk mencari informasi dari responden, dan dokumentasi untuk bukti penelitian. Sumber data terdiri dari sumber data primer, yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dalam membina sikap toleransi umat beragama siswa di SMK N 3 Salatiga sudah sesuai dengan kurikulum PAI. Strategi guru PAI dalam memberikan keteladanan kepada siswa melalui materi keagamaan. Menggunakan metode-metode pembelajaran yang kreatif sehingga seperti debat dan diskusi. Mengajarkan pembelajaran di luar kelas seperti kegiatan-kegiatan hari besar, ekstrakurikuler, dan organisasi sekolah
Implementasi parenting class dalam menunjang pendidikan akhlak di paud wafdaa kids center kecamatan pringapus kabupaten semarang Faizah, Siti Nilna
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i2.9

Abstract

Implementasi Parenting Class dalam menunjang pendidikan akhlak di PAUD Wafdaa Kids Center yang sudah berjalan dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu ragam kegiatan, partisipasi anak didik dan orang tua, kesadaran moral kolektif guru, kebijakan sekolah berbasis pendidikan akhlak, pelibatan integrative sekolah-masyarakat dan nilai-nilai akhlak yang berkembang. Adapun nilai-nilai akhlak yang dapat diungkap melalui kegiatan parenting class antara lain menjalankan amanah dengan sebaik mungkin, Berperilaku sopan santun terhadap siapapun, Menggunakan waktu yang ada untuk kegiatan yang produktif dan bermanfaat, Berkata jujur walaupun dikeadaan yang menyakitkan hati, dan Bersikap saling mengasihi terhadap sesama makhluk hidup
Penggunaan media plastisin untuk mengenalkan angka arab pada anak di kbit cahaya umat karanganom klaten tahun pelajaran 2019 / 2020 Suranto, Muh.; Ansyori , Rijal
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media plastisin pada anak Kelompok Bermain di KBIT Cahaya Umat Karanaganom Klaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan murid. Penelitian ini terdiri dari dua siklus subjek penelitian ini adalah 17 anak Kelompok Bermain di KBIT Cahaya Umat Karanganom komposisi 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 70% anak mengalami peningkatan dalam mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain angka. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 80- 100%. Setelah adanya tindakan Siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan meningkat menjadi 70%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah guru mempersiapkan media permainan berupa plastisin dan mendemonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok Bermain di KBIT Cahaya Umat Karanganom
Pendidikan sebagai agen penerus kaderisasi muhammadiyah : studi komunikasi bahasa Marwanto, Marwanto
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i1.14

Abstract

Pendidikan Kaderisasi dalam Muhammadiyah menjadi tempat komunikasi kader Amal Usaha Muhammadiyah Salatiga dalam hal ini guru dan karyawan dengan para kader amal usaha dan para kader yang lain. Upaya mencetak kader harus selalu dilakukan demi regenerasi kebutuhan kaderisasi mendatang. Bahasa memberikan tempat bagi para kader untuk senantiasa berkomunikasi dalam rangka membesarkan persyarikatan. Komunikasi yang baik akan membuat persyarikatan berkembang dan memberi kemudahan para kader berkomunikasi. Fokus penelitian ini pada pendidikan kaderisasi Muhammadiyah dengan menggunakan tinjauan deskriptif kualitatif. Subjek berupa guru dan karyawan AUM dilingkungan Muhammadiyah Salatiga. Data diperoleh dari MPK Salatiga. Hasil penelitian ini dijabarkan dalam dua hal yaitu perkaderan utama melalui Baitul Arqam dan fungsional melalui kegiatan pendidikan dan pengajian. Pada intinya perkaderan utama dan fungsionaldalam Muhammadiyah Salatiga merupakan wadah atau tempat belajar guru dan karyawan menjadi kader sejati yang mempunyai militansi dan loyalitas terhadap persyarikatan.
Muhammadiyah dalam Bayang-Bayang Demokrasi: Studi tentang Perdebatan Muktamar Muhammadiyah ke-41 Surakarta Pratama, Adhitya Yoga
Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies
Publisher : Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62289/ijmus.v1i1.15

Abstract

Muktamar Muhammadiyah ke-41 di Surakarta merupakan salah satu muktamar yang paling krusial sepanjang sejarah. Dalam konteks ini, Muhammadiyah sebagai organisasi gerakan Islam harus menerima Pancasila sebagai asas Persyarikatan. Artikel ini menganalisis pandangan Muhammadiyah terhadap Pancasila dan implikasi politik keputusan muktamar Muhammadiyah ke- 41 mempunyai hubungan yang sangat erat dengan perjuangan politik kewargaan. Melalui pendekatan sosiologi interpretasi dan teori kritis yang menempatkan wacana publik diuji dan diperebutkan, sehingga menunjukkan kontestasi politik identitas dikembangkan pemaknaannya di ruang publik. Artikel ini penting menggarisbawahi bahwa selama rezim Orde Baru berkuasa seiring dengan pemberlakuan asas tunggal Pancasila kepada seluruh organisasi kemasyarakatan. Perjuangan politik kewargaan Muhammadiyah juga mengalami krisis identitas yang sangat rentan terhadap konflik elit dan disitegrasi sosial antar anggota di masa depan