cover
Contact Name
Dwi Noviana Komsi
Contact Email
dwinovianakomsi@uin-al-azhaar.ac.id
Phone
+6285267921835
Journal Mail Official
muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id
Editorial Address
Jl. Pelita No. 364 RT. 07 Kel. Pelita Jaya Kec. Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
ISSN : 28278011     EISSN : 27751112     DOI : https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i1
Core Subject : Education, Social,
Muhafadzah, merupakan Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam yang diterbitkan dua kali dalam tahun oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau . Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan artikel ilmiah yang terkait bidang bimbingan konseling, khususnya terkonsentrasi pada lembaga pendidikan Islam, namun tetap memberikan porsi terhadap isu-isu bimbingan konseling di masyarakat. Karya Ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Muhafadzah mencakup aspek bimbingan dan konseling yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan, religius, agama dan sosial yang dapat memberikan pencerahan dan pembaharuan paradigma secara luas bagi masyarakat. Redaksi menerima karya ilmiah yang belum pernah di publikasikan di media cetak manapun baik secara online ataupun offline.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam" : 6 Documents clear
ANALISIS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI RUMAH SAKIT Wulandari, Tri; Fadila, Fadila; Rizal, Syamsul
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i1.639

Abstract

Guidance and counseling in hospitals plays a crucial role in supporting patients, families and healthcare personnel who are battling psychological and spiritual challenges. This service is provided by counselors who are trained in psychology and counseling, with the aim of helping patients manage stress, anxiety, depression and other psychological problems that arise due to health conditions. Even though it is important, counseling services in hospitals still face obstacles such as lack of public awareness, availability of facilities, and inter-professional coordination. This research uses a literature review method to analyze the importance of counseling services in hospitals and the factors that influence their implementation. The research results show that this service provides significant benefits, including improved mental health, life motivation, and improved interpersonal relationships. However, obstacles such as social stigma and crises of faith need to be overcome with special approaches, such as Islamic spiritual counseling for Muslim patients. Bimbingan konseling di rumah sakit memegang peran krusial dalam mendukung pasien, keluarga, dan personil kesehatan menghadapi tantangan psikologis dan spiritual. Layanan ini dilakukan oleh konselor yang terlatih dalam bidang psikologi dan konseling, dengan tujuan membantu pasien mengelola stres, kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya yang muncul akibat kondisi kesehatan. Meskipun penting, layanan bimbingan konseling di rumah sakit masih menghadapi kendala seperti kurangnya kesadaran masyarakat, ketersediaan fasilitas, dan koordinasi antarprofesional. Penelitian ini menggunakan metode literatur review untuk menganalisis pentingnya layanan bimbingan konseling di rumah sakit dan faktor-faktor yang memengaruhi implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan ini memberikan manfaat signifikan, termasuk peningkatan kesehatan mental, motivasi hidup, dan perbaikan hubungan interpersonal. Namun, kendala seperti stigma sosial dan krisis iman perlu ditangani dengan pendekatan khusus, seperti konseling spiritual Islam untuk pasien Muslim.
METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MTs NURUL FATAH REJANG LEBONG Elawati, Susi; Putra, Hasep; Harahap, Emmi Kholilah
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i1.640

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik anak hiperaktif dan menganalisis metode bimbingan dan konseling Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha pada anak hiperaktif di MTs Nurul Fatah Rejang Lebong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru serta anak hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama anak hiperaktif memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kedua, metode bimbingan dan konseling Islam yang digunakan untuk menanamkan kedisiplian shalat dhuha bagi anak hiperaktif terdiri dari empat metode yaitu metode pembiasaan, metode tauladan, metode nasehat (motivasi), dan metode pengawasan ketika shalat dhuha berjamaah berlangsung.
IMPLEMENTASI TALQIN, TAFAHHUM, TIKRAR, MURAJA’AH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN HADIS Rahma, Rahma; Nurhijatina, Haviva; Lessy, Zulkipli
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i1.649

Abstract

This study is to explore the implementation of method of the Talqin, Tafahhum, Tikrar, and Muraja'ah (or 3T+method) for grade V students at MI Mathla'ul Anwar which aims to increase their motivation to memorize hadith. The 3T+1M method is one of methods that is easy, effective, and suitable to be adopted by the grade V students with approximately ages 10 to 11 years, at the middle and late childhood period. This study used a qualitative approach with the method of field research. Data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the steps of memorizing hadith with the 3T +1M method included: (1) the instructor read aloud the hadith and students listened to, (2) the instructor explained the content of the hadith, (3) the students read repeatedly until they memorized it, (4) students then repeated again the memorization with the instructor together. The contributing factors for the success of learners in memorization are psychology, emotions, and intelligence. Artikel ini meneliti tentang implementasi metode Talqin, Tafahhum, Tikrar, dan Muraja’ah (atau 3T+1M) pada murid kelas V MI Mathla’ul Anwar yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi menghafal hadis mereka. Metode 3T+1M merupakan salah satu metode yang mudah, efektif, dan sesuai untuk diadopsi oleh murid-murid kelas V dengan rentan usianya 10-11 tahun, yang dikategorikan sebagai masa kanak-kanak pertengahan dan akhir. Metode yang digunakan adalah metode kualititatif dan penelitian lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah menghafal hadis dengan metode 3T+1M adalah: (1) murid mendengarkan hadis yang dibaca oleh pendidik, (2) pendidik menjelaskan isi kandungan hadis yang dibaca, (3) murid membaca berulang-ulang hingga menghafalnya, (4) murid kemudian mengulang kembali hafalannya bersama pendidik. Faktor-faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam menghafal adalah psikologi, emosi, dan intelegensi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI I RANTAU PANJANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN Ermalinda, Ermalinda; Mabruria, Arni
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i1.671

Abstract

This research discusses how to apply the make a match type cooperative learning model to Islamic religious education learning in class V of SD Negeri I Rantau Panjang and how active the students are in learning. This type of research is qualitative research with research data sources being PAI teachers and students. Data collection methods use observation, interviews and documentation. The results of the research show that PAI teachers in class V of SD Negeri I Rantau Panjang have implemented the make a match type cooperative learning model according to the steps. The application of this learning model has succeeded in increasing student learning activity, as can be seen from the active involvement of students in the learning process Penelitian ini membahas bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SD Negeri I Rantau Panjang dan bagaimana keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data penelitian adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di kelas V SD Negeri I Rantau Panjang sudah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match sesuai dengan langkah-langkahnya. Penerapan model pembelajaran ini berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa, terlihat dari keterlibatan siswa secara aktif dalam prosen pembelajaran
IMPLEMENTASI PENDEKATAN BEHAVIOR UNTUK MEMBANTU MENGATASI PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMA NEGERI 5 KOTA LUBUKLINGGAU Fitriyani, Fitriyani; Seplyana, Desy
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i1.672

Abstract

Bagaimana implementasi dengan pendekatan behavior untuk membantu mengatasi penyalahgunaan NAPZA di SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK, Anggota BNN (Badan Narkotika Nasional) Lubuklinggau dan beberapa Peserta didik. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif (penarik kesimpulan). Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, membandingkan apa yang dikatakan orang didepan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Implementasi pendekatan Behavior untuk membantu mengatasi penyalahgunaan NAPZA di SMA Negeri 5 Lubuklinggau dilakukan melalui proses: a) Pengimplementasian program sekolah dengan menggunakan pendekatan behavior yang bertujuan untuk mengantisipasi para siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan NAPZA b) Dengan menggunakan teknik konseling ekologi yang dimana konseling ekologi merupakan konseling yang melibatkan pihak internal dengan lingkungan, yang dimana yang merupakan pihak internal adalah SMA Negeri 5 Lubuklinggau dan lingkungannya adalah pemerintah setempat dan BNN (Badan Narkotika Nasional) Lubuklinggau c) Dalam pelaksanaan nya SMA Negeri 5 bekerja sama dengan lingkungan setempat dan BNN (Badan Narkotika Nasional) Lubuklinggau. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan implementasi pendekatan behavior ini mendapat dukungan dari pemerintah lingkungan setempat dan BNN (Badan Narkotika Nasional) Lubuklinggau, adanya semangat siswa untuk menambah wawasan dengan bimbingan yang di berikan guru bk dan penyuluhan yang dilakukan BNN. Faktor penghambat nya yaitu ada siswa yang tidak mau mengikuti kebijakan dari sekolah, minimnya biaya dalam pelaksanaannya, adanya gangguan sinyal untuk melakukan bimbingan oleh guru bk.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Aini, Jannatun; Sari, Dewi Purnama; Nasution, Aida Rahmi
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 1 (2023): November, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i1.673

Abstract

This research was aimed to know factors influencing interest to utilize guidance and counseling service at school. This was a qualitative research by an explorative method. The research subject selection used a proportionate stratified random sampling numbered 161 students of State Senior High School MA Negeri 1 of Lubuklinggau. Data gathering technique used a questionaire filling. Data was analyzed using data reduction, data display, then conclusion drawing. The research results showed that factors influencing interest to utilize gudance and counseling service in forms of internal and external factors. Internal factor covered: the emerging problems, self motivation and the attitude shown. External factors covered: family influence, guidance and counseling teachers, guidance and counseling service facilities, associate friends and media used. Factor influencing motivation to utuilize guidance and counseling service in forms of internal and external factors. Internal factors covered: needs, the emerging behavior and having purpose in utilizing guidance and counseling service. External factors covered: parents influence, guidance and counseling teacher and also guidance and counseling service facilities, associate friends. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksploratif. Pemilihan subyek penelitian menggunakan proportionate stratified random sampling, sejumlah 161 siswa MA Negeri 1 Lubuklinggau. Metode pengumpulan data menggunakan pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, lalu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat memanfaatkan layanan BK berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: adanya masalah yang timbul, motivasi diri, dan sikap yang ditunjukan. Faktor eksternal meliputi: pengaruh keluarga, guru BK, fasilitas layanan BK, teman pergaulan, dan media yang digunakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi memanfaatkan layanan BK berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: adanya kebutuhan, perilaku yang muncul, dan memiliki tujuan dalam memanfaatkan layanan BK. Faktor eksternal meliputi: pengaruh orang tua, guru BK serta fasilitas layanan BK, dan teman pergaulan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6