cover
Contact Name
Elisha Yochanan
Contact Email
yochanan1997@gmail.com
Phone
+6285213689644
Journal Mail Official
yochanan1997@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pakuan Bogor
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
EDUCENTER JURNAL PENDIDIKAN
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 28278542     EISSN : -     DOI : hhtps://doi.org//10.55904/educenter.v2i3.941
Jurnal Ilmiah Pendidikan, e-ISSN: 2827-7988, p-ISSN: 2827-8542, is a peer-refereed open-access national journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the fields of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in education and learning. It is published three times a year: in January, Mei, and September. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan is published by ARKA INSTITUTE in collaboration with Asosiasi Peneliti ilmu Manajemen Indonesia.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 20 Documents clear
Analisis peran guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 Rifky Apriansyah; Yustika Irfani Lindawati
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.206

Abstract

Pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang harus dipersiapkan dengan baik dari mulai dari segi perencanaan, pelaksanaan, hingga kepada evaluasi pembelajaran. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan kajian mengenai bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran daring dilihat dari proses pembelajarannya. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran-peran guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang dengan subjek penelitiannya adalah guru, dan siswa dalam hal ini peneliti melakukan wawancara mengenai beberapa indikator dari peran guru, (1) peran guru sebagai sumber belajar, dalam pembelajaran daring guru memberikan sumber belajar, seperti E-book dan beberapa video pembelajaran (2) peran guru sebagai motivator, guru memberikan motivasi kepada peserta didik (3) peran guru sebagai evaluator, disini guru berperan untuk memberikan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai suatu materi pembelajaran.
Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks Nur Koimah; Zainuddin Muchtar
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan tes diagnostik berbasis web pada materi kimia konsep redoks, (2) mengetahui profil pemahaman konsep siswa setelah menggunakan tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks, (3) mengetahui respon guru kimia terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi kimia konsep redoks, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi kimia konsep redoks. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi), penelitian ini dibatasi pada uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks dinyatakan layak setelah dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa. Penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata 89,34% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media dengan persentase rata-rata 87,59% dengan kategori sangat layak, persentase respon guru 91,34% dengan kategori sangat menarik dan persentase respon siswa 88,84% dengan kategori sangat menarik. . Profil pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan baik pemahaman konsep siswa perbutir soal maupun pemahaman siswa persub konsep.
Miskonsepsi penyelesaian soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK Aam Amaliyah; Juliasih; Roselana Ardani; Amartia Putri; Pipin Rismawati
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi pada siswa dalam penyelesaian soal cerita tentang materi KPK dan FPB. Subjek penelitian yang dituju yaitu siswa kelas IV SDN Sukasari 1 dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara serta dokumentasi secara langsung di lapangan. Pelaksanaan tes diagnostik tertulis diberikan kepada sebanyak 14 siswa. Setelah dilakukan tes diagnostik tersebut dan dapat diketahui miskonsepsi yang dialami siswa, maka langkah selanjutnya dilakukan wawancara kepada siswa dan guru wali kelas IV tersebut. Dari hasil penelitian, hampir seluruh siswa mengalami miskonsepsi konsep, sistematika, dan miskonsepsi hitung. Menurut wawancara dari guru wali kelas, sebelumnya siswa kelas IV tersebut sudah pernah diajarkan KPK dan FPB baik soal cerita maupun soal biasa. Akan tetapi, karena dampak pandemi yang belakangan ini merebak di Indonesia, membuat sekolah-sekolah dialihkan ke pembelajaran jarak jauh/online. Sehingga siswa kurang minat dalam belajar, kurang pengawasan secara langsung dari guru, serta perhatian orang tua di rumah.
Upaya meningkatkan hasil belajar menggunakan metode fun teaching pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Gampengrejo Laela Rizqi Amalia; Agung Setyawan
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.220

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode Fun Teaching dapat meningkatkan hasil belajar kelas III SDN Gampengrejo pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - Juni tahun 2022 di SDN Gampengrejo kelas III dengan jumlah 28 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes, observasi siswa dan guru, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan hasil perhitungan skor pretest (pra siklus) dan post test siklus I dan siklus II siswa kelas III SDN Gampengrejo. Hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun datar dengan menggunakan metode Fun Teaching di kelas III SDN Gampengrejo pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 3,57%, siklus I sebesar 50%, dan siklus II menjadi sebesar 92,85%. Jadi, metode Fun Teaching sangat tepat digunakan dalam sebuah pembelajaran di kelas yang pasif dan hasil belajar siswa yang rendah.
Upaya meningkatkan hasil belajar “perhatian dan keaktifan” siswa pada muatan bahasa indonesia dengan model kooperatif learning Riris Sukma Indriani
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.221

Abstract

Laporan penelitian yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar “ Perhatian dan Keaktifan”Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Dengan Model Kooperatif Learning ini bertujuan untuk mendapatkan informasi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif learning di kelas 5 SDN Kunci 1 Dander. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni rendahnya perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan wawancara yang dilakukan selama penelitian pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Peneliti mengharapkan untuk penelitian berikutnya agar memilih metode yang tepat dan menggunakan alat peraga yang mendukung terhadap materi pembelajaran untuk meningkatkan perhatian dan keaktifan siswa.
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV muatan IPA pada materi daur hidup hewan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe picture and picture di SDN Gampengrejo Kediri Alfina Dwitaami; Agung Setyawan
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.222

Abstract

Dalam laporan penelitian ini membahas tentang upaya seorang guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV di SDN Gampengrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan model pebelajaran kooperatif tipe picture and pictur. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni hasil belajar siswa yang menurun. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gampengrejo tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan tes tulis yang dilakukan selama penelitian berlangsung. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik kuantitatfis digunakan untuk mengolah data kuantitatif hasil tes. Sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif non tes. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada kelas IV SDN Gampengrejo. Peneliti mengharapkan untuk penelitian berikutnya agar memilih metode yang tepat dan menggunakan alat peraga yang mendukung terhadap materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengembangan bahan ajar kimia berbasis project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit Yovi Fujikris Panjaitan
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.234

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Reasearch and Development (R&D). Produk yang dihasilkan adalah produk baru yaitu bahan ajar berupa modul berbasis PjBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Dalam penelitian ini menggunakan model 4–D yang disederhanakan menjadi 3–D seperti yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yang meliputi; tahap Define (Pendefenisian), tahap Design (perancangan), dan tahap Develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, lembar validasi, angket dan observasi, dan dokumentasi. Hasil dari validator ahli materi pertama memperoleh skor 175 dan rata-rata skor 3,37, kedua memperoleh skor 177 dan rata-rata skor 3,40, dan ketiga memperoleh skor 182 dan rata-rata skor 3,5. Hasil penilaian validator ahli model PjBL memperoleh skor 33 dan rata-rata skor 3,67 yang dikategorikan sangat layak dan tidak perlu revisi. Dan penilaian angket peserta didik pada rentang nilai 3,26 < Skor ≤ 4,00 berjumlah 28 orang, dimana penilaian ini masuk ke kategori penilaian sangat baik. Kemudian penilaian siswa pada rentang nilai 2,51 < Skor ≤ 3,25 berjumlah 2 orang, dimana penilaian ini masuk ke kategori baik. Secara keseluruhan, bahan ajar yang telah disusun layak untuk digunakan pada pembelajaran.
Application of Interactive Learning Games in Stimulating Knowledge About Object Recognition in Early Childhood Arifin Arifin; Mohan Taufiq Mashuri; Nana Citrawati Lestari; Erwinsyah Satria; Rizki Dewantara
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.528

Abstract

Teachers and parents must pay close attention to the golden age phase of early infancy since children's growth and development can occur swiftly during this time. In the early childhood learning process, it is crucial to transfer knowledge so that children can acquire information, including the introduction of objects into the child's environment. There are already a plethora of diverse, entertaining learning materials for young children. One of them is interactive learning media that emphasizes visual features to catch children's attention during the learning process. Based on the relevance of learning media in early childhood, the purpose of this research is to build interactive learning game media in order to promote comprehension and stimulate early children's ability to recognize the introduction of things. 93.3% of students like object recognition learning media and the Figures on the learning media, 80% of students can comprehend object recognition material and can answer according to choice, and 86.67 % of students stated that the terms of color, animation, audio, video, and text were feasible. So that this object identification learning material has an appealing visual design, is simple to use, and can be comprehended by pupils.
Development of augmented reality-based learning media to improve student learning outcomes in the subject of electric motor installation at SMK Negeri 2 Yogyakarta Jan Foxsechar Silalahi; Sunaryo Soenarto
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.578

Abstract

In the Electric Motor Installation material there are limitations in the form of requiring the physical form of components to introduce components directly. The development of learning media developed is Electric Motor Installation Learning Media for augmented reality-based learning to overcome limitations and provide alternative learning resources that so far teachers have used conventional learning media. The developed learning media includes 3-dimensional electric motor installation components displayed with augmented reality technology. The method in this study is research and development with the ADDIE model. Preliminary studies were conducted by analyzing the needs of basic competencies using questionnaires and interviews. Testing the effectiveness of learning media and knowing learning outcomes is carried out using the post-test and pre-test methods which produce valid values for 30 items above the value of 0.30 and reliable above 0.6. The results of the effectiveness test obtained a percentage of 56-75 percent so that this learning media was declared effective. Student responses to the feasibility of learning media showed that 20 students stated that it was very feasible and 10 students stated that it was feasible so that they concluded that learning media was feasible for use in learning Electric Motor Installation.
Tinjauan pustaka bahasa masyarakat desa dalam komunikasi formal sebagai bahan ajar bagi aparatur pemerintah Ade Kusnan Afandi; Dadang Sunendar; Andoyo Sastromiharjo; Dadang Anshori
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v2i1.596

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang digunakan diseluruh Indonesia sebagai bahasa resmi dalam bernegara. Pelatihan bagi aparatur pemerintahan adalah proses pendidikan non formal yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Bahan Ajar adalah panduan yang dipakai dalam aktifitas pelatihan akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjadikan bahasa Indonesia yang digunakan dalam pelatihan sebagai bahasa utama dalam proses pembelajaran menggunakan panduan bahan ajar. Metode yang digunakan adalah literature review yang menggunakan referensi terkait pelatihan. Hasil penelitian menjadi bahan ajar acuan dalam pelaksanan pelatihan bagi aparatur pemerintah. Implikasinya seluruh pelaksana pelatihan aparatur pemerintah akan memiliki komunikasi penggunaan bahasa Indonesia yang sama.

Page 1 of 2 | Total Record : 20