cover
Contact Name
Moh. Yamin Darsyah
Contact Email
litbangmu@gmail.com
Phone
+6285876365599
Journal Mail Official
litbangmu@gmail.com
Editorial Address
LitbangMu Jawa Tengah Office Singosari 33 Semarang, Indonesia Telp. +62 85876365599 Email: litbang@pwmjateng.com Web: http://journal.pwmjateng.com/index.php/jlste/index
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE)
Core Subject : Education,
Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE) is a refereed journal published by LitbangMu Jawa Tengah, published twice a year, always places Lesson Studies and Teacher Education in the central focus of academic inquiry. This journal, serving as a forum for the Lesson Study and Teacher Education in Indonesia and other parts of the world within its local and challenging global context, supports focused studies of a particular theme and interdisciplinary studies of education. Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE) is a refereed journal published by LitbangMu Jawa Tengah, has become a medium of diffusion and exchange of ideas and research findings, so much so that researchers, writers, and readers from various traditions of learning have interacted in a scholarly manner. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022" : 8 Documents clear
“METODE KOOPORATIF” PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI “SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA” MELALUI LESSON STUDY Hamka Maulana; Susilo Iswanto
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.67

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, membuat, dan mengembangkan pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam kelas yang memanfaatkan kebebasan untuk mengemukakan pendapat, baik itu mengusulkan, menyanggah, dan memberikan saran untuk menyelesaikan masalah yang diberikan oleh pendidik / guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif, sedangkan fokus penelitian ini adalah bagaimana merancang, membuat, dan mengembangkan metode pembelajaran dengan menganalisis media gambar berbasis diskusi kelompok kecil dalam kelas pada studi mata pelajaran Tarikh. Secara umum, kriteria pendidikan dalam metode pembelajaran ini termasuk dalam kriteria baik dan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Satuan Pendidikan. Ciri dan tuntutan pembelajaran dengan metode koorporatif yaitu (1) Belajar bersama dengan teman, (2) Terjadi tatap muka belajar antar teman, (3) Saling mendengarkan pendapat diantara anggota kelompok, dan (4) Belajar dari teman sendiri dalam berkelompok. Ke empat ciri dan tuntutan pembelajaran dengan metode koorporatif dapat tercapai melalui kegiatan lesson study. Kegiatan dilaksanakan pada pembelajaran materi konsep dasar evaluasi pembelajaran. Hasil analisis diperoleh data bahwa : ke-empat ciri dan tuntutan pembelajaran kooperatif ada pada setiap tahap lesson study, baik pada plan, do, check, dan act.
Analisis Ketrampilan Komunikasi Dalam Plan, Do, See Pada Materi Pemahaman Lokasi Melalui Peta Di Era Digital 4.0 Di Smp Muhammadiyah 1 Cilacap Melonia Yastika Isabela; Etin Yuli Astuti Putri; Milana Erliyani
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.81

Abstract

Pada era Digital 4.0 perkembangan teknologi informasi sekarang ini membawa sebuah perubahan di dalam masyarakat dunia terutama di negara Indonesia. Perkembangan teknologi informasi telah mendorong lahirnya media sosial saat ini menjadikan pola-pola perilaku masyarakat umumnya tak terkecuali di kalangan pelajar. Pelajar masa kini telah mengalami pergeseran nilai baik budaya, etika dan norma yang ada saat ini. Media sosial merupakan salah satu media online, dengan para penggunaannya yang bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi maupun menciptakan komunikasi baru seperti aplikai wa. Sekarang ini, pembelajaran sudah dimulai dengan kelas kecil. Tahun ajaran 2021 Kegiatan pembelajaran mulai kembali dengan komunikasi tatap muka terbatas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menganalisis komuniasi anak pada saat diskusi menggunakan lesson study pada materi pemahaman lokasi melalui PETA dengan model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas VII. Peneliti berharap penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kegiatan Lesson Study yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu Plan, Do dan See dengan model PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan observasi pada saat berlangsung diskusi kelompok serta video proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian adalah kelas VII sebanyak 12 siswa.
Kreativitas Skill Pada Implementasi Descriptive Text Berbasis Small Group Discussion Pada Setiap Fase Pada Lesson Study Resta Khusnul Khotimah; Nur Indah Pratiwi; Apriana Ristiyanti; Eny Winaryati
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.82

Abstract

Abad ke 21 merupakan suatu momen dimana perkembangan peradaban dunia yang semakin maju. Tidak terkecuali dibidang pendidikan, penggunaaan internet pun sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Hal ini menjadikan baik pengajar maupun peserta didik diharuskan untuk dapat menguasai keterampilan masa kini sehingga tidak mengalami gagap teknologi. Dengan teknologi yang sudah lebih maju, mempelajari bahasa asing terutama bahasa Inggris tentunya akan lebih mudah. Hal tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi peserta didik, diantaranya adalah menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi dari ilmu pengetahuan dengan meningkatkan kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setiap fase pada lesson study dalam kreativitas skill peserta didik pada implementasi descriptive text yang berbasis small group discussion, dimana fase pada lesson study tersebut meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan melihat kembali atau refleksi (see). Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2021/2022 bulan Desember 2021. Subjek penelitian sebanyak 18 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Cilacap. Waktu kegiatan adalah pada bulan Desember 2021, diawali dengan menyussun chapter lesson dan lesson design pada materi Bahasa Inggris kelas VII bab Descriptive Text. Pada pelaksanaan penelitian, telah menemukan bahwa penerapan model small group discussion dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat menunjang kreativitas skill pada peserta didik dalam materi Descriptive Text. Penerapan model small group discussion dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi Descriptive Text memberikan respon positif pada peserta didik sehingga suasana belajar yang lebih menyenangkan.
Penggunaan Web Tool Quizizz Implementasi Pembelajaran Materi Perbandingan Trigonometri Melalui Lesson Study Zayan Hafiyyan
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.83

Abstract

Pembelajaran masa kini sangat berbeda dengan masa dahulu, dimana sekarang teknologi sudah semakin maju dan berkembang. Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 peserta didik diwajibkan untuk mempunyai gadget atau telepon genggam yang akan menjadi jembatan informasi pembelajaran antara peserta didik dan guru. Sebagai seorang guru pembelajaran melalui media online dengan menggunakan telepon genggam atau yang kita sebut gadget sangatlah beragam. Media online tersebut diantaranya menggunakan web tool QUIZIZZ yang merupakan sebuah web tool permainan kuis interaktif . Pembuatan media online yang kita sebut QUIZIZZ ini sangat mudah, guru hanya membuat pembelajaran dapat berupa kuis pilihan ganda, kuis essay atau ppt. Peserta didik bergabung dengan menggunakan web dan menuliskan kode game yang diberikan oleh guru. Penggunaan QIUIZIZZ ini juga sebagai motivasi peserta didik dalam mengerjakan kuis dimana pada QUIZIZZ ada perolehan peringkat pengerjaan peserta didik dan rekapitulasi pengerjaaan peserta didik. Pada akhir pembelajaran guru bisa mengulas kembali kuis dengan menjelaskan dan menyimpulkan pembelajaran. Hasil analisis pada web tool QUIZIIZZ diperoleh bahwa pada penggunaan web tool QUIZIZZ ada pada tahap lesson study yaitu plan, do dan see.
Implementasi Model Group Investigation Dalam Pembelajaran Partikel Penyusun Materi Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar IPA Di SMP Muhammadiyah 1 Semarang Bambang Hermanto; Eny Winaryati
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.84

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keaktfan peserta didik. Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.D SMP Muhammadiyah 1 Semarang tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 30 orang. Metode pada penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif. Desain Penelitian Tindakan Kelas dengan empat langkah, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas peserta didik mencapai 90% peserta didik tuntas dengan KKM=70. Ketercapaian kompetensi peserta didik dari hasil belajar kognitif mencapai minimum 85% peserta didik tuntas dari nilai KKM (KKM=70), hasil belajar afektif dan psikomotorik mencapai 85% peserta didik tuntas dengan nilai KKM=70. Kehadiran peserta didik dalam penelitian ini diharapkan minimum 90% peserta didik hadir. Hasil observasi dan interview dari penelitian ini menunjukkan respon dan antusiasme peserta didik sangat luar biasa dengan adanya penerapan Group Investigation dalam proses pembelajaran IPA. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 76, 67% dengan rata-rata 79,80. Rekomendasi siklus I adalah dilaksanakannya siklus II pada model group investigation. Hasil penelitian pada siklus II meningkat menjadi 96,67% peserta didik tuntas dengan rata-rata 90,25. Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata nilai peserta didik 76,50 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,75. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 73,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Kehadiran peserta didik pada siklus I dan II mencapai 100%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi pertikel penyusun materi dapat meningkat melalui penerapan model Group Investigation.
Metode Show And Tell Dalam Lesson Study Untuk Melatih Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Dasar NR Abidin; Retnowati E; Rini TP
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.85

Abstract

Pandemi Covid-19 membentuk transformasi baru dalam dunia pendidikan. Perubahan tersebut seiring dengan orientasi pendidikan abad 21. Kebutuhan keterampilan soft skill menjadi perhatian khusus dunia pendidikan. Hal tersebut direspon cepat dalam revisi kurikulum 2013 dengan menambahkan keterampilan (1). Critical Thinking and Problem Solving; (2) Creativity and Innovation; (3) Communication; (4) Collaboration yang masuk dalam setiap muatan pembelajaran memberikan pesan pentingnya keterampilan ini. Namun fakta di lapangan guru masih belum menyiapkan pembelajaran dengan baik. Cara mengajar konvensional dengan ceramah dan teacher centered masih menjadi favorit. Menjawab tantangan tersebut metode show and tell dalam lesson study dapat dijadikan alternatif solusi untu melatih keterampilan abad 21 di sekolah dasar. Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik terlatih melakukan analisis berpikir kritis, kreativitas dan inovasi, melakukan komunikasi dan kolaborasi yang baik pada tahapan metode show and tell. Peserta didik lebih aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran, lebih mudah memahami materi dan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Menyingkap Diksi Pada Puisi Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Melalui Lesson Study Di Sma Muhammadiyah (Plus) Salatiga Saptorini Hinonah; Farrah Zakiyah Anwar; Ma’rifata Mina Mokka
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51402/jlste.v1i2.86

Abstract

Puisi menjadi salah satu karya sastra yang diminati oleh banyak orang. Kumpulan kata yang dituangkan dalam bentuk bait-bait disampaikan melalui ungkapan indah, gaya bahasa yang bervariatif serta imajinatif membuat pembaca mampu merasakan makna yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Kosasih (2012: 97), bahwa puisi adalah bentuk karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kaya akan makna. Oleh karena itulah yang demikian tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah karya sastra puisi. Pada jenjang pendidikan sekolah menengah atas, puisi merupakan materi wajib yang diajarkan pendidik di kelas X mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran puisi menjadi penting untuk dipelajari peserta didik agar dapat menuangkan pemikiran serta mengutarakan perasaan dengan melibatkan pemilihan kata, bahasa kiasan, rima, bunyi serta ekspresi untuk menghasilkan sebuah puisi yang bermakna sehingga pesan dapat tersampaikan secara utuh. Namun demikian, dalam menciptakan sebuah puisi perlu memperhatikan unsur pembangun puisi dan pilihan kata atau diksi yang tepat agar makna dapat langsung diterima oleh pembaca. Dalam hal ini, sebagian besar peserta didik cenderung bingung dan sulit menemukan variasi diksi untuk mengekspresikan ide-idenya. Untuk itu, tujuan melakukan penelitian ini adalah agar peserta didik dapat menganalisis unsur pembangun puisi. Satu diantaranya yaitu diksi, menemukan solusi untuk menambah penguasaan diksi atau pilihan kata serta menulis puisi. Dalam menemukan hasil penelitian, peneliti mengimplementasikan metode deskriptif kualitatif dan teknik library research sebagai pendukung untuk mengambil. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) melalui kegiatan Lesson Study yang meliputi plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Setelah melakukan observasi, mengolah data dan menganalisis temuan, peserta didik dapat mengidentifikasi diksi, memahami arti diksi serta menulis sebuah puisi dengan diksi-diksi baru yang telah ditemukan.
ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Winaryanti, Eny; Hidayah, Fitria Fatichatul; Astuti, Andari Puji
Journal of Lesson Study in Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022
Publisher : Litbang PWM Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas pembelajaran dosen akan berdampak pada kualitas lulusan program studi. Kualitas kinerja dosen akan berdampak kualitas mahasiswa sebagai anak didiknya. Kinerja dosen merupakan ekspektasi kualitas yang dirasakan terhadap niat perilaku. Kualitas yang dirasakan mempengaruhi kepuasan dan niat berperilaku. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang di perkuat dengan wawancara pada beberapa mahasiswa. Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen dimensi perkuliahan, praktikum dan dimensi tugas akhir, dapat disampaikan bahwa: (1) Semua penilaian diatas nilai 3 (baik), dengan kategori Baik. (2) Dimensi perkuliahan memberikan rekomendasi perlunya dosen meningkatkan kualitas diri terkait keterampilan teknologi, guna menguatkan pembelajarannya agar menarik. (3) Dimensi praktikum, dihasilkan analisis perlunya secara kualitatif dan kuantitatif ditingkatkan, sebab keberadaan laboratorium diharapkan dapat melayani kebutuhan penelitian dan pembelajaran, juga sangat memungkin kegiatan pengabdian Masyarakat. (4) Dimensi tugas akhir, dihasilkan data perlu adanya terapi mental health bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan skripsi. Kesimpulannya adalah: (1) Secara bertahap telah ditambahkan peralatan laboratorium yang berdampak penelitian, dan peningkatan teknologi informasi. (2) Program studi melalui dosen wali telah diberi kesempatan untuk memberikan terapi mental health pada mahasiswa. Saran dari penelitian ini adalah: fakultas perlu mengadakan kegiatan terapi mental health bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan skripsi, juga persiapan skripsi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8