cover
Contact Name
M. Rhifky Wayahdi
Contact Email
technolabsindonesia@gmail.com
Phone
+6281396692946
Journal Mail Official
technolabsindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Umar No. 26A, Kel. Glugur Darat 1, Kec. Medan Timur, Medan, Sumatera Utara.
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 3063573X     DOI : -
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal publikasi di bidang multidisiplin ilmu yang diterbitkan empat (4) kali dalam setahun, dijadwalkan pada Februari, Mei, Agustus dan November. Jurnal ini mempublikasikan artikel terkait program penguatan kemitraan universitas-masyarakat, inovasi teknologi, inovasi manajemen, dan teori-metode-strategi kegiatan pengabdian. Istilah "pengabdian kepada masyarakat" merujuk pada kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Jurnal ini diterbitkan oleh PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs) Publisher division. Makalah yang diterima akan tersedia online (akses terbuka gratis).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 85 Documents
Pengenalan Prospek Karir Web Developer bagi Siswa-Siswi SMK Swasta Harapan Bangsa Wayan Darsana; Anisa Putri; Budi Santoso
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa SMK Swasta Harapan Bangsa dapat mengetahui prospek karir sebagai Web Developer melalui artikel pengabdian ini. Dalam era digital yang berkembang pesat ini, sangat penting untuk memahami peluang karir di bidang teknologi informasi. Pemaparan tentang tugas dan tanggung jawab seorang Web Developer, alat dan teknologi yang digunakan, dan keterampilan yang diperlukan diberikan dalam acara ini. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan memberi siswa pemahaman yang lebih baik tentang karir pengembangan web dan membuat mereka termotivasi untuk mengejar karir ini di masa depan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa lebih memahami dan tertarik dengan prospek karir sebagai pengembang web.
Pelatihan Pembuatan Situs Web Interaktif Menggunakan PHP untuk Siswa/i SMK Swasta Harapan Bangsa Budi Santoso; Wayan Darsana; Anisa Putri
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa-siswi SMK Swasta Harapan Bangsa dengan teknologi pembuatan situs web interaktif menggunakan PHP. Kegiatan ini melibatkan workshop intensif dan sesi praktis yang dipandu oleh praktisi industri IT. Peserta diajak untuk belajar langkah-langkah dasar dalam mengembangkan aplikasi web dengan menggunakan PHP, termasuk pembuatan, pembacaan, pembaruan, dan penghapusan data (CRUD). Evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa-siswi tentang konsep-konsep fundamental dalam pengembangan web, serta meningkatkan minat mereka untuk mengeksplorasi karir di bidang teknologi informasi. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam persiapan siswa-siswi untuk memasuki dunia kerja yang semakin terhubung secara digital.
Pemanfaatan Teknologi Cloud Computing untuk Pembelajaran di SMK Swasta Harapan Bangsa Anisa Putri; Budi Santoso; Wayan Darsana
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan teknologi Cloud Computing dalam pembelajaran di SMK Swasta Harapan Bangsa bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan efisiensi proses belajar mengajar. Studi ini melibatkan pelatihan intensif bagi siswa dan guru untuk mengadopsi platform cloud dalam kegiatan pendidikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Cloud Computing memberikan dampak positif terhadap kemandirian siswa dan efektivitas pengajaran. Namun, tantangan seperti keterbatasan konektivitas internet dan pemahaman teknis awal memerlukan perhatian lebih lanjut. Rekomendasi mencakup peningkatan infrastruktur internet dan penyediaan lebih banyak sesi pelatihan.
Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Produktivitas UMKM Kusuma, Anton; Darman
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan teknologi informasi (TI) telah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, banyak UMKM di Indonesia yang masih menghadapi kendala dalam mengadopsi dan memanfaatkan teknologi ini secara optimal. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan teknologi informasi kepada pelaku UMKM guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional mereka. Pelatihan ini meliputi berbagai aspek teknologi informasi yang relevan dengan kebutuhan UMKM, termasuk pengenalan perangkat lunak bisnis, manajemen data, pemasaran digital, dan e-commerce. Metodologi pelatihan mencakup sesi teori, praktik langsung, dan studi kasus yang dirancang untuk memastikan peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan bisnis sehari-hari mereka. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan teknologi informasi. Selain itu, terdapat peningkatan dalam efisiensi operasional dan pendapatan beberapa UMKM yang menerapkan teknologi informasi setelah mengikuti pelatihan. Evaluasi dilakukan melalui survei dan wawancara dengan peserta sebelum dan sesudah pelatihan, serta monitoring berkelanjutan untuk mengukur dampak jangka panjang.
Program Edukasi Lingkungan: Mengajarkan Praktik Pengelolaan Sampah dan Daur Ulang di Sekolah Wardana, Boby; Sucipto, Eko
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan sampah menjadi masalah penting di berbagai tempat di seluruh dunia, termasuk di sekolah. Jumlah sampah yang tidak terkelola dengan baik seringkali meningkat karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan dan daur ulang sampah, yang berdampak pada kesehatan lingkungan dan kualitas hidup. Oleh karena itu, program pendidikan yang berhasil diperlukan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa dalam pengelolaan sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan program edukasi lingkungan yang berfokus pada mengajar siswa di sekolah bagaimana mengelola sampah dan daur ulang. Diharapkan program ini akan meningkatkan pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa tentang pengelolaan sampah dan mendorong mereka untuk menerapkan prinsip daur ulang dalam kehidupan sehari-hari.
Pengenalan Dasar Pemrograman dengan Scratch untuk Anak Sekolah Dasar di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia Wayahdi, M. Rhifky; Ruziq, Fahmi
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Agustus 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat "Pengenalan Dasar Pemrograman dengan Scratch untuk Anak Sekolah Dasar di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia" bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar pemrograman pada anak-anak. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran interaktif, menarik, dan menyenangkan, serta menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Hasilnya, terjadi peningkatan yang signifikan pada semua indikator penilaian setelah kegiatan dilaksanakan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini telah mencapai tujuannya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar pemrograman, serta meningkatkan pemikiran komputasi, minat, dan motivasi anak-anak dalam belajar pemrograman. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu anak-anak untuk mempersiapkan diri untuk masa depan di era digital.
Peningkatan Literasi Awal pada Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Huruf Berbasis Multimedia dengan Pemanfaatan Website Interaktif di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia Purwawijaya, Ellanda; Wayahdi, M. Rhifky; Ruziq, Fahmi
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Agustus 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi awal anak usia dini di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia melalui pengenalan huruf berbasis multimedia menggunakan website interaktif. Latar belakang kegiatan ini adalah perlunya inovasi dalam metode pengajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan era digital, di mana anak-anak lebih tertarik pada pendekatan interaktif. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat lebih mudah mengenal huruf dan mengembangkan minat belajar, sementara tenaga pengajar memperoleh keterampilan dalam menggunakan teknologi sebagai alat bantu pengajaran. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan hasil yang positif, dengan peningkatan kemampuan anak-anak dan tenaga pengajar, serta harapan untuk kelanjutan dan pengembangan program ini agar dapat memberikan dampak yang lebih luas di masa mendatang.
Implementasi Program Edukasi Gadget pada Anak Usia Dini Berbasis Multimedia di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia Ginting, Subhan Hafiz Nanda; Wahyuni, Dewi
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Agustus 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan gadget di kalangan anak usia dini semakin meningkat, memerlukan perhatian khusus dalam mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program edukasi gadget berbasis multimedia di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia. Program ini dirancang untuk mengajarkan penggunaan gadget secara bijak dan positif, dengan memanfaatkan alat bantu multimedia interaktif yang menarik perhatian anak-anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dalam program edukasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman anak-anak tentang penggunaan gadget yang sehat, serta mendorong keterlibatan mereka dalam aktivitas edukatif yang bermakna. Selain itu, program ini juga membantu mengurangi ketergantungan anak terhadap penggunaan gadget untuk hiburan semata. Implementasi program ini memberikan wawasan baru bagi para pendidik dan orang tua tentang pentingnya pengelolaan penggunaan teknologi pada anak usia dini.
Pengenalan Penggunaan Smartphone yang Aman dan Edukatif untuk Anak-Anak Sekolah Dasar di SanggarKeadilan SMH-Indonesia Fahmi Ruziq; Ginting, Subhan Hafiz Nanda
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Agustus 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat yang berjudul "Pengenalan Penggunaan Smartphone yang Aman dan Edukatif untuk Anak-Anak Sekolah Dasar di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia" bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak-anak dalam menggunakan smartphone secara bijak dan aman. Program ini mencakup edukasi keamanan digital, pemanfaatan aplikasi edukatif, dan pengawasan orang tua melalui workshop interaktif dan pendampingan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman anak-anak tentang keamanan digital dan penggunaan aplikasi edukatif, serta peningkatan keterlibatan orang tua dalam membimbing anak-anak mereka. Program ini berhasil mencapai tujuannya dan mendapatkan respons positif dari peserta, orang tua, dan guru, dengan harapan dapat direplikasi di komunitas lain untuk melindungi dan mendidik generasi muda dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan aman.
Edukasi Internet Sehat dan Aman untuk Anak Sekolah Dasar di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia Wahyuni, Dewi; Sridewi, Nurmala
JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Agustus 2024 - JIPITI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : PT. Technology Laboratories Indonesia (TechnoLabs)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, akses internet menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak. Namun, penggunaan internet yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai risiko seperti cyberbullying, konten yang tidak pantas, dan pencurian data pribadi. Artikel ini membahas pentingnya edukasi internet sehat dan aman untuk anak-anak di tingkat sekolah dasar, dengan fokus pada penerapan program edukasi di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia. Program ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran anak-anak tentang risiko dan etika penggunaan internet, serta memberikan keterampilan praktis untuk melindungi diri mereka secara online.