cover
Contact Name
Irwansyah Suwahyu
Contact Email
irwansyahsuwahyu@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education
ISSN : -     EISSN : 30628415     DOI : -
Jurnal CIVE is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University. The CIVE journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. CIVE Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Issue 2, July(2024)" : 12 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Tridharma MKGR Maros Al Imran; Iwan Suhardi; Muh Dahlan Dahlan
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMK Tridharma MKGR Maros. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah Siswa SMK Tridharma MKGR Maros. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui lembar uji validasi, angket, dan instrumen penilaian hasil penggunaan modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif administrasi sistem jaringan berbasis Articulate Storyline di SMK Tridharma MKGR Maros memenuhi kriteria valid dengan hasil 87% validasi ahli media, 88% validasi ahli materi, dan 86% untuk uji respon pengguna dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif administrasi sistem jaringan berbasis Articulate Storyline di SMK Tridharma MKGR Maros diterima dan dapat digunakan sebagai media pemeblajaran pada saat proses pembelajaran dikelas.
Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Muh. Farid Syamsuar; Jamaluddin; Massikki
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan jenis data ex-post facto dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitan ini adalah kinerja dosen (X), sementara variabel terikat adalah kepuasan mahasiswa (Y). Penelitian ini dilaksanakan di lingkup Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dimulai pada bulan Maret – April 2024. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 - 2022 yang diambil menggunakan sample random sampling berjumlah 90 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, serta nilai yang didapatkan Y = 14,636 + 0,900X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Penerapan Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Indah Azizah
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMK melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Hal ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana nilai mereka belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diterapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran SDM melibatkan interaksi antar peserta didik dengan peran “tutor” dan “tutee”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SDM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik adalah 75 dengan persentase ketuntasan 65%. Pada siklus 2, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Selain dari hasil belajar peserta didik yang meningkat, partisipasi dan antusiasme peserta didik juga meningkat selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran SDM terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran PjBL pada Materi Pembelajaran VOIP A. Azwar Syahrul Syakrani
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP (Voice over Internet Protocol). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain siklus ganda, yang melibatkan intervensi PjBL selama dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di sebuah sekolah menengah di Indonesia. Data keaktifan siswa dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran VoIP. Peningkatan keaktifan siswa diamati dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan peningkatan sebesar 14,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mempromosikan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka dalam konteks materi teknis seperti VoIP. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis proyek dalam meningkatkan partisipasi siswa dan hasil pembelajaran mereka dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Implementasi Computational Thinking Mata Pelajaran Informatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X PPLG SMKN 7 Makassar Nurlinda Pratama Hakim
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

implementasi computational thinking untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X PPLG SMKN 7 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X PPLG SMK Negeri 7 Makassar sebelum penerapan metode Computational thinking, peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode Computational Thinking Kelas X PPLG SMK Negeri 7 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan menggunakan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan ini menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode Computational Thinking hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran informatika memiliki hasil belajar yang rendah. Kemudian setelah dilakukan Penerapan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Computational Thinking dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X PPLG SMK Negeri 7 Makassar pada mata pelajaran Informatika. Hal ini berdasarkan data hasil nilai belajar peserta didik sebelum dan setelah implementasi computational thinking.
Efektivitas Penggunaan Aplikasi Simulasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pesera Didik Binari
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMKN 3 Makassar dengan memanfaatkan aplikasi Smart Logic Simulator yang berbasis Android. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan peserta didik kelas X jurusan TKJ. Setiap siklus terdiri dari fase perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus awal, aplikasi diperkenalkan kepada peserta didik, dan hasil belajar meningkat dari 46,87% menjadi 68,75% peserta didik yang mencapai KKM. Pada siklus berikutnya, penggunaan aplikasi ditingkatkan, mencapai 100% peserta didik mencapai KKM dengan rentang nilai antara 70 dan 90. Peningkatan hasil belajar menunjukkan bahwa aplikasi simulasi efektif dalam mengilustrasikan konsep abstrak, memperbaiki pemahaman, motivasi, dan keterlibatan peserta didik. Tantangan utama yang dihadapi adalah kesiapan infrastruktur dan pengendalian penggunaan smartphone. Penelitian ini menyarankan bahwa teknologi simulasi berbasis Android dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama di sekolah dengan keterbatasan fasilitas praktikum.
Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi Keterampilan Siswa dengan Penerapan Model Project Based Learning SMK Negeri Kota Makassar Fitriani Yusuf
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan integrasi keterampilan siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di SMK Negeri Kota Makassar. Penelitian dilakukan dalam konteks penelitian tindakan kelas dengan melibatkan guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi kelas, wawancara dengan guru, kuesioner kepada siswa, dan analisis portofolio siswa. Data dikumpulkan selama dua siklus penelitian dengan menggunakan instrumen yang telah dirancang khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan tingkat kolaborasi antara siswa dalam pembelajaran, serta mengintegrasikan keterampilan yang beragam dalam konteks proyek pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dan pengembangan keterampilan lintas mata pelajaran di SMK Negeri Kota Makassar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mempertimbangkan strategi pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan integrasi keterampilan siswa dalam merancang kurikulum pendidikan yang relevan dan berorientasi pada hasil.
Mengintegrasikan Good Character dalam Pendidikan Karakter di SMK 5 Makassar Marfan Faisal
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya SMKN 5 Makassar dalam mengintegrasikan Good Character ke dalam pendidikan karakter di kelas X TKJ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengacu pada model Spiral Action Research oleh Kemmis & McTaggart (2005). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan guru mata pelajaran dan 4 orang siswa kelas X TKJ, serta observasi kelas selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 5 Makassar telah menerapkan beberapa strategi untuk mengintegrasikan Good Character kedalam pendidikan karakter di kelas X TKJ, seperti menanamkan nilai-nilai Good Character dalam kurikulum dan pembelajaran, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung Good Character, dan menciptakan budaya sekolah yang kondusif untuk Good Character. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Good Character di SMKN 5 Makassar telah memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai Good Character oleh siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam hal pemahaman, alasan, dan kemampuan untuk menerapkan nilai-nilai Good Character dalam kehidupan sehari-hari.
Penerapan PBL untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Cisco Paket Tracer di SMK 3 Makassar Aris Rizki Prayitno; Muhammad Purqan Nu
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang jaringan LAN menggunakan Cisco Packet Tracer di SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah penerapan PBL, dengan mayoritas siswa menunjukkan peningkatan nilai post-test. Meskipun demikian, terdapat variasi dalam pencapaian siswa, menyoroti pentingnya mendukung beragam gaya belajar. Penelitian ini memberikan implikasi bagi guru untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran dan bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang jaringan LAN dan layak untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi di SMK.
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran TANDUR Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri Makassar Amrul Amin Sulaiman
Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education Volume 1 Issue 2, July(2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar siswa di kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pretest posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Makassar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 yang masing-masing terdiri dari 36 siswa kelas X TKJ 1 dan 38 siswa kelas X TKJ 2 . Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Makassar yang diajar menggunakan strategi pembelajaran TANDUR dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran TANDUR. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran TANDUR efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Makassar.

Page 1 of 2 | Total Record : 12