cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 10 Documents clear
ANALISIS WACANA CERITA RAKYAT SUMBAWA: KAJIAN STRUKTURAL DAN NILAI EDUKATIF Rusmin Nurjadin
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17774

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah studi untuk mendeskripsikan struktur cerita dan nilai edukatif yang terdapat di dalam cerita rakyat Sumbawa. Cerita rakyat yang digunakan dalam penelitian yakni: (1) “Tanjung Menangis”, (2) “Buen Lajendre”, (3) “Sari Bulan”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis isi (content analysis) yang berfokus pada satu sasaran (subjek), yaitu cerita rakyat Sumbawa. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara sejumlah narasumber.Wacana dianalisis menggunakan teknik cuplikan (sampling) yaitu dengan teknik purposive sampling. Data kemudian dianalisis dengan pendekatan struktural dan analisis model interaktif (interactive model of analysis).Hasil penelitian menunjukkan struktur yang sederhana dan amanat yang terkandung dalam cerita rakyat Sumbawa cukup bervariasi. Nilai edukatif yang terdapat di dalam ketiga cerita rakyat Sumbawatersebut antara lain nilai edukatif moral, nilai edukatif adat (tradisi), nilai edukatif agama (religi), nilai edukatif sejarah (historis) dan nilai kepahlawanan. Kata kunci: analisis wacana, cerita rakyat, Sumbawa, nilai edukatif, kajian struktural.
PEMBELAJARAN SASTRA: BERBAGAI KENDALA DALAM BERMAIN DRAMA BAGI MAHASISWA Safinatul Hasanah Harahap; Dadang Sunendar; Sumiyadi Sumiyadi; Vismaia S. Damaianti
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.19103

Abstract

Pembelajaran sastra dapat digunakan sebagai media dalam membentuk pola pikir dan karakter mahasiswa. Drama merupakan jenis dari sastra yang dipelajari sebagai bagian dari materi sastra. Memerankan tokoh dalam drama memiliki kesulitan yang berbeda pada setiap pemain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berbagai kendala yang dialami pemeran tokoh dalam drama saat melakukan pertunjukan drama dari sudut pandang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari wawancara yang dilakukan pada 61 mahasiswa yang mengampu mata kuliah dengan materi bermain drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala bermain drama berasal dari faktor internal (rasa percaya diri, konsentrasi, dan motivasi) dan faktor eksternal (penemuan karakter tokoh drama, pelaksanaan proses latihan, dan penerapan kerja sama tim).Kata kunci: pembelajaran sastra, drama, bermain drama
ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PINTAR BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTS SEMESTER I Prameswari Dyah Gayatri B.A.I B.A.I
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17775

Abstract

Tujuan penelitian analisis ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) sistematika penyajian buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I; (2) keruntutan penyajian buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I; (3) kelayakan isi buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I; (4) kelayakan penyajian bahasa dalam buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan sumber utama buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester I. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan validitas semantik dan reliabilitas interrater. Berdasarkan hasil analisis buku teks yang dilakukan disimpulkan bahwa: (1) sistematika penyajian buku masih terdapat kekurangan dalam sistematika penyusunan, (2) keruntutan penyajian buku teks layak dan memiliki hubungan yang logis, (3) kelayakan penyajian isi buku teks memuat materi yang sesuai dengan kompetensi dan perkembangan intelektual peserta didik, dan (4) kelayakan bahasa buku teks sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Kata Kunci: analisis konten, buku teks, bahasa Indonesia
PEMETAAN CERITA RAKYAT KAMPUNG BUDAYA MELAYU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Mhd. Anggie Januarsyah Daulay; Mhd. Oky Fardian Gafari Gafari; Abdul Haris Nasution
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.19105

Abstract

Secara umum, program Pengabdian kepada Masyarakat berjudul Pemetaan Cerita Rakyat Kampung Budaya Melayu Kabupaten Serdang Bedagai ini adalah kegiatan pendampingan oleh tim pelaksana pada Komunitas Seni dan Budaya Desa Pekan Tanjung Beringin. Adapun tujuan program ini adalah untuk 1) melestarikan budaya lokal di Kampung Budaya Melayu Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, dan 2) menggali dan menghidupkan kembali cerita rakyat yang mulai dilupakan oleh masyarakat pemiliknya. Metode yang diterapkan pada program pendampingan ini adalah metode in service learning. Teknis pelaksanaan metode ini melalui pendampingan pemetaan berupa ceramah dan diskusi terkait cerita rakyat yang pernah terjadi dan menjadi oral story di kawasan ini. Melalui kegiatan tersebut, hasil yang dirasakan adalah 1) tumbuhnya geliat kebudayaan dan pariwisata di wilayah Kampung Budaya Melayu, dan 2) terpelihara dan tersimpannya cerita rakyat khas Kampung Budaya Melayu.
PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA GENERASI MILLENIAL Fernanda Yusi Listeani
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17771

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk makna bahasa millenial ke bahasa Indonesia dari aspek bahasa tulis saat percakapan di group WhatsApp Pramuka Libelta dan Flascheetos. Penelitian dilakukan di SMAN 15 Kabupaten Tangerang kelas XI di bulan Oktober dan November 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah longitudinal, memperhatikan siswa saat berkomunikasi selama dua bulan. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket daring. Data tersebut kemudian diidentifikasi, ditranskripsikan, diamati, dan dianalisis secara empiris. Selanjutnya data yang diperoleh, diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang menjadi fokus penelitian. Bahasa Indonesia pada ragam bahasa millenial yang ditemukan dalam percakapan anggota group Pramuka Libelta dan Flascheetos dapat dilihat berdasarkan pola pembentuknya. Hasil pengumpulan data ditemukan 102 kosakata slang/bahasa millenial. 75% siswa menggunakan 5 kosakata yang paling sering diucapkan seperti; kuy, anjay, ashiyaap, mantaps djiwa, dan mantul. Analisis kosakata slang/bahasa millenial berdasarkan bentuk kata dasar sebanyak 45 kosakata, bentuk frasa sebanyak 34 kosakata, kosakata dengan singkatan sebanyak 13 kosakata, dan kosakata pemenggalan sebanyak 10 kosakata.  kata kunci : kosakata, bahasa, generasi millenial
PANDANGAN DUNIA DALAM SAJAK SEORANG TUA KEPADA ISTRINYA KARYA W.S. RENDRA Achmad Yuhdi
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu para penikmat puisi W.S Rendra dalam memahami permasalahan sosial dan mengambil pesan moral yang diungkapkan oleh penyair. Puisi yang dianalisis dalam penelitian ini berjudul Sajak Seorang Tua Kepada Istrinya. Metode yang digunakan dalam menganalisis puisi tersebut adalah deskripstif. Analisis dilakukan mengacu teori strukturalisme genetik Lucian Goldman dan teori tentang nilai pendidikan dalam sastra oleh Herman J. Waluyo. Hasil analisis menunjukkan bahwa totalitas pemaknaan “Sajak Seorang Tua Kepada Istrinya” tidak bisa terlepas dari dua unsur pembentuknya/unsur batin. Pandangan/ sikap penyair dalam puisi ini menunjukkan sikap optimisme dan penuh harapan dalam menjalani sisa hidup di hari tua. Penyair mengajarkan kepada pembaca bahwa hari tua dapat begitu menyenangkan bila dimaknai secara benar. Adapun amanat yang ingin disampaikan penyair adalah memberikan motivasi agar sesorang lebih sabar, ikhlas, dan optimistis dalam menghadapi kerasnya kehidupan ini.  Kata kunci— nilai pendidikan, puisi, strukturalisme genetik.
ASPEK MORALITAS FILM CINDERELLA Mu’thia Mubasyira
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17772

Abstract

Karya sastra dapat berbentuk prosa, puisi ataupun film. Film sebagai salah satu bentuk dari karya sastra pun dapat dikatagorikan dalam bentuk fiksi dan non fiksi. Pada penelitian ini, penulis mengangkat film bertemakan ketulusan dan pengorbanan. Film yang diambil sebagai objek penelitian berjudul Cinderella. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis aspek-aspek moralitas yang terdapat dalam film ini. Penelitian ini diharapkan mampu menambah khazanah ilmu pengetahuan terutama sastra dan dapat menjadi referensi tambahan bagi peminatnya terutama peminat film. Kata kunci: sastra, film, moralitas
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY ) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELASX MAN KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Misbah Fitrita Br Ginting; Rosmaini Rosmaini
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MAN Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020.Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X MAN Kabanjahe berjumlah 239 siswa.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain two group post-test only control design. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis laporan hasil observasi. Tes pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 71,25, standar deviasi 11,1 dan standar error 1,88 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,13, standar deviasi 8,6 dan standar error 1,45.  Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 20,65, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (36 + 36)  2 = 70 df = 1,66. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 20,65> 1,66 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif  (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media Flashcard lebih efektif digunakan terhadap kemampuan menulis laporan hasil observasi siswa kelas X MAN Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Laporan Hasil Observasi, SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy), Flashcard
PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KAJIAN: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI Prameswari Dyah Gayatri B.A.I.
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17773

Abstract

Tujuan penelitian analisis ini untuk mendeskripsikan: (1) tinjauan ontologi penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia; (2) tinjauan epistimologi penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia; (3) tinjauan aksiologi penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis konten dengan objek hasil penelitian penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penafsiran secara deskriptif. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Indonesia didapat dari nilai atau skor yang diperoleh dari kemampuan peserta didik ketika proses belajar mengajar. Keterampilan pembelajaran peserta didik lebih ditekankan pada teks; (2) metode yang dapat digunakan untuk melaksanakan penilaian autentik; dan (3) nilai etika seseorang dalam melakukan pengambilan skor.Kata kunci: Penilaian autentik, ontologi, epistimologi, aksiologi
LITERASI BAHASA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MENULIS PADA SISWA SMP KOTA BEKASI Aster Pujaning Ati; Sigit Widiyarto
Basastra Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i1.17778

Abstract

Budaya membaca dan menulis dikalangan siswa masih rendah, perlu adanya upaya sungguh – sungguh dari berbagai kalangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca pada siswa SMP Attaqwa Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Responden sebanyak 25 siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 sampai dengan Februari 2020. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian didiskripsikan dan dianalisis. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa 1) kegiatan literasi di SMP Attaqwa berperan dalam memotivasi siswa untuk menyukai kegiatan membaca dan menulis, 2) hambatan pihak sekolah dalam meningkatkan minat membaca dan menulis siswa kelas atas melalui kegiatan literasi yakni kedisiplinan, pembiasaan siswa, minat, dan metode yang diterapkan guru, dan 3) upaya pihak sekolah untuk meningkatkan minat membaca dan menulis siswa kelas atas melalui kegiatan literasi adalah pihak sekolah selalu memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, mengenalkan pentingnya menumbuhkan minat dan mengadakan lomba-lomba sebagai wadah siswa untuk berpartisipasi aktif. Kata Kunci : peran, literasi bahasa, minat baca, menulis 

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 3 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 1 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 1 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 3 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 12 No. 3 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue