cover
Contact Name
Muhammad Hakiki
Contact Email
mjurnalpengabdian@gmail.com
Phone
+6285963014812
Journal Mail Official
mjurnalpengabdian@gmail.com
Editorial Address
Jalan Arteri Supadio, Komplek Pondok Indah Lestari, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Masyarakat: Jurnal Pengabdian
ISSN : 30480531     EISSN : 30480760     DOI : https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1
Core Subject : Education,
Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Sains.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2025)" : 20 Documents clear
PELATIHAN PENGISIAN PELAPORAN SURAT PEMBERI TAHUAN PAJAK TAHUNAN WAJIB PAJAK PRIBADI BAGI STAF LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK Pahmi, Saepul; Pratiwi, Widiya; Yuliartika, Dina
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.319

Abstract

Pelaporan pajak merupakan salah satu aspek penting dalam sistem perpajakan yang mempengaruhi penerimaan negara dan keberlanjutan pembangunan ekonomi. Namun, meskipun pelaporan pajak adalah kewajiban bagi setiap wajib pajak, banyak tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, baik dari sisi administrasi maupun kepatuhan wajib pajak. Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap wajib pajak di Indonesia. Dalam sistem perpajakan, Surat Pemberitahuan Tahunan memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pajak, serta memastikan keadilan dalam pemungutan pajak. Meskipun sering dianggap sebagai beban administratif, pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi wajib pajak, baik dari sisi hukum, ekonomi, maupun sosial. Berdasarkan hal itu maka kami mengadakan kegiatan pelatihan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan pajak bagi staf Lembaga Perlindungan Anak Nusa Tenggara Barat agar dapat membantu para staf dalam pelaporan pajak.
PELATIHAN PEMBUKUAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH Ardillah, Kenny
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.324

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, banyak pengusaha UMKM yang belum memahami pentingnya penerapan Standar Akuntansi Keuangan dalam pengelolaan keuangan usaha mereka. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pengusaha UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Sasaran kegiatan PKM ini adalah pengusaha UMKM yang berdomisili di Jabodetabek. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini yaitu pelatihan dengan metode pembelajaran secara partisipatif. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 11 Maret 2023 dan 12 Maret 2023 pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.30. Penyelenggaraan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini telah diselenggarakan dengan baik melalui pencapaian nilai rata-rata sebesar 4,67 pada skor akhir kebermanfaatan kegiatan pada kuesioner dan tercapai peningkatan pemahaman pengusaha UMKM terhadap pembukuan dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu pengusaha UMKM dalam meningkatkan transparansi dan daya saing di pasar melalui pelaporan keuangan yang akurat dan transparan.
PELATIHAN PEMETAAN JENIS KECERDASAN SISWA UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Prijambodo, Raden Firman Nurbudi; Punggeti, Ratna Novita; Azizah, Lutfiana Fazat
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.329

Abstract

Tujuan pelatihan pemetaan jenis kecerdasan siswa adalah untuk meningkatkan pembelajaran melalui pemahaman yang lebih baik tentang gaya belajar siswa dan kecerdasan majemuk (Multi intelligences). Di SDN Gunggung Sumenep, para guru berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu guru memahami berbagai jenis kecerdasan yang dapat dipelajari siswa mereka, termasuk linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui gaya belajar siswa yang paling populer, baik visual maupun kinestetik. Untuk memberikan pelatihan, teori dibahas, diskusi interaktif, dan praktik langsung, seperti mengisi angket kecerdasan dan melihat perilaku siswa, digunakan. Gambaran kecenderungan kecerdasan siswa dikumpulkan melalui analisis data pemetaan, yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk membuat strategi pembelajaran yang lebih sesuai dan berhasil. Pembelajaran dapat dipersonalisasi dengan strategi ini, yang dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru memiliki pemahaman yang lebih baik terkait penerapan konsep kecerdasan majemuk dalam pembelajaran. Guru mulai mengintegrasikan hasil pemetaan dalam proses pengajaran dengan menciptakan metode dan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Hal ini berkontribusi pada peningkatan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan menyenangkan. Namun, kegiatan ini juga menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan keterampilan guru dalam mengelola data pemetaan. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Gunggung Sumenep. Keberlanjutan program ini memerlukan dukungan berkelanjutan berupa pendampingan, penyediaan fasilitas, serta pelatihan lanjutan agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.
PENERAPAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF STRUKTUR ALJABAR Ramadhani, Ramadhani; Rais, Hidayati
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.330

Abstract

Meskipun teknologi digital telah berkembang pesat, penerapannya di Universitas Merangin belum optimal. Sebagian besar dosen masih bergantung pada materi konvensional berupa teks atau slide sederhana tanpa elemen visual yang menarik. Adapun tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penerapan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Merangin. Kegiatan ini mencakup analisis kebutuhan, pelatihan, penerapan di kelas, dan evaluasi. Metode pelaksanaan kegiatan ini dirancang untuk memastikan penerapan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif Struktur Aljabar dapat berjalan secara efektif dan memberikan dampak yang signifikan pada proses pembelajaran. Tahapan implementasi kegiatan ini melibatkan serangkaian langkah yang sistematis, seperti persiapan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada mahasiswa prodi pendidikan matematika universitas merangin sebagai mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan Canva mempermudah mahasiswa dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis. Evaluasi menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman mahasiswa sebesar 33,33%. Kendala teknis yang dihadapi sebagian kecil mahasiswa menjadi masukan untuk pengembangan pelatihan lebih lanjut. Hasil akhir meliputi desain media pembelajaran inovatif yang relevan dengan materi Struktur Aljabar dan peningkatan keterampilan teknologi mahasiswa.
SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING DAN PEMBAGIAN MAKANAN TAMBAHAN UNTUK ANAK DI DESA WAEBELA Tai, Yulita Kristina; Dan, Emerensiana; Maku, Karmelia Rosfinda Meo
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.334

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan serius yang dapat menghambat perkembangan fisik dan kognitif anak akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang. Desa Waebela, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu daerah yang menghadapi permasalahan stunting yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan sosialisasi pencegahan stunting dan pembagian makanan tambahan bagi anak-anak di desa tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan observasi partisipatif. Partisipan penelitian terdiri dari ibu-ibu dengan anak balita, kader posyandu, tenaga kesehatan, serta tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pemahaman masyarakat tentang stunting mulai meningkat, masih terdapat kekurangan pemahaman mengenai dampak jangka panjang stunting, terutama terhadap perkembangan kognitif anak. Pembagian makanan tambahan terbukti efektif dalam meningkatkan status gizi anak, namun terdapat tantangan terkait keterbatasan sumber daya dan pengetahuan tentang pengolahan makanan bergizi. Kader posyandu dan tenaga kesehatan memainkan peranan penting dalam menyampaikan informasi dan memberikan dukungan kepada keluarga, meskipun mereka menghadapi kendala pelatihan dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan penyuluhan yang lebih intensif, pelatihan kepada kader posyandu, serta pemanfaatan bahan makanan lokal untuk mendukung keberlanjutan program pencegahan stunting di Desa Waebela.
PENYULUHAN MENTAL HEALTH PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Lestariningsih, Nofita; Anjarsari, Dewi; Dewi, Kustiyanti; Widiastuti, Putri Ayu
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.336

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir pada prodi PGSD di STKIP Modern Ngawi belum pernah mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan mental. kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran mahasiswa tingkat akhir akan kesehatan mental pada mahasiswa tingkat akhir pada Program Pendidikan PGSD STKIP Modern Ngawi, sehingga dapat menstimulus mental yang sehat dan siap menyelesaikan tugas skripsi sampai tuntas. Dalam metode pendekatan edukasi dan praktik secara langsung pengabdian masyarakat ini dengan menyampaian materi edukasi, seminar, diskusi, sharing serta tanya jawab, dan di akhiri sesi mengisi kuesioner serta berbagai media digunakan dalam kegiatan ini, antara lain flyer, banner, laptop, proyektor, seera ponsel untuk mengisi kuesioner. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan dalam upaya kesehatan mental mahasiswa tingkat akhir dengan bantuan praktis sehingga menjadikan mahasiswa dapat mengelola kesehatan mental selain itu antusiasme mahasiswa tinggi, ada total keseluruhan 50 yang hadir. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, terdapat peningkatan ilmu pengetahuan terkait kesehatan mental dan cara menanganinya. Implikasi dari kolaborasi dosen dengan mahasiswa tingkat akhir memberikan dampak sangat positif. Serta bagi mahasiswa tingkat dasar dapat menambah wawasan dan gambaran untuk mengatasi kesehatan mental jika mengalami gangguan.
EDUKASI MANFAAT SHOLAT UNTUK KESEHATAN MUSKULOSKELETAL PADA LANSIA Setianto, Gigih; Setyawan, M. Ghilang Maulud; Risdiani, Risdiani; Fuad, Asfal
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.347

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya anggota Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Doro di Kabupaten Pekalongan, mengenai manfaat sholat untuk kesehatan muskuloskeletal. Gangguan muskuloskeletal, seperti osteoarthritis dan nyeri punggung bawah, sering dialami oleh lansia dan dapat menurunkan kualitas hidup mereka. Program ini dirancang untuk menyadarkan masyarakat bahwa gerakan sholat, jika dilakukan dengan benar, dapat berfungsi sebagai terapi fisik ringan yang efektif untuk menjaga kesehatan muskuloskeletal. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini adalah pendekatan berbasis pemberdayaan masyarakat melalui ceramah, diskusi, demonstrasi praktik, dan evaluasi. Program ini dilaksanakan di PCA Doro dengan melibatkan anggota lansia sebagai peserta utama. Tahapan pelaksanaan meliputi sosialisasi, pemberian edukasi dalam tiga sesi (pengenalan kesehatan muskuloskeletal, manfaat sholat, dan diskusi interaktif), demonstrasi praktik gerakan sholat yang benar, serta evaluasi hasil kegiatan melalui pre-test dan post-test. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai kesehatan muskuloskeletal dan manfaat sholat. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam mempraktikkan gerakan sholat yang benar. Implikasi dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui ibadah sholat, yang tidak hanya memperbaiki kualitas hidup individu tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Program ini diharapkan dapat menjadi model edukasi berkelanjutan di wilayah lain.
PENERAPAN KOMPRES BAWANG MERAH TERHADAP INTENSITAS NYERI SENDI PADA LANSIA PENDERITA GOUT ARTHRITIS Fadila, R. A
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.348

Abstract

Gout arthritis merupakan proses inflamasi akibat deposisi kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi, terutama pada kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, lutut, dan siku. Salah satu intervensi non-farmakologis untuk mengurangi nyeri adalah kompres bawang merah, yang mengandung flavonoid dengan sifat anti-inflamasi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengajarkan penerapan kompres bawang merah untuk menurunkan intensitas nyeri sendi pada lansia penderita gout arthritis. Kegiatan dilaksanakan pada 15–17 Maret 2024 di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang dengan sampel 30 orang lansia. Intensitas nyeri diukur menggunakan Numeric Rating Scale (NRS) dan dianalisis dengan Paired Samples t-Test. Hasil menunjukkan rata-rata nyeri sebelum intervensi adalah 5,07, dan setelah intervensi menurun menjadi 3,47 dengan p-value 0,000 (p < 0,05), yang berarti kompres bawang merah efektif mengurangi nyeri sendi. Implikasi kegiatan ini mencakup penurunan nyeri, peningkatan mobilitas, peningkatan pengetahuan lansia, penghematan biaya pengobatan, dan peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan sendi.
TRAINING OF TRAINER SAKSI PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2024 Mahyuni, Mahyuni; Syafari, Muhammad Riduansyah; Hadiyanor, Enly; Krayadi, Sugeng; Fatori, Ach; Kaysfi, Muhammad Farisan
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.350

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan saksi melalui program Training of Trainer (ToT) yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2024. Metode program ini mencakup pelatihan tatap muka, simulasi, diskusi kelompok, dan evaluasi komprehensif, dengan fokus pada pemahaman hak, tugas, dan kewajiban saksi pada Pilkada. Hasil pelaksanaan program menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap mekanisme Pilkada dan pengawasan suara. ToT berperan efektif dalam menyiapkan saksi yang lebih kompeten, mendukung pelaksanaan Pilkada sehingga dapat berdampak terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap proses Pilkada, sehingga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga demokrasi yang sehat dan berintegritas.
PELATIHAN PENGENALAN HURUF DAN ANGKA MENGGUNAKAN APLIKASI QREATIF Latifah, Rizka; Setiani, Hani; Tristanti, Novi
Masyarakat: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2025)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58740/m-jp.v2i1.352

Abstract

Salah satu tantangan umum dalam pendidikan anak usia dini adalah kurangnya penguasaan anak terhadap pengenalan huruf dan angka. Masalah kurangnya pengenalan huruf dan angka pada anak usia dini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Adapun tujuan utama pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak usia dini menggunakan aplikasi Qreatif “Calistung”. Aplikasi Qreatif “Calistung” hadir sebagai solusi inovatif yang menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Melalui aplikasi ini, anak-anak dapat dengan mudah mengenal huruf dan angka, sehingga mampu mempersiapkan mereka untuk tahap pendidikan selanjutnya. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan dan ceramah. Pelaksaan pelatihan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu: pengenalan huruf, pengenalan angka, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan di TK Kemiri 03 Kebakramat, aplikasi Qreatif “Calistung” mendapatkan feedback positif dan mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan angka peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 20