cover
Contact Name
Borisman Bertinegara
Contact Email
jurnaljim.lpc@gmail.com
Phone
+6285239778771
Journal Mail Official
jurnaljim.lpc@gmail.com
Editorial Address
Lumbung Pare Cendekia Jl. Raya Praya-Mantang KM.07 Aik Mual, Lombok Tengah - NTB 83511 email : jurnaljim.lpc@gmail.com
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Published by Lumbung Pare Cendekia
ISSN : 30263808     EISSN : 30263808     DOI : https://doi.org/10.60126/jim
Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews related to multidisciplinary research. JIM welcomes and recognizes high quality theoretical and empirical research papers, case studies, review papers, literature reviews, book reviews, conceptual frameworks, analysis and simulation models, technical notes related to research from researchers, academics, professionals, practitioners, and students.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025" : 11 Documents clear
Optimalisasi Teknik Shooting Dalam Bola Basket Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Arianta, I Kadek Nosa; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1047

Abstract

Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga yang menuntut penguasaan keterampilan teknik dasar, terutama teknik shooting, yang menjadi kunci utama dalam mencetak poin. Namun, kenyataannya banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menguasai teknik ini, salah satunya disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan keterampilan shooting pada pembelajaran bola basket, khususnya dalam konteks pendidikan jasmani di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur terhadap berbagai artikel ilmiah dan jurnal nasional terakreditasi dari tahun 2010–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif seperti STAD, Jigsaw, dan permainan mini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan shooting peserta didik. Penerapan strategi latihan berbasis kerja sama mendorong peningkatan aspek teknis seperti kecepatan, kelincahan, koordinasi motorik, serta ketepatan tembakan. Selain itu, model ini juga memperkuat aspek sosial seperti interaksi, motivasi, tanggung jawab, dan komunikasi antar siswa. Latihan yang dilakukan secara berkelompok dengan variasi teknik seperti shooting relay dan rotasi posisi memberikan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan partisipatif. Kajian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru PJOK dan pelatih olahraga dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan relevan untuk mengoptimalkan keterampilan shooting siswa.
Hubungan Antara Koordinasi Mata dan Tangan dengan Ketepatan Shooting Pada Permainan Bola Basket Untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik Cindrawan, Putu Arya Gita; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1048

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam hubungan fungsional antara koordinasi mata dan tangan dengan tingkat ketepatan shooting dalam permainan bola basket, serta bagaimana penerapan teknik shooting yang efektif dapat berperan dalam pembentukan karakter disiplin pada peserta didik. Melalui metode studi literatur, penelitian ini menelaah berbagai artikel ilmiah nasional maupun internasional yang diterbitkan pada rentang waktu 2021 hingga 2024, dengan fokus pada aspek koordinasi visual-motorik dan pengaruhnya terhadap performa teknik shooting, serta kontribusinya dalam pengembangan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan sportivitas dalam konteks pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Hasil temuan mengindikasikan bahwa koordinasi mata dan tangan yang terlatih secara optimal meningkatkan akurasi shooting, dan pembelajaran berbasis permainan yang menitikberatkan pada penguasaan teknik shooting mampu menjadi media efektif dalam menumbuhkan sikap disiplin yang berkelanjutan pada peserta didik. Oleh karena itu, kajian ini memberikan rekomendasi strategis untuk mengintegrasikan pelatihan koordinasi dan teknik shooting dalam kurikulum olahraga yang tidak hanya berorientasi pada peningkatan keterampilan fisik tetapi juga pada pembentukan karakter positif peserta didik secara holistik.
Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Penguasaan Teknik Pivot Pada Permainan Bola Basket Yoga, I Komang Indra Agastya Ananta; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan penguasaan teknik pivot pada permainan bola basket. Metode yang digunakan adalah studi kajian literatur dengan menelaah 20 artikel ilmiah yang dipublikasikan pada periode 2015–2024 melalui Google Scholar, ResearchGate, dan repositori jurnal nasional. Literatur yang dipilih memenuhi kriteria inklusi berupa relevansi topik, kredibilitas sumber, serta keterkaitan langsung dengan pembelajaran kooperatif dan keterampilan pivot. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan teknik pivot, baik melalui pengulangan latihan maupun melalui interaksi sosial antar siswa. Pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, kontekstual, dan partisipatif sehingga mampu meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, serta kerja sama tim. Selain penguasaan teknis, strategi ini juga mendukung pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab, dan sportivitas peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif dapat dipandang sebagai pendekatan yang holistik dan efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik dasar sekaligus nilai-nilai pendidikan karakter dalam pendidikan jasmani.
Pengaruh Latihan Berbasis Game Terhadap Penguasaan Taktik Permainan Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar Jayanti, Ni Putu Sinta Putri; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1068

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh latihan berbasis game terhadap penguasaan taktik permainan bola basket pada siswa sekolah dasar. Kajian dilakukan melalui metode studi literatur dengan menganalisis artikel dan jurnal ilmiah yang relevan, diperoleh dari basis data seperti Google Scholar, ResearchGate, dan ScienceDirect. Literatur dipilih berdasarkan kriteria inklusi seperti relevansi topik, fokus pada anak usia sekolah dasar, dan validitas sumber, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi temuan, metode, dan faktor yang memengaruhi efektivitas latihan berbasis game. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif meningkatkan pemahaman taktik seperti pergerakan tanpa bola, pemilihan posisi, dan kerja sama tim. Selain itu, latihan berbasis game juga berkontribusi pada peningkatan keterampilan teknis, kepercayaan diri, motivasi, dan kemampuan pengambilan keputusan cepat. Efektivitasnya dipengaruhi oleh usia, tingkat kemampuan, dan kualitas bimbingan pelatih, sehingga program latihan perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Temuan ini menegaskan bahwa latihan berbasis game merupakan strategi potensial untuk mengoptimalkan pembelajaran taktik bola basket di tingkat sekolah dasar.
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar Saputra, I Putu Surya Dwipayana Arta; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1086

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar permainan bola basket pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan studi literatur. Model pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan yang menekankan kolaborasi siswa dalam kelompok kecil guna mencapai tujuan pembelajaran bersama. Dalam konteks pendidikan jasmani, khususnya pembelajaran bola basket, model ini diyakini dapat meningkatkan keterampilan motorik, pemahaman konsep permainan, serta aspek sosial seperti kerja sama dan komunikasi. Kajian ini menganalisis berbagai artikel ilmiah dari jurnal nasional dan internasional yang relevan dan terbit dalam lima tahun terakhir. Fokus utamanya adalah penerapan model kooperatif dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Hasil telaah menunjukkan bahwa pendekatan ini secara konsisten berdampak positif pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Misalnya, Sulaiman dan Safitri (2020) menyatakan bahwa “siswa mengalami peningkatan signifikan dalam penguasaan teknik dasar passing setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD”. Selain memberikan dampak positif, implementasi model ini juga menunjukkan pentingnya peran guru dalam merancang aktivitas yang sistematis dan menyesuaikan dengan karakteristik siswa. Implikasi dari kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga relevan untuk membentuk lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif. Ke depan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan variasi model kooperatif yang sesuai dengan dinamika kelas dan kebutuhan individual siswa di jenjang sekolah dasar.
Pengaruh Penguasaan Teknik Passing Terhadap Kinerja Tim Dalam Permainan Bola Basket Putra, Kadek Denis Adi; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1104

Abstract

Kinerja tim dalam permainan bola basket ditentukan oleh kemampuan individu dalam menerapkan teknik-teknik dasar secara efektif, salah satunya adalah teknik passing. Passing merupakan keterampilan dasar yang berperan penting dalam menjaga aliran bola, membangun strategi serangan, serta menciptakan kerja sama antarpemain. Penguasaan teknik passing yang baik memungkinkan tim untuk menjaga tempo permainan, menciptakan peluang, dan menekan kesalahan individu maupun kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif bagaimana penguasaan teknik passing memengaruhi kinerja tim dalam permainan bola basket. Penelitian menggunakan metode studi literatur yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber ilmiah dari jurnal, buku, dan artikel terkait topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan passing dengan efektivitas permainan tim. Passing adalah elemen penting dalam bola basket sebagai bentuk komunikasi tim. Lebih dari sekadar mengoper bola, passing mencerminkan strategi, kerja sama, dan kecerdasan bermain. Ketepatan, kecepatan, dan variasi jenis passing terbukti mampu meningkatkan kohesi tim, efisiensi serangan, serta mengurangi angka turnover. Selain itu, penguasaan teknik passing juga berkontribusi terhadap pembentukan strategi kolektif dan komunikasi antar pemain selama pertandingan. Ketepatan dan jenis passing menunjukkan pemahaman pemain terhadap situasi permainan. Teknik ini juga membantu membongkar pertahanan lawan dan menciptakan peluang mencetak poin. Tanpa passing yang baik, serangan tim sulit terbangun. Karena itu, penguasaan passing harus dilatih sejak dini sebagai dasar dari strategi tim dan keberhasilan permainan. Penelitian ini memberikan landasan teoretis bagi pelatih, guru PJOK, dan praktisi olahraga untuk menempatkan pembelajaran passing sebagai prioritas dalam latihan tim.
Idiosyncratic Risk, Economic Activity, and Sectoral Growth: Structural Linkages with Inflation, SDGs Affordability, and Economic Performance in Asian Economies Asri, Marselinus
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1194

Abstract

This study investigates the structural relationships between idiosyncratic risk, economic activity, sectoral GDP output, inflation, Sustainable Development Goals (SDGs) affordability, and economic growth in selected Asian economies. Using Structural Equation Modeling (SEM), the research analyzes how sector-specific risks and macroeconomic factors influence economic performance. Data on macroeconomic indicators, sectoral output, and risk measures were collected from official statistical agencies and international financial databases. The model results reveal that idiosyncratic risk exerts a strong positive and significant influence on sectoral GDP, suggesting that sector-specific volatility may foster growth opportunities or higher returns. However, idiosyncratic risk does not have a significant direct effect on overall economic activity. Economic activity is shown to significantly influence both sectoral GDP and economic growth, underscoring its role as a central driver of economic performance. The analysis also reveals a strong negative effect of SDGs affordability on sectoral GDP, indicating potential short-term trade-offs between sustainability investments and sectoral output. Inflation demonstrates a moderate positive and significant effect on GDP sector performance, suggesting that controlled price increases may stimulate production and investment. Conversely, GDP sector output does not have a significant direct impact on overall economic growth, implying that sector-specific output gains require complementary macroeconomic mechanisms to translate into broad-based growth. These findings highlight the complex interplay between risk, macroeconomic policy, and sustainability objectives, offering valuable insights for policymakers seeking to balance growth, stability, and sustainable development.
Pengaruh Permainan Kartu Kuartet dan Ludo Sebagai Media Edukasi Pemilahan Sampah Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pada Siswa SD Negeri Percobaan 4 Wates Nurhanifah, Adelia; Suyanto, Adib; Ganefati, Sri Puji; Istiqomah, Siti Hani
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1195

Abstract

Kurangnya pengetahuan, sikap, dan perilaku terkait kesadaran pada pemilahan sampah pada anak-anak usia 7-11 tahun, hal ini ditandai dengan membuang sampah tidak sesuai jenisnya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam pemilahan sampah dengan media edukasi permainan kartu kuartet dan ludo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media edukasi kartu kuartet dan ludo terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku pemilahan sampah pada siswa SD Negeri Percobaan 4 Wates. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan Pre test and Post test Group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Wates dengan jumlah 56 siswa. Analisis data menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku dari kedua media edukasi. Pada pengetahuan dan sikap dari kedua media didapatkan nilai Asymp,Sig. ,000 yang berarti nilai Asymp, Sig<0,05 sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua kelompok. Pada tingkat perilaku didapatkan nilai Asymp,Sig. ,004 yang berarti nilai Asymp, Sig. juga >0,05 sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua kelompok. Dari hasil analisis data diketahui media paling berpengaruh adalah permainan Ludo dengan nilai selisih mean rank tertinggi yaitu, 36,00 pada pengetahuan, 36,75 pada sikap, dan 34,00 pada perilaku. Media edukasi permainan kartu kuartet dan ludo memiliki pengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa dalam memilah sampah di SD Negeri Percobaan 4 Wates. Di antara keduanya, media edukasi yang paling berpengaruh adalah permainan ludo.
Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Pada Sekolah Dasar Kelas V Menggunakan Adobe Animate Mboeik, Joash Adiel; Nugraha, Febrianta Surya; Turmudi, Hadis
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1196

Abstract

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Adobe Animate pada mata pelajaran IPAS sistem pencernaan di SD Kristen Widya Wacana 10 Kartasura. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai apakah media interaktif yang dibuat efektif untuk membantu proses belajar mengajar di SD Kristen Widya Wacana 10 Kartasura. Penelitian ini memiliki batasan yaitu Media ini hanya dapat di jalankan di komputer atau desktop, kemudian yang tentunya media ini hanya memuat materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, kemudian untuk metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan menggunakan Model Peneltian ADDIE, serta sifat dari penelitian ini deskriptif. Sesuai hasil dari penelitian yang dilakukan penulis, bahwa media pembelajaran interaktif sistem pencernaan cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman terbukti dengan pada uji post-test siswa mendapat rata-rata nilai lebih banyak dari pada nilai rata-rata uji pre-test. Penulis juga memberikan angket kepada guru IT untuk menguji kevalidan media serta guru pengampu untuk menguji kevalidan materi, hasilnya untuk kevalidan media mendapat skor 58,33% masuk kedalam kategori cukup valid dan untuk kevalidan materi mendapat skor 64,58% % masuk kedalam kategori valid.
Politik Ketahanan Iklim: Analisis Tata Kelola Bencana Banjir dan Transformasi Kerentanan Sosial – Ekonomi Masyarakat Urban di Era Disrupsi Perubahan Iklim Mustikaningsih, Wening; Ananda, Annisa Rizki
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i8.1197

Abstract

Perubahan iklim global telah meningkatkan frekuensi dan intensitas bencana banjir, terutama di wilayah urban dengan kerentanan sosial–ekonomi tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis transformasi kerentanan sosial–ekonomi pedagang pasar kuliner Pelabuhan Rambang, Kota Palangkaraya, dalam menghadapi bencana banjir di era disrupsi perubahan iklim, serta mengkaji peran tata kelola bencana dalam membangun ketahanan iklim. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan landasan Social–Ecological Vulnerability Theory, data diperoleh melalui wawancara mendalam semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan NVivo 15 untuk proses pengkodean dan pemaknaan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerentanan pedagang dipengaruhi oleh interaksi faktor fisik (topografi, curah hujan, tanah gambut), faktor ekonomi (ketergantungan pendapatan harian), dan faktor tata kelola (ketidaksinkronan kebijakan makro–mikro). Meskipun menghadapi keterbatasan, komunitas pedagang mengembangkan kapasitas adaptif berbasis modal sosial melalui jaringan solidaritas. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa penguatan ketahanan iklim memerlukan tata kelola bencana yang terintegrasi dan responsif, dengan kolaborasi pemerintah–komunitas, penataan ruang berbasis risiko, penguatan sistem peringatan dini, dan pengembangan infrastruktur adaptif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025 Vol. 3 No. 9 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, September 2025 Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025 Vol. 3 No. 7 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2025 Vol. 3 No. 6 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juni 2025 Vol. 3 No. 5 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Mei 2025 Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, April 2025 Vol. 3 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Maret 2025 Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Februari 2025 Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Januari 2025 Vol. 2 No. 12 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Desember 2024 Vol. 2 No. 11 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, November 2024 Vol. 2 No. 10 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2024 Vol. 2 No. 9 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, September 2024 Vol. 2 No. 8 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2024 Vol. 2 No. 7 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2024 Vol. 2 No. 6 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juni 2024 Vol. 2 No. 5 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Mei 2024 Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, April 2024 Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Maret 2024 Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Februari 2024 Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Januari 2024 Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Desember 2023 Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, November 2023 More Issue