cover
Contact Name
Mariyadi
Contact Email
tjole@untan.ac.id
Phone
+6289646411338
Journal Mail Official
mariyadi@untan.ac.id
Editorial Address
Universitas Tanjungpura, Jl. Profesor Dokter H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE)
ISSN : 30484294     EISSN : 30484286     DOI : https://doi.org/10.26418/tjole
Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE) is an open access journal that refereed publication devoted to research articles and conceptual articles concerned with assessment and testing in language learning and education, applied linguistics methodologies and issues, classroom language teaching issues, culture and power in language education, language curriculum development and implementation, effective methods for language teaching, diversity, multiculturalism and language education, gender, language and higher education, language skills, development, and issues, language learning and identity, literacy, bilingualism and bilingual education, and teacher training, gender and equality in language education. This journal is an academic journal published twice a year in Mei and November by Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2024)" : 6 Documents clear
The Efficacy of Podcast in EFL Learning: A Systematic Literature Review Khoiriyah, Nisa; Ummah, Nasihatul; Hidayani, Selnistia
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i2.81709

Abstract

This study explores the effectiveness of podcasts in enhancing English language skills for EFL learners. A systematic literature review was employed to analyze research published between 2019 and 2024. The findings reveal podcasts as a versatile tool, potentially improving various language skills. Listening comprehension emerged as a particular strength, with studies showing increased student engagement and understanding. Exposure to native speakers through podcasts can also benefit speaking fluency, accuracy, vocabulary, and pronunciation. Combining podcasts with activities like podcast creation or self-awareness training can further refine speaking and pronunciation skills. Overall, podcasts offer a promising and engaging approach for EFL instruction. However, their effectiveness depends on targeted skills, learning context, and curriculum integration. While limitations exist, the potential benefits of podcasts for motivation, engagement, and language development make them a valuable asset in the modern EFL classroom.
Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Fitri, Siti Jihadia
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i2.79556

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi tiktok pada siswa Man Kota Singkawang. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemecahan masalah dilihat dengan menggambarkan keadaan suatu benda atau benda. Setelah itu diperoleh data berdasarkan fakta yang terdapat pada objek tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah konfirmasi dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pendekatan analisis deskriptif ini untuk melihat pendapat siswa tentang penggunaan media tiktok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Kemudian instrumen yang digunakan peneliti adalah angket yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Penelitian yang digunakan dapat berupa tabel, grafik, median, modus, rata-rata, perhitungan persen dan persentase yang semuanya diterjemahkan ke dalam analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat setuju dengan penggunaan tiktok sebagai media pembelajaran. Aplikasi tiktok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, dengan berkreasi menggunakan tiktok, siswa mampu mengembangkan dan meningkatkan daya inovatif siswa dalam belajar bahasa Indonesia. dengan aplikasi tiktok siswa dapat berkreasi melalui video pendek.  
Pandangan Guru terhadap Pemanfaatan TikTok pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Satyabuwana, Lenggar Khalifahtullah
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i2.85439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dan siswa terhadap penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, serta pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap Tik Tok bervariasi di antara responden, dengan sebagian menyatakan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan membantu dalam kelancaran pembelajaran, sementara yang lain mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Penggunaan Tik Tok sebagai media pembelajaran memberikan dampak positif pada proses belajar, terutama dalam hal memberikan materi yang bervariasi dan menarik. Evaluasi terhadap pemanfaatan Tik Tok juga diperlukan untuk mengidentifikasi kendala yang perlu diperbaiki guna meningkatkan efektivitasnya dalam pembelajaran. Solusi seperti melaksanakan pembelajaran kelompok juga menjadi alternatif untuk mengatasi masalah teknis seperti masalah jaringan dan kuota internet yang kurang memadai.
Persepsi Peserta PPG terhadap Pemanfaatan LMS dalam Pembelajaran Profesi Guru Bahasa Indonesia Zahra, Fadhila Amanda
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i2.79348

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meneliti pandangan peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan terhadap pemanfaatan sistem Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran profesi guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif yang berfokus pada pengungkapan pandangan penggunaan LMS oleh peserta PPG. Data dalam penelitian ini berupa tanggapan secara terbuka dari perwakilan peserta PPG Prajabatan Guru Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura tahun angkatan 2023-2024 yang berjumlah 7 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara semi terstruktur yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data tematik. Penelitian ini berhasil mengungkap empat tema (kegunaan, kemudahan, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas) berserta beberapa subtema mengenai pandangan peserta PPG Prajabatan Guru Bahasa Indonesia terhadap pemanfaatan LMS dalam pembelajaran Blended Learning. Pada tema kegunaan terdiri dari subtema berguna untuk aktivitas akademik dan pemberikan pengetahuan baru. Pada tema pengaruh sosial yang terdiri dari dosen yang merekomendasikan penggunaan. Pada tema kemudahan terdiri dari subtema mudah diakses dan dapat digunakan sesuai keinginan. Pada tema kondisi fasilitas terdiri dari perangkat sesuai dengan LMS yang digunakan.
Persepsi Guru Bahasa Indonesia terhadap Pemanfaatan Google From sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Lestari, Kristi Inda
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i2.79739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap pemanfaatan Google From sebagai media bantu pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan memanfaatkan data penelitian berupa   tanggapan guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Sekolah Menengah Atas terhadap Google From. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui teknik wawancara semi terstruktur terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Kota Pontianak dan telah terkonfirmasi menggunaakn Google Form selama proses pembelajaran terutama dalam melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pembelajaran. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data tematik yang berhasil mengungkap tema umum dari persepsi guru yakni persepsi Kemudahan Penggunaan, Kecanggihan Aplikasi, Kegunaan Aplikasi, dan Keberlanjutan Penggunaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google From sangat membantu guru di Sekolah Menengah Atas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam melakukan evaluasi pembelajaran.
Persepsi Mahasiswa terhadap Pemanfaatan ChatGPT dalam Proses Belajar di Universitas Haludi, Haludi
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i2.79410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan ChatGPT dalam proses belajar mengajar di lingkungan universitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif tentang pengalaman dan pendapat mahasiswa terkait penggunaan teknologi ChatGPT dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan beragam perspektif mahasiswa terhadap efektivitas, kelebihan, dan kendala pemanfaatan ChatGPT dalam meningkatkan pengalaman belajar mereka di universitas. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki potensi besar untuk meningkatkan proses belajar mengajar di universitas, terutama karena kegunaannya dalam memberikan pengetahuan baru dan meningkatkan efisiensi pekerjaan, kemudahannya dalam akses dan penggunaan, serta pengaruh sosial dan kondisi fasilitas yang mendukung. Namun, adopsi teknologi ini masih tergantung pada kebutuhan individu dan ketersediaan alternatif lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2024 2024