cover
Contact Name
Machrus Ali
Contact Email
lppm.undar1965@gmail.com
Phone
+6285733126839
Journal Mail Official
najihulhudaundar65@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gus Dur No.29A, Mojongapitindah, Mojongapit, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61419
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Arsy
Published by Universitas Darul Ulum
ISSN : 25804286     EISSN : 28100026     DOI : https://doi.org/10.32492/arsy.v9i1
Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: 2810-0026
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2023): Arsy : Jurnal Studi Islam" : 5 Documents clear
Hubungan Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Jombang A'yun, Qurrotu
Arsy Vol. 7 No. 1 (2023): Arsy : Jurnal Studi Islam
Publisher : Universitas Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tesis ini membahas kinerja guru di MI Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan mengungkap Program-program kinerja  yang diterapkan dan diaktualisasikan dalam membentuk karakter/akhlak siswa dan mengungkap dampak dari pembiasaan dari budaya keagamaan terhadap karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian survey lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah tenaga pendidik atau guru MI Jombang. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa variable motivasi guru memberikan kontribusi yang besar terhadap variable kinerja guru MI di Jombang.  Artinya ketika seorang guru dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran dan sanggup mengembangkan kinerja dengan baik maka guru tersebut sanggup mengembangkan kompetensinya dan membuat kinerja guru tersebut meningkat. Guru yang memiliki self-determination, akan bisa bekerjasama dan berkoordinasi dengan fihak lain demi kelancaran proses pemebalajaran, sehingga segala bentuk permasalahan akan cepat teratasi dengan adanya kerjasama dan koordinasi dengan pihak lain.
Tantangan Dan Peran Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Disintegrasi Moral Di Era Revolusi Industri 4.0 Huda, Khoirul; Aswiyanto, Aswiyanto
Arsy Vol. 7 No. 1 (2023): Arsy : Jurnal Studi Islam
Publisher : Universitas Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pondok pesantren saat ini menunjukkan peran besar sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghadirkan alternatif baru dalam sistem pembelajaran di era modern. Pada era modern seperti saat ini pondok pesantren dihadapkan kepada perubahan sistem sosial dan teknologi yang begitu cepat. Masyarakat sekarang ini menghendaki perubahan tata nilai kehidupan sosial dan struktur masyarakat modern dengan karakteristik sebagai antitesa dari masyarakat tradisional. Riset ini menggunakan pendekatan library research (kajian kepustakaan) dengan membahas tema dan topik terkait. Disini penulis hanya memfokuskan terhadap tantangan sistem pendidikan pesantren di era revolusi industri. Bagaimana tantangan yang akan dihadapi pondok pesantren dan langkah apa yang harus dilakukan oleh pondok pesantren. Era revolusi industri yang cukup menimbulkan kecemasan terhadap ancaman lunturnya nilai-nilai religi, pendidikan karakter disini sangatlah penting karena dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap karakter anak bangsa. Oleh sebab itu, pesantren disini telah mampu memberi peranannya sebagai lembaga pendidikan Islam yang lebih mengedepankan akhlakul karimah. Sehingga masalah-masalah yang terjadi di era revolusi industri tidak menjadi beban lagi dalam memperbaiki kekurangankekurangan yang terjadi selama ini.
Konsep Tarbiyah Ruhaniyah dalam Pemikiran Imam Ghozali Studi Perbandingan dengan Pendidikan Modern Izzat Annajiyah; Duwila , Marjuki
Arsy Vol. 7 No. 1 (2023): Arsy : Jurnal Studi Islam
Publisher : Universitas Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep tarbiyah ruhaniyah (pendidikan spiritual) dalam pemikiran Imam Al-Ghazali serta membandingkannya dengan prinsip-prinsip pendidikan modern. Dalam karya-karyanya, seperti Ihya Ulumuddin, Al-Ghazali menekankan pentingnya pembentukan karakter dan penyucian hati sebagai inti dari pendidikan. Konsep ini bertumpu pada integrasi nilai-nilai spiritual, akhlak, dan pendekatan praktik yang bertahap dalam mendidik jiwa individu. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis tekstual terhadap karya-karya Al-Ghazali serta tinjauan terhadap literatur pendidikan modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarbiyah ruhaniyah Al-Ghazali berfokus pada tiga aspek utama: pembinaan niat, pengendalian hawa nafsu, dan kedekatan dengan Allah melalui ibadah yang konsisten. Sebaliknya, pendidikan modern cenderung menekankan pada aspek kognitif, keterampilan praktis, dan pendekatan berbasis ilmiah, dengan kurangnya perhatian pada dimensi spiritual secara mendalam. Meskipun terdapat perbedaan mendasar, penelitian ini menemukan potensi integrasi antara keduanya, terutama dalam konteks pengembangan pendidikan holistik yang mencakup dimensi intelektual, emosional, dan spiritual. Dengan demikian, konsep tarbiyah ruhaniyah Al-Ghazali menawarkan kontribusi yang relevan untuk memperkaya paradigma pendidikan modern, terutama dalam membentuk manusia yang utuh dan berkarakter.
Pemikiran Pendidikan Islam Sultan Mahmud II Dan Relevansinya Terhadap Sistem Pendidikan Di Indonesia Rohmadi; Muhammad Najihul Huda
Arsy Vol. 7 No. 1 (2023): Arsy : Jurnal Studi Islam
Publisher : Universitas Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini berisi sejarah kejayaan Islam di era turky usmani yang memiliki peran penting dalam sejarah pertumbuhan umat Islam. Di era kejayaanya turky merupakan negara yang mampu bersaing dengan negara-negara adikuasa di barat. Lebih tepatnya ketika kekuasaan ottoman mulai menaklukan daerah konstantinopel dari pihak Romawi Timur. Dari situlah turky memulai maju dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan dan militer. Namun seiring berjalanya waktu turky mulai mengalami penurunan dan mengalami kekalahan dengan negri barat, sebab itulah di era sultan Mahmud II banyak terjadi perubahan-perubahan yang sangat signifikan dalam bidang kurikulum maupun sistem pendidikan dan fokus negara terhapan militer.
Relevansi Pemikiran Ibnu Rusyd (Religius-Rasional) Terhadap Pendidikan Islam Berbasis Interdisipliner Latif, Imam Mashudi; Muhammad Nawawi
Arsy Vol. 7 No. 1 (2023): Arsy : Jurnal Studi Islam
Publisher : Universitas Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemikiran Ibn Rusyd memiliki relevansi penting dalam pendidikan Islam berbasis interdisipliner, yang mengintegrasikan pendekatan religius dan rasional dengan menggabungkan ilmu nadhari (teoretis) dan ilmu ‘amali (praktis). Dalam pandangannya, tujuan pendidikan adalah mencapai pengetahuan dan perbuatan yang benar, meliputi aspek spiritual, intelektual, dan sosial. Sebagai filsuf besar dari era keemasan Islam, Ibn Rusyd menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang ilmu kealaman, filsafat, dan fikih untuk memadukan iman dan akal. Ia juga menyoroti peran lingkungan kondusif seperti Cordova, yang menjadi pusat keilmuan, dalam membentuk generasi unggul. Dengan pendekatan interdisipliner ini, pendidikan Islam modern dapat menjembatani berbagai bidang ilmu, menciptakan individu yang tidak hanya memahami ajaran agama, tetapi juga mampu berkontribusi pada sains, teknologi, dan kehidupan sosial secara holistik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5