cover
Contact Name
Khamsil Laili
Contact Email
khamsillaili@gmail.com
Phone
+6287866203050
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan" : 17 Documents clear
Metode Pendidikan Tarekat Naqsyabandiyah Muzhhariyah Melalui Zikir di Ambunten Sumenep Nur Faiqah Nalini; Siswanto; Atiqullah
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Naqsyabandiyah Muzhhariyah is a splinter of the Naqsyabandi order whose followers are scattered on the islands of Madura and Kalimantan. In Sumenep this order was first introduced by KH Ali Wafa, then continued by his son KH Thaifur Ali Wafa. This research aims to find out the method of the Naqsyabandiyah Muzhhariyah tarekat in Sumenep Regency in educating Sufi students who are members of the tarekat. The approach used is qualitative with field studies. The results of this study indicate that the Naqsyabandiyah Muzhhariyah tarekat method in Sumenep Regency is neatly structured, from the material, routine zikr meetings and doctrinal teachings that become the education of the souls of its members in wading the spiritual journey towards Allah SWT. Naqsyabandiyah Muzhhariyah adalah sempalan tarekat Naqsyabandi yang pengikutnya tersebar di pulau Madura dan Kalimantan.Di Sumenep tarekat ini pertama kali dikenalkan oleh KH. Ali Wafa, kemudian diteruskan oleh putranya KH. Thaifur Ali Wafa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode tarekat Naqsyabandiyah Muzhhariyah di kabupaten Sumenep dalam mendidik para murid sufi yang tergabung dalam terekat tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan studi lapangan . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode tarekat Naqsyabandiyah Muzhhariyah di kabupaten Sumenep terstruktur secara rapi, dari materi,pertemuan rutin dzikir dan doktrinisasi ajaranyang menjadi pendidikan jiwa anggotanya dalam mengarungi perjalanan spritual menuju Allah SWT.
Upaya Meningkatkan Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Multimedia Pada SMP Negeri 40 Medan Musthopa Husein
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is basically an effort to improve the ability of human resources so that they can become humans who have creeds and morals, the purpose of this study is to find out the improvement of learning aqidah akhlak through multimedia. The method used in this research is library research. The data collection is obtained through documentation studies in the form of related scientific works. The type of research is qualitative, which results in analytical procedures that do not use statistical analysis procedures or other means of qualification. Based on the results of the study, it was concluded that the application of media: (1) Increase student learning activities. This is based on the literature study that the researcher obtained. (2) Improve learning outcomes. This is based on literature studies that researchers obtain, from the results of pre-cycle-cycle learning has increased. Pendidikan pada dasarnya adalah upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki akidah dan akhlak tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran aqidah akhlak melalui multimedia.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah bersifat library research (penelitian kepustakaan). Pengumpulan datanya diperoleh melalui studi dokumentasi berupa karya ilmiah yang berkaitan. Jenis penelitiannya yaitu kualitatif yakni yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kualifikasi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media: (1) Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal tersebut berdasarkan studi pustaka yang peneliti peroleh. (2) Meningkatkan hasil belajar. Hal ini berdasarkan studi pustaka yang peneliti peroleh, dari hasil belajar pra siklus-siklus mengalami peningkatan.
Peran Manajemen Perubahan SDM dalam Perspektif Lembaga Dakwah (Studi Pada Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU Medan Periode 2021 – 2022) Ahmad Mutawalli Nasution; Cecep Castrawijaya
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study used qualitative research methods. The role of Change Management in Human Resources in SEMA FDK UINSU Medan Da'wah, it can be concluded that students are the generation that is expected to play an active role and contribute to the faculty so that they can advance the Da'wah faculty of UINSU Medan to be able to realize ideals and be able to bring positive influence, both for faculties, UINSU Medan environment, society, nation and state and religion. The role of Change Management in Human Resources at SEMA FDK UINSU Medan Da'wah, based on the results of interviews, many positive impacts were felt by objects when they entered Da'wah Institutions, such as: Adding relationships with fellow UINSU Medan and UIN Banda Aceh and UIN Riau; honing hard skills and soft skills; hone public speaking skills (ability to speak in public); sharpen leadership (leadership); management team (managing the team); have the opportunity to find motivators and mentors; being a student mediator, mutual cooperation between SEMA-FDK UINSU Medan administrators; active and active on social media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Peran Manajemen Perubahan Sumber Daya Manusia yang ada pada SEMA FDK UINSU Medan Dakwah, maka dapat dapat ditarik kesimpulan tersebut adalah Mahasiswa adalah generasi yang diharapkan dapat berperan aktif dan berkontribusi untuk fakultas agar bisa memajukan fakultas Dakwah UINSU Medan untuk dapat mewujudkan cita-cita dan bisa membawa pengaruh yang positif, baik untuk fakultas, lingkungan UINSU Medan, masyarakat, bangsa dan negara serta agama.Peran Manajemen Perubahan Sumber Daya Manusia yang ada pada SEMA FDK UINSU Medan Dakwah, berdasarkan hasil wawancara banyak dampak positif yang dirasakan oleh objek ketika terjun dalam Lembaga Dakwah, seperti: Menambah relasi dengan kerjasama sesama UINSU Medan dan UIN Banda Aceh dan UIN Riau; mengasah hard skills dan soft skills; mengasah kemampuan publick speaking (keampuan berbicara didepan umum); mengasah leadership (kepemimpinan); management team (mengatur tim); memiliki kesepatan untuk mencari motivator dan mentor; menjadi mediator mahasiswa, saling kerjasama antar pengurus SEMA-FDK UINSU Medan; aktif dan berperan di media sosial.
Manajemen Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist di MTS Muhammadiyah 15 Aris Firjatullah Pratama
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to determine the management of Al-Qur'an Hadith learning at MTS Muhammadiyah 15. This research uses a qualitative method where data collection is carried out in 3 ways, namely observation, interviews and documents. Data analysis techniques are carried out by looking at the state or situation of the research environment. The results of this research are that the management of Al-Qur'an and Hadith learning is carried out in 3 stages, namely: Planning, Implementation and Evaluation Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS Muhammadiyah 15. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yakni observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisa data dilakukan dengan melihat keadaan atau situasi lingkungan penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa manajemen pemebelajaran Al-Qur’an dan Hadist dilakukan 3 tahap yakni : Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi
Implementasi Urusan Administrasi Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan Hanna Solihah Mashar; Makmur Syukri; Enny Nazrah Pulungan
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research on the Implementation of Curriculum Administration Affairs at Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Medan Preparation aims to find out (1) How is the program for implementing curriculum administration affairs on a daily, monthly, semiannual, and annual basis at Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Medan Preparation, (2) What are the inhibiting factors in the program for implementing curriculum administration affairs at Madarsah Tsanawiyah Negeri 4 Medan Preparation, (3) What are the solutions in overcoming obstacles in the program for implementing curriculum administration affairs at Madarsah Tsanawiyah Negeri 4 Medan Preparation. The method used is a qualitative research method through a descriptive approach using direct observation techniques, interviews and documentation. The subjects of this study were vice principals in the field of curriculum, and administrative heads and staff. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. Assurance of the validity of the research data uses credibility testing, transferability testing, dependency testing and firmness testing. Penelitian Implementasi Urusan Administrasi Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana program pelaksanaan urusan administrasi kurikulum pada harian, mingguan, semester-an, dan tahunan di Madarsah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan, (2) Apa faktor penghambat dalam program pelaksanaan urusan administrasi kurikulum di Madarsah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan, (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan dalam program pelaksanaan urusan administrasi kurikulum di Madarsah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan. Adapun metode yang gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melalui pendekatan deskriptif yang menggunakan teknik observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah di bidang kurikulum, dan kepala dan staff tata usaha. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penjamin keabsahan data penelitian menggunakan pengujian kredibilitas, pengujian keteralihan, pengujian ketergantungan dan pengujian ketegasan.
Pendidikan Islam Sebagai Landasan Pembentukan Karakter Akhlak Islami Osama Mukhlisin
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter Islami penting ditanamkan pada siswa-siswi, Ini dilator belakangi pentingnya upaya menumbuhkan kecerdasan peserta didik untuk mampu berpikir, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur akhlak Rasulullah saw yaitu shiddiq, amnah, tabligh dan fathonah. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai bagaimana cara pengimplementasian nilai Pendidikan Islam dalam membentuk karakter Islam Pada Perkembangan Anak Dini. Sejalan dengan tujuan penulisan , maka pembahasan artikel ini yaitu : Pendidikan Islam Sebagai Landasan Pembentukan Karakter Akhlak Islami, Mitra penelitian adalah Masyarakat Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20, Belawan Sicanang, Medan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Adapun instrumen dan penilaian yang dilakukan melalui observasi, jurnal perilaku siswa, dan penilaian terhadap masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode kualitatif. Kriteria keberhasilan dapat dilihat dari bagaimana pembentukan karakter islami anak-anak setelah diimplementasikan nilai pendidikan Islam. Dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Islami efektif dalam pembentukan karakter atau akhlak islami sesuai ajaran dan syariat islam.
Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah 15 Medan Sri Wahyuni Silalahi
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to determine the application of the demonstration method in fiqh subjects at MTS Muhammadiyah 15 Medan. This research uses a qualitative method where data collection is carried out in 3 ways, namely observation, interviews and documentation. Data analysis techniques are carried out by looking at the state or situation of the research environment. After conducting the analysis, the author found a demonstration method in the chapters on prayer, purification and ablution. In the prayer section, the author finds differences in prayer readings, namely general readings and Muhammadiyah readings Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di mts muhammadiyah 15 medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi . Teknik analisa data dilakukan dengan melihat keadaan atau situasi lingkungan penelitian. Setelah melakukan analisa maka penulis menemukan metode demonstrasi pada bab sholat, bersuci dan wudhu. Pada bagian sholat penulis menemuka perbedaan bacaan sholat yaitu bacaan umum dan bacaan muhammadiyah.
Analisis Kultur Sekolah di MTs Muhammadiyah 15 Medan M. Raihan Matondang
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A school is an educational institution that has a school culture that can be developed. This research aims to describe school culture to explore and describe physical and non-physical culture. This research uses a qualitative approach. The subjects in this research include technical implementers, principals, teachers, employees and students with the object of developing school culture. The location of this research was at Mts Muhammadiyah 15 Medan. The results of the research show that the school culture at Mts Muhammadiyah 15 Medan is able to provide comfort for its students. This is demonstrated through physical artifacts in the form of school environmental conditions, access to the school, extracurricular support tools, spatial layout and fields. Sekolah merupakan suatu institusi pendidikan yang memiliki kultur sekolah yang dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah untuk menggali dan menggambarkan tentang kultur fisik dan non fisik. enelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi pelaksana teknis kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa dengan objek pengembangan kultur sekolah. Lokasi penelitian ini dilakukan di Mts Muhammadiyah 15 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kultur sekolah di Mts Muhammadiyah 15 Medan mampu memberikan kenyamanan bagi siswanya. Hal tersebut ditunjukkan melalui artifak fisik yang berupa kondisi lingkungan sekolah, akses terhadap sekolah, alat penunjang ekstrakurikuler, tata ruang, dan lapangan.
Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan Ahmad Syafii MRP
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teacher strategy is a general approach to teaching that applies to a variety of subjects and is used to meet a variety of learning objectives in schools. Therefore, a series of teacher strategies must contain material content that is based on the principle of changing student character values. This research has a background that morals teachers have an important role in shaping the noble character of students. As an educator, a teacher of aqidah morals is responsible for helping students understand good moral and ethical values. The research location is at MTs Muhammadiyah 15 medan. In this research, the researcher uses a case study research type with a qualitative approach that is descriptive in nature and produces effective data from information sources. The researcher concluded that in forming noble character in student teachers have the planning, implementation and implementation results that have been carried out in Madrasas. There are results from the observations that the researchers made, in the Teacher Planning Akidah Akhlak in forming noble character in students at MTs Muhammadiyah 15 medan. namely the teacher has prepared a written plan and an unwritten plan. The implementation of the teacher's Aqidah Akhlak in forming noble character in MTs Muhammadiyah 15 medan. students in the teacher's lesson plan is divided into three stages, namely preliminary activities, core activities, and closing activities. In conveying learning material, teachers use various methods and media related to the formation of noble character in students. The results of implementing the Teacher's Akidah Akhlak plan in forming noble character in students at MTs Muhammadiyah 15 medan. are that students become more religious and there is a change in behavior for the better and are able to apply noble character in everyday life.
Implementasi Pengklasifikasian dan Penataan Bahan Pustaka di Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama IT Al-Hijrah 2 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Tripani Anggraini; Solihah Titin Sumantri; Khoirul Jamil
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2024): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses how to apply classification, how to apply structuring and what are the obstacles and efforts made by managers in carrying out the process of classifying and structuring library materials at SMP IT Al-Hijrah 2. The purpose of this research is to find out the application of classifying and structuring library materials as well as to find out the constraints and effortsmade by the manager in carrying out the process of classifying and structuring library materials. This study uses descriptive research with qualitative. The results showed that the Classification and Arrangement of Library Materials in the IT Al-Hijrah2 Junior High School Library, namely: application of classification by collecting book data into master books, preparing DDC guidebooks and grouping books, arrangement by looking at the same classification number and placing the books on the same shelf anyway. This classification and arrangement has not been maximized due to constraints on the lack of competence of human resources and budget constraints. It is hoped that the results of this research will be able to contribute to the SMP IT Al-Hijrah 2 library so that it will further improvequality, especially in organizing and classifying library materials Penelitian ini mengkaji metode yang digunakan untuk klasifikasi dan penataan barang perpustakaan di SMP IT Al-Hijrah 2, serta tantangan yang dihadapi pengelola dan langkah yang dilakukan untuk mengatasinya. Penentuan penggunaan dan pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka menjadi tujuan penelitian ini. dan untuk mempelajari tantangan yang dihadapi manajer dan upaya yang mereka lakukan untuk menyelesaikan tugas mengklasifikasikan dan mengatur item perpustakaan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengklasifikasian dan Penataan Bahan Pustaka di Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama IT Al-Hijrah 2 yaitu: penerapan pengklasifikasian dengan melakukan pendataan buku ke dalam buku induk, menyiapkan buku pedoman DDC dan mengelompokkan buku, penataan dengan melihat nomor klasifikasinya sama dan meletakkan buku tersebut di rak yang sama pula. Pengklasifikasian dan penataan ini belum maksimal karena kendala kurangnya kompetensi SDM dan keterbatasan anggaran. Diharapkan hasil penelitian ini akan dapat memberikan kontribusi kepada perpustakaan SMP IT Al- Hijrah 2 agar semakin meningkatkan kualitas terkhususnya dalam menata dan mengklasifikasikan bahan pustaka.

Page 1 of 2 | Total Record : 17