cover
Contact Name
Cucuk Budiyanto
Contact Email
cbudiyanto@staff.uns.ac.id
Phone
+62271718419
Journal Mail Official
jiptek@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Kampus V UNS Pabelan Jl. Ahmad Yani 200 Pabelan Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 25986430     DOI : doi.org/10.20961/jiptek
JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to contribute to the field of Vocational and Engineering Education. The main scope of JIPTEK is on the exploration of vocational education and training, civil engineering, mechanical engineering, and informatics. JIPTEK is also concern the development of contemporary media in vocational education in theoretical realm as well as a practical one, especially the scope of local, national, and global. The journal is published bi-annually in July and December.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan" : 8 Documents clear
HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN PENGALAMAN BELAJAR YANG BERMAKNA DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI TERHADAP DUNIA KERJA PADA SISWA TKJ SMKN KOTA MALANG Sunarsih Sunarsih; Setiadi Cahyono Putro; Yuni Rahmawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.20774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara self esteem dan pengalaman belajar yang bermakna dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas XI TKJ yang telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berjumlah 317 siswa. Sampel penelitian sebanyak 167 siswa yang ditentukan dengan berpedoman pada nomogram Harry-King dengan taraf kesalahan 5%. Penentuan anggota sampel secara random dan proporsional dari tiap sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self esteem dan pengalaman belajar yang bermakna dengan kemampuan adaptasi siswa SMK terhadap dunia kerja. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 44,999 > 3,05 dan nilai phitung ≤ pstandar yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara self esteem dan pengalaman belajar yang bermakna dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa Kompetensi Keahlian TKJ SMKN Kota Malang.
“FUN BOOK” RAK BUKU OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DAN BLUETOOTH PADA PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISWA Deny Nusyirwan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.31140

Abstract

Perpustakaan sebagai fungsi informasi membutuhkan fasilitas yang lengkap baik dari segi buku bacaan maupun fasilitas lainnya.  Apabila hal tersebut tidak dilengkapi maka akan mengurangi efektifitas di sekolah. Siswa yang pada umumnya membutuhkan buku dari perpustakaan pada waktu istirahat, perlu untuk mendapatkan buku tersebut dalam waktu yang singkat. Keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi karena pengembalian dan pengambilan buku masih dilakukan oleh pustakawan.  Pada penelitian yang dilakukan pada SMP N 11 Kampung Bugis Kota Tanjungpinang, di usulkan sebuah solusi sebuah inovasi berbasikan teknologi bernama Fun Book, dimana siswa akan dapat memilih buku pada rak yang terdorong secara otomatis. Purwarupa yang dihasilkan menggunakan Arduino Uno dan Bluetooth dengan sistem kerja yang praktis. Awal penelitian dimulai dengan pendekatan Double Diamand yang diperkenalkan oleh British Design Council, yaitu proses perancangan yang mempergunakan design thinking didalam menghasilkan inovasi berbasis teknologi. Setelah mendapatkan solusi utama, maka akan dilanjutkan dengan pembuatan purwarupa virtual dan sederhana yang akan dipergunakan untuk uji fungsi dan manfaat bersama calon pengguna. Dari hasil pengujian, calon pengguna menemukan hasil yang inovatif dan efektif karena mampu mempersingkat waktu pencarian buku. 
EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN VOKASI UNTUK PRODUKTIVITAS PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI LATIHAN KERJA Ilham Akbar Darmawan; Didik Aribowo; Desmira Desmira; Ratna Ekawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.32746

Abstract

Pendidikan vokasi adalah bidang pendidikan yang menekankan tujuan pendidikan pada kemampuan dan skill sebagai bekal bagi peserta didik untuk melanjutkan kehidupan. Institusi pengelola pendidikan vokasi –dalam hal ini Balai Latihan Kerja (BLK)- harus memiliki pengelolaan yang baik dan efektif dalam menjalankan program. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan pendidikan vokasi sebagai wujud pembangunan sumber daya manusia. Dari berbagai literatur yang dikaji, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian keberhasilan dalam pengelolan pendidikan vokasi antara lain: kepemimpinan dan tipe instansi pendidikan, penguasaan dan kompetensi, gender, dan kondisi masyarakat dan sosial budaya. Berbagai faktor tersebut, secara teoritis ternayata sangat berpengaruh terhadap efektifitas kepemimpinan dan juga produktivitas dalam pembangunan sumber daya manusia.
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA WIRELESS TURN SIGNAL SYSTEM PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN BODI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Sigit Bayu Aji; Dwi Widjanarko; Wahyudi Wahyudi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.21964

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk mempermudah proses pembelajaran, salah satunya berupa peraga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan alat peraga wireless turn signal system. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Dalam uji coba yang dilakukan, penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek uji coba penelitian sejumlah 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2015. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu instrumen tes dan angket. Alat peraga terbukti layak dilihat dari nilai hasil validasi ahli media sebesar 93 dengan presentase kelayakan 83,04%, dan dari ahli materi sebesar 185 dengan persentase kelayakan 88,95%. Pengujian hasil belajar mahasiswa terbukti efektif dilihat dari hasil pretest dengan nilai rata-rata 49,63 dan nilai hasil posttest sebesar 80,89 Penghitungan signifikansi peningkatan hasil belajar juga dilakukan dengan menggunkan uji t memperoleh hasil thitung = 3,19 dan ttabel = 2,01 pada db = 19 dengan  = 5% sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Wireless Turn Signal System. Hasil dari penelitian didapatkan peraga Wireless Turn Signal System layak dan efektif dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah kelistrikan bodi. 
PERBANDINGAN NILAI HEAT TRANSFER PADA PENAMBAHAN MATERIAL COMPOSIT BATU BATA SEBAGAI UPAYA EFISIENSI ENERGY BANGUNAN GEDUNG Budi Siswanto
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.32748

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbandingan penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dilihat dari nilai berat jenis, susut bakar, kuat tekan, porositas dan conductivity batu bata komposit; (2) persentase optimal penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dilihat dari nilai berat jenis, susut bakar, kuat tekan, porositas dan conductivity batu bata komposit untuk mendapatkan batu bata dengan daya hambat panas maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Karakteristik batu bata yang diuji pada penelitian ini adalah berat jenis, susut bakar, porositas, kuat tekan, dan konduktivitas termal. Benda uji yang digunakan terbuat dari tanah liat dengan campuran fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dengan dimensi 23 cm x 11 cm x 5 cm. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada pengaruh penggantian sebagian tanah liat terhadap nilai thermal conductivity (Fhitung 57,927 > Ftabel 4,67). Kedua, Persentase 50% merupakan persentase optimal penggantian sebagian tanah liat dengan daya hambat panas sebesar 0,201 Kcal/mhºC.
PENGARUH INHIBITOR BLIMBING WULUH TERHADAP PENGENDALIAN KOROSI BAJA KARBON DALAM LARUTAN NaCl Nyenyep Sriwardani; Ranto Ranto; Ngatou Rohman; Basori Basori
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.30200

Abstract

Dewasa ini meskipun pengolahan bahan plastik, polimer, keramik dan non logam lainnya sudah menunjukkan kekuatan yang memadai, akan tetapi penggunaan baja karbon masih memiliki prosentase yang besar dalam bidang konstruksi dan perkapalan. Kelemahan dari baja karbon adalah terjadi oksidasi dengan udara yang disebut dengan timbulnya karat besi. Terjadinya korosi pada dapat mengakibatkan ketahanan dari suatu peralatan menjadi menurun sehingga mudah terjadi kerusakan. Proses korosi dapat terjadi lebih cepat pada daerah lembab dan ber-air, untuk itu perlu dilakukan pencegahan supaya perkakas atau peralatan industri dengan bahan dasar baja dapat awet. Pada penelitian ini adalah sebuah studi terhadap baja karbon yang diberi lapisan asam dari blimbing wuluh kemudian dimasukkan ke dalam larutan NaCl. Sebagai pembanding percobaan juga dilakukan dengan menggunakan aquades cair. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui bagaimana efek blimbing wuluh sebagai eco inhibitor terhadap baja pada larutan NaCl.
REKAYASA PENGOLAHAN LIMBAH BATOK KELAPA SEBAGAI AKSESORIS SANGGUL Erna Setyowati; Atika Puspa D Puspa D
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.34161

Abstract

Limbah batok kelapa banyak dijumpai dibeberapa pasar tradisional, bahkan terjadi penumpukan  karena  kurang dimanfaatkan secara optimal, sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan, yang selama ini belum mendapat perhatian cara mengatasinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1).validitas cara pembuatan produk inovatif batok kelapa sebagai aksesoris dan  2). kelayakan rekayasa limbah batok kelapa sebagai aksesoris. Disain eksperimen yang digunakan one shot case study, obyek penelitian/ sampel produk 8 model aksesoris sanggul dan subyek penelitian adalah masyarakat pengguna untuk mengukur kelayakan produk. Uji validitas menggunakan expert judgment dan kelayakan menggunakan uji indrawi dan uji kesukaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan analisis diskriptif persentase. Hasil penelitian validitas produk dari panelis ahli diperoleh 87%, Uji indrawi 84% dan uji kesukaan 82% dengan indikator bentuk, ukuran, keserasian dan kekuatan serta ketertarikan. Simpulan adalah aksesoris limbah batok kelapa dinyatakan valid dan rekayasa limbah batok kelapa layak sebagai aksesoris sanggul melalui uji indrawi dan uji kesukaan.
PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERLATAR MUSIK KLASIK KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 3 SURAKARTA Agung Wiratmo; Basori Basori; Dwi Maryono
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v12i2.24288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi (1) kognitif; (2) psikomotorik; (3) afektif pada mata pelajaran pemrograman dasar setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD berlatar musik klasik; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan selama 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan latar musik klasik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 3 Surakarta. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi untuk data kompetensi afektif peserta didik, teknik tes untuk data kompetensi kognitif dan psikomotorik, dan teknik angket untuk data efektivitas musik klasik dalam pembelajaran terhadap ketenangan dan konsentrasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif komparatif. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) peningkatan kompetensi kognitif peserta didik belum mencapai indikator (Pratindakan 0%, Siklus I 18.518%, dan Siklus II 10%). (2) peningkatan kompetensi psikomotorik peserta didik mencapai indikator (Pratindakan 33.33%, Siklus I 74.074%, dan Siklus II 76.67%). (3) peningkatan pada kompetensi afektif peserta didik mencapai indikator (Pratindakan 40%, Siklus I 53.125%, dan Siklus II 80%). 

Page 1 of 1 | Total Record : 8