cover
Contact Name
Dhita Paramita Anggraini
Contact Email
jurnaltesla@unmer.ac.id
Phone
085725050049
Journal Mail Official
jurnaltesla@unmer.ac.id
Editorial Address
Jl. Bandung No. 1 kota Malang, Jawa Timur 65113, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65113
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pariwisata Tourista
ISSN : -     EISSN : 30636876     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pariwisata Tourista diterbitkan oleh Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang sebagai terbitan berkala yang menyajikan informasi dan analisis persoalan Kepariwisataan (Perhotelan, Destinasi Wisata dan Perjalanan Wisata). Jurnal ini bersifat ilmiah populer yang meliputi pemikiran teoritik maupun penelitian empirik. Redaksi menerima karya ilmiah dalam bentuk hasil penelitian atau artikel, termasuk ide-ide pengembangan khususnya di bidang Kepariwisataan. Jurnal Pariwisata Tourista dulunya bernama Jurnal Perhotelan, Destinasi Wisata, Perjalanan Wisata dengan singkatan Jurnal Tesla. Sejalan dengan akan diajukannya Peringkat Akreditasi Sinta, maka akan nama Jurnal diganti dengan nama yang lebih sesuai dengan bidang kepariwisataan. Oleh sebab itu dipilihlah nama Jurnal Pariwisata Tourista sebagai nama baru. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Diploma Kepariwisataan yang menyajikan informasi dan analisis persoalan Kepariwisataan. Jurnal Pariwisata Tourista diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember (ketika masih menggunakan nama sebelumnya). Namun, pada periode ini akan kami sesuaikan bulan terbitannya menjadi April dan Oktober.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023" : 6 Documents clear
Pengaruh Sapta Pesona Terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Ekowisata Boonpring Kartini Megartha, Dyah Ajeng; Anggraini, Dhita Paramita; Anam, Mochammad Musafa'ul
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i2.11077

Abstract

Boonpring merupakan destinasi  andalan Desa Sanankerto Kabupaten Malang yang memiliki daya tarik yaitu hutan bambu sebagai daya tarik wisata utama. Dengan melihat daya tarik wisata utama di Boon Pring adalah hutan bambu yang lekat dengan kearifan lokal, maka penerapan pesona sapta sangat penting dan perlu diperhatikan dalam pengembangan pariwisata di Boon Pring. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Sapta Pesona terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Boon Pring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling yang dilakukan dengan menggunakan link kuesioner berupa Google Form kepada 100 responden yang berkunjung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa Sapta Pesona berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, hal ini juga menggambarkan bahwa penerapan Sapta Pesona di Boon Pring memberikan pengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung merasa puas karena Boon Pring telah menerapkan Sapta Pesona
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung ke Coban Lanang Kota Batu Irawan, Muhammad Iqra; Rahmadian, Aprillia; Puspawigati, Ani
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i2.12309

Abstract

Coban Lanang is now one of the tourist destinations in Batu City. The concept of semi-modern natural tourism is seen in the spatial layout, facilities, and tourist products that attract the attention of tourists. On August 8, 2021, Coban Lanang Tourism was opened in stages. This research focuses on the implementation of the 4P marketing mix strategy (products, prices, promotions, and places) in Coban Lanang tourist destinations. Using quantitative research methods with a total of 50 respondents. Place is the dominant variable that influences a person's interest in visiting Coban Lanang tourist destinations.
Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Kajoetangan Heritage di Kota Malang Saputra, Agung; Puspitasari, Reny; Purwanto, Rhiza Eka
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i2.12319

Abstract

There are fourth importance aspects for tourist attraction such as; attraction, accessibilities, amenities, ancillary. Tourist destination also have a destination image that contains three aspects, cognition, affection, and uniqueness. This research was conducted with the aim of knowing the effect of tourist attraction and destination image on tourist satisfaction in the “Kajoetangan Heritage” area in the city of Malang. The study used quantitative methods by distributing questionnaires to 100 respondents. After doing research, analysis results obtained from the researcher shows that the tourist attraction (X1) and destination image (X2) affect tourist satisfaction in the “Kajoetangan Heritage" area in the city of Malang by 66,5% while 33,5% is influenced by other factors. Destination image has a more positive effect than tourist attraction on tourist satisfaction. Tourist satisfaction that is most felt when they travel in the “Kajoetangan Heritage" area in the city of Malang is a feeling of safe and comfortable
Efektivitas Penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, And Environment Sustainability) terhadap Kepuasan Pelanggan Menginap di Hotel Santika Premier Kota Malang Pradiansah, Silvia Ajeng; Sugeha, Anisa Zuhria; 'Ulya, Ayu Fitriatul; Asrofi, Asrofi
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i2.12321

Abstract

Customer satisfaction while staying at a hotel is influenced by several things, at this time apart from service, there is also CHSE (Cleanliness, Health, Safety, And Environment Sustainability) which was implemented during the Covid-19 pandemic. This research was conducted with the aim of knowing the effectiveness of the application of CHSE (Cleanliness, Health, Safety, And Environment Sustainability) on customer satisfaction staying at Hotel Santika Premiere Malang City. The study used quantitative methods by distributing questionnaires and also observations to the Hotel Santika Premiere Malang City. After doing research, Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability affect customer satisfaction by 60.2%, it can be concluded that Cleanliness(X1), Health(X2), Safety(X3), Environmental Sustainability(X4) stimulants have a significant effect. and positive on the variable Customer Satisfaction (Y). Customer satisfaction felt when visiting or staying at Hotel Santika Premiere Malang is a feeling of security and comfort when serviced by hotel employees
Pengaruh Atraksi dan Harga Tiket terhadap Minat Kunjung Ulang ke Trans Studio Mini Malang Setiawan, Friska Aldi; Estikowati, Estikowati; Alvianna, Stella; Lasarudin, Alwin
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i2.12322

Abstract

Trans Studio Mini Malang is one of the attractions in the city of Malang with an attraction that has a selling point, followed by interesting attractions, then affordable prices. This will make Trans Studio Mini Malang a tourist attraction that is good for the community to make repeat visits. this study aims to determine the effect of attractions and ticket prices on interest in repeat visits to Trans Studi Mini Malang, this type of research is quantitative with the method used is multiple linear regression with the help of the SPSS25 programme. Data collection techniques by distributing questionnaires to visitors who have visited Trans Studio Mini Malang, a total of 53 respondents. The results of the study partially showed that tourist attractions had an effect X1: 0.223 in re-visit interest, while ticket prices had a significant effect X2: 0.785 on tourists' re-visit interest to Trans Studio Mini Malang with the total amount. So it is hoped that the ticket price at Trans Studio Mini Malang can be considered by the manager. The conclusion that can be drawn is that the ticket price is the biggest influence on tourist re-visit interest to Trans Studio Mini Malang.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Crew terhadap Kepuasan Pelanggan Setelah Menggunakan Jasa Transportasi Bus Pariwisata Juragan 99 Trans Gumalag, Kezia Yuni Maulina; Astuti, Widji; Krisnanda, Rulli
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 2 (2023): December 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i2.12434

Abstract

PO Juragan 99 Trans adalah salah satu perusahaan transportasi di Kota Malang yang menyediakan jasa armada bus pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan crew terhadap kepuasan pelanggan setelah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata Juragan 99 Trans. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dimana data diperoleh dari responden yang telah menggunakan jasa armada bus pariwisata Juragan 99 Trans sebanyak 72 responden, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan crew berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan setelah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata Juragan 99 Trans yang menandakan juga pelayanan crew di PO Juragan 99 Trans memberikan kepuasan terhadap pelanggan, sehingga dapat membuat 65 dari 72 responden berniat menggunakan armada bus Juragan 99 Trans kembali untuk trip selanjutnya. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6