cover
Contact Name
Dhita Paramita Anggraini
Contact Email
jurnaltesla@unmer.ac.id
Phone
085725050049
Journal Mail Official
jurnaltesla@unmer.ac.id
Editorial Address
Jl. Bandung No. 1 kota Malang, Jawa Timur 65113, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65113
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pariwisata Tourista
ISSN : -     EISSN : 30636876     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pariwisata Tourista diterbitkan oleh Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang sebagai terbitan berkala yang menyajikan informasi dan analisis persoalan Kepariwisataan (Perhotelan, Destinasi Wisata dan Perjalanan Wisata). Jurnal ini bersifat ilmiah populer yang meliputi pemikiran teoritik maupun penelitian empirik. Redaksi menerima karya ilmiah dalam bentuk hasil penelitian atau artikel, termasuk ide-ide pengembangan khususnya di bidang Kepariwisataan. Jurnal Pariwisata Tourista dulunya bernama Jurnal Perhotelan, Destinasi Wisata, Perjalanan Wisata dengan singkatan Jurnal Tesla. Sejalan dengan akan diajukannya Peringkat Akreditasi Sinta, maka akan nama Jurnal diganti dengan nama yang lebih sesuai dengan bidang kepariwisataan. Oleh sebab itu dipilihlah nama Jurnal Pariwisata Tourista sebagai nama baru. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Diploma Kepariwisataan yang menyajikan informasi dan analisis persoalan Kepariwisataan. Jurnal Pariwisata Tourista diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember (ketika masih menggunakan nama sebelumnya). Namun, pada periode ini akan kami sesuaikan bulan terbitannya menjadi April dan Oktober.
Articles 52 Documents
Pengaruh Celebrity Endorcer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Widiawati, Diah; Hidayatullah, Syarif; Alvianna, Stella
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 1 No. 1 (2021): December 2021
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v1i1.6901

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Celebrity endorcer dan Kualitas produk terhadap keputusan pembelian.populasi dalam penelitian ini adalah masyrakat pengguna smartphone merek Samsung atau yang pernah menggunakan,jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teori Hair dimana jumlah pertanyaan dalam kuisioner minimal dikali 5 atau 10 dalam,ada 36 pertanyaan dikali 5 menjadi 180 responden. peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulandata primer.data primer merupakan data yang dikumpulakan dan diolah sendiri oleh langsung dari responden yang diperoleh melalui metode penyebaran kuisioner secara online dengan menggunakan aplikasi Formapss dan menyebarkan link kuisioner tersebut melalui media sosial kepada responden yang dituju.Alat analisa yang digunakan yaitu Analisa Regersi Berganda dengan hasil koefesien determinasi ( R Squeare ) = 0,263, (Sig F = 0,000 ) dan ( sig t = 0,016 ) untuk variabel X1 dan ( sig t = 0,000) yang artinya 1 )Celebrity endorcer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung ,2) Kalitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung.
Dampak Atraksi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik Yang Berkunjung Di Batu Love Garden Kota Batu Jawa Timur Rizky, Rio; Alvianna, Stella; Estikowati, Estikowati; Hidayatullah, Syarif
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 1 No. 1 (2021): December 2021
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v1i1.6903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh atraksi dan fasilitas yang disediakan terhadap kepuasan wisatawan domestik yang berkunjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara accidental sampling dengan cara menyebarkan link kuesioner dalam bentuk google form kepada 150 responden yang berkunjung. Untuk penentuan skor jawaban pada kuesioner menggunakan skala likert yang akan diuji validitas dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan koefisien Split-Half. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara atraksi terhadap kepuasan wisatawan, dan juga terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan wisatawan, kedua variabel bebas yaitu atraksi dan fasilitas berpengaruh secara bersama- sama terhadap kepuasan wisatawan, serta dari kedua variabel tersebut diketahui variabel fasilitas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan wisatawan. Kesimpulannya adalah kepuasan wisatawan yang berkunjung
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Asia Tenggara Di Bali (Studi di PT Dwidaya Wisata Indonesia) Criswandari, Nurhumairo Choirulia; Astuti, Widji; Alvianna, Stella; Anggraini, Dhita Paramita
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 1 No. 1 (2021): December 2021
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v1i1.6995

Abstract

Tujuan dari penelitian : Mendiskripsikan pendapatan, biaya perjalanan, lama perjalanan, jenis paket wisata, dan fasilitas serta kunjungan wisatawan  Menganalisis pengaruh pendapatan, biaya perjalanan, lama perjalanan, jenis paket wisata, dan fasilitas terhadap kunjungan wisatawan Asia Tenggara di Bali pada PT Dwidaya Wisata Indonesia. Menganalisis diantara pendapatan, biaya perjalanan, lama perjalanan, jenis paket wisata, dan fasilitas yang paling berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan Asia Tenggara di Bali pada PT Dwidaya Wisata Indonesia.  Metode yang digunakan : Uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptf, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t.  Hasil penelitian menunjukkan :  Diskripsi paket wisata menunjukkan bahwa kelengkapan komponen paket dalam hal ini yaitu mengenai rencana perjalanan dapat memenuhi keinginan dan rencana perjalanan dapat menjangkau seluruh tempat wisata di Pulau Bali. Diskripsi fasilitas bahwa kecukupan kapasitas dalam hal ini mengenai ketersediaan sarana adalah keindahan tempat wisata dan merasa lebih betah dengan adanya fasilitas akomodasi (penginapan), tempat makan, dan lain-lain. Diskripsi kunjungan wisatawan, menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan wisatawan. Pendapatan, biaya perjalanan, lama perjalanan, jenis paket wisata, dan fasilitas memengaruhi kunjungan wisatawan Asia Tenggara di Bali pada PT Dwidaya Wisata Indonesia. Pendapatan paling memengaruhi kunjungan wisatawan Asia Tenggara di Bali pada PT Dwidaya Wisata Indonesia
STRATEGI PEMBENTUKAN PRODUK WISATA DI DESA SUNGAI CABANG BARAT, KECAMATAN PANTAI LUNCI, KABUPATEN SUKAMARA Wati, Kartika; Estikowati, Estikowati; Lasaruddin, Alwin; Setioko, M Danang
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 1 No. 1 (2021): December 2021
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v1i1.6996

Abstract

Sebagaimana yang telah diketahui objek daya tarik wisata di Desa Sungai cabang barat sangat berpeluang untuk lebih dikelola oleh masyarakat sekitar. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode analisis kualitatif secara deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi produk wisata ini berpotensi untuk dimanfaatkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah membuat rute perjalanan yang lebih memadai untuk dilalui oleh wisatawan. Pengembangan objek wisata yang ada di desa sungai cabang barat terletak pada kuadran I, dimana kuadran agresif menggambaarkan situasi pembentukan produk wisata sungai cabang barat. Fokus pembentukan produk wisata desa sungai cabang barat ini memanfaatkan adanya objek wisata, fasilitas dan aksesibilitas yang sudah memadai.
Pengaruh Sanitasi Kamar Dan Kualitas Pelayanan Room Attendant Terhadap Kepuasan Tamu Yang Menginap Di Hotel Gajah Mada Malang Ina Goran, Marcia Camecelha; Hermin, Dewi; Sugeha, Anisa Zuhria; Paramita, Dhita
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 1 No. 1 (2021): December 2021
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v1i1.6997

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sanitasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu yang menginap di hotel Gajah Mada Malang.Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survey, dimana instrument penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap dan diambil sebagai sampel sebanyak 69 responden.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sanitasi kamar dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan tamu secara bersama-sama maupun parsial. Kualitas pelayanan berpengaruh dominan terhadap kepuasan tamu yang menginap.
Pengaruh Mise En Place Terhadap Kinerja Karyawan Restaurant Peco-Peco Sushi Japanese Restaurant Mariani, Ria; Setioko, Danang; Sugeha, Anisa Zuhria; Anggraini, Dhita Paramita; Lasarudin, Alwin
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 2 No. 1 (2022): June 2022
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v2i1.7180

Abstract

Semakin berkembangnya dunia kuliner di Surabaya mengakibatkan persaingan antar restaurant japanese semakin ketat. Terjadinya complain yang diunggah dalam ulasan google rating tiga karena pelayanan kurang baik, proses pelayanan yang cukup lama. Selain itu ulasan pada aplikasi gojek terdapat comment lama dalam penyiapan membuat management menganalisis faktor apakah yang menjadi penyebab terjadinya complain tersebut. Kendala dalam pelaksanaan operasional yang kurang maksimal, adalah salah satu faktor sangat berpengaruh terhadap performa karyawan. Hal ini disebabkan kurang maksimalnya proses mise en place. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengungkap apakah terdapat pengaruh mise en place terhadap kinerja karyawan Peco-peco Sushi Japanese Restaurant di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengukur tingkat keberhasilan dampak Mise en place terhadap kinerja karyawan restoran Jepang Peco-peco Sushi. Melalui penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa data penelitian dan data yang ada, hasil positif dari nilai korelasi menunjukan mise en place berpengaruh dalam kinerja staff dengan taraf yang lemah karena nilai korelasi mendekati 0.  
Strategi Pemasaran pada Beryl Coffee Tawangmangu Malang Setiawan, Terrance Jovanus; Sugeha, Anisa Zuhria; Sari, Nadia Roosmalita
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 3 No. 1 (2023): June 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v3i1.7192

Abstract

The business world is growing in various sectors, this is very influential on competition - competition in the business world which is increasingly widespread. In this case, it can make the company know what kind of marketing strategy it is and how to implement it. At this time consumer interest is increasing towards Coffee Shop, even in almost all big cities. Not only students and students, but also adults who are interested in coffee shops. Therefore, researchers conducted research on marketing strategies at Beryl Coffee Malang, at Jalan Tawangmangu No. 21. This research uses descriptive qualitative method with SWOT analysis. With the aim of knowing a good and appropriate marketing strategy for Beryl Coffee, it also draws conclusions from a SWOT analysis. Researchers use IFAS to conduct environmental research, using IFAS which contains the strengths and weaknesses of the company. Furthermore, using EFAS which contains an analysis of opportunities and threats for the company. From the results of the study, it can be concluded that in the SWOT diagram, Beryl Coffee's position is in quadrant 1, namely that this position has opportunities and strengths so that it can take advantage of existing opportunities. The strategy that can be used in this condition is to support an aggressive growth policy (growth oriented strategy).
Dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang Zuhriah, Iklima Aminatuz; Alvianna, Stella; Hidayatullah, Syarif; Patalo, Ryan Gerry; Widiawati, Diah
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 2 No. 1 (2022): June 2022
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v2i1.7210

Abstract

Jawa Timur memiliki banyak tempat tujuan wisata yang memiliki potensi besar salah satunya wisata religi. Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupten Jombang ialah Wisata Religi Makam Gus Dur. Penelitian ini menggambarkan tentang dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Jombang terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berminat berkunjung ke Wisata Religi Makam Gus Dur Jombang dengan sampel sejumlah 75 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel attraction dan ancillary berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung wisatawan, sedangkan accessibility dan amenity berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung wisatawan. Keempat variabel bebas memiliki pengaruh simultan terhadap minat berkunjung wisatawan, dan pada pengujian hipotesis diketahui bahwa attraction merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan ke wisata religi makam Gus Dur di Kabupaten Jombang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ketika wisatawan berminat untuk mengunjungi wisata religi makam Gus Dur yang paling diinginkan adalah melihat dan meikmati atraksi wisata yang ada di wisata religi tersebut.
Application of CHSE at 101 Hotel Malang Dena Dwitia, Daneswara Ezra; Sutanto, Dewi Hermin; Astuti, Widji; Anam, Mochammad Musafaul; Risfandini, Andini
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 2 No. 1 (2022): June 2022
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v2i1.7211

Abstract

This study discusses the application of CHSE at Hotel 101 Malang. The COVID-19 pandemic that has hit the world has caused changes in the behavior of the world community in traveling or traveling. One way to survive this pandemic is to adapt to new habits. To meet these needs, the government created a program called CHSE certification. CHSE stands for Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability in Indonesian which means Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability. This research takes the object of Hotel 101 Malang because Hotel 101 Malang is one of the well-known five-star hotels in Malang. The method used is descriptive qualitative method. The benefit of this research is to get the results that Hotel 101 Malang has met the CHSE standard and received a CHSE certificate, so it can be said that Hotel 101 Malang has implemented CHSE which is expected to increase public confidence in choosing accommodation during the pandemic.
Dampak COVID-19 Terhadap Wisata Coban Jahe Di Kabupaten Malang Setya Hidayat, Tri Nando; Roedjinandari, Nanny; Rachmadian, Aprilia; Yulianto, Irwan
Jurnal Pariwisata Tourista Vol. 1 No. 1 (2021): December 2021
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v1i1.7329

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan gangguan pada rantai pasok global, dalam negeri,  volatilitas pasar keuangan, guncangan permintaan konsumen dan dampak negatif di sektor-sektor utama seperti perjalanan dan pariwisata. Sehingga dapat berpengaruh pada pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya yakni pada Coban Jahe, Jabung, Kabupaten Malang. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang berpengaruh akibat Covid-19 terhadap wisata Coban Jahe, Jabung, Kabupaten  Malang. Metode penelitian yang dilakukan yakni kualitatif deskriptif yang dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan yang dilaksanakan pada bulan Desember - Januari dengan menggunakan Teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data wisatawan yang datang di Coban Jahe, Jabung, Kabupaten Malang mengalami penurunan drastis dari sebelum Pandemi COVID-19 pada tahun 2019 yakni sebesar 85% pengunjung pada hari Senin-Jumat dan mengalami penurunan wisatawan sebesar 50% pada hari Sabtu dan Minggu hingga akhir tahun 2021.Â