cover
Contact Name
Kusumawati
Contact Email
jurnalinspirasibimbingandankon@gmail.com
Phone
0895328582936
Journal Mail Official
jurnalinspirasibimbingandankon@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amal Lama, Tarakan, Kalimantan Utara
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
JIBK: Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan. Menjadi jurnal dengan mengusung konsep dasar agar menjadi inspirasi bagi perkembangan dunia pendidikan khususnya bimbingan dan konseling, jurnal ini berkomitmen untuk menerbitkan artikel yang mencakup topik di bidang pendidikan, serta bimbingan dan konseling. Oleh karenanya JIBK terfokus untuk menyoroti perkembangan terbaru dan signifikan dalam bidang bimbingan kelompok, bimbingan individu, konseling kelompok, bidang bimbingan (pribadi, sosial, belajar, dan karir), asesmen dalam BK, evaluasi dan supervisi dalam BK, manajemen BK, perencanaan karir, media BK, dan perkembangan multikultural.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Pengaruh Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah Ayu, Sarinah; Sovayunanto, Riski; Rahmi, Siti
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4790

Abstract

Perilaku agresif verbal adalah bentuk perilaku atau keinginan yang diarahkan dengan tujuan untuk menyakiti dengan tindakan melukai orang lain secara verbal (kata-kata) secara langsung maupun tidak langsung, seperti mengumpat, mengejek, berkata kasar, fitnahan, bergunjing atau menyindir, kritikan, hinaan bahkan ancaman melalui kata-kata jika dibiarkan dan tidak diatasi sesegera mungkin sangat berpotensi untuk memicu perilaku agresif non verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku berpengaruh terhadap perilaku agresif verbal siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya dalam penelitian ini sebanyak 45 siswa kelas IX. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 10 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan infrensial. Uji hipotesis  menggunakan uji paired sampel t.test dengan SPSS versi 26.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa  nilai signifikansi sebesar (0,000 0,05) yang artinya terdapat pengaruh teknik kontrak perilaku terhadap perilaku agresif verbal siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah. Adapun gambaran dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil pre-test dan post-test pada indikator memaki, mengejek, menghina, marah-marah, bergosip, adu domba mengalami perubahan nilai ditunjukan dengan penurunan perilaku pada saat pemberian pos-testKata Kunci:Teknik Kontrak Perilaku, Perilaku Agresif Verbal
PEMBENTUKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI LAPAK AJAIB TARAKAN Heriani, Nur; Sovayunanto, Riski; Ismuniar, Cici
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2024): Edisi Juli 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4825

Abstract

Ditemukan anak usia dini yang kurang terfasilitasi dalam pengembangan kreativitasnya ketika anak sulit dalam menentukan ide saat menggambar, menentukan warna, anak kurang menuangkan imajinasinya untuk menciptakan karya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bimbingan kelompok dan hasil penerapan kelompok bimbingan dalam pembentukan kreativitas anak usia dini di Lapak Ajaib Tarakan di tinjau dari aspek pengembangan kreativitas 4P (Pribadi, Pendorong, Proses dan Produk). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 2 orang mentor lapak Ajaib dan 5 orang anak usia dini yang tergabung di lapak Ajaib. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, yaitu menggunakan metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan bimbingan kelompok di lapak Ajaib dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap ini mempersiapkan berbagai macam perlengkapan, mencatat kebutuhan perkembangan anak usia dini sebelum pelaksanaan bimbingan, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan mentor sesuai dengan materi pembelajaran yang direncanakan, dan evaluasi kegiatan pembelajaran ini dilakukan kepada mentor guna memberikan wawasan terkait ekfektivitas kebijakan bimbingan kelompok dalam mengembangan kreativitas anak usia dini di Lapak Ajaib Tarakan.
Pengembangan Media Local Genius Dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SD. Agustina, Soniya; Padmi, Ni Made Diah; Rahmi, Siti
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4800

Abstract

Berakhlak mulia dapat menjadi pondasi yang kuat agar siswa dapat tumbuh menjadi individu yang baik, bertanggung jawab dan peduli terhadap orang lain. Namun, berdasarkan permasalahan yang muncul saat ini banyak sekali siswa yang menunjukkan perilaku bertutur kata tidak sopan terhadap teman sebaya dan guru di sekolah, mengganggu teman saat jam pelajaran dan berkelahi saat jam pelajaran sesuai hasil observasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui media local genius diharapkan dapat membantu membentuk karakter berakhlak mulia melalui nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan local itu sendiri. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media dalam bentuk buku panduan media Local Genius cerita rakyat “batu menangis” dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan RD (Research and Development) oleh Bord and Gall sampai tahap ke 7 yaitu revisi desain.  Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria “Layak”, hasil validasi Ahli materi mendapat persentase penilaian sebesar 75% dengan kriteria “Layak’. Uji coba produk dilakukan pada kelompok terbatas yang terdiri dari empat subjek dengan perolehan rata-rata persentase 82,27% dengan kriteria “Layak”. Disimpulkan bahwa buku panduan bermain peran cerita rakyat “batu menangis” untuk membentuk karakter akhlak mulia memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan
PENERAPAN METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KARYA PERTIWI TARAKAN. Hidayah, Nurul Izzah; Manurung, Nazwa; Cahyono, Tri
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2024): Edisi Juli 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i2.4955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan metode storytelling terhadap peningkatan perilaku prososial anak usia 4-5 Tahun di TK Karya Pertiwi Tarakan. Perilaku prososial merupakan perilaku positif yang terwujud ingin menghibur sesame dalam kondisi kesusahan. Dalam penelitian ini perilaku prososial peserta didik masih kurang maksimal ditunjukkan pada saat bermain bersama teman masih ada peserta didik yang tidak ingin berbagi permainan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini menggunakan populasi 12 dan sampel berjumah 7 peserta didik kelompok A TK Karya Pertiwi Tarakan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi centang dan foto berseri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 dimana dari 7 anak didik kela A usia 4-5 Tahun belum mencapai ketuntasan kriteria penilaian, pretest 7 anak didik sama dengan 100% masuk dalam kategori sangat rendah (BB). Pada saat posttest adanya perubahan perilaku prososial dimana 6 anak didik sama dengan 86% masuk ke dalam (BSB) dan 1 anak didik sama dengan 14% masuk ke dalam (MB). Berdasarkan hasil tersebut storytelling dapat meningkatkan perilaku prososial.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik Kelas V SD Negeri 026 Tarakan Harmadani, Dini; Rahmi, Siti; Fadilah, Nurul
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Efektif untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V SD Negeri 026 Tarakan. Bimbingan kelompok merupakan upaya bimbingan yang diberikan kepada sejumlah individu yang dilakukan secara bersama-sama, bertujuan membantu mereka yang belum berpengalaman dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat. Adapun kedisiplinan merupakan sikap dan perilaku yang mencerminkan ketaatan dan ketepatan waktu terhadap peraturan, dan standar yang berlaku. Adapun pelanggaran peraturan yang umum terjadi di sekolah sebagai contoh peserta didik tidak mengenakan pakaian sekolah yang lengkap dan datang terlambat, tidak mengumpulkan tugas pada waktunya, bicara dalam kelas saat guru menjelaskan, tidur di kelas dan lain-lain. Maka dari itu kedisiplinan di sekolah perlu di perhatikan dan diatasi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas V SD Negeri 026 Tarakan yang berjumlah sebanyak 55 siswa dan penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala kedisiplinan berdasarkan teori (Daryanto Surytri, 2013), teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis Paired Sample T-test. Adapun uji Paired Sample T-Test menggunakan software SPSS 29.0 for mac. Hasil analisis data dari uji Paired Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,007 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas V SD Negeri 026 Tarakan. Berdasarkan dari hasil skor Pre-test yang di peroleh 10 siswa sebagai sampel penelitian ini terdapat 4 siswa memiliki tingkat kedisiplinan tinggi, 6 siswa memiliki tingkat kedisiplinan sedang, dan 1 siswa memiliki tingkat kedisiplinan rendah. Pada hasil Post-test terdapat 9 siswa memiliki tingkat kedisiplinan tinggi dan 1 siswa memiliki tingkat kedisiplinan sedang.
Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan) Indah, Indah; Rahmi, Siti; Fadilah, Nurul
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2024): Edisi Juli 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4840

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan secara tatap muka sehingga menimbulkan komunikasi timbal balik atau dengan kata lain orang yeng menerima informasi tidak hanya seorang tapi bisa lebih dari seorang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa yang menjadi subjek kunci di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian ini mendeskripsikan kurangnya komunikasi interpersonal pada siswa yang menjadi subjek kunci, hal tersebut dipicu oleh sistem sekolah yang berbasis agamais dengan menerapkan segregasi gender, selain itu minimnya interaksi antar sesama warga sekolah hingga saling tidak mengenal satu sama lain. Fokus dalam penelitian ini adalah pemenuhan komunikasi interpersonal pada subjek kunci berdasarkan pada indikator keterbukaan, sikap positif dan empati. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, terdiri dari 1 informan kunci dan 2 informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian ini berdasarkan wawancara dan dokumentasi yang ada, maka kurangnya komunikasi interpersonal pada siswa tidak menjadikan siswa terbelakang dari siswa aktif lainnya dari segi kepribadian diri maupun sisi akademiknya di sekolah.
The Influence of Simulation Game Techniques in Group Guidance Services to Improve the Work Ethic of Class X Students at SMK Negeri 2 Tarakan Rahmadania, Natasya Nur; Sovayunanto, Riski; Fadilah, Nurul
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4765

Abstract

Work ethic is the value held by a person by showing the attitude they take and believe in when carrying out their work. The work ethic of students at SMK Negeri 2 Tarakan is still low with the behavior shown by students, namely often delaying doing assignments, not being confident in their abilities, trusting their friends more in doing or answering something, often copying/cheating on friend's assignments, often being late in carrying out their responsibilities, and several other things. Efforts that can be made to improve student's low work ethic are implementing group guidance services using simulation games techniques. This type of research was quantitative with a pre-experimental approach and a one group pre-test-post-test design. The sampling technique in this research used a purposive sampling technique, with a population of 508 students and a sample of 8 class X students. The data collection technique in this research used an instrument in the form of a likert scale regarding work ethic. Data analysis uses descriptive and inferential statistics using the paired samples t-test. Based on the result of this research, the calculation of the paired samples t-test obtained a sig (2-tailed) value for the two-way test of 0.0000.05, then Ho was rejected and Ha was accepted, which means that there is an influence of the application of simulation games techniques in group guidance services to improve ethos work of class X students at SMK Negeri 2 Tarakan.
Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran Di SMA Negeri 2 Nunukan Di Tinjau Dari Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Salma, Salma; Cahyono, Tri; Ismuniar, Cici
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2024): Edisi Juli 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4739

Abstract

Layanan penempatan dan penyaluran merupakan bentuk dari layanan bimbingan dan konseling. Layanan ini membantu siswa yang kesulitan menentukan pilihan, belum mengetahui bakatnya, minat, dan hobbinya tidak tersalurkan dengan baik. Terdapat masalah bagaimana pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran ditinjau dari model CIPP di SMA Negeri 2 Nunukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA Negeri 2 Nunukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 1 orang guru BK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA Negeri 2 Nunukan memiliki tujuan atau context seperti, membantu pengentasan masalah siswa. Adapun input atau persiapan yang dilakukan guru BK yaitu perencanaan layanan, hal-hal yang dipersiapkan. Pada tahap pelaksanaan atau proses guru Bk menentukan waktu. Pada tahap hasil atau product guru BK akan melakukan evaluasi atau follow up terhadap layanan yang telah dilakukan.
Pengaruh Teknik Behavior Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Di SMA Patra Dharma Tarakan Izza, Sofia Nurul; Magdalena Sirait, Emma Juwita; Cahyono, Tri
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4734

Abstract

Perilaku agresif merupakan perilaku verbal maupun nonverbal yang dimaksudkan untuk merusak atau melukai seseorang, perilaku ini merupakan hasil belajar dari pengalaman kehidupan yang didapatkan dari lingkungan sekolah maupun rumah. Teknik behavior contract merupakan teknik yang bertujuan untuk membantu konseli dalam mengubah atau mempertahankan perilakunya, teknik ini menekankan pada perubahan tingkah laku yang dianggap merugikan diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku agresif siswa di SMA Patra Dharma Tarakan. Teknik behavior contract adalah kesepakatan tertulis antara dua orang individu atau lebih dimana salah satu atau kedua orang sepakat untuk terlibat dalam sebuah perilaku target. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini  berjumlah 12 siswa yakni siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan, penarikan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling berjumlah 6 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan skala perilaku agresif berdasarkan teori Murray dan Bellak (dalam Susanto, 2015) dan teori Buss dan Perry (dalam Hardoni, 2019), teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Adapun uji Paired Sample T-Test menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data dari uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku agresif siswa di SMA Patra Dharma Tarakan. Berdasarkan dari hasil skor Pretest yang diperoleh 6 siswa sebagai sampel penelitian ini terdapat 5 (83%) siswa memiliki tingkat perilaku agresif tinggi, 1 (17%) siswa memiliki tingkat perilaku agresif sedang. Pada hasil Posttest terdapat 6 (100%) siswa yang memiliki tingkat perilaku agresif rendah.
QUARTER LIFE CRISIS YANG TERJADI PADA MAHASISWA EKONOMI ANGKATAN 2019 DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Linduajie, Binzar; Manurung, Nazwa; Cahyono, Tri
Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2024): Edisi Juli 2024
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jibk.v1i1.4826

Abstract

Ditemukan terdapat kecenderungan bahwa quarter life crisis sedang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2019 yang berada pada fase tengah menyelesaikan pendidikannya terlihat gejala yang paling umum dirasakan adalah kekhwatiran, kecemasan dan ketakutan, yang terjadi secara berlebihan, krisis yang dialami oleh mahasiswa angkatan 2019 ini merupakan berbagai kesulitan seperti mencari judul skripsi, keterbatasan dana, komunikasi dengan dosen pembimbing, revisi yang terus-menerus, tuntutan waktu dalam Pendidikan, dan kekhawatiran akan karir setelah menyelesaikan pendidikannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran proses terjadinya quarter life crisis yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2019. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 4 orang mahasiswa ekonomi angkatan 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi tidak terstruktur dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Miles and Huberman: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian dengan demikian bisa dikatakan bahwa mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan mengalami fenomena quarter life crisis dengan diketahui adanya tekanan yang berasal dari dalam dan luar individu, namun dari keempat subjek memiliki perbedaan masing-masing gambaran quarter lifer crisis.

Page 1 of 2 | Total Record : 18