cover
Contact Name
JA'FAR AMIRUDIN
Contact Email
jafar.amirudin@uniga.ac.id
Phone
0838-9048-6773
Journal Mail Official
jurnal.pgmi@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. K.H. Cecep Syarifudin d/h Jl. Raya Samarang No. 52A, Desa Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pgmi Uniga
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 28286723     DOI : https://doi.org/10.52434/pgmi.v2i2.41431
Jurnal PGMI UNIGA adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Prodi PGMI Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Jurnal PGMI UNIGA terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan Maret dan September, dengan nomor E-ISSN: 2828-6723 . Jurnal PGMI UNIGA mempublikasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan topik kajian yang memadukan ilmu agama (Akidah Akhlak, Al-Qur’an, Hadits, Sejarah Islam, Fiqih, Bahasa Arab dan kajian-kajian kontemporer tentang permasalahan hukum yang berkaitan dengan keagamaan) dan ilmu umum (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, pendekatan, metode, dan atau strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogi).
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2025): Jurnal PGMI UNIGA" : 4 Documents clear
Penggunaan Sains Teknologi Masyarakat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA abdul, Abdul Ishak; asep, Asep Tutun Usman; ade, Ade Holis
Jurnal PGMI UNIGA Vol 4 No 1 (2025): Jurnal PGMI UNIGA
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/pgmi.v4i1.42896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV MI Al-Amin Desa Cimanganten Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan oleh guru kelas IV MI Al-Amin dengan mengunakan model dari Ari Kunto, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Amin yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi dan catatan lapangan intrumen yang digunakan yaitu lembar obsevasi hasil belajar siswa. Analisis data pada penelitian ini mengunakan deskriftif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari persentase hasil ahir observasi siswa. Hasil persentase tersebut kemudian di analisis secara kulitatif berupa pemaparan kata dalam bentuk kata-kata. Berdasarkan hasil observasi terjadilah peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya. Diketahui bahawa antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat 25% yaitu dari 37,5% yang mencapai kretria ketuntasan minimum menjadi 62,5% peningkatan hasil belajar ini belum mencapai target pembelajaran. pada siklus II perolehan hasil belajar IPA mencapai 100% .Hal ini sudah menunjukan adaya peningkatan dari siklus I. Peningkatkan yang terjadi dari siklus II sebesar 37,5% yaitu dari 62,5% yang mencapai keteria ketuntasan minimum menjadi 100%. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Pengunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.
Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Materi Ekosistem Ineu Siti Nurjanah, Ineu Siti Nurjanah; Rudi Akmal, Rudi Akmal; Hanny Latifah, Hanny Latifah
Jurnal PGMI UNIGA Vol 4 No 1 (2025): Jurnal PGMI UNIGA
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/pgmi.v4i1.42910

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnyai kemampuani berpikirikritisi pesertai didiki dan perlu adanya modeliajar berbasis teknologi yang mampu meningkatkani kemampuani berpikirikritis. Penelitianiiniibertujuaniuntukimengetahuiiperbedaan peningkatan dan pengaruh kemampuani berpikirikritisipesertaididikiterhadap model Problem Based Learning berbasis audio visual. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitianieksperimenijenis quasi eksperimen dengani desaini penelitianinon-equivalenti controligroupidesign. Tekniki pengumpulani datai berupa tesisoal, lembar observasiidan dokumentasi. Hasilipenelitiani menyatakan bahwa kemampuaniberpikirikritisikelasieksperimenidiperolehinilai N-Gain 0,76 yang termasuk kategoriitinggiisedangkan kelas control diperoleh nilai N-gaini0,63 yangitermasukikategoriisedang. Berdasarkan lembar keterlaksanaan model PBL memperoleh skor 97%. Kemudian hasil ujiiTiindependenti sampeli titestinilai sig. (2-tailed) sebesari0,036 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbasis audio visual dengan kelas control yang menerapkan model problem solving berbasis PPT Kata kunci: Kemampuan Berpikir kritis, Problem Based Learning berbasis audio visual
Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtida’iyah Atik Fauziyah, Atik Fauziyah; Lailatul Maghfiroh; Novida Aprilina Nisa Fitri; Ari Susetiyo
Jurnal PGMI UNIGA Vol 4 No 1 (2025): Jurnal PGMI UNIGA
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/pgmi.v4i1.42913

Abstract

supervisi di sekolah dilaksanakan oleh kepala sekolah yang bertindak sebagai  supervisor, maka ia harus mampu melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian  untuk meningkatkan kinerja guru. Pengawasan dan pengendalian merupakan Tindakan  preventive untuk mencegah agar guru tidak melakukan penyimpangan dan lebih  berhati hati dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pendidik. Oleh karena itu,  penelitihan ini mengungkap kegiatan supervisi yang di lakukan oleh kepala sekolah MI  Hidayatul Mubtadiin Jati Kota Kediri terhadap kinerja guru. Adapun secara ringkas  hasil dari penelitihan ini adalah  fokus kegiatan supervisi yang dilakukan kepala  sekolah MI Hidayatul Mubtadiin ialah supervisi RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan  supervisi administrasi guru, kegiatan supervisi membantu bagi guru dalam  memecahkan masalah-masalah Pendidikan yang dihadapi guru pada saat melakukan  pembelajaran, serta dapat memberikan semangat, dan motivasi bagi guru agar selalu  meningkatkan pengetahuan untuk menjadi guru yang professional dalam  melaksanakan pembelajaran. hambatan kepala sekolah dalam supervisi adalah  ketidak siapan para guru dan beberapa mata pelajaran yang pelaksanaannya masih kurang maksimal.   Kata kunci: supervisi, pendidikan, madrasah ibtida’iyah  
Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipas Materi Sistem Pernapasan Manusia Rohmat Sauri; Nandang Kosim; Asep Budi
Jurnal PGMI UNIGA Vol 4 No 1 (2025): Jurnal PGMI UNIGA
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/pgmi.v4i1.42933

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPAS, materi sistem pernapasan manusia, melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VB MIN 1 Pandeglang. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 61,88 pada pra-siklus menjadi 70 pada siklus I, kemudian menjadi 80,65 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 12,5% pada pra-siklus, menjadi 37,5% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. Selain memperoleh nilai yang lebih baik, siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran, terlihat dari keberanian menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan. Dengan demikian, penerapan model discovery learning terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar IPAS pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VB MIN 1 Pandeglang. Kata kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, IPAS, Sistem Pernapasan Manusia

Page 1 of 1 | Total Record : 4