cover
Contact Name
M. ARIEF SETIA BUDI
Contact Email
m.ariefsetiabudi@unmuha.ac.id
Phone
+6285277749991
Journal Mail Official
m.ariefsetiabudi@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jl. Muhammadiyah, No. 91, Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh.
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SAUDAGAR INDONESIA
ISSN : 28298969     EISSN : 28297105     DOI : https://doi.org/10.37598/jsi.v3i2
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup kewirausahaan, manajemen UMKM, studi bisnis, manajemen SDM, manajemen strategi, manejemen keuangan perusahaan, manajemen pemasaran dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). JSI: Jurnal Saudagar Indonesia diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh dengan periode penerbitan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu Bulan Mei dan November. Tujuan dari Jurnal Saudagar Indonesia adalah untuk memfasilitasi para Ilmuwan, Peneliti maupun Praktisi agar dapat menyebar luaskan hasil penelitian yang mengedepankan kebaruan yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023" : 7 Documents clear
PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT JNE EXPRESS ACROSS NATIONS DI BANDA ACEH Nurulia Dimitha; Aida Fitri
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT JNE Express Across Nations di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner untuk pengumpulan data, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 responden yang menggunakan jasa kirim PT JNE di Kota Banda Aceh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan uji-t. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT JNE Express Across Nation di Kota Banda Aceh. Hasil dari uji parsial atau uji-t menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi antara nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT JNE Express Across Nations di Kota Banda Aceh.
ANALISIS PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PERUSAHAAN SINAR BULAN BAKERY DI BANDA ACEH Aida Fitri
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1729

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang diambil dan dikumpulkan secara langsung dari perusahaan yaitu data yang berkaitan dengan biaya relevan yang mencakup biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis pemilihan Alternatif Relevan Cost dengan pesanan khusus dan tanpa pesanan khusus, dimana variabel yang digunakan adalah contribution margin. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara persepsi akan risiko, ulasan produk, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis pesanan khusus menunjukkan bahwa pesanan khusus dapat diterima oleh perusahaan Sinar Bulan Bakery.
KEPUASAN PELANGGAN PLATFORM E-LEARNING Mohammad Ikhsan Kurnia; Ferryan Nugraha
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1737

Abstract

Platform bimbingan belajar online semakin marak sejak terjadi pandemi covid-19. Salah satunya adalah Zenius Education yang mengalami peningkatan jumlah pengguna signifikan. Penelitian ini mengkaji apakah kualitas layanan elektronik, kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan platform tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kualitas layanan elektronik dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, namun ketiga variabel tersebut tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan juga tidak dapat memediasi kualitas layanan elektronik dan kepercayaan pelanggan secara positif terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH LEVERAGE SEBAGAI PEMODERASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA RETURN ON EQUITY DENGAN STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TAMBANG LOGAM DAN MINERAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020 Hermansyah Hermansyah; Zulkifli Zulkifli; Ermad MJ; Akmal Fakhrurrazi
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1730

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Return On Equity terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020 dan untuk menguji Leverage memoderasi pengaruh Return On Equity terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 sampel. Objek dalam penelitian ini yaitu Perusahaan Sub Sektor Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan mengggunakan analisis jalur (path analysis). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Return On Equity berpengaruh terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Leverage memoderasi pengaruh Return On Equity terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Tambang Logam dan Mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KABUPATEN BIREUEN Ferri Yanto; Ira Dama Yanti
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1731

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Pegawai, dengan mengambil jumlah responden sebagai sampel penelitian sebanyak 50 responden yang merupakan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bireuen untuk disebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana analisis ini dapat digunakan untuk melihat hubungan dan pengaruh antar variabel. Berdasarkan analisis dan perhitungan hasil penelitian diperoleh hubungan yang kuat dan positif antara Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan, dengan koefisien korelasi sebesar 0,733 dan persamaan linier Y = 4,649 + 0,335 X1 + 0,174 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan. Dan 53,8% Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bireuen dapat dijelaskan oleh variabel Lingkungan Kerja dan Komunikasi. Sisanya sebesar 46,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TERMINAL TIPE A BATOH BANDA ACEH Mimiasri Mimiasri; Evi Zahara
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1732

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Terminal Tipe A Batoh Banda Aceh. Objek dalam penelitian ini yaitu Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Terminal Tipe A Batoh Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 62responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada Terminal Tipe A Batoh Banda Aceh. Sedangkan secara parsial variabel Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada Terminal Tipe A Batoh Banda Aceh.
PENGGUNAAN FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA PEMASARAN OLEH PELAKU ENTREPRENEURSHIP LOKAL Fani Sartika
JSI: Jurnal Saudagar Indonesia Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jsi.v2i1.1733

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Instagram Stories adalah salah satu fitur yang ada pada media sosial Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten singkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana fitur Instagram Stories digunakan sebagai media pemasaran oleh pelaku entrepreneurship lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deksriptif. Data primer dalam penelitian didapatkan dengan melakukan pengamatan terhadap akun-akun Instagram aktif yang digunakan untuk bisnis dan melakukan wawancara terhadap responden, sedangkan data sekunder dari studi kepustakaan. Data kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram Stories dapat menjadi media pemasaran yang efektif bagi pelaku entrepreneurship lokal karena dapat meningkatkan customer engagemenet, kesadaran merek dan produk, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen, keputusan pembelian, dan volume penjualan. Hal ini didorong oleh beberapa faktor seperti kemudahan penggunaan, persepsi positif terhadap kegiatan pemasaran atau periklanan di sosial media, dan harga yang murah untuk beriklan. Bentuk pemasaran yang dilakukan di Instagam Stories dapat dilakukan lewat menjalin kedekatan komunikasi dengan kosumen, membuat konten pemasaran yang menarik dan informatif, mengoptimalkan penggunaan fitur yang tersedia, mengunggah konten berurutan, dan menggunakan label sponsored.

Page 1 of 1 | Total Record : 7