cover
Contact Name
Lailatussadah
Contact Email
desultanahjurnal@gmail.com
Phone
+6282276170245
Journal Mail Official
desultanahjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. T. Nyak Arief, PS Lamnyong, No. 14B, Banda Aceh, Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Desultanah: Journal Education and Social Science
ISSN : -     EISSN : 30466555     DOI : https://doi.org/10.69548/d-jess
Core Subject : Education, Social,
Desultanah: Journal Education and Social Sciences is dedicated to publishing high-quality original research and scholarly conceptual papers addressing issues in education and learning within the social sciences, both in school settings and the broader study of social phenomena. The journal welcomes interdisciplinary approaches and aims to advance theoretical and practical understanding of social science education and its impact on society. Areas of interest covered by the journal include, but are not limited to: International Education Studies Higher Education Language Education Secondary Education Teacher Education Educational Methods and Innovations Educational Foundations Entrepreneurship Education Social Studies Education Teaching and Learning Processes Gender and Education Sociology of Education Anthropology of Education Communication and Media in Education Cross-Cultural and Comparative Education Political Science and Civic Education Social Science Research and Practice The journal encourages submissions that explore contemporary challenges, pedagogical innovations, and policy developments affecting social science education at various educational levels. Manuscripts may employ quantitative, qualitative, or mixed-methods approaches and should contribute to the advancement of knowledge in the field.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Desultanah: Journal Education and Social Science" : 5 Documents clear
Desain Kegiatan Ektrakurikuler Virtual pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 3 Banda Aceh Nadia Husna; Nurmadiah Nurmadiah; Jamaliah Hasballah
Desultanah: Journal Education and Social Science Vol. 1 No. 2 (2023): Desultanah: Journal Education and Social Science
Publisher : Yayasan Putroe Ceudah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69548/d-jess.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang langkah-langkah pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler secara virtual di SMAN 3 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan 4D. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket dan lembar validasi. Validasi dilakukan pada Empat (4) orang ahli dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga aspek dalam pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler pada masa pandemi yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil validasi terhadap rancangan ditemukan bahwa langkah-langkah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat diterapkan di sekolah. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan melakukan penerapan desain ini pada sekolah secara umum untuk menguji efektivitas selanjutnya melalui penelitian eksperimen
Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA/MA Juniar Afrida; Alfia Warda Nisa; Samsul Fala Alaidin
Desultanah: Journal Education and Social Science Vol. 1 No. 2 (2023): Desultanah: Journal Education and Social Science
Publisher : Yayasan Putroe Ceudah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69548/d-jess.v1i2.13

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui observasi awal di lapangan ditemukan bahwa pendidik hanya menggunakan buku paket sebagai media pembelajaran, sehingga peserta didik jenuh dalam belajar dan proses pembelajaran menjadi monoton. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan menumbuhkan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan model PBL pada materi fluida statis yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dengan tiga Tahapan yaitu (1) Tahap Planning (perencanaan), (2) Tahap Design (Perancangan),dan (3) Tahap Development (Pengembangan). Subjek penelitian terdiri dari 3 ahli media, 9 ahli materi dan 3 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan model PBL berdasarkan kualitas media diperoleh hasil presentase 93,7% dengan kriteria kelayakan sangat layak, kelayakan berdasarkan ahli materi mendapat hasil presentase 94,9% dengan kriteria kelayakan sangat layak, dan memperoleh hasil keseluruhan 94,3% dengan kriteria sangat layak, dan respon peserta didik mendapat hasil presentase 82,2% dengan kriteria kelayakan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan model PBL pada materi fluida statis tingkat SMA//MA sangat layak digunakan sebagai media yang mendukung kegiatan proses pembelajaran.
Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Permainan Catur Maya Sari; Elviana Elviana; Muslima Muslima
Desultanah: Journal Education and Social Science Vol. 1 No. 2 (2023): Desultanah: Journal Education and Social Science
Publisher : Yayasan Putroe Ceudah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69548/d-jess.v1i2.14

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa dengan menerapkan permainan catur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode One Group Pretest Posttest Design, 6 orang siswa diteliti dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur konsentrasi belajar siswa melalui observasi dan angket. Uji N-Gain menentukan besarnya hasil sebelum dan sesudah pengujian setelah di berikan treatment dihitung dengan rumus normalized gain. Berdasarkan hasil rata-rata N-Gain persentase katagori efektivitas tafsiran adalah cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan penggunaan permainan catur dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa
Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak Pada MIN 27 Aceh Selatan Sri Mutia
Desultanah: Journal Education and Social Science Vol. 1 No. 2 (2023): Desultanah: Journal Education and Social Science
Publisher : Yayasan Putroe Ceudah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69548/d-jess.v1i2.15

Abstract

Tujuan dari publikasi artikel ini adalah untuk membahas mengenai pelaksanaan program Sekolah ramah anak Pada MIN 27 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, Dan telaah dokumentasi. Hasil Penelitian pada Min 27 Aceh Selatan menunjukkan bahwa telah menjalankan 8 program SRA yaitu: Sekolah Adiwiyata, Kantin Sehat, Sekolah Inklusif, Sekolah Hijau, Sekolah Anti Kekerasan, Unit Kesehatan Sekolah Gerakan Literasi di sekolah, dan menjalankan perilaku hidup bersih sehat di sekolah dimana program yang dimulai dari perencanaan dilakukan dengan membuat indikator SRA yang terdapat di dalam 8 standar nasional pendidikan, membuat tim pelaksanaan sekolah ramah anak agar kegiatan belajar diluar kelas terlaksana dengan baik sebagai bentuk pembelajaran ramah anak. Selanjutnya pengawasan sekolah ramah anak dilakukan berkala oleh guru dan kepada sekolah, membuat tatanan program sekolah ramah anak serta guru juga berperan membina dan mendampingi program sekolah ramah anak ,dan dukungan penuh oleh orang tua serta pihak luar berperan sebagai member sosialisasi terkait sekolah ramah anak.
Ontologi Filsafat Manajemen Pendidikan Islam Nurmayuli Nurmayuli; Khalilullah Harmaini; Yus Rijal; Rauzatul Jannah; Miswatul Khaira; Tuti Hartati Lubis; Baiti Nurhidayah
Desultanah: Journal Education and Social Science Vol. 1 No. 2 (2023): Desultanah: Journal Education and Social Science
Publisher : Yayasan Putroe Ceudah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69548/d-jess.v1i2.16

Abstract

Ontologi Filsafat Manajemen Pendidikan Islam adalah sebuah kerangka pemahaman yang membahas aspek-aspek filosofis yang mendasari manajemen pendidikan dalam konteks Islam. Memiliki tujuan mendeskripsikan implementasi ontology dalam manajemen pendidikan Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur. Hasil penelitian didapat pendekatan ontology sebagai landasan teori manajemen Pendidikan Islam, ruang lingkup ontology dan pengimplementasian ontology dalam manajemen Pendidikan islam. Dapat disimpulkan bahwa Ontologi dalam konteks manajemen pendidikan Islam mencakup isu-isu mendasar seperti eksistensi, hakikat, dan prinsip-prinsip utama Islam, Iman, dan Ihsan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5