cover
Contact Name
Jems Sopacua
Contact Email
honoli.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Phone
+6282299815138
Journal Mail Official
honoli.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampung Babar, Kaiwatu, Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Honoli of Journal Primary Teacher Education
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 27759415     DOI : https://doi.org/10.30598/honoli
Core Subject : Education,
Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles and review articles. Honoli Journal is an open-access journal, allowing readers to gain insights and exchange knowledge through published research. It is expected that this journal will be beneficial to its readers. Honoli Journal is available in both print and online formats and publishes articles in Indonesian and English. The scope of this journal covers various aspects of education, particularly related to primary education, interactions between teachers and students, learning processes both inside and outside the classroom, character education, and traditional customs. Additionally, it explores social life and the cultural heritage of communities in Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education" : 5 Documents clear
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Show Not Tell Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kabupaten MBD Permaha, Yakoba; Ratumanan, Stelie Dorce; Kilikily, Christianti Costafina
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 2 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.2.59-66

Abstract

Keterampilan menulis mencakup pembuatan huruf, angka, serta penyampaian gagasan melalui bahasa tulis agar dapat dipahami oleh pembaca. Cerpen adalah cerita yang dapat selesai dibaca dalam sekali duduk, sekitar setengah hingga dua jam. Teknik pembelajaran yang tepat berperan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 2 Kabupaten MBD melalui model pembelajaran Show Not Tell. Model ini membantu siswa menampilkan emosi, suasana, dan karakter dalam tulisan secara lebih eksploratif. Metode yang digunakan adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Show Not Tell meningkatkan kreativitas serta kualitas deskripsi dalam tulisan siswa, sehingga dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran menulis cerita pendek di sekolah dasar.
Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Laitera, Yokbeth; Takaria, Johanis; Ishabu, La Suha
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 2 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.2.67-75

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) di Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Kristen Kaiwatu pada tahun ajaran 2023–2024. Data dikumpulkan melalui observasi, diskusi, dan wawancara, sedangkan kegiatan penelitian dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CPS berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar serta perkembangan karakter peserta didik di SD Kristen Kaiwatu. Selain itu, metode ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam menyelesaikan masalah secara kolaboratif, sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis kolaborasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di tingkat sekolah dasar.
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V SD Negeri Moain Sepatkora, Yuliana; Salamor, Lisye; Tuamain, Corneles
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 2 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.2.76-89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas V SD Negeri Moain. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dimana penelitian ini menemukan penyebab yang memungkinkan terjadinya suatu perubahan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Moain, Kabupaten Maluku Barat Daya. Waktu penelitian mulai dari tanggal 17 Juli sampai September 2022. Berdasarkan hasil penelitian penulis mendapatkan hasil bahwa gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar murid kelas V mata pelajaran PPKn dimana hasil korelasi sangat kuat untuk variabel gaya belajar yaitu sebesar 0,96. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu diperoleh bahwa variabel gaya belajar (X) memberi pengaruh sebesar 92,16% maka hipotesis alternative (HI) dapat diterima.
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Brain Writing Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Werwaru Meikudy, Oktovianus; Sahetapy, Sarah; Johansz, Dovila
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 2 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.2.99-105

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik Brain writing pada siswa kelas IV SD Inpres Werwaru, penelitian dialakukan dalam dua siklus instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar awal dan tes akhir, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan nilai rata-rata kelas 80,35.
Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V SD Negeri Moain Kabupaten MBD Tiaumessa, Welmina; Pelamonia, Johanes; Umarella, Melati Indah Sari
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 2 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.2.90-98

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Materi Ekosistem pada siswa kelas V SD Negeri Moain dengan subjek penelitiannya adalah sebanyak 12 orang siswa dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus dengan presentase siklus I sebesar 58,33% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dan belum tuntas sebanyak 5 siswa. Kemudian presentase untuk siklus II sebesar 80,41% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Ekosistem pada siswa kelas V SD Negeri Moain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5