cover
Contact Name
M.A. HANNY FERRY FERNANDA
Contact Email
apt.fernanda@unesa.ac.id
Phone
+6285733115522
Journal Mail Official
s1pendidikantatarias@unesa.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya | Gedung A1, Jl. Ketintang, UNESA, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60231 Telp : (031) 8280009 | Fax : (031) 8280796 | Contact : 085733115522
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Tata Rias
ISSN : -     EISSN : 3063718X     DOI : https://doi.org/10.26740/jtr
Jurnal Tata Rias publishes high-quality research and scholarly articles focused on cosmetology education. It covers curriculum development, teaching methodologies, professional training, trends, innovations, educational technology, and practical applications in cosmetology. Managed by the S-1 Pendidikan Tata Rias program of the Faculty of Engineering at Universitas Negeri Surabaya (UNESA), the journal is published three times a year in April, August, and December. It employs a rigorous double-blind peer-review process and adheres to an open access policy, ensuring global accessibility of its content.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023" : 6 Documents clear
PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA ELEMEN SANITASI BIDANG KECANTIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO Qoyyimah, Millah; Kusstianti, Nia; Lutfiati, Dewi; Faidah, mutimmatul
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n4.56959

Abstract

AbstrakPenilitian ini memiliki tujuan guna mengetahui 1) hasil validasi, 2) keterlaksanaan penerapan video, 3) hasilbelajar siswa, dan 4) respon siswa dalam penerapan video sebagai media pembelajaran sanitasi di bidangkecantikan. Jenis penelitian yang dipakai yakni pre-experimental design tipe one group pretest-posttest.Variabel bebas di penelitian ini yakni media pembelajaran berbasis video. Variabel terikat yang digunakanyaitu hasil belajar. Variabel kontrol yang digunakan meliputi materi sanitasi di bidang kecantikan, guru, danlamanya tatap muka. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKKR SMKN 1 Sooko yang memilikijumlah siswa 30 siswa. Teknik sampling yang dipakai di penelitian ini ialah Non-Probability Samplingmenggunakan jenis Teknik Sampel Jenuh. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini yakni uji pairedsample t-test untuk meganalisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video sebagai mediapengajaran sanitasi di bidang kecantikan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dari aspek materi memperolehnilai 89%, aspek media 90%, dan aspek bahasa 88% secara menyeluruh ada dalam kriteria sangat layak (2)rata-rata keseluruhan keterlaksanaan penerapan media video yakni 100% atau berkategori sangat baik (3)ada perbedaan ketercapaian tujuan pembelajaran 69% menjadi 81% dan didapatkan nilai thitung (12.363) >ttabel (2.045) (3) rata-rata nilai respon siswa secara keseluruhan sebesar 94% dengan kriteria sangat layak.Hasil ini menunjukkan jika penerapan video sebagai media pembelajaran sanitasi di bidang kecantikanterhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Sooko Mojokerto sangat layak sehingga menunjang hasil belajar sertamendapat respon yang sangat baik dari peserta didik.Kata Kunci: Video, Sanitasi, Hasil Belajar, Respon Siswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT (CREAMBATH) DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO Prasetyo, Salsabila Auliaputri; Pritasari, Octaverina Kecvara; Wilujeng, Biyan Yesi; wijaya, Nieke andina
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n4.57007

Abstract

Model pembelajaran PBL yaitu pembelajaran yang digunakan untuk membentangkan kemampuan siswauntuk pemecahan pada sebuah masalah materi Creambath. Tujuan studi adalah 1) Mengetahui terlaksananyasintaks model pembelajaran PBL 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 10 TKKR di SMKN 1 Sookomojokerto 3) Mengetahui respon siswa tentang model PBL tentang Creambath. Jenis studi yang digunakanyakni pre-eksperimental design. Kemudian, desain studi menggunakan one group pre-posttest design.Subyek studi menggunakan peserta didik kelas 10 TKKR SMKN 1 Sooko Mojokerto sebanyak 30 orang.Teknik pengumpulan data memakai teknik pengamatan, test, dan kuesioner. Teknik analisis data memakaiuji normalitas data, uji-t berpasangan, dan uji-t satu arah. Hasil riset menunjukkan bahwa 1) Terlaksananyasintak PBL pada bagian kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup terlaksana dengan kriteriasangat baik 2) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan pre-posttest pada ranah kognitif memiliki signifikansi(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya memiliki kenaikan nilai antara pre-test dan post-test. Kemudian, padaranah psikomotor memiliki signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya hasil belajar siswa mencapaiberada di atas test value yang telah ditentukan. Lalu, pada ranah afektif diketahui hasil rata-rata 96,1%dengan kualifikasi sangat apik 3) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model PBLmemperoleh rata-rata hasil 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil studi dapat disimpulkanyakni hasil belajar memperlihatkan rata-rata hasil dengan kriteria sempurna sesudah diberikan perlakuanmodel pembelajaran PBL dalam materi perawatan kulit kepala dan rambut (Creambath) di kelas X-TKKRSMKN 1 Sooko Mojokerto.Kata Kunci: Model Pembelajaran, PBL, Hasil Belajar, Respon Siswa.
PEMBUATAN MEDIA VIDEO UNTUK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT (CREAMBATH) Yulianto, Natasya; Puspitorini, Arita; Dwiyanti, Sri; Usodoningtyas, Sri
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n4.57282

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk pembuatan media video pembelajaran yang menerapkan metode problembased learning dalam kompetensi dasar perawatan kulit kepala dan rambut (creambath). Penelitian yangdilakukan memiliki tujuan: 1) Mengetahui kelayakan dari hasil media video, 2) Mengetahui keterlaksanaansintak pada implementasi model pembelajaran problem-based learning. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian research and development (R&D) melalui rancangan 4D dan disederhanakan menjadi 3 tahap.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil kelayakan video bernilai 3,9 sehingga diputuskan sangat layak untukdigunakan dalam pembelajaran, (2) hasil penerapan sintaks PBL terlaksana baik dengan nilai 3,8. Hasil inimenunjukkan bahwa pemanfaatan media video untuk model pembelajaran Problem-based learning yangtelah diimplementasikan dalam kompetensi dasar materi perawatan kulit kepala dan rambut (creambath)baik digunakan untuk kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Problem-based learning, Media Video, Perawatan Kulit Kepala dan Rambut
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK PENGUASAAN MATERI RIAS WAJAH CIKATRI DI SMKN 1 LAMONGAN Vebianti, Malra; Megasari, Dindy Sinta; Maspiyah, Maspiyah; Usodoningtyas, Sri
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n4.57411

Abstract

PENERAPAN MEDIA VIDEO RIAS GERIATRI PADA HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 LAMONGAN Rachmawati, Eka Yolanda Sakila; Megasari, Dindy Sinta; Kusstianti, Nia; Usodoningtyas, Sri
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n4.57412

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pada tata riasgeriatri. 2) Kelayakan media video tata rias geriatri. 3) Respon siswa terhadap media video tata rias geriatri.Penelitian ini berjenis one - shot case study. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dankuesioner. Teknik analisis data lembar rataan kelayakan media video, hasil tes belajar siswa, serta lembar rataanangket respon siswa. Hasil penelitian ini menilai kelayakan video yang diuji oleh ahli media, ahli materi, danahli bahasa memperoleh skor 90,02%, dengan kriteria sangat layak. Rataan hasil belajar 82,1%, afektif 59,5%,kognitif 95,3%, psikomotor 93,5% yang pada umumnya dinyatakan sangat baik. Respon siswa terhadap mediavideo menghasilkan secara keseluruhan yaitu 93,6%.Kata kunci : Media video, rias geriatri, hasil belajar
IMPLEMENTASI TRADISI UANG PANAI PADA PERNIKAHAN SUKU BUGIS DI SABAH MALAYSIA Miniarti, Miniarti; lutfiati, Dewi; Puspitorini, Arita; Faidah, mutimmatul
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n4.57518

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Tata Rias Volume 14 Nomer 2 Tahun 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Tata Rias Volume 14 Nomer 1 Tahun 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 3 Tahun 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 2 Tahun 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 1 Tahun 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Berikut publikasi nomer 2 tahun 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Berikut publikasi nomer 1 tahun 2023 Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Tata Rias Vol. 11 No. 1 (2022): jurnal tata rias Vol. 10 No. 3 (2021): Vol. 10 No. 3 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021): Vol. 10 No. 1 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021): jurnal tata rias Vol. 9 No. 4 (2020): Vol. 9 No. 4 (2020) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 01 (2018): Vol.07 N0.1 Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Vol.07 No.2 Edisi Yudisium Juni 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 6 No. 01 (2017): Vol.06 No.1 Edisi Yudisium Februari 2017 Vol. 6 No. 3 (2017): Vol. 6 No.3 Edisi Yudisium Oktober 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Vol.6 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2017 Vol. 5 No. 03 (2016): Vol.05 N0.03Edisi Yudisium Oktober 2016 Vol. 5 No. 02 (2016): Vol.05 No.02 Edisi Yudisium Juli 2016 Vol. 5 No. 01 (2016): Vol.05 No.1 Edisi Yudisium Februari 2016 Vol. 4 No. 03 (2015): Vol.04 No.03 Edisi Yudisium Oktober 2015 Vol. 4 No. 02 (2015): Vol.04 No.02 Edisi Yudisium Juni 2015 Vol. 4 No. 01 (2015): Vol.04 No. 01 Edisi Yudisium Februari 2015 Vol. 3 No. 03 (2014): Vol.03 No.03 Edisi Yudisium Oktober 2014 Vol. 3 No. 02 (2014): Vol. 03 No. 02 Edisi Yudisium Juni 2014 Vol. 3 No. 01 (2014): Vol. 03 no. 01, Edisi Yudisium Februari, tahun 2014 Vol. 2 No. 02 (2013): Vol. 02 No. 02, edisi Yudisium periode Mei 2013 Vol. 2 No. 3 (2013): e-journal vol.2 No. 03, Edisi Yudisium Oktober 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): volume 2, nomor 1, tahun 2013 More Issue