Journal of Management, Education and Communication
The Journal of Management, Education, and Communication is a scholarly publication dedicated to facilitating the exchange of knowledge and the latest findings in the fields of management, education, and communication. This journal provides a diverse platform for researchers, academics, practitioners, and thinkers across various disciplines to share in-depth understanding, innovations, and insights relevant to the challenges and emerging trends in these three fields. Here is a brief description of the Journal of Management, Education, and Communication
Articles
35 Documents
Pemanfaatan Media dan Teknologi di SMA Tahfidz Khairunnas Surabaya
Bella, Nadira Salsa
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i1.2
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media dan teknologi di SMA Tahfidz Khairunnas Surabaya. tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan pemanfaatan media dan teknologi di SMA Tahfidz Khairunnas Surabaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk media dan teknologi informasi yang berkembang di SMA Tahfidz Khairunnas cukup memadai untuk pengembangan minat dan bakat para murid, mulai dari tersedianya LCD, proyektor, ruang komputer, ruang perpustakan, televisi, serta penyediaan kamera untuk murid-murid yang memiliki minat di bidang fotografi, dan juga penyediaan komputer yang memiliki aplikasi desain untuk para murid yang menyukai desain.Untuk pemanfaatan media dan teknologi sudah dimanfaatkan dengan baik oleh para guru maupun para murid, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam proses pengembangan minat dan bakat. Hadirnya fasilitas media dan teknologi di SMA Tahfidz Khairunnas Surabaya bermanfaat bagi keberlangsungan kegiatan di sekolah.
Proses Komunikasi Antara Guru dan Siswa di SMA Gema 45 Surabaya
Zuhro, Fatimatus
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i1.3
Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses komunikasi antara Guru dan Siswa di SMA Gema 45 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses komunikasi antara Guru dan Siswa di SMA Gema 45 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi antara guru dan siswa telah terlaksana dengan baik dan mendapatkan respons yang sangat baik dari para Siswa maupun Guru. Beberapa proses komunikasi antara guru dan siswa berjalan dengan efektif, mulai dari bahasa guru yang kurang dipahami oleh para siswa hingga timbulnya rasa kasih sayang dari guru terhadap para siswa. Disamping itu, terdapat kesulitan yang dialami guru dalam proses komunikasi ketika sedang mengajar di kelas yakni, kurangnya umpan balik dari siswa ketika proses komunikasi dalam pembelajaran berlangsung.
Pengaruh Perkembangan Digital Library terhadap Peningkatan Layanan Perpustakaan bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya
Pratiwi, Sekar
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i1.4
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Perkembangan Digital Library terhadap peningkatan Layanan Perpustakaan Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment yang telah dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,610. Kemudian nilai koefisien atau r hitung dibandingkan dengan r tabel berjumlah 203 responden dengan taraf signifikan 5% yang bernilai 0,138. Hasilnya adalah r hitung > r tabel atau 0,610 > 0,138 yang mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Yang berarti hasil penelitian ini menandakan adanya pengaruh perkembangan digital library terhadap peningkatan layanan perpustakaan bagi mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.Dengan nilai koefisien sebesar 0,610 maka tingkat hubungan antara variabel X dan varabel Y adalah kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antara pengaruh perkembangan digital library terhadap peningkatan layanan perpustakaan bagi mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki signifikansi yang kuat. Simpulan ini dapat menjawab rumusan masalah seberapa signifikan pengaruh perkembangan digital library terhadap peningkatan layanan perpustakaan bagi mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Proses Komunikasi Kepala Sekolah dan Guru dalam Pengembangan Media dan Teknologi di Sekolah MI Nurul Huda Kepodang Tulangan Sidoarjo
Munjib, Akdim
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i1.5
Penelitian membahas tentang proses komunikasi kepala sekolah dan guru dalam pengembangan media dan teknologi di Sekolah MI Nurul Huda Kepodang Tulangan Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks pembinaan kepala sekolah kepada guru, proses komunikasi kepala sekolah dengan guru dalam mengembangkan media teknologi informasi sangat penting. Kepala sekolah dalam pengembangan pemanfaatan teknologi informasi sebagai inovator, dengan mengirim guru mengikuti kegiatan pelatihan, seminar dan workshop mengenai teknologi informasi. Kepala sekolah diharapkan agar memberikan keleluasaan kepada guru agar dapat mengembangkan proses komunikasi dalam pembelajaran di dalam kelas serta mempelajari dan memahami model model pembelajaran baru yang dapat meningkatkan kegiatan belajar di sekolah. Kepala sekolah menerapkan bentuk komunikasi yang efektif dan baik sehingga para guru pun merasa nyaman dengan lingkungan sekitar dan proses dalam belajar mengajar yang kondusif dan mendukung.
Pengaruh Literasi Digital terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa Kelas 12 SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya
Ayunda, Shinta Bella Dwi
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i1.6
Penelitian ini membahas tentang pengaruh Literasi Digital Terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa Kelas 12 SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, bahwa penerapan literasi digital berpengaruh kuat terhadap peningkatan pembelajaran siswa di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil pengujian yang telah dijelaskan diatas yaitu setelah dilaksanakan Uji T menggunakan IBM SPSS statistik 24 didapatkan nilai signifikan sebesar 0, 00. nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh literasi digital mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa Kelas 12 SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya.
Inovasi Desain Pembelajaran Agama Islam Berbasis Konsep “Tringa” Ki Hadjar Dewantara dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi
Hidayat, Mutik;
Nafi’a, Muhammad Zidni Ilman
Journal of Management, Education and Communication Vol. 2 No. 1 (2024): March
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v2i1.10
This research examines the role of innovative Islamic learning design based on Ki Hadjar Dewantara's "Tringa" concept in improving literacy skills. The aim of this research is to develop a combined research method learning design using Ki Hadjar Dewantara's "Tringa" concept approach in an effort to increase students' interest in writing. By using a mixed research method, a mixed research method, namely combining qualitative and quantitative research methods, with the development model approach used being Dick and Carey. The research results show that: 1) according to experts, the feasibility test score obtained an average percentage of 90% which shows that the learning design is feasible, so that it can be continued to the trial stage with students. 2). Field trials carried out on students obtained an average percentage of 90%. Based on these results, it can be concluded that the developed learning design can improve students' literacy skills.
Strategi Komunikasi Pemasaran Brand Skincare Mako by Seris dalam Meningkatkan Engagement melalui Media Sosial
Yanti, Aulia Rahma
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 3 (2023): November
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i2.11
The aim of the research is to understand the marketing communication strategy for the Skincare Mako by Seris brand to increase engagement on social media. This research uses descriptive qualitative research methods. The research results show that the marketing communication strategy for the skincare brand Mako by Seris utilizes the golden time, namely the first three seconds with clickbait sentences. Apart from that, the marketing communication strategy for the Skincare Mako by Seris brand uses soft selling and hard selling marketing communication elements in conveying information by constructing organized sentences. The total engagement obtained through TikTok video content per week is 0.65% of the overall results (2.55%). This figure is still below the average engagement standard at the normal level, namely 5.3%. For this reason, Mako by Seris held live streaming activities to increase its performance and succeeded in increasing consumer engagement by 1.6% weekly.
Pesan Kebangsaan Gus Muwafiq di Media Sosial Youtube
Tisa, Afiantara Putraning;
Wijaya, Ida Suryani
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 3 (2023): November
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i3.12
This research aims to analyze the nationalism message conveyed by Gus Muwafiq in his preaching on the YouTube channel. This research uses media textual analysis methods. The results of this research show that Gus Muwafiq's nationalism message contains: 1). History, namely relating to the phases where the Indonesian nation was a separate kingdom, until it became a unified state, the Republic of Indonesia. 2). Religiousity, Gus Muwafiq's preaching contained the knowledge that this nation was built though Islamic values, even applied to the constitutional level. 3). Love. It is related to the development of a sense of pride in the nation where love of the homeland is the basis for the strength of the nation. 4). Ideology, namely Pancasila as the ideology of the Indonesian nation is the basis of the nation and state.
Pendekatan Kepemimpinan dan Kepribadian dalam Personal Branding Prabowo Subianto di TikTok @partaigerindra
Krisnadiyanti, Safira Puspa;
Achmad, Zainal Abidin
Journal of Management, Education and Communication Vol. 2 No. 2 (2024): July
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v2i2.13
This study aims to comprehend the personal branding of Prabowo Subianto as a prospective presidential candidate for the 2024 election through the TikTok account @partaigerindra. The research employs a descriptive qualitative methodology. The findings indicate that the personal branding strategy utilized by Prabowo Subianto on the official TikTok account @partaigerindra, based on the eight personal branding concepts by Montoya and Vandehey, predominantly aligns with the concepts of leadership and personality. In terms of leadership, the TikTok account @partaigerindra effectively showcases Prabowo Subianto's ability to manage his authority to address public concerns. Prabowo demonstrates pro-people leadership in his roles as Minister of Defense and presidential candidate. Regarding personality, the TikTok account @partaigerindra portrays Prabowo Subianto as a leader capable of engaging with both the public and journalists through its posts, supported by approachable and friendly captions.
Representasi Budaya dalam Film Berbagi Ruang Karya WWF-Indonesia dan Visinema Pictures
Salsabila, Sonia
Journal of Management, Education and Communication Vol. 1 No. 3 (2023): November
Publisher : Dimar Jaya Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.64685/jmec.v1i3.14
The film Sharing Space is a film that provides an overview of the culture of the Aceh Gayo people who live side by side with Sumatran elephants. This research discusses cultural representation in the film Sharing Space by WWF-Indonesia and Visinema Pictures. The aim of this research is to describe cultural representations in the film Sharing Space by WWF-Indonesia and Visinema Pictures. This research method uses media text analysis with a critical approach. The results of this research indicate that the cultural representation in the film Sharing Space is; 1). The efforts of the Aceh Gayo people to preserve their traditions. 2). The tradition of sharing in the life of the Aceh Gayo people. 3). Aceh Gayo people's concerns about living side by side with Sumatran elephants. 4). The traditions of the Aceh Gayo people in their efforts to survive.