cover
Contact Name
Masdar Helmi
Contact Email
rjiftu@eng.unila.ac.id
Phone
+6281394026283
Journal Mail Official
rjiftu@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung E Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung 35145, Indonesia.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 08527733     EISSN : 27150747     DOI : https://doi.org/10.23960/rekrjits
Core Subject : Engineering,
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024" : 6 Documents clear
Analisis Karakteristik Campuran Beraspal Terhadap Nilai Stabilitas Pada Perkerasan lentur di Provinsi Lampung Marlina, Indah; Karami, Muhammad; Zakaria, Ahmad
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i1.33

Abstract

Kerusakan (Deformasi) pada lapis perkerasan jalan merupakan perubahan bentuk yang membuat lapis perkerasan tidak dapat kembali pada bentuk semula sehingga menurunkan kualitas dan daya dukung lapis perkerasan. Kerusakan lapis perkerasan menjadi salah satu faktor terbesar dalam ketidak nyamanan berlalu lintas sehingga dapat mempengaruhi keselamatan dan menimbulkan kerugian bagi pengguna jalan. Penelitian mengenai ketahanan campuran beraspal terhadap deformasi menjadi penting dengan melakukan kontrol terhadap variabel yang memberikan pengaruh pada nilai stabilitas pada campuaran beraspal. Pada penelitian ini analisis ancova digunakan untuk melakukan pengujian pada data sekunder yang didapatkan dari hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh peneliti di Provinsi Lampung dengan jumlah sampel sebanyak 393 sampel uji data marshall. Berdasarkan analisis pada jenis campuran AC-WC Unmodified, AC-WC Modified dan AC-WC Unmodified dan AC-WC Modified menunjukkan variabel yang memengaruhi terhadap nilai stabilitas campuran berasapal adalah nilai Flow dan nilai MQ. Untuk campuran beraspal AC-BC Unmodified variabel yang memengaruhi adalah Flow, VIM, VFA, dan MQ. Pada jenis campuran AC-BC Modified variabel yang mamengaruhi nilai stabilitas adalah Flow, VMA, dan MQ dan pada campuran AC-BC Unmodified dan AC-BC Modified bahwa variabel Aspal, Flow, VIM, VFA, dan MQ memberikan pengaruh pada nilai stabilitas campuran beraspal di Provinsi Lampung.
Kajian Kinerja Dan Keberlanjutan Spam Perdesaan Di Lampung Selatan Andriansyah, Yeddy; Wahono, Endro P.; Zakaria, Ahmad
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i1.45

Abstract

Kinerja dan keberlanjutan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) merupakan faktor yang sangat menunjang kepada keberlangsungan atau kontinuitas penyediaan air minum pada sarana yang telah dibangun dari bantuan pemerintah. Pengukuran kinerja dan keberlanjutan pada suatu sarana SPAM menjadi komponen evaluasi terukur yang harus dilakukan oleh lembaga pengelola atau pihak lainnya sebagai dasar dari pengambilan keputusan untuk meningkatkan operasional dan pemeliharaan sarana. Penelitian mengenai kinerja dan keberlanjutan SPAM menjadi penting dengan menghitung indikator-indikator yang memberikan suatu klasifikasi pada nilai kinerja dan keberlanjutan SPAM. Pada penelitian ini metode perhitungan Angka Kebutuhan Nyata Operasional dan Pemeliharan (AKNOP) irigasi digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja dan keberlanjutan SPAM pada beberapa lokasi penelitian yaitu beberapa desa yang telah mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung dengan jumlah sampel sebanyak 15 desa. Peneliti menempatkan posisi Pakem (Panitia Kemitraan) Program PAMSIMAS Kabupaten Lampung Selatan sebagai pewawancara.
Evaluasi kapasitas tampungan kolam retensi di Rumah Sakit Siti Khodijah Kota Palembang Wijaya, Rizky Bima; Nisumanti, Sartika; Baniva, Ratih
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i1.88

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kapasitas tampungan kolam retensi Rumah Sakit Siti Khodijah, Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan di Kawasan RS. Siti Khodijah JL. Demang Lebar Daun Palembang. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan melakukan perhitungan menggunakan analisis frekuensi dengan menggunakan metode gumbel dan metode log person III, lalu melakukan perhitungan curah hujan wilayah, setelah itu melakukan perhitungan pada dimensi saluran kolam retensi, volume, dan debit banjir rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kolam retensi sebesar 72.086 m3, sedangkan dari hasil perhitungan curah hujan, diperoleh volume sebesar 81.128 m3. Kapasitas kolam retensi yang tidak mencukupi dan pintu air yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan terjadinya banjir di kawasan sekitar kolam retensi Rumah Sakit Siti Khodijah tersebut.
Pemetaan Kebisingan Akibat Kereta Api Babaranjang di Daerah Perkotaan Menggunakan SoundPLAN Essential 5.1 dan Solusinya: (Studi Kasus Kereta Api Hos Cokroaminoto) Nur Insyani Zuherman, Nur Insyani Zuherman
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i1.96

Abstract

Banyak masyarakat memanfaatkan lahan dekat fasilitas umum untuk tempat tinggal, seperti di dekat rel kereta api. Hal ini menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat yang serius, yakni gangguan pendengaran (audiotory) seperti ketulian dan selain gangguan pendengaran (non-audiotory) seperti gangguan tidur, stress dan hipertensi. Penelitian ini dilakukan di JPL No. 4 KM 11+276, Jl. Pejajaran, Bandar lampung antara stasiun Garuntang-Panjang yang hanya berjarak 5 meter dari rel kereta api. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan evaluasi bangunan di sekitar rel kereta api akibat kebisingan. Kebisingan diukur menggunakan alat Sound Level Meter (SLM) selama 10 menit dan pembacaan tiap 5 detik sehingga menghasilkan 120 data dandilakukan prediksi pemetaan kebisingan disekitar rel kereta api menggunakan SoundPLAN Essential 5.1. Didapat hasil nilai maksimum kebisingan kereta api adalah sebesar 85,86 dB(A) dan pada lingkungan pada malam dan siang hari sebesar 64,5 dB(A). Nilai kebisingan yang didapat melebihi baku tingkat kebisingan pada KMNLH nomor 48 tahun 1996, yaitu sebesar 55 dB sehingga area ini diperlukan peredam kebisingan menggunakan analisis SoundPLAN Essential 5.1. Dari pemetaan yang telah dilakukan terdapat 4 warna, yakni ungu sangat berbahaya, merah bahaya, Jingga cukup bahaya, dan hijau aman. Solusi untuk mengurangi kebisingan pada daerah perkotaan berupa Noise Barrier secara alami dan buatan.
Evaluasi kapasitas parkir kendaraan bermotor di Rumah Sakit Advent - Bandar Lampung Agatha, Aulia Puspa; Karami, Muhammad; Sulistyorini, Rahayu
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i1.101

Abstract

Rumah Sakit Advent Bandar Lampung merupakan fasilitas kesehatan yang banyak dipilih masyarakat. Dengan banyaknya kunjungan ke rumah sakit ini, salah satu permasalahan yang muncul adalah kurangnya lahan parkir. Permasalahan ini dapat menimbulkan banyak kerugian bagi pengunjung rumah sakit maupun pengguna jalan di Jalan Teuku Umar seperti waktu tempuh, biaya perjalanan dan kenyamanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas parkir dan kebutuhan ruang parkir serta mencari solusi permasalahan akibat kurang memadainya tempat parkir. Penelitian dilakukan dengan metode observasi untuk mengumpulkan data berupa aktivitas kendaraan di area parkir untuk mengetahui karakteristik parkir di gedung parkir Rumah Sakit Advent Bandar Lampung. Dari hasil penelitian selama dua hari dalam kurun waktu 12 jam sehari, nilai indeks parkir maksimum sebesar 1,79 untuk mobil dan 2,10 untuk sepeda motor dengan masing-masing volume kendaraan sebanyak 330 kendaraan dan 606 kendaraan. Nilai indeks parkir yang melebihi 1 berarti kebutuhan parkir melebihi ketersediaan lahan parkir, sehingga dapat dikatakan lahan parkir tidak cukup untuk kendaraan.
Analisis Kemacetan Lalu Lintas KM 18-KM 20 Kabupaten Banyuasin (Palembang-Jambi) dengan Penerapan Manajemen Sistem Transportasi Amiwarti, Amiwarti; Alzahri, Syahril; Irawan, Bayu
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i1.103

Abstract

Di jalan serong tepatnya KM 18 kecamatan talang kelapa terdapat simpang dan jalan yang rusak. Banyaknya truk dengan angkutan batu bara menyebabkan kemacetan dan antrian panjang kendaraan lain. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kapasitas, derajat kejenuhan serta strategi dan teknik manajemen lalu lintas. Metode yang dianalisis adalah Volume aliran kendaraan, hambatan di sisi jalan, kapasitas, dan tingkat kepadatan. Hasil penelitian menunjukkan volume kendaraan 1.776,16 unit kendaraan, nilai kapasitas 2195 smp/jam, hambatan samping 397 kategori sedang (M), dan derajat kejenuhan (DS) 0,53. Ada tiga teknik dan strategi dalam manajemen lalu lintas yang baik yaitu, pertama manajemen kapasitas bertujuan untuk menekan kapasitas yang tinggi. Kedua, manajemen Prioritas bertujuan untuk memprioritaskan jalur kendaraan dan pemisahan tipe kendaraan. Ketiga, manajemen permintaan bertujuan untuk kelengkapan rambu-rambu lalu lintas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6