cover
Contact Name
Heri Saptadi Ismanto
Contact Email
psikoedukasia@upgris.ac.id
Phone
+628157649969
Journal Mail Official
psikoedukasia@upgris.ac.id
Editorial Address
https://journal2.upgris.ac.id/index.php/pedu/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Psikoedukasia
ISSN : -     EISSN : 30258014     DOI : https://doi.org/10.26877/2bkjcs93
Core Subject : Education,
JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results and ideas that have been achieved in the fields of Psychology and Education.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia" : 15 Documents clear
Hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA NEGERI 1 KEMBANG: Hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA NEGERI 1 KEMBANG nur agus, alfandy nur dwi putra; Fitriana, Siti; Dian, MA Primaningrum
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.193

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: (1) beberapa siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kembang memiliki efikasi diri rendah; dan (2) beberapa siswa memiliki interaksi sosial rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Kembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan survei dengan pengumpulan data menggunakan skala. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kembang berjumlah 72 siswa, terdiri dari kelas X IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas X IPS 2 Berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 dan kelas IPS 2 di SMA Negeri 1 Kembang berjumlah 72 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial dengan nilai signifikansi 2-tailed 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan berkorelasi. Derajat hubungan variabel efikasi diri dengan interaksi sosial dalam uji korelasi Pearson dengan nilai Pearson Correlation 0,758 > 0,61, maka variabel efikasi diri dengan variabel interaksi sosial berkorelasi dengan kategori kuat dalam bentuk hubungan positif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Kembang. Semakin tinggi variabel efikasi diri, maka semakin tinggi variabel interaksi sosial.
Faktor Determinan Penyebab Kejenuhan Belajar pada Siswa pamuji, ridho; Ismanto, Heri Saptadi; yulianti, Padmi dhyah
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.201

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan belajar, khususnya di SMAN 3 Pemalang. Kejenuhan belajar akan membawakan dampak negatif pada siswa jika hal itu terus menerus dibiarkan. Namun, bagaimana wujud faktor yang paling menentukan menjadi penyebab kejenuhan belajar siswa khususnya di SMAN 3 Pemalang belum diketahui secara pasti, sebab belum pernah di telaah secara mendalam. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Pemalang, Guru BK, Wali Kelas dan Kepala Sekolah dengan jumlah total 20 partisipan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang meliputi menghimpun data, mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor eksternal dari sekolah merupakan faktor yang dominan menjadi penyebab kejenuhan belajar siswa di SMAN 3 Pemlang, dapat dirincikan menjadi empat poin faktor determinan yaitu metode pembelajaran dari guru monoton tanpa vaiasi, terlalu lama waktu belajar atau kurangnya waktu istirahat, tuntutan beban akademis dan lemahnya minat bakat siswa pada mata pelajaran tertentu.
Analisis Perkembangan Sosial Emosional Korban Bullying Pada Siswa SMA: Analysis of Social Emotional Development Victims of Bullying in High School Students Kasmudi, May Dwi Anggraeni; Sari Setianingsih, Eka; Ismah, Ismah
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.223

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 1 Juwana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional siswa yang menjadi korban bullying. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian sebanyak dua siswa kelas XII yang menjadi korban bullying. Pengambilan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan coding terbuka. Hasil penelitian terdapat bahwa tindakan bullying mempengaruhi perkembangan sosial emosional pada siswa. Saran yang dapat disampaikan bahwa siswa mampu memberian perlawanan terhadap pelaku bullying dan bagi pelaku bullying agar tidak melakukan hal demikian agar semua siswa dapat bersekolah dengan nyaman. Karena pada masa remaja ini anak sedang mencari jati diri. Kata kunci: perkembangan sosial, emosional
Yogy Presetiya Kurniarahman1, Su PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG: 1,2Universitas PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No. 24 Semarang, Karang Tempel, Kec. Semarang Tumur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, telp. (024)8316377 e-mail: rahmanyogy01@gmail.com rahman, yogy; suhendri, suhendri; Setiawan, Agus
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.225

Abstract

Abstrak. Latar belakang yang mendorong Peneliti ini adalah dari hasil wawancara kepada guru BK dan siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. 1. Siswa belum bisa memaksimalakan cara belajar. 2. Siswa merasa kurang bersemangat dalam belajar yang efektif. 3. Siswa merasa malas dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung. 4. Siswa masih menunda-nunda tugas. tidak Adakah Pengaruh Pemberian layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking chips Terhadap Kesulitan Belajar siswa Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuanya untuk mengetahui adakah Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Talking chips Terhadap Kesulitan Belajar siswa Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dalam bentuk True Ekeperimen Desaign dengan desain pretest- posttest control grup design. Teknik pengumpulan data Populasi pada peneliti ini sebanyak 366 siswa, terdapat 11 jumlah kelas. Sampel yang terpilih adalah siswa yang melakukan kesulitan belajar kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang berjumlah dari 33 siswa kelas X4 kelompok ekperimen dan kelompok kontrol 30 siswa kelas X3 dengan menggunakan teknik talking chips. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap penilian. Dalam hasil penelitian ini terdapat perebedaan selisih skor pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips, dibuktikan pada hasil hipotesis signifikasi (2, tailed) sebesar 0,005. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Bimbingan kelompok, Talking chips
Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Anisa Berlianda; Fitriana, Siti; Ajie, G Rohastono
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitan yang digunakan ialah pre- eksperimen design dengan desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini diambil ialah 5 mahasiswa akhir yang terpilih dengan teknik purposive sampling.Pada uji paired sample t test antara hasil pre test dan post test yang dapat diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,00<0,05 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha“diterima”.Terdapat perbedaan antara hasil pre test dan post test prokrastinasi akademik sesudah diberikan treatment layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Sehingga dapat dikatakan bahwa“Ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir”.Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dapat digunakan untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Kata kunci: Konseling Kelompok, Realita, Prokrastinasi Akademik
Faktor Penyebab Akademic Burnout Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dewi Purnamasari; Fitriana, Siti; Ismah, Ismah
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.238

Abstract

Akademic burnout merupakan suatu kondisi kelelahan emosional yang mengacu pada beban, stres atau faktor psikologis lainnya yang disebabkan oleh kelelahan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga dapat memunculkan perilaku penghindaran terhadap tugas perkuliahan, menurunnya motivasi, hingga drop-out. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab akademic burnout pada mahasiswa tingkat akhir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun populasinya adalah mahasiswa semester akhir yang mengalami akademic burnout dengan jumlah tiga orang, salah satu orang tua responden, dan teman dekat responden. Hasil dari penelitian ini terdapat enam faktor penyebab akademic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yaitu faktor pemberian reward, coping stress, self-efficacy, kurangnya hubungan yang suportif dengan orang tua, dukungan sosial, serta belajar dalam kondisi tekanan tinggi secara terus menerus. Maka dari itu diharapkan mahasiswa dapat lebih terbuka dengan diri sendiri dan perduli untuk hidup sehat, baik secara fisik maupun psikis sehingga dapat menjadi pribadi yang optimis dalam mencapai segala cita-cita dan harapan-harapan yang diinginkan.
Layanan Bimbingan Kelompok Problem Based Learning Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik SMA N 1 Kedungwuni arumsari, nimade; Rakhmawati, Dini; Ajie, G Rohastono
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.239

Abstract

This article examines career planning for class XI students using problem based learning group guidance services. This type of research is quantitative research. The research method used is true experimental with a research design consisting of an experimental group and a control group. The population of this study was class XI SMA N 1 Kedungwuni, with a total of 324 students. The sample taken was 20 students using purposive sampling technique. The results of this research show that the hypothesis data test was obtained from pre-test and post-test data with a sig value of 0.000 < 0.05, so it can be said that there is a difference in the increase in students' career planning in the group that has been given problem based learning group guidance service treatment. . Based on the results of this research, the suggestion given is that problem based learning group guidance services can be used by guidance and counseling teachers to improve students' career planning. Keywords: Group Guidance, Problem Based Learning, Self-Control
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Melalui teknik Problem Based Learning terhadap Ketergantungan Media Sosial pada Siswa andin, nandini; Rakhmawati, Dini; Widiharto, Chr.Argo
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.240

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Bimbingan Kelompok dengan teknik Problem based Learning terhadap perilaku ketergantungan media sosial pada siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yang digunakan yaitu pre- experimental design one- group pretest- postest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 130 siswa kelas XI dan Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI.5 yang berjumlah 24 siswa dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan Teknik random sampling. Berdasrkan uji hipotesis, diperoleh hasil sigifikasi (2-tailed) sebesar 0,006. Maka hasil nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,006 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Hal ini menunjukan bahwa terdapat teknik problem based learning dapat bepengaruh untuk menurunkan ketergantungan medsos pada siswa kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Ketergantungan Medsos, Problem Based Learning
The role of parents in motivating children's learning in the family environmen NGESREP Village banyumanik district, semarang City : The role of parents in motivating children's learning in the family environmen NGESREP Village banyumanik district, semarang City Belum berkeluarga, Ristanovi Widiyanti; Ismanto, Heri Saptadi; Ajie, G Rohastono
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.244

Abstract

ABSTRAK Apart from the teaching and learning process at school, the role of parents influences students' success in learning. During the learning process at home, the role of parents is really needed as a substitute for the teacher at home in guiding their children and as a motivator during the distance learning process. This type of research is qualitative field research, namely: research procedures in the form of written and spoken words from people and the observable behavior of informants. The subjects of this research were children of parents who were motivated to learn. Data collection uses interviews and documentation. Data analysis uses descriptive analysis with triangulation techniques. The results of the research show that what parents do to increase children's learning motivation is by encouraging children's learning motivation, giving attention to children, providing learning facilities in a comfortable place for children, giving gifts or appreciating children's learning outcomes and knowing the results of learning achievements child. Keywords: The role of parents, learning motivation, family environment
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMA LABORATORIUM UPGRIS SEMARANG Harmanda, Pradana Wahyu Rizky; Ismanto, Heri Saptadi; Lestari, Farikha Wahyu
Jurnal Psikoedukasia Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/psikoedukasia.v1i3.245

Abstract

The Covid-19 pandemic has also brought society towards a new system. Many aspects are affected by the COVID-19 control policy, one of which is the learning aspect. Researchers also conducted a preliminary study to understand the phenomenon of learning anxiety in Upgris Laboratory High School students through interviews with 3 teachers. Based on the interview results, it can be concluded that learning anxiety during online learning shows sufficient symptoms to be identified. Furthermore, learning anxiety after the pandemic is considered to have decreased because teachers can play a more active role in guiding students. Based on the research results that have been described, it can be concluded that social support has a negative effect on learning anxiety. This means that the higher the level of social support received by students post-pandemic, the lower their level of learning anxiety.

Page 1 of 2 | Total Record : 15