cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2016): September-November" : 9 Documents clear
Efektivitas pengelolaan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah Suprijanto, Edi; Arikunto, Suharsimi
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1186.662 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peserta, pembina, materi, kegiatan, dan sarana/prasarana terhadap keefektifan pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Rembang, Purbalingga. Data yang digunakan didapat dari kuisioner yang dibagikan kepada 303 responden. Kuisioner meliputi pertanyaan-pertanyaan mengenai peserta, pembina, materi, kegiatan, dan sarana/prasarana terhadap efektivitas pengelolaan Kelompok Kerja Guru di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Rembang, Purbalingga. Alat analisis yang digunakan adalah uji instrumen (validitas, dan reliabilitas) dan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa komponen peserta 96% sangat efektif, 4,0% efektif. Komponen pembina 81,8% sangat efektif, 18,2% efektif. Komponen materi 80,5% sangat efektif, 19,5% efektif. Komponen kegiatan 96,7% sangat efektif, 3,3% efektif. Komponen sarana/prasarana 90,8% sangat efektif, 9,2% efektif.
Pengaruh pelatihan berbasis Mindfulness terhadap tingkat stres pada guru PAUD Maharani, Ega Asnatasia
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.877 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12919

Abstract

Guru merupakan profesi yang rentan mengalami stres. Mindfulness sebagai salah satu strategi emotional coping merupakan alternatif intervensi yang dapat membantu guru mengatasi kondisi stres yang dialaminya. Pelatihan "Smiling Mind" (SM) yang digunakan sebagai intervensi stres ini menggunakan konsep Mindfulness Based Stress Reduction dan Mindfulness Based Cognitive Therapy. Melalui pelatihan SM ini diharapkan guru dapat meningkatkan mindfulness sebagai sumber daya koping sehingga pada akhirnya mampu menurunkan stres kerja. Partisipan dalam pelatihan adalah 5 guru PAUD berusia 20-35th yang mengajar di TK Khalifah Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen the one group pretest-posttest design dengan desain small group. Pelatihan SM dilaksanakan selama jangka waktu 2 minggu, dengan 7 sesi dalam 3 pertemuan berdurasi 150-180 menit per pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat stres guru sebelum dan sesudah pelatihan, sehingga pelatihan Smiling Mind efektif menjadi intervensi psikologis guru. Penurunan skor terbesar ada pada aspek fisik, dilanjutkan aspek emosi, perilaku dan kognitif. Protokol pelatihan berbasis mindfulness dapat dikembangkan sebagai alternatif intervensi penanganan masalah stres guru.
Implementasi sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2008 di SMK Ma'arif 1 Wates, Kulon Progo Maryadi, Maryadi; Prasojo, Lantip Diat
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.927 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12916

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi SMM ISO 9001:2008, hambatan dan penyelesaiannya dalam implementasi SMM ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan desain campuran untuk mendeskripsikan implementasi SMM ISO 9001:2008. Penelitian dilakukan di SMK Ma'arif 1 Wates dengan subjek kepala sekolah, wakil kepala, QMR, guru, orang tua siswa, dan siswa. Objek penelitian adalah SMM ISO 9001:2008. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dokumen, kuesioner dan wawancara. Tingkat implementasi SMM ISO dinyatakan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di SMK Ma'arif 1 Wates, implementasi SMM ISO 9001:2008 memperoleh nilai fokus pada pelanggan 83,95%, kepemimpinan 65,53%, partisipasi karyawan 76,67%, pendekatan proses 72%, pendekatan sistem 75%, perbaikan berkelanjutan 75,13%, pendekatan faktual 64%, hubungan pemasok 74,64%. Hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008 adalah pada pendekatan faktual dalam pengambilan keputusan kurang efektif. Penyelesaian hambatan tersebut adalah dengan melakukan penetapan data, penghimpunan data yang sesuai dan efektif, dan analisis data kefektifan sistem manajemen mutu.
Korelasi persepsi mahasiswa profesi bidan dengan prestasi belajar asuhan kebidanan II program studi DIII kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2014 Fitriyanti, Eka
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.894 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12909

Abstract

Ketika mahasiswa kebidanan memiliki persepsi yang baik terhadap profesi bidan, maka mereka akan termotivasi untuk belajar guna membentuk sikap dan perilaku yang baik sehingga menjadi lulusan bidan yang profesional. Secara tidak langsung prestasi belajar juga ikut meningkat. Desain Penelitian adalah penelitian korelasional yang dilakukan di Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis pearson product moment dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,560 dengan signifikansi 0,00 lebih kecil dari α=0,05 yang bermakna korelasi antara kedua variabel signifikan dengan arah korelasi positif. Ada korelasi yang signifikan antara persepsi pada profesi dengan prestasi belajar asuhan kebidanan IIKata kunci: Persepsi profesi bidan, prestasi belajar Asuhan Kebidanan II
Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman Sukamto, Yohanes; Pardjono, Pardjono
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.488 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: 1) kompetensi guru, 2) komitmen kerja guru, 3) motivasi kerja, dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja, motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMP negeri andalan se Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2012/2013, meliputi guru-guru di SMPN 1 Godean, SMPN 1 Sleman, SMPN 3 Sleman, SMPN 4 Pakem, SMPN 4 Depok, SMPN 1 Depok, dan SMPN 1 Kalasan sebanyak 262 guru. Sampel sebesar 150 orang ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru berpengaruh positif (b1= 0,380) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 2) motivasi kerja berpengaruh positif (b3= 0,262) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 3) komitmen kerja berpengaruh positif (b2= 0,325) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman.
Perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide pada praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin Putri, Hanifa Andisetyana
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.862 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 74 siswa TK Negeri Pembina Sragen. Instrumen yang digunakan adalah checklist mencuci tangan. Teknik analisis data menggunakan two way anova. Hasil: 1) Ada perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,005; 2) Ada perbedaan pengaruh kelamin laki-laki dan perempuan terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,000; 3) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin, dengan nilai p=0,377. Kesimpulan: Tidak ada interaksi antara media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. 
Peran pengawas pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan SMP di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat Iskandar, Dedi
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.39 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif dan komprehensif tentang proses perekrutan pengawas pendidikan dan peran pengawas pendidikan, serta mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung peran pengawas untuk meningkatkan mutu pendidikan SMP di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Tahapan analisis data menggunakan model interaktif dan analisis komponensial. Hasil penelitian menemukan: (1) proses perekrutan pengawas pendidikan belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan pemerintah dan undang-undang. (2) pemantauan pelaksanaan program sekolah yang dilakukan pengawas pendidikan belum terlaksana dengan optimal. (3) supervisi yang dilakukan pengawas pendidikan belum terlaksana dengan optimal. (4) evaluasi program kerja sekolah yang dilakukan pengawas pendidikan sudah terlaksana dengan baik. (5) pembuatan laporan hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi yang dilakukan pengawas pendidikan terlaksana dengan baik. (6) Tindak lanjut yang dilakukan pengawas pendidikan belum optimal. Selanjutnya yang menjadi (7) faktor penghambat adalah: (a) letak geografis, (b) akses jalan, (c) fasilitas, (d) penguasaan teknologi, (e) sumber daya manusia; dan (8) faktor pendukung adalah: (a) dana operasional tambahan dari Pemerintah Daerah, (b) ketersediaan motor dinas, (d) pelatihan, (e) keterlibatan masyarakat, (f) tempat domisili pengawas pendidikan, (g) siswa, (h) semangat dalam diri pengawas pendidikan.
Pengaruh penerapan metode role play dan gaya belajar terhadap keterampilan konseling mahasiswa tentang adaptasi psikologi pada kehamilan trisemester I (studi eksperimental di prodi DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta) Dwihestie, Luluk Khusnul; Murti, Bhisma; Suryani, Nunuk
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.258 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode role play dan gaya belajar terhadap keterampilan konseling mahasiswa tentang adaptasi psikologi pada kehamilan trimester I. Desain penelitian yaitu studi eksperimental dengan Randomized Controlled Trial (RCT). Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 45 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan exhaustive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian yaitu kuesioner dan checklist. Analisis data menggunakan uji regresi linier ganda dengan taraf signifikan 0.05. Hasil analisis regresi linier ganda, metode role play dan gaya belajar secara bersamaan mampu menjelaskan 28% dari variasi keterampilan konseling, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa keterampilan konseling mahasiswa dapat ditingkatkan dengan penerapan metode role play dan identifikasi gaya belajar pada setiap mahasiswa.
Manajemen team teaching mata pelajaran kejuruan di SMKN 1 Gombong dan SMKN 1 Puring Retnoningsih, Esti; Arifin, Zainal
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2016): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.201 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) informasi empirik pelaksanaan Team Teaching, dan implementasi manajemen Team Teaching, (2) proses evaluasi pelaksanaan Team Teaching yang ada di SMKN 1 Gombong dan SMKN 1 Puring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program keahlian Teknik Kendaraan di SMK N 1 Gombong melaksanakan pembelajaran team teaching; sedangkan di SMKN 1 Puring penerapan pembelajaran team teaching belum sepenuhnya melaksanakan prinsip pembelajaran bertim, (2) implementasi manajemen team teaching di SMK N 1 Gombong sudah berjalan cukup baik; sementara itu implementasi manajemen team teaching di SMKN 1 Puring masih memerlukan beberapa perbaikan pada masing-masing unsur manajemen, (3) team teaching di SMKN 1 Gombong secara umum telah berjalan baik dengan terpenuhinya prinsip pembelajaran bertim dan prinsip manajemen; team teaching di SMKN 1 Puring secara umum membutuhkan perbaikan sehingga dapat memenuhi prinsip pembelajaran bertim dan manajemen yang baik.Kata kunci: team teaching, manajemen, program keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Page 1 of 1 | Total Record : 9