cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
ISSN : 08539472     EISSN : 25025104     DOI : 10.21831
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia" : 6 Documents clear
Dimensi Fraud Pentagon: Mengeksplorasi Persepsi Dan Praktik Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi: Pentagon’s Fraud Dimensions: Exploring Accounting Education Students’ Perceptions And Practices Of Academic Fraud Muchsini, Binti; Siswandari; Susilaningsih
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v23i2.85180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa pendidikan akuntansi terkait pemicu kecurangan akademik dan sejauh mana praktik kecurangan akademik mahasiswa pendidikan akuntansi. Desain penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif untuk mengeksplorasi bentuk dan pemicu kecurangan akademik yang biasanya dilakukan mahasiswa selama proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dengan melibatkan 104 mahasiswa pendidikan akuntansi di Surakarta sebagai responden. Analisis deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih terlibat dalam berbagai bentuk kecurangan seperti cheating, plagiarism, fabrication, dan facilitation. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kecurangan yang dilakukan mahasiswa disebabkan berbagai pemicu seperti, pressure, opportunity, rationalization, capability, dan arrogance. Penelitian ini menjadi dasar penelitian selanjutnya bagi praktisi pendidikan dalam mendesain pembelajaran yang mempertimbangkan dimensi pressure, opportunity, rationalization, capability, dan arrogance untuk meminimalisir terjadinya kecurangan.
Determinants Of Budgetary Slack: The Influence Of Budget Preparer Behaviour In Local Government : Faktor Penentu Senjangan Anggaran: Pengaruh Perilaku Penyusun Anggaran Di Pemerintah Daerah Lhutfi, Iqbal
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v23i2.85384

Abstract

This study aims to examine the influence of budget preparers’ behaviour on budgetary slack within the local government context, specifically in the Pariaman City Government. Employing a quantitative approach, primary data were collected through questionnaires distributed to 34 respondents, including heads and staff of regional apparatus organisations (OPD) involved in the budgeting process for at least three consecutive years. The study applies simple linear regression analysis to assess the relationship between the behaviour of budget preparers and the occurrence of budgetary slack. The results demonstrate that budget preparers’ behaviour has a significant positive effect on budgetary slack (p < 0.05; R² = 0.135), indicating that individual characteristics and values play a crucial role in shaping budget-related outcomes. The findings highlight the importance of understanding personality-driven behaviours in enhancing budget transparency and accountability in public sector organisations. This research contributes to the literature by providing empirical evidence on the behavioural determinants of budgetary slack in Indonesian local governments, and offers practical implications for policymakers to design interventions that foster ethical behaviour and reduce slack in the budgeting process. Limitations and directions for future research are also discussed.
Peningkatan Keterampilan Pemahaman Melalui Implementasi Model Direct Learning Dengan Media Virtual Trading: Improving Comprehension Skills Through The Application Of A Direct Learning Model Based On Virtual Trading Maelani, Puspita; Najmudin; Yusyama, Asep Yana; Lestari, Dini Martinda
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v23i2.88476

Abstract

Penelitan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat perbedaan keterampilan kemampuan pemahaman mahasiswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan direct learning berbasis virtual trading dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran diskusi pada mata kuliah analisis investasi dan portofolio pada saat pretest, posttest dan N-Gain. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Eksperimen, sampel dan populasi mahasiswa akuntansi yang mengampu mata kuliah analisisi investasi dan portofolio. Hasil penelitian tidak terdapat perbedaan keterampilan pemahaman pada kelas eksperimen dan kontrol. Kedua terdapat perbedaaan keterampilan kemampuan pemahaman dan yang ketiga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemahaman mahasiswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran direct learning berbasis virtual trading dan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran diskusi pada mata kuliah investasi dan portofolio.
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Tes W-GCTA: Analysis Critical Thinking Skill Of Vocational High School Students Using The W-Gcta Test Widiastuti, Maritza; Hamidi, Nurhasan
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v23i2.89149

Abstract

kejuruan menggunakan tes Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (W-GCTA). Penelitian ini menggunakan model RED yang dikembangkan oleh Goodwin Watson dan Edward M. Glaser. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di salah satu SMK di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes W-GCTA untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Teknik uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah kejuruan termasuk kategori rendah. Pada indikator mengenali asumsi, kemampuan siswa termasuk kategori rendah. Pada indikator mengevaluasi argumen, kemampuan siswa termasuk kategori tinggi. Pada indikator menarik kesimpulan, rata-rata kemampuan siswa termasuk kategori rendah. Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi dalam menguji tes W-GCTA berlandaskan model RED untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Secara praktis, penelitian ini menawarkan tes W-GCTA yang dapat digunakan guru sebagai alat untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa secara berkala karena telah dinyatakan layak digunakan.
Literasi Keuangan Digital Dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Sebagai Pendorong Keputusan Investasi : Digital Financial Literacy And Financial Management Behavior As Driven Of Investment Decisions Yuliyanti, Leni; Muntashofi , Badria
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v23i2.89538

Abstract

Pelaku UMKM di era digital diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dengan membuat keputusan investasi individu mereka, termasuk bagaimana mereka mengalokasikan modal pribadi, memilih instrumen investasi, dan memutuskan tingkat risiko yang siap diambil untuk kemajuan usaha dan kesejahteraan keluarga. Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana perilaku pengelolaan keuangan dan literasi keuangan digital memengaruhi keputusan investasi individu.  Fokus penelitian ini adalah pelaku UMKM di Bandung.  Penelitian kuantattif ini menggunakan explanatory survei untuk mengetahui literasi keuangan digital, perilaku pengelolaan keuangan, dan pilihan investasi.  Metode sampling convenience digunakan untuk mengumpulkan sampel dari sejumah 192 orang yang menjawab.  Analisis regresi moderasi digunakan untuk melakukan analisis ini.  Uji asumsi klasik dilakukan setelah itu.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa membuat keputusan investasi lebih baik jika orang tahu tentang keuangan digital dan perilaku pengelolaan keuangan.  Dengan kata lain, lebih banyak pengetahuan seseorang tentang keuangan digital dan perilaku pengelolaan keuangan, lebih baik mereka membuat keputusan investasi.  Sehingga akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesejahreraan finansial. Sehingga akan berdampak pada keberlangsungan usaha dan juga berdampak pada ekonomi yang lebih luas bagi kesejahteraan masayarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah.
Pengaruh Diskon Dan Fitur Cashback Pada E-Wallet Terhadap Minat Transaksi Non-Tunai Mahasiswa: The Effect Of Discounts And Cashback Features On E-Wallets On Students' Interest In Non-Cash Transactions Susilowati, Nenden; Hetika Precillia Anggraeni; Aisa Bela Khurota Ayun; Indah Puji Astuti; Elve Dhesta Arfindha
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v23i2.89844

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pengaruh diskon dan fitur cashback pada e-wallet terhadap minat mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta dalam melakukan transaksi non-tunai. Latar belakang penelitian didasarkan pada semakin meningkatnya penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa seiring perkembangan teknologi digital dan strategi promosi yang semakin gencar dilakukan untuk mendorong transaksi non-tunai. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 115 mahasiswa sebagai responden. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert, yang telah diuji terlebih dahulu untuk memastikan validitas serta reliabilitasnya. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa secara simultan diskon dan cashback memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan transaksi non-tunai. Temuan ini memperkuat bahwa strategi promosi berbasis harga masih relevan sebagai upaya pemasaran digital yang efektif. Rekomendasi ditujukan bagi penyedia layanan e-wallet untuk terus memaksimalkan strategi promosi yang selaras dengan preferensi generasi muda, khususnya mahasiswa, melalui penyediaan diskon yang menarik serta cashback yang transparan, fleksibel, dan mudah diakses.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 2 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 2 (2010): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 1 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 2 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 1 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 3, No 1 (2004): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia More Issue