Jurnal Pendidikan IPA Indonesia			
            
            
            
            
            
            
            
            <p>Jurnal Pendidikan IPA Indonesia published a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Each manuscript submitted will be reviewed by bebestari partners who specifically requested the appropriate fields.</p> <p>Description Publication: This journal was first published in April 2012 and every April and October.</p>
            
            
         
        
            Articles 
                45 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol 1, No 2 (2012): October 2012" 
                    
                    : 
45 Documents 
                    
clear       
                        
                        
                            PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM GENETIKA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS 
                        
                        Susantini, E.; 
H., M. Thamrin; 
-, Isnawati; 
Lisdiana, L.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2126                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan petunjuk praktikum genetika dan kunci yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Three DModels, yaitu Design, Define, dan Develop. Hasil penelitian menunjukkan petunjuk praktikum genetika dan kuncià memperoleh skor rerata ââ°Â¥ 3,5 (rentang skala 1ââ¬â4) yang dikategorikan layak secara teoritis. Keterbacaan Petunjuk praktikum genetika memperoleh rerata respon positif 89% yang dikategorikan sangat baik.   à   The purpose of this study is to describe the feasibility of genetics and the key lab instructions have been developed. This type of research is done is research and development using DModels Three, namely Design, Define, and Development. The results showed hint key lab of genetics and obtained a mean score ââ°Â¥ 3.5 (scale range 1-4) are considered theoretically feasible. Practical tips genetics legibility obtain a positive response rates of 89% is considered very good.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IM3  DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR 
                        
                        Handhika, J.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2127                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media pembelajaran IM3 berbasis flash dan media MS. Power Point terhadap prestasi belajar IPA-Fisika. Hasil penelitianà menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan media IM3 berbasis flash memberikan rata-rata prestasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan power point. Siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan rata-rata prestasi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah, serta terdapat interaksi motivasi belajar dengan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPA-Fisika. à This study aims to determine differences in the use of flash-based IM3 learning media and MS media. Power Point to IPA-Physics learning achievement. Results showed that students who were taught using flash-based media IM3 gives an average performance better than students who were taught using the power point. Students with high motivation to learn the average yield better performance than students with low learning motivation, and there is interaction with the medium of learning motivation toward science learning achievement-Physics.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN APRESIASI SISWA TERHADAP PROFESI PENGRAJIN TEMPE DALAM PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN ETNOSAINS 
                        
                        Atmojo, S. E.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2128                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran IPA berpendekatan etnosains. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterampilan proses sains siswa pada uji coba I sebesar 64,58%,à pada uji coba II sebesar 70,10% dan sebesar 74,26 % pada uji coba III. Hasil perhitungan terhadap angket apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe diperoleh nilai N-gain > 0,70 yang berarti peningkatan apresiasi siswa berada pada kategori tinggi. à This study aims to determine the profile of science process skills and appreciation of students to the profession tempe producers in learning science with etnosains approach. The results showed the average percentage of students in science process skills test at 64.58% I, II trials of 70.10% and 74.26% for the III trials. The calculation result of the appreciation of students questionnaires to obtain professional craftsmen tempe-gain values ââ¬â¹Ã¢â¬â¹N> 0.70 which means an increase in appreciation of students are in high category.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENERAPAN  PENDEKATAN AESOPââ¬â¢S BERBANTUAN GUIDANCE WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 
                        
                        -, Sudarmin; 
Prasetya, A. T.; 
Pahlevi, M.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2129                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan Aesopââ¬â¢s berbantuan Guidance Worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi pokok hidrokarbon dan setelah penerapannya menambah keefektifan belajar siswa di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pendekatan Aesopââ¬â¢s berbantuan Guidance Worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon dan setelah penerapannya menambah keefektifan belajar siswa di SMAN 11 Semarang. à The aims research to determine the effect of Aesops approach assisted Guidance Worksheet on student learning acievement and the effectiveness after learning to increase student understanding in SMAN 11 Semarang. This research used a true experimental design. Based on the research analysis can be concluded Aesops approach assisted Guidance Worksheet effect on learning acievement hydrocarbon subject matter and the effectiveness after the application to increase student understanding at SMAN 11 Semarang.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EMBRIOGENESIS HEWAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KOGNITIF MAHASISWA 
                        
                        Alimah, Siti                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2130                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan adaptabel yang dapat memberikan pemahaman optimal tentang embriogenesis hewan pada struktur kognitif mahasiswa dan menambah keragaman sumber belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori baik menurut ahli dan mahasiswa sehingga dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar embriogenesis hewan. à This study aims to develop an interactive learning media program which is effective, efficient, and adaptable to support an optimal understanding of embryogenesis animal for the studentsââ¬â¢ cognitive structure and provide an alternative learning resource for biology field, especially for the subject of Animal Embryology. The result of research shows that the quality of the learning media is categorized as good by experts and students as the users. It means that the media being developed is feasible to be used as a learning media to study animal embryogenesis.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            KETERAMPILAN ESENSIAL DAN KOMPETENSI MOTORIK LABORATORIUM  MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM EKOLOGI 
                        
                        Maknun, Djohar; 
Hertien K Surtikanti, R. R.; 
Munandar, Achmad; 
Subahar, S.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2131                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji profil keterampilan esensial dan kompetensi motorik lab mahasiswa calon guru biologi. Kenyataan data penelitian menunjukkan bahwa kompetensi keterampilan esensial lab mahasiswa masih rendah. Keterampilan esensial lab juga belum sepenuhnya diajarkan secara optimal dalam praktikum ekologi. Rata-rata tingkat penguasaan keterampilan esensial lab mahasiswa 35,50%, sedangkan kompetensi motorik lab-nya sebesar 59,6%. à   The purpose of this study was to examine the profile of skills and competencies essential motor prospective teachers of biology lab students. Simple random sample is taken. The fact the data showed that the essential skills lab competency of students is still low. Essential skills lab is also not fully taught in the lab optimally ecology. The average level of student mastery of essential skills lab 35.50%, while the motor competence of his lab at 59.6%.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            KAJIAN TENTANG PENGUASAAN KONSEP GIZI SISWA SMP 
                        
                        K, Mimin Nurjhani; 
Rustaman, Nuryani Y; 
Redjeki, Sri                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2132                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelusuran menggunakan angket menunjukkan bahwa tidak semua konsep yang yang tercakup dalam kisi-kisi pengembangan soal disampaikan oleh guru di kelas. Terdapat konsep yang tidak didapatkan siswa dari guru tetapi didapatkan dari hasil penalaran siswa terhadap informasi yang ada pada soal dan teman yaitu memperkirakan jenis dan jumlah makanan yang harus dimakan setiap hari berdasarkan piramida makanan serta mengidentifikasi jenis dan kandungan zat makanan berdasarkan label pada kemasan makanan. à   Search using the questionnaire showed that not all concepts covered in the lattice about the development delivered by teachers in the classroom. There is a concept that does not get students from the teacher but the students come from the reasoning of the existing information on the matter and your friends are estimating the type and amount of food should be eaten every day by the food pyramid and identify the type and content of nutrients on the labels on food packaging.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            KEMAMPUAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY CALON GURU BIOLOGI PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESIONAL GURU (PPG) YANG BERLATAR BELAKANG BASIC SAINS  PRA DAN POST WORKSHOP 
                        
                        Anwar, Yenny; 
Rustaman, Nuryani Y.; 
Widodo, Ari                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2133                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan/mendeskripsikan kemampuan Subjek Spesifik Pedagogi mahasiswa calon guru biologi yang mengikuti program Pendidikan Profesional Guru (PPG) angkatan 2012-2013 melalui pendekatan konsekutif.à Hasil sementara menunjukkanà bahwa Kemampuan Subject Specific Pedagogy mahasiswa calon guru biologi yang berlatar belakang Biologi murni program Basic Science masih minim, dapat dilihat dari hasil CoRes dan PaP-eRs buatan mereka sebelum mengikuti workshop. Setelah workshop semester I diperoleh hasil yang menunjukkan peningkatan yang cukup baik. à   This study aimed to describe / describes the ability of prospective students Subject Specific Pedagogy biology teachers who follow the Professional Teacher Education Program (PTEP) 2012-2013 armed consecutive approach. Preliminary results indicate that the ability of prospective students Subject Specific Pedagogy biology teacher who belongs to the pure Biology Basic Science program is minimal, it can be seen from the cores and pap-ers made ââ¬â¹Ã¢â¬â¹them before the workshop. After the workshop the first half of the obtained results that showed a pretty good improvement.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENGARUH  PERMAINAN CALL CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI 
                        
                        Machin, A.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2134                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan call cards terhadap hasil belajar dan aktivitas pembelajaran. Aktivitas pembelajaran yang diukur meliputi aktivitas individual siswa dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan call cards berkontribusi sebesar 46% terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diberi media permainan call cards lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak diberi mediapermainan call cards. Dengan demikian, media permainan call cards dapat menjadi alternatif dalam pencapaian hasil belajar biologi yang lebih baik. à   Research purposes to determine the effect of call cards game against learning outcomes and learning activities. Learning activities that were measured included the activity of individual student and teacher performance. This research was experimental. The results showed that the media play call cards account for 46% of the student learning outcomes. Learning outcomes of students who were given media cards call the game better than the learning outcomes of students who were not given mediapermainan call cards. Thus, the media play call cards can be an alternative in achieving the learning outcomes of biology better.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            KUALITAS ARGUMENTASI PADA DISKUSI ISU SOSIOSAINTIFIK  MIKROBIOLOGI MELALUI WEBLOG 
                        
                        Herlanti, Y.; 
Rustaman, N. Y.; 
Rohman, I.; 
Fitriani, A.                        
                         Jurnal Pendidikan IPA Indonesia  Vol 1, No 2 (2012): October 2012 
                        
                        Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.15294/jpii.v1i2.2135                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas argumentasi pada diskusi isu sosiosaintifik ââ¬ÅPolemik E. sakazakiiââ¬Â melalui weblog. Metode penelitian bersifat deskriptif. Hasil analisis terhadap kualitas argumentasi menunjukkan secara sosial partisipan mampu mencapai argumentasi level lima, adapun secara individual skor rata-rata mencapai 3.à Pengembangan kerangka ââ¬Ëscaffoldingââ¬â¢ diperlukan untuk mempertahankan kualitas argumentasi secara sosial dan meningkatkan kualitas argumentasi secara individual. à   This study aims to know the quality of argumentation in sosiosaintific issues discussion "E. sakazakii Polemic" through a weblog. The research method was descriptive. The result showed the quality of argument socially were able to achieve level five, but individually were able to achieve an average score of 3. Development framework ââ¬Ëscaffoldingââ¬â¢ required to maintain the quality of argumentation is socially and to improve the quality of arguments individually.