cover
Contact Name
Agung Setia Budi
Contact Email
agungsetiabudi@ub.ac.id
Phone
+62341-577911
Journal Mail Official
jtiik@ub.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Gedung F FILKOM Lt. 8, Ruang BPJ Jalan Veteran No. 8 Malang Indonesia - 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 23557699     EISSN : 25286579     DOI : http://dx.doi.org/10.25126/jtiik
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen untuk menjadi jurnal nasional terbaik dengan mempublikasikan artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan menjadi rujukan utama para peneliti. JTIIK di akreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 36/E/KPT/2019 yang berlaku sampai dengan Volume 11 Nomor 2 Tahun 2024.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 4: Agustus 2018" : 16 Documents clear
Implementasi Fuzzy Logic Pada Robot Line Follower Wajiansyah, Agusma; Supriadi, Supriadi; Nur, Syarifah; Wicaksono P, Arief Bramanto
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.352 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854747

Abstract

Pada penelitian ini, akan diterapkan konsep fuzzy logic sebagai kendali cerdas pada robot line follower. Aturan pada fuzzy logic menggunakan metode mamdani. Sebagai input kendali digunakan 2 nilai hasil pembacaan sensor garis yang merupakan data biner 6-bit, yaitu pembacaan pada saat sampling ke-(k) dan pembacaan pada saat sampling ke-(k-1). Hasil pembacaan sensor diberi bobot dengan range nilai dari 0 s/d 255 yang merupakan semesta pembicaraan dari fuzzy set input ini. Setiap fuzzy set input menggunakan 5 membershif function, dan rule base yang digunakan sebanyak 25. Pada fuzzy set output digunakan 5 membership function dengan semesta pembicaraan adalah -127 s/d +127. output fuzzy merupakan bilangan crips tunggal yang didapat dengan menggunakan metode COG (Center of Gravity). Nilai crips output ini digunakan sebagai nilai deviasi untuk mengatur nilai PWM pada motor penggerak roda kiri dan kanan dari robot line follower. Pengujian fungsi kendali menggunakan metode matematis dan simulasi berbasis Simulink. Dari hasil yang didapat menjelaskan bahwa robot dapat bergerak sesuai dengan desain rule base yang digunakan.  Abstract In this research, the fuzzy logic concept will be applied as intelligent control on line-follower robot. The rules on fuzzy logic use the Mamdani method. As control inputs, used 2 values of line sensor readings are in the form of 6-bit binary data. the input is the sensor reading at the time of the kth sampling and the reading at the k-sampling moment. The sensor readings are weighted with a range of values from 0 s / d 255 which is the universe of speech from the fuzzy set of these inputs. Each fuzzy set of inputs uses 5 membership function, and the base rule used is 25. In fuzzy set output used 5 membership functions with the universe of talk is -127 s / d +127. the fuzzy output is a single crips number obtained by using the COG (Center of Gravity) method. This output crips value is used as the deviation value to set the PWM value on the left and right wheel drive motor of the line follower robot. Tests of control functions using mathematical methods and Simulink based simulations. From the results obtained to explain that the robot can move in accordance with the design of the base rule used 
Algoritma Jaro-Winkler Distance: Fitur Autocorrect dan Spelling Suggestion pada Penulisan Naskah Bahasa Indonesia di BMS TV Prasetyo, Agung; Baihaqi, Wiga Maulana; Had, Iqbaluddin Syam
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.38 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854780

Abstract

Autocorrect adalah suatu sistem yang dapat memeriksa dan memperbaiki kesalahan penulisan kata secara otomatis. Dewasa ini fitur autocorrect memang sering ditemui pada berbagai perangkat dan aplikasi, misalkan pada papan ketik smartphone dan aplikasi misalkan sebut saja Microsoft Word. Sistem autocorrect tersebut langsung mengganti kata yang dianggap salah oleh sistem secara otomatis tanpa memberi tahu pengguna sehingga pengguna seringkali tidak sadar tulisannya berubah sedangkan kata penggantinya tidak selalu benar sesuai dengan yang dimaksud pengguna. Pengetahuan Microsoft Word pada fitur autocorrect-nya berbahasa Inggris sehingga tidak dapat diterapkan pada penulisan naskah berita di BMS TV. Setiap harinya News Director BMS TV memeriksa naskah yang akan diberitakan dimana termasuk diantaranya adalah pemeriksaan ejaan. Dengan fitur autocorrect dan spelling suggestion bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu News Director BMS TV untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan penulisan kata secara otomatis serta memberi saran penulisan ejaan kata yang benar dalam bahasa Indonesia. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Extreme Programming dan algoritme Jaro-Winkler Distance. Jaro-Winkler adalah algoritme untuk menghitung nilai jarak kedekatan antara dua teks. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu News Director BMS TV dalam pemeriksaan kesalahan penulisan ejaan kata pada naskah bahasa Indonesia dan mempermudah News Director pusat dalam penghimpunan naskah dari berbagai kontributor BMS TV. Dapat disimpulkan bahwa fitur autocorrect dan spelling suggestion dapat menengani kesalahan penulisan ejaan kata dengan pengujian 60 kata yang terdiri dari berbagai skenario kesalahan penulisan kata fitur ini dapat memperbaiki sepuluh kata secara otomatis dengan benar dan memunculkan saran ejaan kata pada 39 kata dengan tepat. AbstractAutocorrect is a software system that automatically identifies and correct misspelled words. Nowadays autocorrect feature is often encountered in various devices dan applications, like on the smartphone keyboard dan Microsoft Word application. The autocorrect system instantly replaces the word that is considered wrong by the system automatically without notifying the user so that users are often not aware of writing changes while the replacement word is not always true in accordance with the intended user. The Autocorrect feature of Microsoft Word uses English so it can’t be applied on writing news script in BMS TV. Every day News Director of BMS TV checks the script that would be reported where there is a spell checking included. By using bahasa in autocorrect dan spelling suggestion, it is expected to help News Director BMS TV to check dan fix the misspelled word automatically dan give suggestion for the right words spelling in bahasa. The development software method that is used is Extreme Programming dan Jaro-Winkler Distance algorithm. Jaro-Winkler is an algorithm that is applied to calculate the distance of proximity between two texts. The results of this study is a system that could help News Director BMS TV in identifying  misspelled words on script in bahasa dan to make it easier for News Director center in collecting of manuscripts from various contributors of BMS TV. It can be concluded that the autocorrect dan spelling suggestion features can compound the misspelled words with a 60-word test consisting of various error scenarios. This feature can correct ten words automatically dan show correct spelling suggestion word on 39 words.
Penerapan Metode Hybrid FIS Tsukamoto dan Algoritma Genetika untuk Prediksi Curah Hujan di Daerah Batu Wahyuni, Ida; Ahda, Fadhli Almu'iini; Adipraja, Philip Faster Eka
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.61 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854836

Abstract

Curah hujan yang semakin tidak menentu memberikan efek yang cukup signifikan pada bidang pertanian dan perkebunan. Salah satu bidang perkebunan yang memanfaatkan pola curah hujan adalah perkebunan apel. Petani apel membutuhkan perhitungan curah hujan untuk menentukan kapan proses pembungaan yang tepat agar hasil panen yang di dapatkan bisa maksimal. Namun, karena tidak menentunya pola curah hujan, petani menjadi kesulitan dalam menentukan waktu pembungaan dan panen apel menjadi tidak maksimal. Pada penelitian ini dibuat sebuah pemodelan yang paling optimal dalam memprediksi curah hujan di daerah Batu, Jawa Timur menggunakan metode hybrid FIS Tsukamoto dan algoritma genetika. Metode hybrid yang dilakukan adalah mengoptimasi batasan fungsi keanggotaan FIS Tsukamoto menggunakan algoritma genetika. Setelah proses pengujian, penerapan metode Metode hybrid FIS Tsukamoto dan algoritma genetika dapat digunakan untuk memprediksi curah hujan dengan nilai error RMSE lebih kecil dibandingkan dengan FIS Tsukamoto tanpa optimasi. Nilai error RMSE pada daerah Junggo sebesar 6.485, pada daerah Pujon sebesar 6.932, pada daerah Tinjomulyo sebesar 5.969, pada daerah Ngujung sebesar 5.498. AbstractThe erratic rainfall has a significant effect on agriculture and plantations. One area of plantations that utilizes rainfall patterns is apple plantations. Apple farmers need rainfall calculations to determine when the flowering process is right so that the yield can be maximized. However, due to the uncertainty of rainfall patterns, farmers have difficulty in determining the time of flowering and harvesting apples to be not optimal. In this study, the most optimal modeling was used to predict rainfall in the Batu area, East Java using the hybrid FIS Tsukamoto method and genetic algorithm. The hybrid method used is to optimize the boundary function of Tsukamoto's FIS membership using a genetic algorithm. After the testing process, the application of the hybrid method of the Tsukamoto FIS method and the genetic algorithm can be used to predict rainfall with a smaller RMSE error compared to the FIS Tsukamoto without optimization. RMSE error value in Junggo area is 6,485, in Pujon area is 6,932, in Tinjomulyo area is 5,969, in Ngujung area is 5,498.
Pengembangan Sistem Kontrol dan Pemantauan Tetesan Cairan Infus Otomatis Berbasis Labview dengan Logika Fuzzy Yunardi, Riky Tri; Setiawan, Dani; Maulina, Farah; Prijo, Tri Anggono
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.101 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854766

Abstract

Dalam instrumentasi medis infus merupakan perangkat yang digunakan untuk mengalirkan cairan, obat atau nutrisi secara intravena. Fungsi utama dari infus yaitu memberikan cairan secara periodik pada pasien. Perangkat infus saat ini, untuk mengendalikan kecepatan tetesan cairan dilakukan secara manual oleh staf medis. Masalah yang sering terjadi, seperti penyumbatan atau kehabisan isi cairan dan apabila tidak segera ditangani akan berbahaya bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem kontrol dan pemantauan aliran cairan infus secara otomatis. Dengan menggunakan LabVIEW National Instruments untuk memantau tetesan cairan infus. Sistem kontrol logika Fuzzy diimplementasikan dengan menggunakan mikrokontroler berbasis ATmega, yang dilengkapi dengan pompa udara, motor stepper dan pendeteksi aliran cairan. Sistem yang telah dibuat ini dapat dikembangkan untuk membantu tenaga medis dalam memantau kecepatan tetesan cairan infus untuk mencegah risiko terhadap pasien. AbstractIn the medical instrumentation infusion is a device used to drain fluids, medication or nutrients intravenously. The main function of the infusion is to give fluids periodically in patients. Infusion device at this time, to control the speed of the liquid droplets is done manually by the medical staff. Problems often occur, such as a blockage or run out of the fluid content and if not promptly treated can be harmful to the patient. This research aims to develop a prototype of control system and monitoring of the infusion liquid droplets automatically. By using the National Instruments LabVIEW to monitor the flow of intravenous fluids. The Fuzzy logic control system is implemented using an ATmega based microcontroller, equipped with air pumps, stepper motors and liquid flow detection. The performance of the prototype system of monitoring the flow of intravenous fluids automatically have a success rate of 96.75% at the set point value of 20 drops in 1 minute. 
Perbandingan Algoritma Naive Bayes dan C.45 dalam Klasifikasi Data Mining Kurniawan, Yogiek Indra
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.738 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854803

Abstract

Pada paper ini, telah diterapkan metode Naive Bayes serta C.45 ke dalam 4 buah studi kasus, yaitu kasus penerimaan “Kartu Indonesia Sehat”, penentuan pengajuan kartu kredit di sebuah bank, penentuan usia kelahiran, serta penentuan kelayakan calon anggota kredit pada koperasi untuk mengetahui algoritma terbaik di setiap kasus. Setelah itu, dilakukan perbandingan dalam hal Precision, Recall serta Accuracy untuk setiap data training dan data testing yang telah diberikan. Dari hasil implementasi yang dilakukan, telah dibangun sebuah aplikasi yang dapat menerapkan algoritma Naive Bayes dan C.45 di 4 buah kasus tersebut. Aplikasi telah diuji dengan blackbox dan algoritma dengan hasil valid dan dapat mengimplementasikan kedua buah algoritma dengan benar. Berdasarkan hasil pengujian, semakin banyaknya data training yang digunakan, maka nilai precision, recall dan accuracy akan semakin meningkat. Selain itu, hasil klasifikasi pada algoritma Naive Bayes dan C.45 tidak dapat memberikan nilai yang absolut atau mutlak di setiap kasus. Pada kasus penentuan penerimaan Kartu Indonesia Sehat,  kedua buah algoritma tersebut sama-sama efektif untuk digunakan. Untuk kasus pengajuan kartu kredit di sebuah bank,  C.45 lebih baik daripada Naive Bayes. Pada kasus penentuan usia kelahiran,  Naive Bayes lebih baik daripada C.45. Sedangkan pada kasus penentuan kelayakan calon anggota kredit di koperasi, Naive Bayes memberikan nilai yang lebih baik pada precision, tapi untuk recall dan accuracy, C.45 memberikan hasil yang lebih baik. Sehingga untuk menentukan algoritma terbaik yang akan dipakai di sebuah kasus, harus melihat kriteria, variable maupun jumlah data di kasus tersebut. AbstractIn this paper, applied Naive Bayes and C.45 into 4 case studies, namely the case of acceptance of “Kartu Indonesia Sehat”, determination of credit card application in a bank, determination of birth age, and determination of eligibility of prospective members of credit to Koperasi to find out the best algorithm in each case. After that, the comparison in Precision, Recall and Accuracy for each training data and data testing has been given. From the results of the implementation, has built an application that can apply the Naive Bayes and C.45 algorithm in 4 cases. Applications have been tested in blackbox and algorithms with valid results and can implement both algorithms correctly. Based on the test results, the more training data used, the value of precision, recall and accuracy will increase. The classification results of Naive Bayes and C.45 algorithms can not provide absolute value in each case. In the case of determining the acceptance of the Kartu Indonesia Indonesia, the two algorithms are equally effective to use. For credit card submission cases at a bank, C.45 is better than Naive Bayes. In the case of determining the age of birth, Naive Bayes is better than C.45. Whereas in the case of determining the eligibility of prospective credit members in the cooperative, Naive Bayes provides better value in precision, but for recall and accuracy, C.45 gives better results. So, to determine the best algorithm to be used in a case, it must look at the criteria, variables and amount of data in the case
Pengembangan Terapi Cermin Pada Latihan Bersepeda Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Gerak Motorik Ekstremitas Atas Pasca Stroke Lesmana, I Putu Dody; Widiawan, Beni; Hartadi, Didit Rahmat; Haris, Muhammad Fuad Al
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.467 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854914

Abstract

Latihan bersepeda berbasis virtual reality (VR-Bicycling) bagi penderita pasca stroke merupakan teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan gerak motorik otot. Penerapan VR-Bicycling umumnya untuk melatih gerak motorik ekstremitas bawah daripada gerak motorik ekstremitas atas. Penggunaan terapi cermin (Mirror Therapy-MT) merupakan bentuk terapi gerak motorik ekstremitas atas dengan mempengaruhi propriosepsi otak yang berfikir bahwa eksterimitas atas yang mengalami hemiparesis dapat bergerak baik. Dalam penelitian ini dikembangan modul VR-Bicycling untuk melatih gerak motorik ekstremitas atas berbasis MT dengan mengkombinasikan umpan balik visual dan audio pada lingkungan virtual (Virtual Environment-VE). Umpan balik visual untuk mengetahui waktu tunda dan perbedaan spasial berupa ketepatan lengan virtual dalam menangkap apel atau menghindari bom sepanjang lintasan bersepeda. Sedangkan umpan balik audio menggunakan metronome untuk melatih operabilitas dan kontrol lengan virtual. Kinect digunakan sebagai motion capture gerakan lengan nyata. Pengujian melibatkan sepuluh penderita pasca stroke untuk melatih gerak motorik ekstremitas atas yang mengalami hemiparesis dalam mengontrol gerakan lengan virtual pada VR-Bicycling. Evaluasi sistem dilakukan dengan meminta penderita pasca stroke menjawab daftar pertanyaan yang mengandung faktor operabilitas, konsentrasi, kontrol gerakan, waktu tunda, dan perbedaan spasial dari terapi ekstremitas atas pada VR-Bicycling menggunakan konsep terapi cermin. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa waktu tunda dan perbedaan spasial pada terapi ekstremitas atas menggunakan VR-Bicycling dengan MT merupakan dua variabel penting untuk mengontrol arah dan ketepatan gerakan lengan virtual pada VE. AbstractA virtual reality bicycling (VR-Bicycling) was encouraged to address motor control and fitness deficits of person post-stroke. The applied of VR-Bicycling for therapy of person post-stroke has focused primarily on improving movement and use of the lower extremity than upper extremity. Mirror therapy (MT) is an instrument that enables a person with an amputation to view a reflection of an intact limb in the visual plane of the missing limb by tricking the brain into believing the missing limb is actually moving. The use of virtual reality (VR) over MT is that VR allows more complete immersion into the illusion, whereas MT requires tight focus and concentration to truly see the illusion as real. In this research, we had developed a VR-Bicycling module based MT for training upper extremity of person post-stroke while doing simulated bicycling. Person post-stroke cycled with guidance of visual cueing (represented as apples and bombs) and auditory condition (provided by metronome) in the virtual environment (VE). We tested ten person post-stroke as they cycled on a stationary bicycle while moving their virtual limb to hit apples or avoid bombs in VE. A VR-Bicycling module measures the motion data of upper extremity by Kinect and evaluate immersion and motor cognition by using factor analysis with three factors consisting of controllability, concentration, sense of delay, and spatial difference. The evaluation result indicates that temporal delay and spatial fluctuation have strong relationship to control virtual limb movement correctly.
Implementasi JST pada Prediksi Total Laba Rugi Komprehensif Bank Umum dan Konvensional dengan Backpropagation Windarto, Agus Perdana; Lubis, Muhammad Ridwan; Solikhun, Solikhun
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.882 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854767

Abstract

Total laba rugi komprehensif merupakan hasil yang digunakan untuk mengukur keberhasilan kinerja perusahaan selama periode tertentu yang tidak dipengaruhi oleh operasi normal perusahaan. Informasi total lapa rugi komprehensif sangat penting bagi beberapa pengguna laporan keuangan seperti investor, kreditor dan manajemen dalam memprediksi dimana posisi angka total laba rugi komprehensif untuk menentukan arah investasi masyarakat ke depan, begitu juga bagi pihak bank berguna untuk menentukan kebijakan strategi pemasaran dalam meninggkatkan total laba komprehensif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prediksi dengan menggunakan Artificial Intelligence dengan algortima backpropagation. Data yang digunakan bersumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk (Januari-Oktober 2016). Untuk melakukan prediksi dengan algortima backpropagation. Proses dilakukan dengan membagi data pelatihan dan pengujian untuk memperoleh model arsitektur terbaik. model arsitektur pelatihan dan pengujian yang digunakan untuk melakukan prediksi Total laba rugi komprehensif yakni: 4-25-1; 4-50-1; 4-50-75-1 dan 4-100-1. Dari serangkaian uji coba didapat pola terbaik dari arsitektur backpropagation adalah 4-50-1 dengan Means Square Error 0,0009978666, epoch 1977 dan akurasi 80% yang selanjutnya akan digunakan untuk melakukan prediksi. Abstract Total comprehensive income is the result used to measure the success of a company's performance over a certain period that is not affected by the company's normal operations. Total information on comprehensive loss is very important for some financial report users such as investors, creditors and management in predicting where the position of the total comprehensive income statement is to determine the direction of public investment going forward, as well as for banks to determine marketing strategy in increasing total profit comprehensive. This study aims to make predictions using Artificial Intelligence with backpropagation algorithms. The data used is sourced from the Financial Services Authority (OJK) at PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk (January-October 2016). To predict with backpropagation algorithm. The process is carried out by dividing training and testing data to obtain the best architectural model. the training and testing architectural model used to predict the total comprehensive income: 4-25-1; 4-50-1; 4-50-75-1 and 4-100-1. From a series of trials obtained the best pattern of backpropagation architecture is 4-50-1 with Means Square Error 0,0009978666, epoch 1977 and accuracy 80% which will then be used to make predictions. 
Preservasi Naskah Kuno Sasak Lombok Berbasis Digital dan Website Anwar, Muhammad Tajuddin; Husain, Husain; Jaya, Nenet Natasudian
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.966 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854787

Abstract

Salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang sangat bernilai adalah naskah kuno (manuskrip) yang ditulis dalam berbagai aksara dan bahasa. Dan satu diantaranya adalah Naskah Kuno Sasak, yang merupakan dokumen peninggalan nenek moyang Suku Sasak di Nusa Tenggara Barat, yang ditulis dengan tangan atau dalam bentuk asli sebelum dicetak. Digitalisasi adalah proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video, dilakukan untuk membuat arsip dokumen digital. Digitalisasi memerlukan peralatan seperti komputer, scanner, operator, media, sumber, dan software. Metode interpretatif dan perspektif, dipengaruhi oleh desain perspektif, seperti desain partisipatif dan desain sistem, melibatkan teori sistem yang layak. Digitalisasi Naskah Kuno Sasak merupakan perancangan interface menggunakan Framework Jquery Mobile dan penyimpanan data menggunakan basis data MySQL, sedangkan bahasa pemrograman menggunakan PHP. Digitalisasi sistem informasi ini menggunakan sistem operasi phonegap. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah aplikasi Digitalisasi Naskah Kuno Sasak yang akan memudahkan dalam mendapatkan segala informasi mengenai Naskah Kuno Sasak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti informasi Naskah Tulisan dalam bentuk; Lontar, tulisan Arab Melayu dan lain sebagainya. AbstractOne of the most valuable ancestral heritages of the Indonesian nation is the ancient manuscripts written in various letters and languages. And one of them is the Sasak Ancient Manuscripts, which is a relic of the ancestor of the Sasak tribe in West Nusa Tenggara, written by hand or in original form before printing. Digitalization is the process of media transfer from printed form, audio, or video, to create digital document archives. Digitalization requires equipment such as computers, scanner, operator, media, sources, and software. Interpretive and perspective methods are influenced by perspective design, such as participatory design and system design, inwhich involving proper systems theory. Digitalization of Ancient Sasak Manuscripts is an interface design using Jquery Mobile Framework and data storage using MySQL database, while programming language using PHP. Information System Digitalization uses an operating system made using phonegap. The result of this design is an application of Ancient Sasak Manuscripts Digitalization which is useful to facilitate especially the younger generation in getting information about Ancient Sasak Manuscripts.The results of testing obtained that the application can provide information in accordance with user needs, such as informations of writing Manuscripts in the form of Lontar, Malay Arabic and so forth. 
Pembelajaran 3D Sistem Ekskresi Manusia Berbasis Virtual Reality dan Android Agushinta R., Dewi; Satria, Agung
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.186 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854665

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangat sejalan dengan perkembangan teknologi yang mendukung, khususnya perkembangan teknologi ponsel yang sangat cepat. Dalam perkembangan teknologi, salah satu perkembangan tersebut berbasis Virtual Reality. Virtual Reality adalah teknologi yang dibuat agar pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment). Virtual Reality dapat diimplementasikan dalam beberapa bidang, salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan. Teknologi pembelajaran dengan teknologi Virtual Reality ini dapat menambah minat pengguna dalam mempelajari suatu informasi. Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam atau sains, terdapat materi yang berisi tentang ginjal sebagai sistem ekskresi manusia. Untuk mempelajari materi sains misalnya, terutama tentang ginjal sebagai sistem ekskresi manusia, alat yang dipergunakan masih sangat terbatas. Namun, dengan adanya teknologi Virtual Reality dapat digunakan untuk melengkapi media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Aplikasi ini berbasis Android dan model objek 3D organ ginjal dibuat menggunakan perangkat lunak Blender, dan Unity 3D untuk membuat Virtual Reality sekaligus juga dijadikan sebagai workspace dan menggunakan metode SDLC Waterfall. Berdasarkan hasil uji coba melalui soal dan data analisis kuesioner dari responden, aplikasi ini memberikan manfaat dan kemudahan para pelajar maupun orang awam untuk mempelajari ginjal manusia sebagai alat sistem ekskresi beserta pencegahan penyakitnya. AbstractThe development of the world of education today is in line with technological developments support, especially the fast development of mobile technology. In the technology development, one such development based on Virtual Reality. Virtual Reality is a technology created for users to interact with a computer-simulated environment. Virtual Reality can be implemented in several fields, one of which is in the field of education. Learning technology with Virtual Reality technology can increase user interest in learning an information. In the subject of natural science or science, there is a material that contains about the kidney as a system of human excretion. To study science materials for example, especially about the kidneys as a system of human excretion, the tools used are still very limited. However, with the Virtual Reality technology can be used to complement the learning media in the world of education. This Android-based application and 3D object model of kidney organ are created using Blender software, and Unity 3D to create Virtual Reality as well as being used as a workspace and using SDLC Waterfall method. Based on the results of the trial through questionnaire data and questionnaire of respondents, this application provides benefits and convenience of students and laymen to study human kidneys as a means of the excretory system along with the prevention of disease.
Penerapan Ontology Web Language pada Domain Ulos Batak Toba Sinaga, Arnaldo Marulitua; Sipahutar, Rini Juliana; Hutasoit, Dian Ira Putri
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 5 No 4: Agustus 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.049 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201854903

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang kaya akan keanekaragaman budaya. Keanekaragaman budaya ini diakibatkan banyaknya suku di Indonesia. Setiap suku memiliki kekhasan masing-masing termasuk kekhasan dalam kain tradisional. Salah satunya adalah ulos, kain tradisional suku Batak Toba. Ulos merupakan simbol sakral dalam adat istiadat suku Batak Toba. Ulos terdiri dari berbagai macam jenis, motif, warna, makna hingga fungsi. Namun sangat disayangkan bahwa informasi mengenai ulos belum terdokumentasi dengan baik. Informasi didapatkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain yang memungkinkan informasi tersebut hilang. Selain itu, beberapa sumber yang ada juga menyajikan informasi yang berbeda. Oleh karena itu, ontologi bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu mengelola informasi yang sudah ada supaya lebih terorganisir. Ontologi membantu memformalkan semua vocabulary pada domain ulos. Vocabulary itu kemudian dalam ontologi disebut sebagai konsep. Konsep tersebut akan saling berkaitan satu sama lain sehingga dapat dilihat sebagai suatu bentuk kesatuan (linked data) yang membentuk pola yang terstruktur. Kondisi ini yang kemudian mendukung pencarian dengan hasil yang bernilai semantik karena pola data yang disediakan saling berkaitan satu sama lain. Ontologi tersebut dapat direprentasikan menggunakan Web Ontology Language (OWL) yang merupakan vocabulary extension dari Resource Descriptive Framework (RDF). Kemudian untuk proses retrieving data akan menggunakan SPARQL. Abstract Indonesia is a very rich country in cultural diversity. Most of the ethnic groups have their own uniqueness including the peculiarities in traditional textiles. One of them is Ulos, traditional cloth of Batak Toba. Ulos is a sacred symbol in the Batak traditions. Ulos consists of various types, motifs, colors, meanings and functions. However, it is unfortunate that information of Ulos has not been well documented. This cultural heritage is well-transferred from generation to generation. The existing sources sometime provide different information. Therefore, ontology can be one solution to help manage existing information to be more well-organized. Ontology helps formalize all vocabularies on the Ulos domain. The vocabulary in the ontology is called as a concept. The concepts are related to each other so that it can be seen as a linked data that form a structured pattern. This feature supports information searching with semantic value. The ontology of Ulos Batak Toba has been developed by using Web Ontology Language (OWL), which is a vocabulary extension of the Resource Descriptive Framework (RDF). Then for the data retrieving process we use SPARQL 

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 5: Oktober 2025 Vol 12 No 4: Agustus 2025 Vol 12 No 3: Juni 2025 Vol 12 No 2: April 2025 Vol 12 No 1: Februari 2025 Vol 11 No 6: Desember 2024 Vol 11 No 5: Oktober 2024 Vol 11 No 4: Agustus 2024 Vol 11 No 3: Juni 2024 Vol 11 No 2: April 2024 Vol 11 No 1: Februari 2024 Vol 10 No 6: Desember 2023 Vol 10 No 5: Oktober 2023 Vol 10 No 4: Agustus 2023 Vol 10 No 3: Juni 2023 Vol 10 No 2: April 2023 Vol 10 No 1: Februari 2023 Vol 9 No 7: Spesial Issue Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) 2022 Vol 9 No 6: Desember 2022 Vol 9 No 5: Oktober 2022 Vol 9 No 4: Agustus 2022 Vol 9 No 3: Juni 2022 Vol 9 No 2: April 2022 Vol 9 No 1: Februari 2022 Vol 8 No 6: Desember 2021 Vol 8 No 5: Oktober 2021 Vol 8 No 4: Agustus 2021 Vol 8 No 3: Juni 2021 Vol 8 No 2: April 2021 Vol 8 No 1: Februari 2021 Vol 7 No 6: Desember 2020 Vol 7 No 5: Oktober 2020 Vol 7 No 4: Agustus 2020 Vol 7 No 3: Juni 2020 Vol 7 No 2: April 2020 Vol 7 No 1: Februari 2020 Vol 6 No 6: Desember 2019 Vol 6 No 5: Oktober 2019 Vol 6 No 4: Agustus 2019 Vol 6 No 3: Juni 2019 Vol 6 No 2: April 2019 Vol 6 No 1: Februari 2019 Vol 5 No 6: Desember 2018 Vol 5 No 5: Oktober 2018 Vol 5 No 4: Agustus 2018 Vol 5 No 3: Juni 2018 Vol 5 No 2: April 2018 Vol 5 No 1: Februari 2018 Vol 4 No 4: Desember 2017 Vol 4 No 3: September 2017 Vol 4 No 2: Juni 2017 Vol 4 No 1: Maret 2017 Vol 3 No 4: Desember 2016 Vol 3 No 3: September 2016 Vol 3 No 2: Juni 2016 Vol 3 No 1: Maret 2016 Vol 2 No 2: Oktober 2015 Vol 2, No 2 (2015) Vol 2, No 1 (2015) Vol 2 No 1: April 2015 Vol 1, No 2 (2014) Vol 1 No 2: Oktober 2014 Vol 1, No 1 (2014) Vol 1 No 1: April 2014 More Issue