cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training" : 13 Documents clear
Metode Pembelajaran Maharah Qiro’ah Pada Mahasiswa Agustin, Fajar Reyna
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.14177

Abstract

Metode adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaanagar tercapai sesuatu yang dikehendaki. Dalam proses pembelajaran metodebertujuan untuk menyajikan bahan pelajaran agar dapat mencapai tujuanpembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode apa saja yangcocok digunakan pada pembelajaran maharah Qiro’ah dan Mengidentifikasi apakahmetode tersebut sudah sesuai atau belum dengan daya tangkap mahasiswa/i yangsudah mencapai fase dewasa pertengahan. Metode yang digunakan pada penelitianini adalah analisis deskriptif kuantitatif data yang dikumpulkan berupa observasilapangan,wawancara , dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metodepembelajaran resitasi yang sesuai digunakan pada pembelajaran maharah qiro’ah,karena dalam metode resitasi mahasiswa/i dituntut untuk membuat resume materiyang dipelajari sehingga ia harus membaca dan memahami apa isi yang terkandungdalam bacaan tersebut.
Mutu Dalam Lingkup Teknologi Sebagai Pelengkap Pengabdian Tenaga Pendidik dan Kependidikan Fitria, Della
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.16362

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cita-cita nasional bangsa Indonesia. Untuk itu sektor pendidikan menjadi perhatian khusus pemerintah agar nantinya dapat menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang kaya akan pengetahuan. Dalam hal ini, peran tenaga pendidik dan kependidikan sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Peran tenaga pendidik dan kependidikan sangat penting, karena nantinya akan berpengaruh dalam proses kelahiran pelajar Indonesia. Untuk itu, peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan haruslah dilakukan dengan konsisten. Tetapi tantangan IPTEK sekarang ini haruslah diperhatikan. Karena era ini merupakan era dimana teknologi menguasai seluruh aktivitas didunia, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, guru harus selalu untuk mengukuti perkembangan teknologi demi terciptanya mutu yang akan menunjang kualitas murid yang berwawasan luas terhadap IPTEK. 
Keunggulan dan Kelemahan Penyusunan dan Pelaksanaan Kurikulum 2006 (Analisis Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005) Renaldi, Frisna Septian
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.19126

Abstract

AbstrakPemberlakuan konsep sentralisasi dalam Kurikulum 2004 atau yang dikenal dengan istilah KBK (Kurikulum Berstandar Kompetensi) menjadi problematika baru dalam sejarah pendidikan di Indonesia. Pasalnya, pemberlakuan konsep tersebut dinilai tidak sesuai dengan keberagaman sosial dan geografis yang ada. Untuk itu, Kurikulum 2006 atau yang dikenal dengan istilah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) hadir dengan konsep desentralisasi yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Tujuannya yaitu memajukan mutu pendidikan nasional dengan menggali potensi setiap satuan pendidikan, menyelesaikan problematika pendidikan di Indonesia berdasarkan solusi yang luwes, serta menciptakan iklim sosial yang menerima keberagaman. Dengan menggunakan qualitative approach; library research penelitian ini mengupas dasar penyusunan dan pelaksanaan Kurikulum 2006 melalui analisis Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kurikulum 2006 adalah oprasioanal kurikulum yang disusun dan dilaksakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyusunan dan pelaksanaan Kurikulum 2006 secara keseluruhan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.  AbstractThe enactment of the concept of centralization in the 2004 Curriculum or what is known as KBK (Comptence Standarized Curriculum) is a new problem in the history of education in Indonesia because the implementation on the concentrate is considered not in accordance with the existing social and geographical diversity. For this reason, the 2006 curriculum or what is known as KTSP (Educational Unit Level Curriculum) comes with the concept of decentralization which refers to goverment regulation of the republic of Indonesia Number 19 of 2005 concerning national education standards. The aim is to embarrass the quality of national education by exploring the potential of each education unit to solve educational problems in Indonesia based on flexible solutions, and create a climate social diversity that accepts diversity. Using qualitative approach; library research, this study exprores the basis for result of the research show that the 2006 Curriculum is an oprational currriculum that is compiled and implementated by each educational unit. The 2006 Currriculum as a whole is regulated in Goverment Regulastion Number 19 Of 2005 Concerning National Education Standards
Manajemen Pembelajaran Kelas Aktif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat Marlina, Cut Nyak; Safriadi, Safriadi
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.20854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta menggali informasi dari guru Akidah Akhlak mengenai manajemen pembelajaran kelas aktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak  yang berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat berbagai upaya yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam mengelola pembelajaran kelas aktif di MAN 2 Aceh Barat pada mata pelajaran Akidah Akhlak, yaitu seperti memberikan motivasi-motivasi kepada siswa, lalu pembelajaran juga diiringi dengan humor-humor sehingga siswa tidak merasa bosan. Kemudian juga menata tempat duduk siswa yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan, dan lain sebagainya.  Selain itu di awal pembelajaran guru juga berupaya membangkitkan semangat belajar siswa dengan cara membaca shalawat, mini game, serta senam otak. Juga terdapat berbagai metode yang variatif yang digunakan oleh guru dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa hambatan, namun para guru Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat juga menawarkan beberapa solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut seperti membuat kesepakatan bersama siswa, dan sebagainya.
Kreatifitas Pembelajaran Anti Thief Touching dengan Konsep High Tech Low Cost pada Pembelajaran Otomotif Efriyanto, Efriyanto
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.20955

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah kejuruan di butuhkan kreatifitas dalam memberdayakan aset yang ada, pada SMK Negeri 4 Banda Aceh sudah melakukan pemberdayaan aset namun masih belum pada semua kompetensi keahlian. Tujuan peulisan dalam best practice ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen ketua program keahlian (Kaproli) otomotif dalam meningkatkan aktivitas interaksi guru dan peserta didik, untuk membentuk jiwa enterprenuer peserta didik, dengan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih bebas berkreasi dalam karya produk inovatif, iklim pembelajaran berbasis industri, pengembangan media pembelajaran (TeachingAid) dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Negeri 4 Banda Aceh, khususnya kompetensi keahlian otomotif. Tulisan ini mengunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbasis projek. Subjek kegiatan ini adalah ketua program keahlian otomotif dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu aplikasi langsung ke produk berbasis kwantitas produk. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: peran ketua program keahlian otomotif dalam melaksanakan manajemen untuk meningkatkan aktivitas intraksi guru dan peserta didik dalam membentuk jiwa enterpreneur peserta didik telah berjalan dengan baik, ketua program keahlian memiliki strategi tersendiri dalam menigkatkan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemudian manajemen ketua program keahlian otomotif dalam peningkatan iklim pembelajaran di SMK Negeri 4 Banda Aceh dalam menciptakan suasana pembelajaran yang produktif, kondusif, aman dan nyaman berbasis industri telah berjalan dengan baik, terutama dalam menambah khasanah dan model media pembelajaran (Teaching aid) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis pada aset sudah maksimal meskipun hanya untuk kompetensi keahlian otomotif saja
Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Merekrut Data Peserta Didik MA/SMK Dayah Ulumuddin Kota Lhokseumawe Nurasiah, Nurasiah; Hayati, Cut Intan
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.21321

Abstract

Dayah Ulumuddin Kota Lhokseumawe is an educational institution established in 1988 with the aim of establishing primary schools, madrasahs, secondary schools and vocational schools. This dayah focuses on learning Arabic and English, fostering the younger generation to be knowledgeable and devoted. The dayah's student management is designed to support the teaching and learning process well, ensure students become disciplined, and optimize students' potential. Through qualitative research methods, investigated the efforts of student management implementation on student quality. The research findings highlighted the importance of student management in organizing student activities to support the overall learning process. The results show that Dayah Ulumuddin Lhokseumawe City's student management covers various aspects, from the process of recruiting new students to coaching and developing students. It has a variety of programs, including entrance tests, orientation period, class division, student coaching, extracurricular activities, to student recording and reporting. In conclusion, student management at Dayah Ulumuddin Lhokseumawe City has an important role in supporting the learning process and student development. With various programs and principles applied, the dayah strives to provide the best service to students so that they can develop optimally according to their individual potential.
Kriteria Literasi Sains Untuk Sekolah Menengah Pertama Safira, Sitta; Maghfirah, Aprilla Rizki; Ali, Rusydi Teuku
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.21407

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, telah mengalami kemajuan pesat pada abad ke-21, membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat. Literasi sains salah satu pilar penting dalam perkembangan dunia pendidikan, meskipun literasi sains memiliki peran sentral, hasil survei PISA menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik di Indonesia masih rendah, tercermin dari peringkat yang di bawah rata-rata internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menyalakan dan menyalakan kriteria literasi sains yang relevan dan efektif untuk SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan, menelaah, dan menganalisis berbagai sumber pustaka yang berkaitan dengan topik penelitian. Kesimpulannya, penting untuk memperkuat literasi sains dalam kurikulum, mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif, dan memanfaatkan lingkungan serta media pembelajaran yang mendukung agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan literasi sains secara optimal.
Peran Wali Kelas dalam Mendesain Ruang Belajar di MIN 11 Banda Aceh Tihalimah, Tihalimah; Falensiah, Tety
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.21651

Abstract

Wali Kelas merupakan seorang yang memiliki peran penting dalam hubungan antara sekolah, siswa dan orang tua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya desain kelas yang belum sesuai dengan tingkatan kelas dan umur peserta didik di dalam kelas. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peran wali kelas dalam mendesain kelas meliputi perencanaan wali kelas, pelaksanaan wali kelas dan evaluasi dalam mendesain kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan wali kelas dalam mendesain ruang belajar di MIN 11 Banda Aceh memiliki beberapa tahapan yaitu, menetapkan target atau tujuan, mengumpulkan informasi, menentukan cara atau koordinasi, Menentukan desain baru untuk ruang belajar peserta didik, Menganalisa kebutuhan, Menentukan prioritas, membuat strategi alternatif, dan menentukan dana yang dibutuhkan. Pelaksanaan wali kelas dalam mendesain yaitu, melakukan rapat kegiatan dengan kepala sekolah dan guru, melakukan pembagian-pembagian pekerjaan sesuai bidang yang ada, dan melakukan kegiatan mendesain sesuai  prosedur  yang telah dibuat.  Standar evaluasi  wali  kelas  yaitu,  penerapan  pengaturan tempat duduk peserta didik, Pengelolaan bentuk tema ruang kelas peserta didik, penataan pajangan dari hasil karya peserta didik,  dan pengaturan variasi warna ruang kelas peserta didik.
Dukungan Sosial: Sebagai Bantuan Menghadapi Stres Dalam Kalangan Remaja Yatim di Panti Asuhan Ibda, Fatimah
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.21652

Abstract

 Kehilangan orang tua merupakan peristiwa traumatis bagi anak/remaja. Pengalaman traumatis kematian orangtua menyebabkan anak rentan mengalami berbagai masalah emosional dan sosial. Dukungan sosial didefinisikan sebagai sumber daya yang tersedia dari satu atau lebih orang lain untuk membantu anak dalam mengelola  pengalaman stress. Dukungan sosial pada anak yatim di panti asuhan berperan melindungi anak dari konsekuensi negatif dan memelihara keadaan psikologis sehingga menimbulkan pengaruh positif dan meningkatkan pengalaman sejahtera. Dukungan sosial anak yatim di panti asuhan bersumber dari keluarga, teman, guru, dan pengasuh.
Strategi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Konflik Siswa di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya Nurussalami, Nurussalami; Abra, Nabil Aisar; Yusrijal, Yusrijal
Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ji.v12i2.21784

Abstract

School behavior strategies In managing student conflict, it involves a deep understanding of the sources of conflict, the application of communicative approaches, and the formation of an environment that supports conflict resolution.madrasah heads need to promote open dialogue, involve stakeholders and be able to implement proactive policies in creating a harmonious and warm and inclusive learning atmosphere. The purpose of this study was to find out the head of the madrasah in managing conflicts that occur between students at MAS Jemala Amal, namely planning, and constraints in conflict management. Remembering conflict is a sensitive topic and often intersects with one's emotions. The method that researchers use is to use qualitative methods by means of a descriptive approach through observation, interviews and documentation. The research subjects of madrasah heads, Guidance Counseling teachers, homeroom teachers and Students. The results of research obtained by researchers in the field include: First, Student conflict management includes: (a) madrasah heads and teachers are quite creative and understand appropriate conflict management strategies in managing conflicts that occur among students in madrasahs. (b) The madrasah identifies problems in advance or examines problems that occur between students. (c) provide coaching. (d) seeking the relevant parties. (e) evaluation of problems that have occurred. Second, constraints in managing student conflicts as follows: (a) social environment. (b) personality differences between learners. (c) not tell what actually happened.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 1 (2025): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol 13, No 2 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 13 No. 2 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 13 No. 1 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol 13, No 1 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training Vol 11, No 02 (2022): Jurnal Intelektualita Vol 11, No 01 (2022): Jurnal Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita Vol 10, No 01 (2021): Jurnal Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita Vol 9, No 01 (2019): Jurnal Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita Vol 7, No 01 (2018): Jurnal Intelektualita Vol. 7 No. 01 (2018): Jurnal Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 5, No 02 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Intelektualita Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Intelektualita Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol. 3 No. 1 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol. 2 No. 1 (2014) Vol 2, No 1 (2014) More Issue