cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: Januari 2012" : 8 Documents clear
Kajian Kestabilan Reliabilitas (Kasus Skala Sikap dan Kecerdasan Emosional) Busnawir .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.519 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1983

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial, populasi sebanyak 1000 siswa terdiri dari 500 siswa dari kecerdasan emosional rendah dan 500 siswa dari kecerdasan emosioanl tinggi. Pensekoran yang digunakan yaitu terboboti dan Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) koefisien reliabilitas berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert; (2) pada kelompok kecerdasan emosional tinggi, koefisien reliabilitas berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert; (3) varians koefisien reliabilitas yang dihasilkan pada keompok kecerdasan emosional tinggi lebih kecil dibandingkan pada kelompok kecerdasan emosional rendah; Disimpulkan bahwa koefisien reliabilitas berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert. Kata kunci: kestabilan reliabilitas, skor komposit, penskoran Likert, penskoran terboboti, kecerdasan emosional.
Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri Fakhruddin ,; Azizahwati &; Yelfi Rahmi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.657 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif metode survei. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes miskonsepsi dan angket minat belajar siswa. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pada umumnya siswa mengalami miskonsepsi. Hal ini disebabkan oleh pemikiran asosiatif rata-rata berkontribusi sebesar 80%, pemikiran  humanistik 83%, alasan yang tidak lengkap 12%, intuisi yang salah 86%, tahap perkembangan kognitif 85% dan kemampuan siswa 70% sedangkan minat belajar siswa tidak memberikan kontribusi atau memicu terhadap terjadinya miskonsepsi siswa Kata kunci : Penyebab Miskonsepsi, Tes miskonsepsi, Angket minat belajar
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Penguasaan Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Matematika La Masi; Saleh &; Nasaruddin .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.333 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perbedaan pengaruh pendekatan reciprocal teaching dan penguasaan bahasa indonesia termasuk interaksinya secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika baik dengan faktor A maupun faktor B. Hasil analisis berdasarkan Statistik Uji-F melalui analisis Varian dalam menguji hipotesisi secara bersama-sama antara variabel bebas (A, B, dan A*B) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Statistik Uji-t melalui analisis Regresi Non hirarki menurut faktor A mempunyai perbedaan yang signifikan, demikian pula menurut faktor B juga mempunyai perbedaan yang signifikan.Kata kunci:    Pendekatan reciprocal teaching, konvensional dan penguasaan bahasa Indonesia.
Peran Matematika Dalam Menunjang Mata Pelajaran IPA, Bahasa Inggeris dan Bahasa Indonesia Utu Rahim; Kadir &; Abd. Rafiun
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.576 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1985

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran matematika terhadap disiplin ilmu lain yang begitu besar sehingga diperlukan penganalisaan lebih lanjut untuk melihat peran dan keterkaitan tersebut yang diwakili oleh hasil Ujian Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) secara empiris mendukung hipotesis penelitian, (ii) matematika mempunyai peran positif dan signifikan terhadap IPA, (iii) peran matematika bervariasi terhadap bahasa Inggeris dan bahasa Indonesia.       Kata-kunci : Hasil Ujian Nasional, Matematika, IPA, Bahasa Inggeris, Bahasa Indonesia
Kesenjangan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Penerapan Metode Mengajar dan Umpan Balik Penilaian Faad Maonde
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.147 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1981

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan rerata respon univariat C(i)-C(j) di mana i≠j serta perbedaan dalam perbedaan (kesenjangan) rerata hasil belajar matematika ditinjua dari  penerapan metode mengajar dan umpan balik penilaian dengan hipotesis statistik: {C(1)-C(2)=C(3)-C(4)}. Empat hipotesis rerata respon univariat berdasarkan analisis statistik Uji-t dengan nilai-p<α=0,01 menolak H0 kecuali hipotesis rerata respon C(3)=C(4) menerima H0.  Kesenjangan hasil belajar matematika berdasarkan statistik Uji-t nilai-p<α=0,01 menolak H0.  Temuan yang menarik ini masih perlu dikaji secara mendalam dalam penelitian berikutnya. Kata kunci: rerata respon univariat, kesenjangan, metode mengajar dan umpan balik penilaian.
Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Baso Intang Sappaile
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.893 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1986

Abstract

Peserta didik sekolah dasar pada umumnya berada pada tahap berpikir konkrit yang ditandai oleh penalaran logis tentang hal-hal yang dapat dijumpai dalam dunia nyata. Belajar matematika ialah belajar konsep-konsep dan struktur-struktur serta mencari hubungan-hubungan antara konsep-konsep dan struktur-struktur matematika. Konsep matematika yang lebih tinggi daripada yang sudah dimiliki peserta didik tidak dapat dikomunika­sikan dengan definisi tetapi diberikan kepadanya contoh konkrit yang sesuai dengan konsep matematika yang diajarkan. Dengan contoh konkrit dapat menumbuhkan motivasi belajar matematika peserta didik. Kata kunci:  motivasi, belajar, matematika.
Pengaruh Faktor Interaksi Dalam Pembelajaran Kooperatif dan Penguasaan Bahasa Inggeris terhadap Hasil Belajar Matematika Rosdiana ,; Awaluddin &; I Gede Sukarya
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.699 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1982

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan pengaruh faktor interaksi model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), Student Team Achivement Divisions (STAD), Pembelajaran Konvensional, dan Penguasaan Bahasa Inggeris sebagai level yaitu siswa dengan nilai atau skor  bahasa Inggeris ≥ 65 (B=1) dan siswa dengan skor <65 (B=2) terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis berdasarkan Statistik Uji-F melalui analisis varian dua jalur dalam menguji hipotesis faktor interaksi secara simultan antara variabel bebas (A, B, dan A*B) mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Pembelajaran Think-Pair-Share), Student Team Achivement Divisions,  Penguasaan Bahasa                   Inggeris
Hasil Belajar Keterampilan Kognitif Fisika Melalui Penerapan Model Kooperatif Dengan Metode Gueded Note Taking Azhar ,; Syahril &; Nurvica Afni
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Januari 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.268 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i1.1987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan kognitif siswa dengan model kooperatif melalui penerapan metode Guided Note Taking pada pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampar tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 43 orang. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi dayaserap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan: daya serap rata-rata siswa adalah 79,22% dengan kategori rendah, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 74,41% dengan kategori tidak tuntas, ketuntasan tujuan pembelajaran secara klasikal adalah 66,67% dengan kategori tidak tuntas, dan efektifitaspembelajaran 79,22% dengan kategori cukup efektif. Kata kunci: Hasil Belajar Kognitf, Metode, Guided Note Taking (GNT)

Page 1 of 1 | Total Record : 8