cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
ISSN : 25806424     EISSN : 24772399     DOI : 10.21831
ELINVO (Electronics, Informatics and Vocational Education) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian language or English in the form of research results (the main priority) and or review studies in the field of electronics and informatics both in terms of their technological and educational development.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020" : 10 Documents clear
Pengembangan Prototipe Sistem Pengontrolan Daya Listrik berbasis IoT ESP32 pada Smart Home System Lasera, Afunia Bundha; Wahyudi, Ibnu Hary
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.254 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.34261

Abstract

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi lapisan masyarakat. Teknologi yang saat ini masih terus berkembang adalah teknologi berbasis Internet of Things. Untuk memanfaatkan teknologi IoT pastinya membutuhkan suatu konektivitas internet yang kuat dan fasilitas yang memadai. Dalam hal ini peneliti membuat suatu projek IoT yaitu sistem Smart Home dengan Kontrol Daya Listrik Berbasis IoT. Metode yang digunakan dalam pembuatan projek adalah 1) identifikasi dan analisis kebutuhan, 2) perancangan serta pembuatan software dan hardware, 3) tahap pengujian. Fitur sistem smart home yang dibuat menggunakan modul wifi ESP32, dikarenakan modul tersebut mampu menggunakan konektivitas wifi ataupun bluetooth. Sedangkan untuk aplikasi interface software yang digunakan yaitu aplikasi Blynk. Sehingga nantinya dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan peralatan elektronika yang ada di rumah, seperti lampu, kipas angin, dan televisi yang dikontrol menggunakan smartphone. Keunggulan dari projek smart home ini adalah mampu untuk memonitoring penggunaan daya listrik di rumah dan menampilkan prakiraan biaya rekening listrik tiap bulannya.   
Sistem K3 pada Pembelajaran Praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY Dewanto, Satriyo Agung; Munir, Muhammad; Wulandari, Bekti
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.522 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.36109

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan pembelajaran praktik di lembaga pendidikan. Kegiatan selama ini telah berlangsung dengan rutin dan baik, tetapi terdapat beberapa faktor keselamatan dan kesehatan kerja yang seharusnya lebih diutamakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY tentang K3 pada pembelajaran praktik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non-eksperimental dengan metode pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY pada bulan Februari sampai Juni 2018.Tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai K3 pada pembelajaran praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika sudah baik. Oleh karena itu, perlu dipertahankan karena banyak adanya potensi bahaya yang timbul akibat situasi dan kondisi laboratorium dan bengkel. Hal ini perlu adanya tinjauan secara mendalam tentang bagaimana pentingnya penerapan K3 pada saat praktik berlangsung oleh dosen yang mengajar praktik di Prodi Teknik Pendidikan Elektronika dengan memberikan pengetahuan yang lebih mengenai pentingnya penerapan atau pengimplementasian K3 pada saat pembelajaran praktik tersebut berlangsung.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan E-Learning: Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Ma'arif 1 Yogyakarta Aji, Purno Tri; Zakarijah, Masduki; Soenarto, Soenarto
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.008 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.40699

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah cara pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran jauh atau e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan e-learning oleh guru pada SMK Ma'arif 1 Yogyakarta. Model penelitian ini berdasarkan framework Unified Theory of Acceptance and Use of a Technology (UTAUT). Data didapatkan dari 32 responden melalui kuesioner berskala Likert 5 tingkat. Partial Last Squares – Structural Equation Modeling (PLS – SEM) digunakan sebagai teknik analisis data dengan bantuan software SmartPLS versi 3.3.2. Hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa social influence berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention untuk menerima dan menggunakan e-learning pada guru. Sementara itu, performance expectation, effort expectancy, facilitating condition, dan perceived cost tidak berpengaruh signifikan. 
PjBL dengan Penugasan Video Tutorial di Masa Pandemi COVID-19: Peningkatan Ketertarikan Belajar serta Penguatan Kreatifitas dan Kepercayaan Diri Wibowo, Nugroho
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.383 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.34698

Abstract

Salah satu hasil evaluasi kegiatan belajar di masa pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa peserta didik merasa bosan. Dilain pihak, pembelajaran saat ini tidak harus mengejar target kurikulum. Guru perlu melakukan penguatan karakter. Kreatifitas dan kepercayaan diri perlu dikuatkan pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Artikel ini mendeskripsikan penerapan Project-Based Learning (PjBL) dengan penugasan video tutorial untuk membuat peserta didik tertarik serta menguatkan karakter kreatif dan percaya diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang dideskripsikan dari hasil pengalaman terbaik (best practice) peneliti. Tahapan PjBL dengan penugasan video tutorial terdiri atas: (1) informasi dan regulasi tugas; (2) penggalian ide; (3) pembuatan video; dan (4) pencarian jejaring dan pemberian reward. Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran tersebut adalah: (1) 83.33% peserta didik cenderung tertarik pada penugasan video tutorial; serta (2) 80.56% peserta didik yang mengalami penguatan kreatifitas dan 91.67% peserta didik yang mengalami penguatan percaya diri. Keberhasilan pembelajaran ini didukung oleh semangat dan sifat kooperatif peserta didik. Dilain pihak, penghambat kegiatan belajar tersebut adalah sinyal yang kurang baik, kualitas video dan kuota internet yang terbatas. Artikel ini berkontribusi untuk memperlihatkan pengalaman terbaik guru pada penerapan PjBL dengan penugasan video tutorial untuk meningkatkan ketertarikan belajar sekaligus menguatkan kreatifitas dan kepercayaan diri
Kendali Fuzzy Logic - Interleaved Boost Converter pada Aplikasi Motor DC Jati, Mentari Putri; Basuki, Gamar; Hasnira, Hasnira
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.498 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.40698

Abstract

Karakteristik motor DC menjadi hal mutlak yang perlu diketahui dalam proses pengendalian kecepatan penggerak elektrik. Konverter pengemudian elektrik yang sedang berkembang yaitu Interleaved Boost Converter. Pengendali fuzzy logic merupakan kendali yang efektif diterapkan banyak sistem linier maupun nonlinier dengan waktu operasi yang cepat. Hasil penerapan aplikasi motor DC berupa penyiram kecambah dapat berfungsi dengan baik pada variasi nilai setpoint kecepatan yang mana perubahan nilai tegangan keluaran berbanding lurus dengan perubahan kecepatan motor DC (30 Volt sd. 60 Volt ≈ 800 Rpm sd 1500 Rpm). Hal ini dapat membantu para petani kecambah dalam melakukan penyiraman biji kecambah secara otomatis seiring dengan perubahan suhu sekitar tanpa khawatir biji kecambah rusak.
Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Pertanian berbasis Website Tandirerung, Veronika Asri; Syahrul, Syahrul; Padil, Achmad
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.173 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.35288

Abstract

Pengembangan sistem informasi pemasaran produk pertanian (SIPTANI) dibutuhkan untuk membantu para petani dalam memasarkan produk-produk pertanian khususnya di era pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sistem dengan model pengembangan prototype dengan studi kelayakan menggunakan standar ISO 9126. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil pengujian aplikasi diperoleh dengan menganalisis aspek-aspek pada functional suitability, usability, compatibility, dan portability.  Pada aspek functional suitability berada pada kategori layak diterima. Pada aspek usability, kategori sangat setuju memiliki dengan persentase 90%, sehingga aplikasi dinyatakan layak dan ditanggapi baik oleh pengguna. Pada aspek compatibility, sistem pemasaran pertanian ini dapat berjalan dengan baik. Pada aspek portability, aplikasi sistem permasaran pertanian dapat berjalan dengan baik.
Trainer Kit Pneumatik sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Mekatronika di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Untirta Prapaskah, Yohanes Aldi; Permata, Endi; Fatkhurrokhman, Mohammad
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.615 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.33798

Abstract

The research is a research and development (R&D) with the aim to produce learning media products in the form of pneumatic trainer kits and pneumatic jobsheet trainers as pneumatic material in mechatronics courses to determine the level of eligibility and strengthening of competencies in Vocational Education in Electrical Engineering FKIP Untirta. This study uses the 4D or Defne model, namely the problem definition stage to be investigated, Design which is the product design stage and the material design josbheet material, Development (Development), namely the product manufacturing stage, product validation as well as user testing with competency strengthening and Dessiminate. The final product resulting from this development research is in the form of an electropneatic trainer kit and jobsheet which is also the main object of research. The method used in collecting data in this study includes interviews, observation, questionnaires and test questions for strengthening psychomotor competence. Testing the feasibility level of pneumatic media trainer kit involves three media experts and three material experts, as well as testing for psychomotor competency strengthening conducted by students of the Electrical Engineering Vocational Education study program in the 6th semester of 2017. The power analysis technique uses quantitative descriptive analysis. Based on the results of the study obtained a score on the feasibility test of media experts to get 91.3 included in the category of "Very Eligible", scores on the feasibility test of material experts obtained 86.3 who were included in the category of "Very Eligible", and the results of the answers to the matter of strengthening psychomotor competence obtained a score of answering with "True" of 324 while the score of answering with "False" of 96 which states that a pneumatic trainer kit along with a pneumatic trainer josbheet can be used as a reinforcement of competence in mechatronics courses.
Penggunaan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Penentuan Prioritas Supplier Food Chemical di PT. Garuda Hidrotive Internasional Hadiwijaya, Nehemia; Sundari, Jenie
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.258 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.35187

Abstract

Abstract-Supplier selection is one of the important things in purchasing activities for companies. Supplier selection is a multi-criteria problem which includes quantitative and qualitative factors. One method that can be used for supplier selection is the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. The problems that will be discussed in this study are: (1) how is the order of priority criteria and sub-criteria in the selection of suppliers at PT Garuda Hidrotive International? (2) which supplier / supplier should PT Garuda Hidrotive International choose based on the AHP method? The sampling technique uses judgment sampling because the AHP method requires dependence on a group of experts according to the types of specialists involved in decision making. Based on the results of the analysis, the advice that can be given is, if the company will develop a partnership with suppliers, the company is preferred to choose supplier X as a supplier food chemical for the company because supplier X is the best supplier that has the highest overall value. With this partnership, the supply chain performance between suppliers and companies will be better and can facilitate the overall production activities. 
Traversal Struktur Data Bipartite Graph dalam Graph Database menggunakan Depth-First Search Setialana, Pradana; Ardiansyah, Muhammad Nurwidya
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.69 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.28326

Abstract

Bipartite graph merupakan satu bentuk graph yang dapat digunakan dalam membentuk sebuah strukur data yang saling berelasi namun memiliki karakteristik dengan dua jenis node yang berbeda seperti data hubungan keluarga atau data pohon keluarga. Dalam menyimpan struktur data bipartite graph ke sebuah database dapat digunakan graph database dengan konsep dimana node saling saling terhubung dengan node lainnya. Bipartite graph yang dikombinasikan dengan graph database menghasilkan solusi yang tepat dalam menyimpan data berelasi dengan dua jenis node yang berbeda. Namun dalam solusi tersebut menimbulkan permasalahan baru mengenai pencarian atau penelusuran (traversal) terhadap data yang terdapat dalam struktur data tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan algoritma yang dapat digunakan dalam penelusuran (traversal) data pada struktur bipartite graph dalam graph database. Algoritma yang dikembangkan adalah terapan dari algoritma depth-first search (DFS) yang telah dimodifikasi sehingga dapat digunakan dalam penelusuran (traversal) data pada bipartite graph dalam graph database. Hasil pengujian terhadap algoritma tersebut yang telah diimplementasikan ke dalam program terhadap data yang ada pada satu garis ikatan keluarga besar yaitu keluarga "George Washington /CASSIDY/" pada 30 kali percobaan dengan satuan waktu nanosecond yaitu 10-9 detik menunjukkan waktu maksimal yang didapat sebesar 42831 nanosecond, waktu minimal 5150 nanosecond, dan didapat rata-rata waktu penelusuran sebesar 9407,93 nanosecond.
Urgensi Komunikasi Non-Verbal dan Penerapan Pattern Recognition pada Otomatisasi Penilaian Keterampilan Mengajar Utami, Pipit
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.95 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v5i2.40730

Abstract

Pada program pendidikan guru, keterampilan mengajar merupakan kompetensi yang sangat penting. Penilaian aspek non-verbal belum mendapat perhatian khusus. Aspek non-verbal berperan penting dalam keterampilan mengajar. Pada penilaian keterampilan mengajar secara manual  tidak mudah menghadirkan objektifitas penilaian. Artikel ini memaparkan urgensi pengembangan otomatisasi sistem penilaian keterampilan mengajar terkait aspek komunikasi menerapkan pattern recognition technology. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang didistribusikan pada platform google form untuk keterjangkauan responden. Total responden adalah 172, terdiri atas 61 dosen dan 111 guru. Sebaran responden berasal dari pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Hasil menunjukkan bahwa: (i) tingkat kepentingan aspek komunikasi pada keterampilan mengajar adalah sangat penting (skor 4,38); (ii) tingkat kepentingan pengembangan teknologi otomatisasi penilaian adalah penting (skor 4,11); (iii) aspek-aspek komunikasi non-verbal yang diperlukan pada keterampilan mengajar merupakan kombinasi gerakan tubuh, gerakan tangan, ekspresi wajah dan intonasi suara; dan (iv) fitur-fitur yang perlu dikembangkan pada sistem penilaian keterampilan mengajar aspek komunikasi non-verbal adalah refleksi, umpan balik, dan penilaian berulang. Terdapat berbagai tantangan dan permasalahan terkait pengembangan system penilaian aspek non-verbal secara otomatis menggunakan pattern recognition technology. Diperlukan diskusi bersama terkait realisasi system tersebut antara pakar pendidikan dan praktisi engineering.

Page 1 of 1 | Total Record : 10